Alkitab Jesus Salah Total Taltaltal

 

Persoalan perbedaan tentang terdapatnya seorang tokoh yang bernama Haman antara Al-Qur’an dan Alkitab bisa kita temukan dalam ayat-ayat ini:

Al-Qur’an:

(Al-Qasas: 38) Dan berkata Fir’aun: “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta”. ‪

‪(Ghaafir: 36) Dan berkatalah Fir’aun: “Hai Haman, buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu.

Alkitab:

Ester 3:1  Sesudah peristiwa-peristiwa ini maka Haman bin Hamedata, orang Agag, dikaruniailah kebesaran oleh raja Ahasyweros, dan pangkatnya dinaikkan serta kedudukannya ditetapkan di atas semua pembesar yang ada di hadapan baginda.

Perbedaan yang sangat bertentangan tentang tokoh ini adalah, jika Al-Qur’an menyatakan Haman merupakan salah seorang pejabat penting di istana Fir’aun, maka Alkitab menyebut tokoh ini merupakan pejabat penting di kerajaan Persia. Perbedaan ini pada mulanya dijadikan ‘bahan ejekan’ oleh pihak Kristen dengan menyatakan Al-Qur’an sudah salah mencatat fakta sejarah karena berbeda dengan Alkitab, dengan suatu alasan bahwa Alkitab sudah ditulis jauh lebih awal dibandingkan Al-Qur’an, maka yang ditulis belakangan jelas mengandung cacat sejarah dan telah mengalami penyimpangan.

 

Namun temuan arkeologis ternyata mengungkapkan fakta sebaliknya. Sejarah Mesir kuno merupakan salah satu dari sedikit kisah-kisah jaman dahulu yang berhasil diungkapkan secara lengkap serta detail, dan didukung dengan adanya prasasti-prasasti tertulis.  Saat ini kita bisa memperoleh dengan mudah hasil temuan tersebut melalui internet berupa foto-foto tulisan Hieroglyph dan hasil terjemahan yang dibuat oleh para ahli. Pada salah satu prasasti tersebut tercatat dan tertulis nama Haman, sebagai salah satu tokoh penting di Mesir dengan kedudukan berada di bawah Fir’aun. Fakta ini sangat sulit untuk dibantah.

Sebaliknya sampai saat ini tidak ada sedikit pun temuan sejarah dan arkeologis yang ditemukan tentang keberadaan tokoh ini dalam istana Raja Persia: Ahasyweros (Xerxes). Mensikapi hal ini, pihak Kristen langsung berkelit dengan menyatakan: kemungkinan perbedaan ini menunjukkan adanya 2 tokoh yang berbeda dengan nama yang sama. Tuduhan yang menyatakan Al-Qur’an telah salah mencatat sejarah karena berbeda dengan Alkitab, mulai menghilang. Dalam hal ini kita sebenarnya tidak punya kepentingan dengan pembuktian keberadaan Haman di Persia melalui fakta arkeologis dan sejarah, itu semata-mata menjadi urusan orang Kristen sendiri. Biarlah mereka yang berkutat dengan kebenaran kitab suci mereka, benar atau salah juga merupakan tanggungan mereka sendiri.

Pembuktikan sejarah dan arkeologis tentang kebenaran pernyataan Al-Qur’an tentang nama Haman yang berada di Mesir bisa anda temukan dalam tulisan disini :

http://id.wikipedia.org/wiki/Haman_%28Al-Qur%27an%29

http://www.islamic-awareness.org/Quran/Contrad/External/haman.html

 

Berikut ini tulisan dari buku: Sejarah Bangsa Israel, dalam Bibel dan Al-Qur’an, Sebuah Penelitian Islamiv Archaeology. Penulis: Dr. Louay Fatoohi / Prof Shetha Al-Dargazelli

 

Salah satu perbedaan penting antara penjelasan Al-Qur’an dengan Bibel tentang konflik antara Musa dan Fir’aun adalah disebutkannya dalam Al-Qur’an figur penting di istana Fir’aun, Haman. Tokoh ini membantu Fir’aun dalam pengambilan keputusan melawan misi Musa. Haman disebut enam kali dalam Al-Qur’an. Salah satu ayat menyebutkannya secara sepintas (QS 29:39), bersamaan dengan penyebutan sejumlah individu dan kaum yang dihancurkan Allah, dan menekankan bahwa dia tenggelam bersama Fir’aun.

Bibel tidak mengenal figur berpengaruh semacam itu di istana Fir’aun, baik dengan nama Haman atau lainnya. Terlepas dari Fir’aun sendiri, tidak ada karakter Mesir terkemuka dalam penjelasan Bibel tentang eksodus. Namun, ada seseorang yang penting bernama Haman tertera dalam kitab Ester, yang kisahnya diduga terjadi di Persia berabad-abad setelah eksodus.

Dalam kitab Ester, kita membaca bahwa orang-orang Yahudi setelah pengasingan Babilonia berada di bawah kekuasaan Ahasyweros, raja Persia dan Media. Suatu saat, raja mempromosikan seseorang bernama Haman ke jabatan Perdana Menteri. Mordekhai, seorang pejabat istana berkebangsaan Yahudi, tanpa alasan yang jelas menolak menunduk di hadapan Perdana Menteri baru. Hal ini membuat Haman marah dan kemudian dia berusaha membalas dendam dengan berencana menghancurkan orang-orang Yahudi di kerajaan Persia. Akan tetapi dengan bantuan Ester, sepupu Mordekhai dan istri Ahasyweros, rencana itu gagal dan Mordekhai bersama saudara-saudara Yahudi-nya menang atas Haman yang akhirnya dihukum mati dengan ditancap pada tiang tinggi. Inilah secara singkat beberapa peristiwa penting dalam kisah Ester.

 

Sejumlah sarjana Barat yang mengikuti pandangan umum bahwa Al-Qur’an adalah versi Bibel yang diedit secara bebas, menyatakan bahwa munculnya Haman dalam kisah Musa dan Fir’aun versi Al-Qur’an diakibatkan oleh pembacaan yang keliru atas Bibel, sehingga Haman ‘dipindahkan’ dari istana raja Persia, Ahasyweros, ke istana Mesir. Salah satu contoh pandangan ini ditemukan dalam ‘The Encyclopedia of Islam’ yang – sembari menuduh Nabi Muhammad SAW menulis Al-Qur’an dengan mengambil bahan-bahan dari Bibel – menyatakan dalam entry ‘Haman’:

nama orang yang dikait-kaitkan Al-Qur’an dengan Fir’aun, disebabkan oleh kerancuan yang masih tak terjelaskan dengan menteri Ahasyweros yang disebutkan kitab Ester dalam Bibel (EI 1971 : hal 110). Ini merupakan pengulangan pernyataan bahwa kisah Al-Qur’an tentang Fir’aun dan Haman adalah modifikasi dari narasi kitab Keluaran yang ‘kekeliruan menempatkan kisah dalam kitab Ester dan kisah menara Babel’.

Paling banter  ‘The Encyclopedia of Islam’ – nama yang ironis jika kita melihat isinya – ketika mengakui beberapa perbedaan penjelasan Al-Qur’an  dari Bibel, berpendapat bahwa, “Dalam beberapa penjelasan Al-Qur’an, dapat dideteksi sejumlah unsur non-Biblikal” (EI 1965 : hal 917).

 

Pernyataan tersebut, dan pernyataan-pernyataan serupa yang diberikan para orientalis, didasarkan pada misrepresentasi dan kesalah-pahaman; misrepresentasi nilai historis kitab Ester dalam Bibel, dan Bibel secara umum, dan kesalah-pahaman terhadap Al-Qur’an secara umum. Mari kita bahas yang pertama terlebih dahulu. Klaim bahwa penjelasan Al-Qur’an tentang Haman mencerminkan kerancuan dengan kisah Ester dalam Bibel mengisyaratkan anggapan bahwa setiap penyebutan tentang Haman pasti berasal dari narasi Bibel.

Asumsi ini sendiri mengimplikasikan entah apakah Haman adalah figur ahistoris yang tidak pernah ada diluar Bibel atau jika dia historis, dia pastilah Perdana Menteri raja Persia, Ahasyweros, sebagaimana digambarkan dalam kitab Ester. Kemungkinan pertama akan dibahas dibawah ketika etimologi Haman dibicarakan. Adapun yang kedua, jelas asumsi ini meniadakan kemungkinan bahwa kesalahan terletak pada informasi Bibel tentang Haman historis, yang merupakan figur berpengaruh dalam istana Fir’aun, seperti yang digambarkan Al-Qur’an.

Namun, mengesampingkan kemungkinan ini sama sekali tidak logis karena adanya fakta yang diketahui secara umum, bahwa disamping klaim-klaim historis yang tidak dapat dibuktikan, Bibel penuh dengan data historis yang salah. Salah satu aspek kekacauan sejarah dalam Bibel adalah penempatan karakter dalam periode dan tempat historis yang salah. Misalnya Redford melihat secara kritis bahwa Fir’aun Sabtekha (697-690 SM) muncul dalam daftar bangsa-bangsa (Kejadian 10:7) sebagai suku Nubia (Redford 1992: hal 256). Karena itu, pertanyaannya adalah : apakah ada alasan untuk menyatakan bahwa Haman dalam kitab Ester – bukan Haman dalam Al-Qur’an – adalah kasus lain kekeliruan peletakan karakter dalam Bibel..??

 

Para peneliti menegaskan bahwa ‘Ahasyweros’ bisa jadi ejaan Ibrani untuk sebuah nama Persia yang diterjemahkan oleh orang-orang Yunani menjadi Xerxes (486-465SM). Akan tetapi, sampai sekarang tidak bisa dilakukan identifikasi historis atas nama Haman atau tokoh-tokoh lain dalam kitab Ester, termasuk Ester sendiri yang menjadi nama kitab tersebut.

Kisah dalam kitab Ester juga mengandung informasi yang diketahui salah, seperti pernyataan bahwa Persia terbagi menjadi 127 propinsi atau ‘satrapy’ (kegubernuran), padahal sumber historis lainnya hanya menyebutkan tidak lebih dari 30. Para ahli sepakat bahwa kitab Ester mengandung masalah historis yang masif dan sungguh tidak pantas disebut sebagai sebuah buku historis. Buku tersebut sangat ahistoris sehingga salah satu study mutakhir menyimpulkan bahwa ‘kitab Ester sebaiknya dipandang sebagai novel sejarah masa kerajaan Persia’. Pandangan ini diterima oleh kebanyakan sarjana.

Buku ini begitu jauh dari sejarah faktual sehingga study di atas menyatakan bahwa ‘menyesatkan jika kita menerjemahkan Ahasyweros dengan Xerxes’, karena hal ini mengisyaratkan adanya korelasi dengan tokoh yang kita ketahui dari sumber-sumber Yunani. Sebaliknya, tampaknya pengarang meminjam nama Xerxes, tetapi hanya sedikit fakta lain tentang dirinya dalam penyusunan novel ini (Levenson 1997:hal 25).

 

Oleh karena itu jelaslah bahwa tidak ada bukti apapun yang menunjukkan bahwa penyebutan Haman dalam Al-Qur’an pada suatu periode historis yang berbeda dengan penyebutannya dalam kitab Ester disebabkan oleh kesalahan pembacaan Bibel, sebagaimana diklaim oleh sejumlah orientalis. Klaim inilah – dengan menyatakan bahwa penjelasan kitab Ester adalah ahistoris – yang mestinya ditunding memberikan gambaran sejarah yang membingungkan.

 

Sekarang, mari kita bahas etimologi kata ‘Haman’. Pernyataan bahwa Haman dalam Al-Qur’an sama dengan Haman dalam Bibel mencerminkan kesalah-pahaman mutlak terhadap etimologi kata ‘Haman’. Nama ini dengan mudah dapat dikaitkan dengan nama dewa Mesir ‘Amun’. Karena itu, nama ini adalah kata Mesir dan bukan Persia seperti yang dinyatakan dalam kitab Ester. Dengan kata lain, Bibel-lah yang salah menempatkan Haman, sebagaimana akan dijelaskan lebih jauh nanti.

 

Berdasarkan korelasi yang nyata antara ‘Haman’ dengan ‘Amun’, Syed (1984) mengemukakan bahwa Haman dalam Al-Qur’an adalah ‘gelar’ seseorang, bukan nama. Dia berpendapat bahwa seperti halnya Fir’aun yang merupakan gelar dan bukan nama seseorang, demikian pula ‘Haman’. Syed menegaskan bahwa ‘Haman’ adalah gelar ‘pendeta tinggi Amun’. Diantara bukti-bukti dalam makalah Syed kita menemukan sebagai berikut :

 Penyebaran penyembahan terhadap Amen dianggap berhubungan dengan asalnya, yaitu daerah-daerah oase. Tampaknya tidak ada alasan untuk mempertanyakan bahwa  penyembahan oase primitif terhadap Ammon atau Hammon adalah asal muasal dewa Amen atau Amun pada bangsa Mesir dan Baal Haman pada bangsa Carthage” (Petre 1924 : hal 21).

Dengan mengutip fakta bahwa para pendeta Mesir sering mempersonifikasikan dewa, Syed menyatakan bahwa :”Amon atau Haman adalah gelar umum bagi para pendeta tinggi ketika mempersonifikasikan dewa Amon”. (Syed 1984 : hal 87). Tentang pengaruh posisi ‘Haman’ atau ‘Pendeta tinggi Amun’ di Mesir, Syed menyatakan berikut :

 “Jadi, ‘nabi pertama atau pendeta tinggi Amun adalah sekaligus ‘Pengawas Agung Pekerjaan’. Dalam kapasitas ini, dia diharapkan mengawasi pekerjaan bangunan luas terkait dengan kuil, dan memberikan kemegahan dalam altarnya. Sebagai ‘Panglima Tentara Dewa’ dia mengepalai kekuatan militer kuil, seperti Uskup besar pada abad pertengahan. Sebagai ‘Pengurus Perbendaharaan Negara’, dia harus mengontrol administrasi keuangan yang sama sekali tidak mudah. Otoritasnya juga tidak hanya mencakup kuil Amon dan para pendetanya. Dia juga adalah ‘Pemuka Nabi-nabi Dewa Thebes’ dan ‘Pemuka nabi-nabi segala dewa di selatan maupun utara’. Artinya, semua pendeta di negeri ini berada di bawah otoritasnya dan dialah otoritas spiritual tertinggi kerajaan”. (Steindorff 1905 : hal 96-97).

 

Identifikasi Syed tentang Haman sebagai ‘pendeta tertinggi Amun’ bisa jadi benar. Meskipun dewa Re dan Ptah juga dipuja selama pemerintahan Ramses II, Amun-lah yang memiliki supremasi atas dewa-dewa lain. Karena itu, keunggulan Amun juga memberi pendeta tertinggi Amun posisi penting di Mesir. Ayat Al-Qur’an yang disebutkan diatas menggambarkan Haman sebagai seseorang yang memiliki otoritas sangat tinggi di istana Fir’aun. Penjelasan Al-Qur’an tentang konfrontasi antara Musa dengan Fir’aun tidak menyebutkan nama pembantu Fir’aun selain Haman. Lalu, seberapa jauh pernyataan ini sejalan dengan apa yang kita ketahui tentang hierarki kekuasaan di Mesir Kuno..??

 

Menurut Kitchen, jabatan yang dekat dengan Fir’aun adalah para gubernur selatan dan utara, biasanya Thebes dan Memfis. Kitchen menunjukkan bahwa posisi pendeta tinggi suatu dewa tidak disandang seseorang yang menjadi pendeta melalui pendidikan, tetapi sering kali diberikan kepada seorang guberur atau orang terhormat lainnya saat dia purna tugas sebagai penghormatan atasnya, meskipun kadang-kadang tugas itu diemban seorang pangeran (Kitchen 1982 : hal 158). Jika pandangan ini diterapkan pada tahun-tahun terakhir kekuasaan Ramses II, maka pendeta tinggi setiap dewa, termasuk Amun, tidaklah harus figur yang sangat berpengaruh di bawah Fir’aun, meskipun tetap memiliki kekuasaan besar.

Peran yang dimainkan Haman dalam upaya Fir’aun menghambat misi Musa, seperti digambarkan dalam Al-Qur’an, menunjukkan bahwa Haman memiliki otoritas tinggi, tetapi tidak niscaya menggambarkannya sebagai seorang berkedudukan paling tinggi di istana Fir’aun. Dan mungkin sangat menonjol dalam peristiwa-peristiwa itu karena sifat peristiwa-peristiwa itu, yaitu suatu konfrontasi keagamaan. Sebagai pendeta tinggi dari dewa utama kerajaan, pendeta tinggi Amun haruslah diajak bermusyawarah tentang ancaman yang ditimbulkan agama baru ini. Nasihatnya jauh lebih penting ketimbang nasehat pejabat lain di istana Fir’aun, termasuk gubernur selatan dan utara.

Sebagai fakta pendukung, harus ditegaskan bahwa misi Musa tidak menimbulkan ancaman militer langsung terhadap Fir’aun, tetapi terutama berupa ancaman keagamaan. Memang Fir’aun tidak membiarkan Bani Israel pergi ke Kanaan karena khawatir mereka akan menggabungkan kekuatan dengan orang-orag Semit yang ambisius dan kembali ke Mesir untuk kembali merebut dengan kekuatan militer Pi-Raamses, ibu kota kuno orang-orang Hyksos. Bahaya ini dengan mudah dapat dicegah dengan menghalangi Bani Israel meninggalkan Mesir, seperti yang dilakukan Ramses II. Akan tetapi, disisi lain, semakin lama Musa tinggal di Mesir – dan dia tidak akan meninggalkan Mesir tanpa kaumnya – semakin besar bahaya yang ditimbulkannya terhadap agama Mesir. Jadi, masalah langsung yang dihadapi Fir’aun adalah ancaman keagamaan dari Musa, sehingga sosok Haman sangat dibutuhkan sebagai penasehat utama Fir’aun.

 

Faktor penting yang menyebabkan Fir’aun dan anggota istananya menganggap misi Musa sebagai suatu ancaman serius terhadap agama mereka adalah waktu kemunculannya, yaitu hanya 120 – 130 tahun setelah penindasan dan penyembahan dewa Amun itu oleh Amenhotep IV (1350-1334 SM). Fir’aun yang mengubah namanya menjadi Akhenaten (hamba Aten) ini melarang penyembahan terhadap Amun dan menutup kuilnya, menggantikannya dengan bulatan matahari, lambang Aten. Fir’aun yang radikal ini bahkan berpindah ke ibu kota baru yang disebut Akhetaten dan , tidak seperti kota-kota kuno lainnya, tidak didedikasikan kepada dewa terdahulu manapun. Sebenarnya, Seti I dan putranya Ramses II, yang memulihkan Amun sebagai dewa kerajaan. Misi Musa tentulah membangkitkan kembali semua memori itu dan memaksa Fir’aun meminta nasehat dari pendeta tinggi Amun.

 

[40:26] Dan berkata Fir’aun (kepada pembesar-pembesarnya): “Biarkanlah aku membunuh Musa dan hendaklah ia memohon kepada Tuhannya, karena sesungguhnya aku khawatir dia akan menukar agamamu atau menimbulkan kerusakan di muka bumi”.

[20:63] Mereka berkata: “Sesungguhnya dua orang ini adalah benar-benar ahli sihir yang hendak mengusir kamu dari negeri kamu dengan sihirnya dan hendak melenyapkan kedudukan kamu yang utama.

 

Identifikasi Syed tentang Haman sebagai pendeta tertinggi Amun sejalan dengan penjelasan Al-Qur’an dan pada saat yang sama tidak bertentangan dengan pengetahuan mutakhir tentang Mesir masa Ramses II. Namun, identifikasi secara umum ini baru dapat dipastikan setelah orang yang disebut Al-Qur’an dengan Haman itu teridentifikasi secara tegas.

 

Pada QS 28:2-8 seperti yang dikutip diatas harus dicatat bahwa ayat-ayat tersebut tidak menunjukkan dengan pasti bahwa Haman yang menasehati Fir’aun dalam konfrontasinya dengan Musa, telah hadir pada saat kelahiran Musa. Dua penyebutan Haman dalam QS 28:6-8 merujuk kepada peristiwa diseputar pengutusan Musa. Ini didukung oleh pengamatan bahwa penyebutan Haman setelah Fir’aun dalam kedua kasus tersebut berkaitan dengan penyebutan ‘tentara mereka’. Jelasnya, tentara yang disebutkan ini adalah yang tengelam dilaut dan tidak mungkin tentara Fir’aun saat kelahiran Musa. Konflik terakhir antara Musa dan Fir’aun beserta tentaranya, seperti telah kita lihat, setidak-tidaknya berlangsung empat dekade setelah kelahiran Musa. Waktu itu, kebanyakan tentara Fir’aun pada masa kelahiran Musa telah mati dan tidak lagi mengabdi.

Dalam ayat-ayat tersebut, Allah menyebut peristiwa dilaut itu setelah pembunuhan anak-anak Israel untuk menekankan bahwa pembunuhan tersebut tidak menghalangi-Nya membalas Fir’aun dan Haman beserta tentara mereka pada waktu terkemudian melalui tangan orang yang ingin dibunuh Fir’aun ketika masih bayi. Jadi QS 28 : 6-8 berbicara tentang Haman selama pemukiman kedua Musa di Mesir. Pengamatan ini penting jika kita perupaya menentukan identitas Haman yang turut serta dalam upaya Fir’aun melawan Musa, karena hal ini mengisyaratkan bahwa Haman menduduki posisi ini setidak-tidaknya sejak Musa kembali ke Mesir hingga eksodus, suatu periode sepanjang beberapa tahun, namun tidak ada bukti bahwa dia menduduki posisi itu sejak masa kelahiran Musa.

 

Namun kesimpulan ini mungkin memunculkan pertanyaan berikut:

Jika Haman dan tentaranya – meskipun disebutkan dalam ayat-ayat yang terdapat di tengah-tengah ayat-ayat tentang kelahiran Musa – adalah orang-orang masa terkemudian, mengapa Fir’aun tidak bisa dianggap juga termasuk generasi terkemudian..??. Dengan kata lain, mengapa kita tidak berasumsi bahwa Fir’aun masa eksodus berbeda dengan Fir’aun yang berkuasa pada masa kelahiran Musa..?.

Jawaban terhadap pertanyaan ini sebenarnya sangat mudah : Al-Qur’an telah menyatakan secara eksplisit dalam QS 28 :4 bahwa Fir’aun yang disebutkan pada ayat 6 dan 8 adalah Fir’aun yang sama yang membunuh bayi-bayi lelaki Israel.

 

Dua penyebutan tentang Haman dalam Al-Qur’an terdapat dalam ayat-ayat QS 28:38 dan QS 40:36.

Ayat-ayat tersebut mengungkapkan sejumlah fakta penting.

Pertama, ada penyebutan eksplisit tentang penggunaan tanah liat yang dibakar sebagai bahan bangunan. Hal ini dibuktikan oleh literatur Mesir kuno.

Kedua, fakta bahwa menara tersebut dibangun dari tanah liat menunjukkan bahwa bangunan ini tidak dimaksudkan sebagai kuil, karena kuil biasanya dibangun dari batu.

Ketiga, ayat-ayat tersebut menggambarkan Haman sebagai seseorang yang bertugas menjalankan proyek bangunan. Jika tidak, Fir’aun akan memerintahkan pembuatan bangunan itu kepada orang lain.

Keempat, perintah pembangunan oleh Fir’aun merupakan reaksi yang sangat sesuai dari seorang Fir’aun yang obsesinya terhadap bangunan melebihi Fir’aun lainnya.

Kelima, gagasan Fir’aun bahwa dirinya bisa membuktikan kebenaran klaim Musa tentang Allah dengan naik ke langit melalui sebuah menara sejalan dengan konsep Mesir tentang ‘tangga menjulang ke langit yang semula merupakan unsur agama matahari’, seperti ditegaskan oleh Breasted (1912 : hal 153) dan dikutip oleh Syed (1984). Syed juga mengutip penegasan Petrie terhadap ‘menyebar-luasnya gagasan keagamaan tentang keinginan manusia naik menuju dewa di langit (Petrie 1924 : 84).

 

Pembahasan dalam bagian ini telah menunjukkan bahwa, berlawanan dengan klaim sejumlah sarjana Bibel dan orientalis, Haman yang disebut dalam kisah Al-Qur’an tentang konfrontasi Musa dan Fir’aun tidaklah sama dengan Haman yang disebutkan dalam cerita Ester. Bagian ini juga telah menunjukkan bahwa informasi yang terkait dengan penyebutan Haman dalam Al-Qur’an sangat sesuai dengan praktek dan konsep yang ada di Mesir pada masa Fir’aun secara umum dan masa Ramses II secara khusus. Akan tetapi, historisitas Haman yang disebut dalam Al-Qur’an dan fakta bahwa dia adalah figur yang sangat berpengaruh yang berperan penting dalam perseteruan Fir’aun dengan Musa memunculkan pertanyaan tak terelakkan tentang ketiadaan penyebutan figur ini dalam kitab Keluaran. Namun, fakta bahwa ada seorang Haman ahistoris dalam kitab Ester memberikan jawaban terhadap pertanyaan ini.

Awalnya, kisah eksodus dalam Taurat pasti menyebut Haman sebagai pembantu Fir’aun yang menentang Musa, persis seperti yang digambarkan dalam Al-Qur’an. Akan tetapi para pengarang Perjanjian Lama salah menempatkan Haman – yang nama atau gelarnya diambil dari dewa Mesir, Amun – dalam konteks ahistoris yang sangat berbeda. Fakta bahwa Haman jelas-jelas adalah nama Mesir bukanlah sekedar indikasi kebingungan para penyusun Bibel. Namun ada fakta lain, yaitu bahwa Haman ahistoris dalam kisah Ester digambarkan sebagai perdana menteri, yakni figur kedua di Persia setelah raja, persis seperti peran Haman historis dalam konfrontasi Ramses II dengan Musa.

Di samping itu persekongkolan Haman ahistoris Persia untuk menghabisi orang-orang Yahudi di kerajaan Persia sebagai balasan terhadap penolakan Mordekhai untuk menghormati – sebuah reaksi yang tidak dijelaskan Bibel – tampaknya merupakan perubahan dari versi asli yang menyatakan bahwa Haman turut campur dengan menyarankan dan melaksanakan pembantaian kedua atas bayi-bayi lelaki Israel yang baru lahir untuk menakut-nakuti Bani Israel dan mencegah mereka mengikuti Musa.

Access from,

http://answering.wordpress.com/2012/02/21/perbedaan-informasi-al-quran-dan-alkitab-tentang-haman/

Access date 17 Maret 2012.

_______________

Islamthis,

Singkat saja:

Alquran lah yang benar, Alquran yang memberikan informasi yang benar, khususnya informasi sejarah. Sementara Alkitab memberikan informasi yang salah: salah secara historis, salah secara keagamaan, salah secara moralitas, salah secara syariah, dan salah secara filosofis.

Perkara bahwa seluruh orang Kristen begitu percaya bahwa Alkitab adalah kitabsuci yang murni firman Tuhan, maka sebenarnya itu adalah akibat kebodohan dan dogmatisasi keji yang telah dilakukan oleh Gereja secara sistematis secara berabad-abad lamanya.

Ajaibnya, Alquran BENAR di dalam hal ini. Tokoh Haman yang tertulis di dalam Alquran, sebenarnya hanya dapat diteliti ratusan Tahun setelah Alquran itu sendiri. Dan penelitian itu sebenarnya juga bukan perkara mudah: melibatkan sumber daya manusia yang luar biasa, dan alat yang demikian canggih. Dengan itu semua, barulah Alquran terbuktikan kebenarannya. Subhanallah.

51 Responses

  1. Saran aja ke LAI semoga direvisi lg alkitabnya.

    • good idea bro…….

      tapi nanti org2 karosetan n LAI pada marah gak???

      siapa seeh yg sudi ketawan belangnya???

      xixixixixixii……..

    • kalo gak direvisi berarti udh siap menanggung malu seumur hidup di ketawain org2 bos.

    • diketawain org2????

      ha ha ha ha ha haha …….

      bukankah takdir Allah utk agama karosetan adalah MEMANG UNTUK JADI BAHAN KETAWAAN org2 sedunia sampe kiamat?????????

      inilah cara Allah memenangkan agamaNya (yaitu Islam), dan mengalahkan agama musuhNya …..

      Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar, agar dimenangkan-Nya agamaNya diatas agama-agama yang lain “ Surat At-Taubah : 33, Al-Fath : 28 dan Shoff : 9.

      Subhanallah.

  2. Kira-kira siapa ya ? manusia yang paling suci,paling pandai ,paling benar, paling -paling dst ,kok rasanya banyak orang yang mengakuinya , sopo yo sing gelem ngalem endase sepur ,nek ora endase dewe. Terus klo situs ini ramai sapa ya yang untung ?, matur nuwun !

  3. fakta apa ? memang fakta ajakan untuk untuk membenci agama lain adalah ajaran TERORIS , Hati hati saudaraku setanah air dengan ajaran yang bisa memecah belah antara umat beragama ,adalah ajaran TERORIS, meskipun berdalih dari orang ahli semua kitab suci , padahal orang tersebut tidak mengamalkan satupun agama yang diyakininya dengan baik.

  4. Fakta kalo Alkitab Kristen itu banyak cacad nya, kalo kamu gak mau terima fakta itu, itu sudah wajar, tapi fakta ttp fakta tidak bisa disangkal lagi.

    Islam tidak pernah mengajarkan terorisme, Islam mengutuk bom bunuh diri.

    Hanya kelompok2 yan fobia Islam yang mencap Islam teroris, tanpa bisa memahami Islam yang sesungguhnya.

    Islam adalah rahmatan lil alamin…kalo ada kelompok2 yang tidak suka dengan Islam dan hendak menghancurkan Islam itu sudah wajar…apakah Islam hanya akan tinggal diam, dianiaya, dihina, dll…

    Maka pembelaan Islam disebut perbuatan makar, teroris, radikal…

    Sungguh tidak adil jika pembelaan dan perlawanan umat Islam disebut radikalisme dan terorisme, sementara kamu kafir mebunuhi umat muslim dengan dalih HAM, menjaga keamanan dll.

  5. saya garis bawahi pernyataan anda ” sementara kamu kafir” tetapi apa saja yang sudah anda amalkan tentang keyakinan anda didalam kehidupan bermasyarakat apa cukup dengan mencari kejelekan /kekurangan agama lain ,apakah tindakan didasarkan hati nurani atau hanya perasaan iri dengki .apakah hanya sebuah kemunafikan belaka ,apakah sebetulnya tujuan anda beragama ,jangan sampai menodai agama anda sendiri .Hati-hati meludah keatas nanti anda kena sendiri !!

  6. anton, on March 22, 2012 at 3:21 pm said:

    saya garis bawahi pernyataan anda ” sementara kamu kafir” tetapi apa saja yang sudah anda amalkan tentang keyakinan anda didalam kehidupan bermasyarakat apa cukup dengan mencari kejelekan /kekurangan agama lain ,apakah tindakan didasarkan hati nurani atau hanya perasaan iri dengki .apakah hanya sebuah kemunafikan belaka ,apakah sebetulnya tujuan anda beragama ,jangan sampai menodai agama anda sendiri .Hati-hati meludah keatas nanti anda kena sendiri !!

    kamu marah ya????
    wow Anda bisa marah, yaaa???

    Lha emangnya cuma Anda yang bisa marah??

    Anda sudahkah baca folder ABOUT weblog saya ini yang menegaskan bahwa weblog saya ini sebenarnya ditujukan untuk mengcounter semua artikel hujatan yang dilancarkan kaum Kristen di portal faithfreedom terhadap keagungan Islam? Saya berhak, di mana saya ungkapkan kemarahan saya karena nun di sana ada portal kapirit yang berisi artikel2 sadis yang menghujat Islam …..

    Portal itu adalah ….

    http://indonesia.faithfreedom.org/forum/apakah-muhammad-perampok-t32938/

    Sebenernya url itu menunjukkn kesalah satu page / thread yang isinya, sangat menghujat Islam. tapi, dari page itu, pasti Anda bisa menjalar ke page lainnya, utk melihat betapa portal itu amat menghina Islam …

    Kalau Anda ADIL, tolong labrak semua manusia2 kapirit di portal itu ….

    Bersediakah????

  7. apakah dalam ajaranmu ,diajari untuk balas dendam ?

  8. anton, on March 22, 2012 at 6:45 pm said:
    apakah dalam ajaranmu ,diajari untuk balas dendam ?

    dan di agama kamu, karosetan, apakah diajarkan menghina agama orang??

    kante nye, agama jesus agama yg kasih?
    kantenye, agama jesus adl agama pemaafan?
    kantenye, agam jesus adl agama toleransi?
    kantenye, agama jesus adl agama yg BERILAH PIPI KIRIMU JIKA MRK TAMPAR PIPI KANANMU??

    CEYUS, mana buktinye????

    kok yg keliatan adl SUMPAH SERAPAH yg ditampakkan org2 karosetan di portal ffi entu????

    sekali saya kata,
    kenapa kamu tidak LABRAK juga ffi itu krn portal itu SELALU MENGHINA AGAMA ORANG YAITU ISLAM??

    kalo kamu adil, ayo, LABRAK FFI DULU ….. baru labrak ISLAMTHI ini …

    enak aja kamu kata yaaa??

    kamu CERAMAHI DAN KHOTBAHIN saya soal jangan menghina agma orang. e-eh pas gilirannya agama org karosetan, kamu BUNGKAM!!!

  9. hebat betul kalian membela ALLAH,,,kalian tu siapa,,macam sudah hebat saja,,kena duri saja masih bilang aduh,bela itu keluarga mu,saudara mu,,otak kalian di buka,,kalian tidak pernah tau isi alquran+artinya,kalian hanya Faseh membaca,tp tak tau artinya,,ada warga jawa timur membuat alquran berbahasa indonesia agar saudara2nya dapat mengerti arti isi alquran,tp malah oleh saudara mu yg seiman malah dihakimi dan dibunuh..dan dibilang telah menodai alquran..itu adalah pembodohan jamaah secara masal,,arab,aceh,irak,iran dll,,yg kalian banggakan,tp faktanya anjing semua,kasus dmna2,,sory ak g bela siapa2,indonesia ini mayoritas islam,tp knp mengaku di publik selalu dizolimi oleh agama minoritas?
    cobalah loe pikir sperti islam liberal,tonton FILM SANG PENCERAH,,pemikiran yg terbuka..saya pun malu,tp mau gmn lg ,krn ini yg di anut oleh nenek moyangku,ak hanya bs meneruskannya.
    kristen pun banyak kasus antar sesama kristen pun tak baik hubungannya,,tp memang FAKTA didunia ini mayoritas islam tp islam garis keras yg penuh kesombongan dan sok suci..jagalah iman mu sendiri2,,g usah sok membela ALLAH,karna ALLAH TUHAN,,ato MUHHAMAD krna MUHHAMAD adlah NABI,,sedangkan kalian hanya manusia,mahluk yg penuh ego dan sok besar,,kalian mau membela dgn apa,,kalian itu ciptaanNYA,,kalian g punya kuasa tuk membela ALLAH + MUHHAMAD.

    • dear @h mohhamad ……

      kamu ini ngomong apa??

      artikel ini membahas kesalahan alkitab, khsusunya perjanjian lama kitab ester ….

      apakah kamu punya sesuatu hal yg bisa kamu katakan DI THREAD INI mengenai point2 yg ada di artikel ini???

      kalo kamu ga punya, YA UDAH KAMU DIYEM AJAH!!!!!

      kalo sumpah serapah, siapa pun juga bisa!!!

    • @haryo

      idih cowok kok cengeng sih?udh gede msh suka curhat.

  10. Orang sekarang memang hebat-hebat sampai -sampai berani membahas kesalahan alkitab . Tapi apa sih tujuanya ? Apakah biar orang tahu bahwa agama Islam adalah agama yang paling baik ? kalau dengan cara itu ” promosinya ” menurut saya cara itu ” cara-cara yang sangat rendahan “. dan “seandainya ” menemukan kesalahan pada alkitab , terus maunya apa ? apa harus mengubahnya ?. Apa harus mengganti Agamanya ?. Apa harus membasmi pengikut-pengikutnya ? Apa orang itu kurang pekerjaan ?, Apa orang itu memang tidak punya pekerjaan ?

    • anton, on March 31, 2012 at 4:29 am said:

      Orang sekarang memang hebat-hebat sampai-sampai berani membahas kesalahan alkitab. Tapi apa sih tujuanya? Apakah biar orang tahu bahwa agama Islam adalah agama yang paling baik? kalau dengan cara itu ”promosinya” menurut saya cara itu ”cara-cara yang sangat rendahan“. dan “seandainya” menemukan kesalahan pada alkitab, terus maunya apa? apa harus mengubahnya? Apa harus mengganti Agamanya? Apa harus membasmi pengikut-pengikutnya? Apa orang itu kurang pekerjaan? Apa orang itu memang tidak punya pekerjaan?

      Tujuannya adalah, supaya semua orang faham bahwa Alkitab TIDAK ILAHIAH, alias hanya kerjaan manusia belaka yang banyak kekurangan dan cacad.
      .
      Dan agar semua orang faham, bahwa dengan demikian maka Islam adalah agama yang benar dan paling baik.
      .
      Mengenai cara promosi bahwa Islam adalah baik, yang menurut kamu adalah sangat rendahan, maka itu kan hanya menurut kamu. Di luar sana toh pasti banyak orang lagi yang setuju dengan cara2 penyampaian blog Islamthis ini.
      .
      Kemudian, kalau kita sudah menemukan kesalahan Alkitab, maka selanjutnya kita harus meninggalkan Alkitab itu, harus berhenti percaya bahwa Alkitab adalah ILAHIAH. Dan kalau kita berhenti percaya bahwa Alkitab adalah Ilahiah maka tinggallah Alquran yang benar dan suci yang ILAHIAH yang pantas untuk diimani sebagai kitabsuci dari Allah, Tuhan pencipta alam.
      .
      Artinya, dengan adanya artikel ini, maka idealnya semua orang Kristen faham bahwa kitabsuci mereka adalah kitabsuci yang penuh kesalahan, dan kemudian mereka beralih kepada Islam yang akan membawa mereka kepada jalan hidup yang agung dan lurus sesuai dengan kehendak Allah.
      .
      Alkitab yang terbukti salah itu, tidak perlu diperbaiki dari kesalahan. Tidak ada teorinya suatu kitabsuci diperbaiki setelah ditemukannya kesalahan. Yang benar adalah, jika suatu kesalahan ditemukan di dalam suatu kitabsuci, maka kitabsuci tersebut harus ditinggalkan, bukannya diperbaiki.
      .
      Dan kalau kesalahan Alkitab itu sudah diidentifikasi, maka semua penganutnya yaitu bangsa Kristen harus mengganti agamanya menjadi agama Islam. Dengan menjadi Islam, maka seluruh manusia dari bangsa Kristen itu akan terhindar dari jalan hidup yang mesum, sekuler, bebas makan bangke dan binatang apa saja, terbebas dari kehidupan yang munafik, condong atheis, tidak ada aturan, delele.
      .
      Menjadi Muslim dan meninggalkan Kristen akan membuat seorang manusia menjalani kehidupan yang suci dan bersih, karena Islam mengajarkan taharah (kebersihan), dan juga Islam mengajarkan moralitas yang agung seperti tutup aurat, tidak seperti agama Kristen yang membolehkan manusia buka2 aurat sehingga maraklah acara2 bugilria di tengah kota pada bangsa2 Kristen tersebut.
      .
      Kalau semua orang dan kamu akhirnya faham kesalahan telah ditemukan di dalam Alkitab, maka itu bukan berarti seluruh orang Kristen harus DIBASMI. Itu salah sekali. Yang benar adalah bahwa seluruh orang Kristen seharusnya pindah agama ke Islam, karena kitabsuci di dalam Islam yaitu Alquran TERBEBAS DARI KESALAHAN, dan juga karena Islam mengajarkaN keagungan seperti TIDAK HIDUP SEKULER, MENJAUHI KEMESUMAN, MENJAUHI FREESEX, MENJAUHI ATHEISME, MENJAUHI MAKAN BANGKE DAN MAKAN SEGALA BINATANG, MENJAUHI JUDI, MENJAUHI MABUKMABUKAN, MENJAUHI KUMPULKEBO, MENGHORMATI ORANG TUA, MENUNJUKKAN PENGHORMATAN KEPADA PARA MALAIKAT DAN PARA NABI, MEMEGANG TEGUH PRINSIP HALAL HARAM DAN KENAJISAN ATAS LINGKUNGAN DAN MAKANAN, MENJADI MANUSIA YANG AHLI IBADAH, delele. Itu semua tidak ada di dalam Kristen.

    • wah.. blog ini jadi kontes untuk saling menghina ya? saya daftar dong.. nihh.. saya mau ngomong..kamu kan td bilang begini “Yang benar adalah bahwa seluruh orang Kristen seharusnya pindah agama ke Islam, karena kitabsuci di dalam Islam yaitu Alquran TERBEBAS DARI KESALAHAN, dan juga karena Islam mengajarkaN keagungan seperti TIDAK HIDUP SEKULER, MENJAUHI KEMESUMAN, MENJAUHI FREESEX, MENJAUHI ATHEISME, MENJAUHI MAKAN BANGKE DAN MAKAN SEGALA BINATANG, MENJAUHI JUDI, MENJAUHI MABUKMABUKAN, MENJAUHI KUMPULKEBO, MENGHORMATI ORANG TUA, MENUNJUKKAN PENGHORMATAN KEPADA PARA MALAIKAT DAN PARA NABI, MEMEGANG TEGUH PRINSIP HALAL HARAM DAN KENAJISAN ATAS LINGKUNGAN DAN MAKANAN, MENJADI MANUSIA YANG AHLI IBADAH, delele. Itu semua tidak ada di dalam Kristen.”
      tp saya rasa, kalian yang salah deh.. mana buktinya kalau hal-hal tersebut tidak ada di kalian? poligami saja diperbolehkan.. lalu, menghormati orang tua? ya ampun.. jd cuma orang tua yang dihormatin? anak kecil ga dihormatin? kamu tindas2 begitu? memangnya kalian tidak diajarkan untuk menghormati agama lain?? hhhaaahhh… menyedihkan sekali ada orang seperti kalian…

      saya tahu.. setelah baca ini, pasti kamu akan membalas comment saya.. memang hebat ya.. selalu membalas comment orang2.. rajin sekali..
      saya tunggu balasannya.. :*

    • @amin ….

      NGAMUK tanda MENGAKUI ……

      jujur amat silo????

      hahahahahahhhhhhaaaa …..

  11. iya,saya tau,,boleh bahas,itu ester kan?berarti tdk menyangkut semuanya kan?
    di kalimat sahadat saja tertulis ASHADUALAH LA ILA HA ILALLAH WA ASHADUANA ISA ROHULLAH MOHHAMAD DA RASULLALLAH itu kalimat shadat yg asli..
    Islam itu cantiq,indah+penuh kedamaian…jika anda benar2 islam walisongo,, jgn nodai agama islam dgn perdebatan yg bs membuat perpecahan..ini memang blog anda,tp jgn bawa2 nama sang pencipta deh,islam ku,beda dgn islam mu,,yg extream..

  12. H.Mohhamad haryo wicaksono, on March 31, 2012 at 7:23 am said:

    iya,saya tau, boleh bahas, itu ester kan? berarti tdk menyangkut semuanya kan?
    di kalimat sahadat saja tertulis ASHADUALAH LA ILA HA ILALLAH WA ASHADUANA ISA ROHULLAH MOHHAMAD DA RASULLALLAH itu kalimat shadat yg asli..
    Islam itu cantiq, indah + penuh kedamaian… jika anda benar2 islam walisongo, jgn nodai agama islam dgn perdebatan yg bs membuat perpecahan.. ini memang blog anda, tp jgn bawa2 nama sang pencipta deh, islam ku, beda dgn islam mu, yg extream..

    Pertama.
    Dari teks kamu, terlihat deh bahwa kamu itu adalah Muslim yang lebih membela orang karosetan. Bener begitu?
    .
    Kok bisa begitu? Bukankah kamu seharusnya membela Islam?
    .
    Kedua.
    Kitabsuci ester salah.
    .
    Ya sudah itu berarti ester dan semua kitabsuci yang ada di dalam Alkitab adalah salah. Tidak mungkin kalau ester salah, namun MASI BESAR kemungkinan kitabsuci lainnya benar dan ilahilah. Hah teori macam apa tuh?
    .
    Ketiga.
    Sahadat ASHADUALAH LA ILA HA ILALLAH WA ASHADUANA ISA ROHULLAH MOHHAMAD DA RASULLALLAH.
    .
    Hah Sahadat versi mana tuh?
    Sahadat yang benar dan Islami adalah,
    ASYHADU ANLAA ILAAHA ILLALLAH ….
    WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH …
    .
    Artinya,
    AKU BERSAKSI BAHWA TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH.
    DAN AKU BERSAKSI BAHWA MUHAMMAD ADALAH RASULULLAH …..

    Bunyi sahadat di luar itu, ADALAH SESAT DAN KEJI.
    .
    Saya tidak tehe kamu dapat sahadat aneh itu dari mana. Yang jelas itu bukanlah sahadat yang diajarkan di dalam Islam. Penambahan kata-kata ISA ROHULLAH bukan berasal dari Nabi Muhammad Saw.
    .
    Keempat.
    Islam walisongo?
    .
    Tidak ada itu yang namanya Islam walisongo.
    Islam adalah Islam, tidak ada embel2 lagi di belakangnya.
    .
    Kelima.
    Kamu tulis, ISLAMKU BEDA DENGAN ISLAM-MU yang ekstrim…..
    HAH memang nya Islam di kolong langit ini ada berapa?
    .
    Islam hanya satu. Oleh karena itu tidak ada Islamku dan Islammu.
    lAgi pula, kenapa harus ada dikotomi Islamku dan Islam-mu? Kalau ada dikotomi itu, maka selanjutnya adalah, Islam mana yang sesuai dengan Islam yang dari Nabi Muhammad.
    .
    Nah apakah Islam kamu sudah sesuai dengan Islam yang dari Nabi Muhammad?

    • sorri nih yah ikut-ikutan
      1. menurutku Haryo tidak membela Kristen atau Islam kok🙂
      2. itu hanya asumsi anda, bukan melalui penelitian kan? jadi belum tentu kesuluruhan isi Injil itu salah🙂
      3. saya gak ikutan sebab saya tidak ngerti.
      4. mungkin maksud Haryo melibatkan walisongo sebab ada peran walisongo dalam penyebaran agam Islam di Indonesia itu sendiri, namun bukan maksudnya membeda-bedakan Islam menjadi keberbagai Islam🙂
      5. mungkin maksud Haryo kamu terlalu ekstrim maka ia membedakan km dengan dia. Mungkin yang dimaksud itu bukan agamanya, namun umatnya. Terkadang kita kan suka salah menggunakan kata2🙂

    • Tapi kalian harus liat agama yg paling benar. Tidakkah lebih banyak penganut Kristen di dunia ini.
      ===============

      Islamthis,

      hahahahaha hahahahaa ….. lha wong itu pun org kristennya krn dipaksa spy jadi kristen …. kalo menolak jadi kristen maka akan dibunuh …. pantes jadi banyak oerg krisaten nya hahahaha ….

      terima kasih.

  13. untuk Islamthis : jangan kepancing emosi Bro.
    orang yang ngaku sebagai H.Mohhamad haryo wicaksono itu hanya tipuan. Bukan orang yang sebenarnya bernama H.Mohhamad haryo wicaksono.
    dia itu temannya si anton.
    Mereka dari faithfreedom indonesia. Mungkin seperti anda, sayapun di black list dari faithfreedom indonesia, karena komentar saya yang menohok mereka.
    Seperti biasa, kaum salibis, selalu melakukan apapun untuk tetap tidak mau berpikir dengan otaknya dalam mencari Tuhan.
    Kita sebagai Muslim tidak perlu terpancing, karena wahyu Allah SWT yang pertama di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW, adalah “BACALAH”. Dan kita sebagai umat Nabi Muhammad harus membaca (berilmu) dalam kehidupan dan mendekatkan diri dengan Allah SWT.
    Yang harus kita lakukan adalah meminta pemerintah untuk memblokir Faithfreedom Indonesia dari Internet.

  14. “NGAMUK tanda MENGAKUI ……”
    wuihh.. anda ngamuk ya?? pake huruf gede semua.. hahaha.. maaf saya tertawa.. habisnya saya tidak bisa menahan tawa, karena anda bicara seperti itu untuk diri anda sendiri… hahaha..

    • “NGAMUK tanda MENGAKUI ……”
      wuihh.. anda ngamuk ya?? hahaha.. maaf saya tertawa.. habisnya saya tidak bisa menahan tawa, karena anda bicara seperti itu untuk diri anda sendiri… hahaha..

    • ya ampun.. uda sakit kepala ,ternyata anda sakit jari juga ya? sampai2 cuma mengcopy kata2 saya saja.. kasihan.. atau bingung ya mau bilang apa lagi? ckckck,.

  15. heh sblum kita menghna orng kristen lbih baik kta bljr islam lbih baik duul,spya klau kta d hna bsa mbla dengn jwbn yg logis

    • betul juga kata dimasrizki..

    • sori dimasrizki …..

      yg saya tulis ini buka PENGHINAAN…..

      tapi KENYATAAN …………

      bisa ngebedain ga, antara PENGHINAAN dg KENYATAAN????

    • @islamthis
      bawel kamu.. kamu yang ga bisa ngebedain menceritakan fakta dengan menghina..

    • sorri nih, mau ngebantu bedain aja😀
      mungkin isinya berupa fakta karena ada penelitian begitu besar, namun judul tersebut berupa penghinaan menurut saya🙂

  16. Bukankah masih ada firman Allah dan ucapan Yesus di dalam ayat-ayat Alkitab?
    ayat yg menyatakan tentang tauhid?
    ayat yg menyatakan tentang ibadah?
    ayat yg menyatakan tentang puasa?
    ayat yg menyatakan tentang kebaikan?
    Juga ramalan tentang kedatangan Nabi Muhammad?
    Bagaimana mungkin anda mengatakan kalau Alkitab salah ‘total’?

    • Dear Alicia aka muamalim ………….

      Kamu TERBUKTI lagi tidak bisa melihat kasus / duduk permasalahan dg benar.

      Kamu tulis,

      Bukankah masih ada firman Allah dan ucapan Yesus di dalam ayat-ayat Alkitab?
      ayat yg menyatakan tentang tauhid?
      ayat yg menyatakan tentang ibadah?
      ayat yg menyatakan tentang puasa?
      ayat yg menyatakan tentang kebaikan?
      Juga ramalan tentang kedatangan Nabi Muhammad?
      Bagaimana mungkin anda mengatakan kalau Alkitab salah ‘total’?

      Ya sudah, kalau begitu bearti alkitab dalam konteks kekristenan itu SEMAKIN SALAH TOTAL TALTALTAL!

      Skg apa lagi yg mau diajukan oleh org karosetan utk mempertahankan kekristenan dan trinitas??

      sesuai dg pengakuan kamu, alkitab juga punya ayat2 spt itu. bukankah itu berarti islam adl benar? bukankah itu berarti isa almasih adl muslim??

      Muamalim …………….. muamalim ………….

      Semakin ari semakin terlihat aja kamu linglungnya ………….

    • maaf saya ikut-ikutan,
      mungkin yang dimaksud oleh si Alicia adalah berkenaan dengan judul artikel ini yang seakan menyalahkan seluruh isi Alkitab, bukankah kita umat muslim juga disuruh mengimani kitab2 Allah, sedangkan di dalam Alkitab walau telah diubah-ubah masih tersisa keterangan2 ketauhidan, perintah menyembah Allah semata, pernyataan Yesus bahwa ia adalah seorang Rasul utusan Allah, perintah untuk memakai tudung bagi wanita, perintah untuk beribadah kepada Allah, tidak boleh berdusta, meninggalkan zina dan perbuatan maksiat, dll…..
      Kalau kita menggunakan Al-Qur’an sebagai patokan untuk meneliti ayat2 Alkitab, kita dapat melihat ayat2 mana saja yg masih benar dan ayat2 mana saja yg buatan manusia, dan ayat2 mana saja yg telah bercampur antara benar dan salah, seperti yg anda lakukan.

    • terima kasih untuk wanita sholeh yang telah membantu Alicia mengatakan maksud Alicia itu sendiri🙂

  17. Kenapa Orang Islam Tuh Slalu Menyalahkan Agama lain .. ?
    SeLalu Bilang Bahwa Agama-Nya Yg Paling Benar .. ?
    Dan
    Yg Slalu Buat Msalah Mreka Duluan .. Bnyak Sekali Cacihan Untuk Agama Kristen .. Tetapi Agama Kristen Tidak Pernah Membuat-Nya ..

    Contoh : Coba Klian Cari DiGoogle > Banyak Skali Kata” Yg Menghina Untuk Kaum Kristen
    DAn
    Sebalik-Ny Coba Klian Cari > Kata” Yg Menghina Islam. Pasti Tidak Ada ..

    Coba Saat Bermain DiGame Online Klian Buat ” Yesus TuhanKu ”
    Pasti Coment Mreka Langsung Menghina, Pdahal Cuma Sperti Itu ..

    Kenapa ??😦

    • haii, sorri ni, mau bersikap objektif aja😀
      ada juga pihak agama Kristen yang secara ekplisit atau implisit mengatakan Islam itu salah.
      sebaiknya kita sebagai umat Kristiani dan umat Muslim yang baik tidaklah berdebat secara “kejam” dan mentolerir adanya perbedaan🙂

      seperti yang dipost oleh admin, mungkin ada baiknya pihak umat Kristen menerima dan mengoreksi kembali Injil, tidak ada salahnya bukan? sebab Injil diterjemahkan dari bahasa yang bukan bahasa Indonesia🙂

      namun, bukan berarti kesuluruhan isi Injil itu salah yah admin🙂

  18. @imanNabi

    Kasihan….
    Pikirkanlah baik-baik dengan akal sehatmu.
    Apakah mungkin ada sekutu bagi Tuhan?
    Apakah pantas Tuhan menjelma menjadi manusia?
    Secara logika, apakah mungkin yang menciptakan bisa menjadi yang diciptakan?

    • sorri nih yah, mau ngejelasin aja😀
      Allah yang kami sembah itu mau turun ke dunia sama seperti kita manusia karena kasihNya yang begitu besar akan ciptaanNya yang telah berdosa. Ia turun sebagai “domba persembahan” bagi umatNya. Ia mencurahkan darahNya dikayu salib untuk menebus dosa manusia.

    • memangnya, tuhan mu itu tidak dapat menebus / mengampuni dosa manusia dg CARA LAIN ya???

      kasiman!!

    • Itu adalah karya terindah dari Allah kami. Jika kamu tidak setuju, tidak perlu menjelek2kan bung!😀

      Belajar toleransi terhadap agama lain dong!🙂

    • karya terindah???? wow!!!

      kalo ngemengin karya terindah, MENGAPA ENDAK SEKALIAN …

      ……. tuhanmu hilangkan kemiskinan??

      ……. tuhanmu hilangkan peperangan??

      ……… tuhanmu hilangkan neraka??

      jangan nanggung2 doong ….

      kalo urusannya cuma menebus dosa manusia dg mengucurkan darahnya di kayu salib, ITU MAH NANGGUNG!!!!

      emang tuhanmu itu suka yg nanggung2 yaa???

      hahahahahahhahaaa ….

    • Ya ampun, ngapain kamu marah2 atas pendapat saya?🙂
      Semua terjadi karena adanya rencana Tuhan dibalik itu semua bro!
      Rencana Tuhan gak ada yang tahu dan gak ada yang bisa menyelami pikiran Tuhan mas islamthis.
      Jika pertanyaannya dibalik, mengapa Allahmu membiarkan itu semua terjadi? Kukira jawabanmu kurang lebih sama dengan saya.
      Yang saya tanyakan apa yang nanggung dari pengorbananNya?

    • jawabannya gampang, dari islam …

      jawabannya adl, krn Allah sudah berfirman dalam alquran, bhw hidup di dunia ini ADALAH permainan belaka. Allah uji dg begitu byk kesusahan dan juga kesenangan. dari itu semua akan terlihat mana yg bertakwa dan mana yg ingkar …..

      baca artikel saya di,
      https://islamthis.wordpress.com/2010/08/25/alquran-hidup-adalah-permainan/

  19. Intinya dari semua itu adalah:UNTUKKU AGAMAKU DAN UNTUKMU AGAMAMU.

  20. tread ini telah membuktikan bahwa isi Bible-nya karosetan telah ERROR, sebaiknya karosetan bersegeralah meninggalkan agama karosetan, alasan apalagi yang karosetan cari..???

  21. kwkwkkwkwkkwkkwkwk al quran berisi dongeng dongeng jaman dahulu
    =========

    Islamthis,
    kwkwkkwkwkkwkkwkwk alkitab / bible berisi dongeng dongeng jaman dahulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: