Inilah Firman Tuhan Bapa Dalam Perjanjian Akhir Alquran

batu-karang“Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib” (QS: Al-Maidah Ayat: 116).

“Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. (QS: Al-Maidah Ayat: 117) ”

“Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS: Al-Maidah Ayat: 118)”

Subhanallah.. Maha Suci Allah dari apa yang mereka syirikkan / prasangkakan (Trinitas).. semoga hidayah petunjuk Illahi turun di atas pundak mereka (nonmuslim).. Amin ….

20 Responses

  1. Sebelum diposting di Yahoo karena telah terikat janji…maka baiklah saya posting disini saja dulu…hehehe

    LANJUTAN EPISODE SKAKMAT -> https://id.answers.yahoo.com/activity/questions?show=HZMTUYYIUWFG3YILUQ2QWDFYNM&t=g

    SKAKMAT !5!…Apa warna ‘jubah’ yang dikenakan kepada Yesus…

    Mereka menanggalkan pakaian-Nya dan mengenakan JUBAH UNGU (english -> scarlet ; Greek -> kokkinon) kepada-Nya. (LAI TB, Matius 27:28)

    Prajurit-prajurit menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya. Mereka memakaikan Dia JUBAH UNGU (english -> purple ; Greek -> porphuroun) (LAI TB, Yohanes 19:2)

    Mau ngeles bahwa “scarlet” dan “purple” adalah warna yang sama ?

    The woman was robed in PURPLE AND SCARLET and bedecked with gold, precious stones, and pearls…(english [Amplified])

    Terjemahan yang aneh dari LAI :

    Dan perempuan itu memakai KAIN UNGU DAN KAIN KIRMIZI yang dihiasi dengan emas, permata dan mutiara…(Why 17:4)

    hxxp://biblehub.com/lexicon/revelation/17-4.htm … nipu mulu ya…hehehe

    • SKAKMAT !6!…Yesus menghujat roh kudus. Karena menolak dengan tegas untuk mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh roh kudus…

      Kemudian Yesus dibimbing oleh ROH ALLAH ke padang gurun UNTUK DICOBAI OLEH IBLIS…(Matius 4:1)

      Kalimat diatas dari hasil inspirasi roh kudus menyatakan dengan jelas bahwa tujuan utama YESUS DIGENDONG OLEH ROH ALLAH (baca roh kudus) ADALAH UNTUK DICOBAI IBLIS…. http://biokristi.sabda.org/alkitab_itu_adalah_hasil_inspirasi

      Tetapi kemudian Yesus membantahnya dengan menyatakan :

      Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: JANGANLAH ENGKAU MENCOBAI Tuhan, Allahmu!” (Matius 4:7)

      – Dengan berkata seperti itu, Yesus telah menghujat/menentang roh kudus…masih belum paham ?

      Roh kudus –> yesus BOLEH DICOBAI iblis (Mat 4:1)
      Yesus ——-> iblis TIDAK BOLEH MENCOBAI yesus (Mat 4:7)

      Setelah iblis mendapat mandat dari roh kudus untuk mencobai Yesus…eeeehhh si Yesus malah berkata “kamu tidak boleh mencobai aku”…nyang bego siapa ya….hehehe

      Atau sebenarnya KEDUA OKNUM diatas memang bukan TUHAN, ALLAH. Makanya Yesus berkata :

      …janganlah engkau mencobai TUHAN, ALLAH-mu!” (Matius 4:7)… Jika demikian, tidak ada yang salah dari kedua ayat matius diatas, karena :

      Roh kudus –> yesus BOLEH DICOBAI iblis (tujuan roh kudus -> Mat 4:1) sebab Yesus memang bukan Tuhan Allah. (CLEAR )

      Yesus ——-> iblis TIDAK BOLEH MENCOBAI Tuhan Allah (tidak bertentangan dengan tujuan roh kudus – Mat 4:7) sebab yang boleh dicobai itu Yesus. (CLEAR)

      SUDAH JELAS ? tetapi kalo kristen tetap ngotot bahwa KEDUA OKNUM tersebut adalah Tuhan Allah, maka harus menghadapi :

      Keadaan Yesus yang lagi “god mode off” alias “dalam keadaan orang” nggak bakal diampuni karena menentang/menghujat roh kudus :

      Tetapi apabila SEORANG menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah KARENA BERBUAT DOSA KEKAL.” (Markus 3:29)

      SETIAP ORANG yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia TIDAK AKAN DIAMPUNI. (Lukas 12:10)

      Pantesan aja jadi ORANG terkutuk permanen yeee…..

      ….sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” (Galatia 3:13)

    • SKAKMAT !7!…100 “ISTERI” bagi yang masuk sorga..hehehe

      Setibanya di rumah PETRUS, Yesuspun melihat IBU MERTUA PETRUS (si Petrus punya isteri) terbaring karena sakit demam. (Matius 8:14)

      Lukas 18:28-30

      28. Lalu PETRUS berkata, “Lihatlah! Kami sudah MENINGGALKAN RUMAH TANGGA untuk mengikuti Bapak.”

      29. “PERCAYALAH!” kata Yesus. “Orang yang sudah meninggalkan rumahnya, atau ISTERI-NYA, atau saudaranya atau ayah ibunya atau anak-anaknya karena melayani Allah,

      30. orang itu akan dibalas berlipat ganda (100 kali, lihat matius 19:29 dan Markus 10-30) pada masa ini, dan pada zaman yang akan datang ia akan diberikan hidup sejati dan kekal.”

      Apa artinya ?

      kalo si Petrus mengikuti Yesus dan dia mempunyai SATU ORANG ISTRI maka dalam kehidupan kekal akan mendapatkan 100 isteri yang baru…hehehe

      Walaupun roh kardus menurut domba sembelihan (baca kristen) telah menginspirasikan kepada si pengarang bibel ternyata baik pertanyaan Petrus maupun jawaban Yesus berbeda dalam tiap versi bibel.

      Dan SETIAP ORANG yang sudah meninggalkan rumah…karena Aku, orang itu akan menerima kembali SERATUS KALI LIPAT. Dan ia akan menerima juga hidup sejati dan kekal. (Matius 19:29)

      ORANG itu akan menerima lebih banyak pada masa sekarang ini. Ia AKAN MENDAPAT SERATUS KALI LEBIH BANYAK rumah…Dan nanti di zaman yang akan datang, orang itu akan menerima hidup sejati dan kekal. (Markus 10:30)

      Itulah sorga yang dijanjikan Yesus untuk Petrus sang PEWARIS KUNCI SORGA dan khusus sebagai RASUL ORANG BERSUNAT :

      Kepadamu (PETRUS) akan Kuberikan KUNCI KERAJAAN SORGA. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” (Matius 16:19)

      Dan gerak-gerik Petrus yang hanya mau mengajar kepada orang bersunat (Israel) telah diakui bahkan oleh paulus Tarsus yang mengklaim dirinya sebagai rasul orang tak bersunat (non Israel) :

      –karena Ia (Yesus) yang telah memberikan kekuatan kepada PETRUS UNTUK MENJADI RASUL BAGI ORANG-ORANG BERSUNAT…(Galatia 2:8)

      Dan maaf saja untuk “kristen” TETAP tidak ada sorga untuk mereka, disamping paulus BUKAN PEWARIS KUNCI SORGA juga ada tertulis dalam bibel yang menyatakan :

      Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya (Sorga) SESUATU YANG NAJIS….(Wahyu 21:27)

      ….hai Yerusalem, kota yang kudus! Sebab tidak seorangpun yang TAK BERSUNAT ATAU YANG NAJIS akan masuk lagi ke dalammu. (Yesaya 52:1)

      ==0==

      Banyak kristen melalui dogma sesat menyatakan kehidupan kekal (Sorga atau neraka) “akan seperti malaikat” alias “roh”…lalu bagaimana roh akan minum dan makan ?

      Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk MAKAN bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga, (Matius 8:11)

      Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku me-MINUM-nya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku.” (Matius 26:29)

      Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam KERAJAAN ALLAH (Sorga) dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka, (Markus 9:47)

      bagaimana pula dengan kenyataan mereka dalam neraka MATI sedang mereka dikisahkan dalam bibel berteriak-teriak :

      lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. (Matius 13:50)

      Jika tanganmu atau kakimu menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung atau timpang dari pada dengan utuh kedua tangan dan kedua kakimu dicampakkan ke dalam api kekal. (Matius 18:8)

      apa masih kurang ?… so kehidupan kekal yang diterima para PEMBUAT KEJAHATAN (baca kristen setelah diusir Yesus Mat 7:23) adalah KEHIDUPAN KEKAL DALAM NERAKA :

      lalu mencampakkan ORANG JAHAT ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. (Matius 13:50)

    • @ muslim “sr”

      muslim “sr” menulis:
      SKAKMAT !5!…Apa warna ‘jubah’ yang dikenakan kepada Yesus…

      Mereka menanggalkan pakaian-Nya dan mengenakan JUBAH UNGU (english -> scarlet ; Greek -> kokkinon) kepada-Nya. (LAI TB, Matius 27:28)

      Prajurit-prajurit menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya. Mereka memakaikan Dia JUBAH UNGU (english -> purple ; Greek -> porphuroun) (LAI TB, Yohanes 19:2)

      Mau ngeles bahwa “scarlet” dan “purple” adalah warna yang sama ?

      The woman was robed in PURPLE AND SCARLET and bedecked with gold, precious stones, and pearls…(english [Amplified])

      Terjemahan yang aneh dari LAI :

      Dan perempuan itu memakai KAIN UNGU DAN KAIN KIRMIZI yang dihiasi dengan emas, permata dan mutiara…(Why 17:4)

      hxxp://biblehub.com/lexicon/revelation/17-4.htm … nipu mulu ya…hehehe

      **** TANGGAPAN Sha-Sha ****
      english -> scarlet ; Greek -> kokkinon = Merah kirmizi alias merah lembayung, warna merah yang mendekati gelap agak hitam

      english -> purple ; Greek -> porphuroun = Campuran warna antara merah-biru tua, mungkin seperti yang terlihat pada warna buah terong

      Kedua warna tersebut di atas SECARA AWAM diartikan UNGU….itu sudah betul koq

      Secara etimologi Rasul Matius dan Rasul Yohanes melihat warna jubah yang sama, hanya saja mereka menyebut dengan istilah milik mereka masing-masing….

      Kayak orang Madura , mereka bilang warna “ijo” (Hijau) untuk menyebut warna “biru”, ya gak masalah toh ? Itu hanya perbedaan presepsi dari obyek yang sama.

  2. Al-Quran adalah satu-satunya kitab di dunia ini sejak mulanya lahir ayat per ayat sangat ditail dihafal oleh sahabat nabi hingga sekarang, Al_Quraan adalah file Recording yang telah disimpan di dalam memory umat Islam secara terus menerus, dalam Al-Quran sendiri telah diingatkan dan Rasulullah SAW dan sahabat2 beliau sangat hati-hati dan faham betul dengan kejadian penyimpangan/penyelewengan yang dialami oleh kitab dahulu termasuk biblos. Biblos dikumpulkan sesuai selera Bapa Karosetan yang kanon ada yang tidak ada yang diterima ada yang ditolak, Karosetan mau bandingkan Biblos vs Al-Quran sangat keliru, karena Al-Quran sifatnya recording dalam memori umat dan didukung data musaf sahabat

  3. Kutipan dari topik: Inilah Firman Tuhan Bapa Dalam Perjanjian Akhir Alquran

    “Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib” (QS: Al-Maidah Ayat: 116).

    “Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. (QS: Al-Maidah Ayat: 117) ”

    “Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS: Al-Maidah Ayat: 118)”

    Subhanallah.. Maha Suci Allah dari apa yang mereka syirikkan / prasangkakan (Trinitas).. semoga hidayah petunjuk Illahi turun di atas pundak mereka (nonmuslim).. Amin ….
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    TANGGAPAN dari Sha-Sha:

    Tidak ada yang istimewa dari kutipan ayat al-maidah ayat 116-118 itu.

    Malah ayat-ayat itu terlihat janggal disebabkan : Koq ada “tuhan” yang bertanya secara salah?

    Terlihat: allah-swt bertanya kepada Isa as: “Hai Isa putera Maryam adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuk dua orang tuhan selain Allah?”

    PADAHAL: Isa as tidak pernah mengatakan kalau dirinya minta dijadidkan tuhan bersama ibunya.

    SEHINGGA: Itu pertanyaan dari allah-swt yang sia-sia dan salah alamat😀
    ==============

    Islamthis,
    lha ….. memang pertanyaan yg benar, seharusny seperti apa too????

    bisa jawab???

    terima kasih.

    • Masalahnya: Tidak ada orang Kristen yang pernah menuhankan Bunda Maria ….
      Dan fakta ini tidak diketahui oleh auwoh-swt , sehingga dia bertanya secara “salah-alamat” kepada Isa as kayak yang tertulis pada al maidah : 116-118 itu.
      ================

      Islasmthis,
      kristen tidak pernah sembah bundamaria?

      akh kata siapa yaaaa????

  4. —- DELETED BY MOD —-

    hnya pengulangn saja. mungkin visitornya kena double-click …

    terima kasih.

    • Masih ada sisa sisa penyembahan bunda maria kristen aja pura pura ga ngeh lihat patung bunda maria di depan gereja katolik sekolah ricci di glodok jkt barat kl ga percaya lihat saja sendir, dahulu gereja itu bekas klenteng sekarang sudah berubah jd gereja didalam halaman ada tiga patung dibuat seukuran manusia 3 orang sedang menyembah bunda maria, itulah bukti ternyata masih ada sisa-sisa penyembahan bunda maria

    • @all muslim:
      KRISTEN tidak pernah menuhankan Bunda Maria, orang KATOLIK pun kayaknya juga begitu,
      Kalau ada patung Bunda Maria di Gereja KATOLIK itu MUNGKIN semacam penghormatan kepada Bunda Maria (?)

      Oleh sebab Sha-Sha bukan orang KATOLIK, maka Sha-Sha tidak bisa menjelaskan lebih jauh tentang keberadaan patung Bunda Maria di Gereja KATOLIK

      NAMUN : Di Gereja KRISTEN dijamin tidak ada patung apapun.
      ===========

      Islamthis,
      hahahahahaa org kristen jualan kecap!!!!!

  5. shasha : Allah itu adalah al hakim , ibarat seorang hakim bertanya kepada seorang saksi “allah-swt bertanya kepada Isa as: “Hai Isa putera Maryam adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”
    itu agar kamu lebih yakin bahwa yesus itu bukan tuhan karna dia sendiri yang bekata

    • Zaki…
      Yesus itu tidak pernah menuhankan Ibu-Nya biar menjadi Tuhan….
      Kalau auwlloh-swt bertanya seperti di al-maidah ayat 116-118 itu , tentu saja Yesus akan menjawab TIDAK

      Terlihat bukan? Pertanyaan dari auwlloh-swt kepada Yesus itu menjadi SIA-SIA, malah pertanyaan itu menunjukkan ketidak-tahu-an auwlloh-swt , [Begitulah kesan yang muncul]
      ===========

      Islam this,

      Dear sha-sha yg kurang informasi ….

      Sdr hrs faham bhw trinitas Kristen yg berkembang di mekah kala itu adl: tuhan bapa, tuhan anak (Jesus), Dan tuhan IBU.

      Jadi wajar Kalau Allahswt bertanya-nya spt itu. Jadi jelas denominasi / sekte Kristen yg brkembang di mekah kala itu mempunyai version trinitasnya senduri.

      Trimakasih.

    • Teori trinitas berkembang terus, saat ini bunda maria sudah dilengserkan diganti dengan roh kudus

    • **** Ketika Sha-Sha menulis:
      Yesus itu tidak pernah menuhankan Ibu-Nya biar menjadi Tuhan….
      Kalau auwlloh-swt bertanya seperti di al-maidah ayat 116-118 itu , tentu saja Yesus akan menjawab TIDAK

      Terlihat bukan? Pertanyaan dari auwlloh-swt kepada Yesus itu menjadi SIA-SIA, malah pertanyaan itu menunjukkan ketidak-tahu-an auwlloh-swt , [Begitulah kesan yang muncu

      ***** islam this menjawab:

      Dear sha-sha yg kurang informasi ….

      Sdr hrs faham bhw trinitas Kristen yg berkembang di mekah kala itu adl: tuhan bapa, tuhan anak (Jesus), Dan tuhan IBU.

      Jadi wajar Kalau Allahswt bertanya-nya spt itu. Jadi jelas denominasi / sekte Kristen yg brkembang di mekah kala itu mempunyai version trinitasnya senduri.

      Trimakasih.

      ******** TANGGAPAN sha-sha ********
      Mana ada keterangan dari alquran dan hadits seperti yang ente bilang itu?
      Sepanjang catatan sejarah Ke-Kristen-an, tidak ada satu sekte-pun yang menuhankan Bunda Maria seperti yang ente bilang itu.
      ============

      Islamthis,
      Sepanjang sejarah kekristenan, SDR bilang? Sepanjang sejarah kekristenan yg mana?

      Apakah sdr tidak ingat, bhw sejarah memperlihatkan, Jesus diangkat sbg tuhan hanya mulai tahun 325M pada konsili Nicea. Jadi sebelumnya, Jesus itu bukan tuhan. Kok bisa ya?

      Sebelum tahun 325M itu, Jesus bukan tuhan, pun tidak dikenal trinitas spt yg sdr ributkan itu.

      Jadi, sepanjang sejarah Kristen, APA yg sdr ketahui? Sdr tidak tahu apa2. Sdr hanya kebanyakan dibohongi pendeta2 sdr di gereja. Kok sdr mau dibohongin?

      Cerdaslah sikit.

      Terima kasih.

  6. Isa yang dalam AlQuran berbeda dengan Yesus yang ada dalam Alkitab.Dalam Alkitab sebenarnya tidak disebut Yesus adalah Isa.Jadi jangan disamakan pasti benturan.

    • SIMPLE aja; Tertuju Pada Satu Oknum Orang Yg Sama: Jesus=(Dalam Bahasa Yunani) Isa Al Masih=(Dalam Bahasa Arab) KAMI YAKIN PARA CHRISTIANER TIDAK MENGENAL BELIAU,KARENA BELIAU(HAMPIR MUSLIM) BUKAN BERAGAMA CHRISTIAN.

    • SIMPLE aja;Tertuju Pada Satu Oknum Orang Yg Sama,Yaitu: Dalam bahasa Yunani=JESUS Dalam bahasa Arab =ISA AL MASIH

    • ,

  7. islamthis….menulis:

    Sepanjang sejarah kekristenan, SDR bilang? Sepanjang sejarah kekristenan yg mana?

    Apakah sdr tidak ingat, bhw sejarah memperlihatkan, Jesus diangkat sbg tuhan hanya mulai tahun 325M pada konsili Nicea. Jadi sebelumnya, Jesus itu bukan tuhan. Kok bisa ya?

    Sebelum tahun 325M itu, Jesus bukan tuhan, pun tidak dikenal trinitas spt yg sdr ributkan itu.

    Jadi, sepanjang sejarah Kristen, APA yg sdr ketahui? Sdr tidak tahu apa2. Sdr hanya kebanyakan dibohongi pendeta2 sdr di gereja. Kok sdr mau dibohongin?

    Cerdaslah sikit.

    Terima kasih.

    ******* TANGGAPAN Sha-Sha ********
    Sejarah Ke-Kristen-an yang seutuhnya dong…dimulai dari para Rasul sampai sekarang…

    Konsili Nicea tahun 325M adalah “sensus-rohani” buat mengetahui pihak-pihak mana saja yang mengakui Yesus sebagai Tuhan dan mana yang menyangkalNya.
    Sedangkan Iman Kristen sudah tegas yakin kalau Yesus adalah Tuhan sejak para-Rasul (ke 12 murid Yesus) hidup mendampingi Tuhan Yesus mengabarkan INJIL
    =========

    Islamthis,
    Ohyaaa?

    Kalo begitu, tunjukkan saja di sini bukti / ayat yg menerangkan bhw pararasul menganggap jesus sbg tuhan. Ada nggak???

    Kalo ngomong jangan asal!!!! Kok mau2nya sdr didongengin pendeta gereja sejak jaman paulus binti jahanam????

    • @ muslim “islamthis”

      muslim “islamthis” bertanya:

      Ohyaaa?

      Kalo begitu, tunjukkan saja di sini bukti / ayat yg menerangkan bhw pararasul menganggap jesus sbg tuhan. Ada nggak???

      **** TANGGAPAN Sha-Sha ****
      Para 12 Rasul (Hawariyyun) terbiasa menyapa Yesus dengan sapaan Tuhan, sehingga Tuhan Yesus ber-Firman:

      Injil Yohanes:
      13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
      13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu
      ===========

      Islamthis,
      Suatu ketika Yesus membenarkan dirinya dipanggil murid-muridnya dengan sebutan guru dan tuan, bahkan ditegaskan lagi oleh Yesus memang akulah guru dan tuan”. Kamu menyebut aku guru dan tuan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan tuan”.

      Yesus disebut sebagai guru karena mengajarkan kebaikan, kebenaran dan petunjuk hidup kepada murid-muridnya, dan Yesus disebut tuan karena nasehat dan pengajarannya selalu ditaati murid-muridnya, maka pantaslah Yesus disebut guru dan tuan.

      Kata tuan dalam ayat di atas adalah terjemahan dari kata mar dalam bahasa Ibrani / Aramaic yaitu bahasa sehari-hari Yesus, kata mar biasa diberikan kepada orang yang dihormati dan ditaati. Namun ternyata dalam penterjemahan ayat tersebut ke dalam bahasa yang bukan bahasanya Yesus, kata ‘tuan’ dalam ayat di atas telah berubah menjadi ‘Tuhan’, yang jauh menyimpang dari ucapan Yesus, sehingga lafal ucapan Yesus tersebut menjadi: ”Kamu menyebut aku guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan Tuhan”.

      Tentu saja perubahan ini dimanfaatkan oleh umat Kristen sebagai dalil bahwa Yesus pernah mengatakan dirinya sebagai Tuhan. Sesungguhnya perubahan kata dari tuan menjadi Tuhan justru akan semakin menimbulkan kontradiksi di dalam Injil itu sendiri, bahkan akan sangat bertentangan dengan ucapan- ucapan Yesus di dalam puluhan ayat-ayat yang lain. Satu saja contoh ucapan Yesus yang bertentangan dengan Yohanes 13:13 bila kata tuan diubah menjadi Tuhan: ”Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus” – Yohanes 17:3.

      Dalam Yohanes 17:3 tersebut Yesus mengatakan bahwa Tuhan satu-satunya hanyalah Allah dan dipertegas lagi bahwa Yesus hanyalah seorang utusan Allah. Kalau kata mar diterjemahkan menjadi Tuhan maka Yohanes 13:13 akan kontradiktif dengan Yohanes 17:3, tetapi kalau kata mar diterjemahkan sebagai tuan maka antara Yohanes 13:13 dan Yohanes 17:3 akan saling mendukung dan menguatkan.

      Umat Kristen nampaknya sangat memaksakan untuk mengubah ucapan Yesus yang berarti tuan menjadi Tuhan, agar ada dalil yang mengokohkan ketuhanan Yesus, hal ini karena tidak ada satu ayat-pun yang mendukung ketuhanan Yesus yang berupa pengakuan Yesus secara langsung bahwa dirinya adalah Tuhan, dan satu-satunya ayat yang mudah untuk diubah artinya adalah Yohanes 13:13, namun dengan mengorbankan keabsahan dan keserasian Alkitab itu sendiri.

      Perubahan kata ‘tuan’ menjadi ‘Tuhan’ terjadi ketika kata MAR dalam bahasa Ibrani yang berarti tuan, diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi KURIOS. Kata kurios dalam bahasa Yunani memiliki empat arti yaitu :– Pemilik — tuan — tuhan – Tuhan. Rupanya para penginjil mengartikan kurios sebagai Tuhan dalam ayat tersebut, padahal semestinya arti yg sesuai dengan ucapan Yesus dan tdk bertentangan dengan ayat-ayat yg lain adalah tuan.

      Dari uraian di atas baik ditinjau dari segi tata-bahasa Ibrani ke Yunani dan ditinjau dari keserasian dengan ucapan-ucapan Yesus yang lain, maka pengakuan Yesus yang sesungguhnya adalah: “AKULAH GURU DAN TUAN”, Bukan “AKULAH GURU DAN TUHAN”. Sehingga tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab Yesus pernah mengatakan akulah Tuhan, tetapi akan banyak ditemukan ayat pengakuan Yesus bahwa dirinya hanyalah utusan Allah dan bahwa hanyalah Allah satu-satunya Tuhan yang benar dan Esa.

      >>> https://edyprayitno.wordpress.com/category/yoh-1313-tuhan-atau-tuan/

      -o0o-

      ALKITAB VERSI TERKINI:
      “Kamu menyebut Aku Guru dan TUHAN, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan TUHAN.” (Yohanes 13:13)

      ALKITAB VERSI KSI (TAHUN 2000)
      “Kamu menyebut Aku Guru dan Junjungan. Memang sepatutnyalah demikian, karena Aku adalah Guru dan Junjungan.” (Yohanes 13:13)

      ALKITAB VERSI ENDE (TAHUN 1969)
      “Kamu memanggil Aku Guru dan Tuan. Dan tepatlah demikian, sebab memang itulah Aku!” (Yohanes 13:13)

      ALKITAB VERSI SCHELLABEAR DRAFT (TAHUN 1912)
      “Adapun kamu menyebutkan aku guru dan Rabbi, maka patutlah katamu itu, karena akulah dia.” (Yohanes 13:13)

      ALKITAB VERSI KLINKERT (TAHUN 1870)
      “Bahwa akoe dipanggil olihmoe goeroe dan toewan (baca: tuan), maka benarlah bagitoe, karena akoelah dia.” (Yohanes 13:13)

      Isu / argumen ini ude basi, brosis ….

      Murahan sekali argumentasi loe, brosis?? Kata tuan loe ubah menjadi tuhan?? Hahahhaahaaa ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: