Mereka Yang Melawan Gereja, Dipancung

 

Kemelut di Gereja Barat dan Kekaisaran Romawi Suci memuncak dengan Kepausan Avignon (1308 – 1378), dan skisma kepausan (1378-1416), membangkitkan peperangan antara para pangeran, pemberontakan di antara petani, dan keprihatinan yang meluas terhadap rusaknya sistem kebiaraan. Suatu nasionalisme baru juga menantang dunia abad pertengahan yang relatif internasionalis.

Salah satu perspektif yang paling menghancurkan dan radikal pertama-tama muncul dari John Wyclif di Universitas Oxford, kemudian dari Jan Hus di Universitas Praha. Gereja Katolik Roma secara resmi menyimpulkan perdebatan ini di Konsili Konstanz (1414-1418). Konklaf mengutuk Jan Hus yang dihukum mati, padahal ia datang dengan jaminan keamanan. Sementara Wyclif secara anumerta dihukum bakar sebagai seorang penyesat.

Access from,

http://id.wikipedia.org/wiki/Reformasi_Protestan

Access date, 13 Nopember 2012.

_____________________

Islamthis,

Banyak sekali manusia-manusia karoSetan yang menghujat Islam dan Muhammad perihal berkembangnya fakta di dalam masyarakat Muslim di mana Muslim yang menghujat Islam (atau Muhammad atau Alquran) akan mendapat siksaan dan persekusi yang sadis dari Muslim yang lain. Di sini justru kita mendapatkan fakta lain tentang kekristenan, yaitu adanya seorang karoSetan yang mengemukakan pendapatnya tentang Alkitab atau Jesus – namun pendapatnya itu dinilai menyimpang dari nilai yang diterima secara mainstream. Akibatnya, individu karoSetan itu mendapatkan penyiksaan dan persekusi yang mematikan dari masyarakat karoSetan yang lebih luas dan mapan.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Dan mengapa hal yang begini itu sadis dan keji ini terjadi pada suatu umat yang mengklaim bahwa Nabi dan Tuhan mereka hanya mengajarkan cinta kasih dan pemaafan?

Artikel ini terambil dari artikel wikipedia yang melukiskan gejolak iman pada masyarakat karoSetan yang penekanannya pada proses pembangunan rumus kekristenan. Rumus kekristenan? Pada saat rumus kekristenan itu dibentuk, justru kekejian dan keberingasan kekristenan ditampakkan dan dipraktekkan.

Baiklah itu adalah urusan antara mereka sendiri, orang karoSetan. Namun mengapa sekarang orang karoSetan lah yang menuduh Muslim sebagai pengikut agama kekerasan karena masyarakat Muslim sering mengeksekusi individu-individu Muslim yang mempunyai pandangan berbeda? Bukankah kekerasan dan kebengisan itu terjadi di tengah mereka sendiri, yang notabene mereka klaim mereka hidup di dalam Hukum kasih Jesus?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: