Para Jihad Akan Masuk Surga

Jihad ( جهاد ) adalah berjuang dengan sungguh-sungguh menurut syariat Islam.

Jihad dilaksanakan untuk menjalankan misi utama manusia yaitu menegakkan Din Allah atau menjaga Din tetap tegak, dengan cara-cara sesuai dengan garis perjuangan para Rasul dan Al-Quran. Jihad yang dilaksanakan Rasul adalah berdakwah agar manusia meninggalkan kemusyrikan dan kembali kepada aturan Allah, menyucikan qalbu, memberikan pengajaran kepada ummat dan mendidik manusia agar sesuai dengan tujuan penciptaan mereka yaitu menjadi khalifah Allah di bumi.

Pelaksanaan Jihad

Pelaksanaan Jihad dapat dirumuskan sebagai berikut:

  • Pada konteks diri pribadi – berusaha membersihkan pikiran dari pengaruh-pengaruh ajaran selain Allah dengan perjuangan spiritual di dalam diri, mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
  • Komunitas – Berusaha agar Din pada masyarakat sekitar maupun keluarga tetap tegak dengan dakwah dan membersihkan mereka dari kemusyrikan.
  • Kedaulatan – Berusaha menjaga eksistensi kedaulatan dari serangan luar, maupun pengkhianatan dari dalam agar ketertiban dan ketenangan beribadah pada rakyat di daulah tersebut tetap terjaga termasuk di dalamnya pelaksanaan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Jihad ini hanya berlaku pada daulah yang menggunakan Din Islam secara menyeluruh (Kaffah).

Jihad dan perang

Arti kata Jihad sering disalahpahami oleh yang tidak mengenal prinsip-prinsip Dinul Islam sebagai ‘perang suci’ (holy war); istilah untuk perang adalah Qital, bukan Jihad.

Jihad dalam bentuk perang dilaksanakan jika terjadi fitnah yang membahayakan eksistensi ummat (antara lain berupa serangan-serangan dari luar).

Pada dasar kata arti jihad adalah “berjuang” atau “ber-usaha dengan keras” , namun bukan harus berarti “perang dalam makna “fisik”. Jika sekarang jihad lebih sering diartikan sebagai “perjuangan untuk agama”, itu tidak harus berarti perjuangan fisik.

jika meng-arti-kan jihad hanya sebagai peperangan fisik dan extern, untuk membela agama, akan sangat ber-bahaya, sebab akan mudah di-manfaat-kan dan rentan terhadap fitnah.

Jika meng-artikan Jihad sebagai “perjuangan membela agama”, maka lebih tepat bahwa ber-Jihad adalah: “perjuangan menegakkan syariat Islam”. Sehingga berjihad harus -lah dilakukan setiap saat, 24 jam sehari, sepanjang tahun, seumur hidup.

Jihad bisa ber-arti ber-juang “Menyampaikan atau menjelaskan kepada orang lain kebenaran Ilahi Atau bisa ber-jihad dalam diri kita sendiri”. Bisa saja ber-jihad adalah: “Memaksakan diri untuk bangun pagi dan salat Subuh, walau masih mengantuk dan dingin dan memaksakan orang lain untuk salat subuh dengan menyetel TOA mesjid dan memperdengarkan salat subuh”. Dan lain lain.

Saat ini kerangka berfikir masyarakat tentang pengertian jihad hanyalah sebatas mengurusi syiar – syiar ibadah saja. Seperti halnya mempermasalahkan banyak orang yang tidak salat, padahal hal ini tidak murni dilakukan oleh prinsip seseorang, namun perlulah disadari bahwa setiap poin – poin syariat bukan sebatas harus dilakukan oleh perorangan tetapi oleh seluruh lapisan Islam di Jagad Raya. Karena perilaku seseorang terdapat pada nilai – nilai prosesi pembinaan terkait kelembagaan yang mengelola masyarakat. Dengan kata lain, sebetulnya kemerosotan moral masyarakat terbentuk oleh adanya sistem pemerintahan di dalam negeri yang sangat kuat berpengaruh pada setiap aspek kehidupan masyarakat. Contoh, kesenjangan ekonomi. Ekonomi adalah salah satu sektor yang dikuasai oleh pemerintahan. Hal ini mampu menyebabkan kerusakan pshychologis masyarakat jika sistem yang dijalankan adalah hasil buatan manusia yang sudah tentu tidak mampu mengatur semesta alam.

Hal di atas menyimpulkan bahwa Jihad harus mengerucut pada penegakan Dienul Islam di dunia. Sesuai dengan apa yang diajarkan oleh seorang tokoh revolusioner Islam, yakni Baginda Rosulullah Muhammad SAW. Juga berdasarkan Undang – Undang Allah yaitu Kitab Suci Al- Qur’an mengatakan bahwa,

“Allah mengutus RosulNya (Muhammad) dengan membawa petunjuk (Al-Qur’an) dan agama (Dien / Sistem) yang benar (Islam) untuk dimenangkannya di atas segala agama (Dien / Sistem), walaupun kaum musyrikin (Segolongan orang beridentitaskan Islam namun tidak mengakui syariat Islam bahkan secara halus memerangi Islam dengan Rezimnya, Contoh Idiologi Pancasila) tidak menyukai.

Etika perang Muhammad

Semasa kepemimpinan Muhammad dan Khulafaur Rasyidin antara lain diriwayatkan bahwa Abu Bakar sebelum mengirim pasukan untuk berperang melawan pasukan Romawi, memberikan pesan pada pasukannya, yang kemudian menjadi etika dasar dalam perang yaitu:

  • Jangan berkhianat.
  • Jangan berlebih-lebihan.
  • Jangan ingkar janji.
  • Jangan mencincang mayat.
  • Jangan membunuh anak kecil, orang tua renta, wanita.
  • Jangan membakar pohon, menebang atau menyembelih binatang ternak kecuali untuk dimakan.
  • Jangan mengusik orang-orang Ahli Kitab yang sedang beribadah.

Jihad dan terorisme

Terorisme tidak bisa dikategorikan sebagai Jihad; Jihad dalam bentuk perang harus jelas pihak-pihak mana saja yang terlibat dalam peperangan, seperti halnya perang yang dilakukan Nabi Muhammad yang mewakili Madinah melawan Makkah dan sekutu-sekutunya. Alasan perang tersebut terutama dipicu oleh kezaliman kaum Quraisy yang melanggar hak hidup kaum Muslimin yang berada di Makkah (termasuk perampasan harta kekayaan kaum Muslimin serta pengusiran).

Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdoa: “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!”.(QS 4:75)

Perang yang mengatasnamakan penegakan Islam namun tidak mengikuti Sunnah Rasul tidak bisa disebut Jihad. Sunnah Rasul untuk penegakkan Islam bermula dari dakwah tanpa kekerasan!, bukan dalam bentuk terorisme, hijrah ke wilayah yang aman dan menerima dakwah Rasul, kemudian mengaktualisasikan suatu masyarakat Islami (Ummah) yang bertujuan menegakkan Kekuasaan Allah di muka bumi.

“Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah<-islam), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.”

Access from,

http://id.wikipedia.org/wiki/Jihad

Access date 14 Oktober 2012.

Islamthis,

Assalamu alaikum wr wb….

Saya turunkan artikel ini yang saya ambil dari wikipedia berbahasa Indonesia. Artikel ini saya turunkan / tayangkan di weblog saya adalah untuk saya jadikan rujukan yang akan saya berikan kepada kaum karoSetan, karena kaum ini selalu menyamakan antara jihad dengan perang terorisme …

Berkali-kali Muslim dan seluruh ustadz menjelaskan bahwa Islam haramkan terorisme, bahwa Islam tidak ajarkan kekerasan, namun tetap saja kaum karoSetan selalu berpandangan bahwa terorisme adalah ajaran Islam. Untuk menguatkan tuduhan mereka itu, kaum karoSetan selalu mengajukan ayat-ayat Alquran yang berkenaan dengan jihad …..

Dan kemudian pun, kaum karoSetan selalu menyamakan antara fakta sosial di dalam masyarakat Muslim sebagai refleksi dari ajaran Islam itu sendiri. Contoh, di dalam masyarakat Muslim ada segerombolan teroris. Maka kaum karoSetan selalu menyatakan bahwa keberadaan gerombolan biadab tersebut sebagai ‘buah’ dari ajaran Islam, seolah Islam lah yang mengajarkan masyarakat Muslim untuk menjadi gerombolan  teroris …..

Sama juga dengan fakta sosial lain, seperti fenomena pengemis. Di tengah masyarakat Muslim banyak terdapat para pengemis yang kebanyakan dari mereka menggunakan simbol-simbol keislaman. Melihat fenomena ini kaum karoSetan jadi berfikir bahwa Islam MENGAJARKAN umatnya untuk menjadi malas dan pengemis. Padahal dengan tegas Islam melarang umatnya untuk menjadi pengemis …..

Note,

Untuk melengkapi pemahaman mengenai Jihad dalam kaitannya dengan terorisme, silahkan baca artikel yang membahas aksi bunuhdiri,

https://islamthis.wordpress.com/2011/01/21/bunuhdiri-dalam-islam-mati-syahid/

Wallahu alam bishawab.

One Response

  1. Yg penting gini, kak @Islamthis, kita ini yg penting harus berjihad melawan korupsi, ketidakadilan, -yakni ingatkah kau akan pencuri sandal-, kemiskinan, dan akhlak negeri kita yg hampir2 merosot karna pengaruh org luar negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: