Muslim dan Biarawan di Gereja Makam Suci

Oleh: Irris Makler/ Renata Permadi

Editor: Agus Setiawan

Enam golongan Kristen berbagi Gereja Makam Suci di Yerusalem. Namun kunci gereja dipegang oleh sebuah keluarga muslim, keluarga yang sama yang selama ratusan tahun mengunci gereja itu setiap malam.

Dua jam selepas maghrib, panggilan akhir bagi para peziarah agar meninggalkan Gereja Makam Suci di Yerusalem. Para biarawan yang tinggal di dalam tahu mereka sebaiknya kembali tepat waktu, atau terpaksa bermalam di tempat lain.

Ini ritual terperinci. Begitu pintu dari kayu tebal ditutup, seorang biarawan di dalam mendorong tangga lewat lubang yang sengaja dibangun, sehingga orang dari luar hanya bisa memanjat untuk mencapai kunci paling atas.

Selalu sama sejak ratusan tahun, di tempat dimana umat Kristen meyakini Yesus disalib dan bangkit. Dan selama ratusan tahun, pria yang mengunci para biarawan adalah seorang muslim.

“Saya memang penjaga pintu dan pemelihara gereja.”  Wajih Nusseibeh adalah anggota dari keluarganya yang sekarang ini mengerjakan tugas itu. “Dimulai di abad ke tujuh, 1.300 tahun lalu.”

Nusseibeh tinggal di luar tembok kota tua, tetapi ia harus sudah tiba pukul 4 subuh, setiap hari, untuk membuka pintu gereja. Dia harus bangun pukul 3.30 setiap pagi dari rumah ke tempat ini.

“Terkadang lebih pagi”, tambah Wajih sambil tersenyum, “Ya begitulah kehidupan. Yesus bukan hanya untuk umat Kristen, tetapi untuk semua orang.”

Gereja dibangun di dekat makam di mana Yesus diyakini bangkit. Para biarawan dari ordo Fransiskus melakukan prosesi setiap pagi di dekatnya. Pastur Fergus Clarke adalah imam Fransiskan yang hidup di dalam gereja lebih dari 5 tahun. Ia menerangkan mengapa ia percaya kunci gereja sampai ada di tangan keluarga muslim.

“Saat itu, muslim ingin menunjukkan superioritas Islam terhadap Kristen, sehingga mereka memberi kunci kepada sebuah keluarga muslim, menutup semua pintu kecuali satu, dan mereka dapat mengontrol satu-satunya pintu ke gereja terpenting dalam agama Kristen”, kata Clarke.

Tapi ada alasan lain juga. Ke-6 golongan Kristen yang berbagi gereja ini sulit menyepakati banyak masalah praktis seperti perbaikan, bahkan pembersihan gereja. Ada kekuatiran bahwa jika salah satu dari mereka memegang kunci, mereka bisa saja mengunci agar yang lain tak bisa masuk.

Wajih Nusseibeh mengatakan,”Sulit sekali, karena semua orang percaya dia adalah pemilik, dan jika Anda pemilik maka Anda bisa berbuat apa saja yang Anda mau dan memilih orang-orang Anda, bukan yang lain.”

Biarawan dari gereja Armenia memulai prosesi di sekitar makam, sementara para biarawan Katolik berjarak tak jauh di depan mereka. Ibarat dua opera digelar bersebelahan, atau kompetisi bagi telinga Tuhan.

Passtur Clarke mengatakan, “Tentu ini tantangan bagi mereka yang tidak terbiasa. Kami yang tinggal di dalam tidak terganggu mendengarnya. Ini satu-satunya gereja di dunia dimana gereja timur dan barat memuji Tuhan yang sama, di bawah atap yang sama, pada saat yang sama. Jika Anda bisa membayangkan menaruh enam keluarga di dapur yang sama, Anda akan butuh panduan dan batas, dan jika semua merayakan pesta ulang tahun di hari yang sama, tentu saja akan ada beberapa perbedaan pendapat.”

Terkadang, perbedaan pendapat itu jatuh ke dalam kekerasan, seperti pada perayaan Paskah tiga tahun lalu. Biarawan ortodoks Yunani dan Armenia saling pukul. Dua orang ditahan, dua dirawat di RS. Seperti kebanyakan konflik di sini, kejadian itu merupakan sengketa wilayah. Yang satu takut yang lain mencoba melanggar batas wilayah yang bukan miliknya.

“Tidak diragukan lagi, hal-hal seperti ini dapat terjadi dari waktu ke waktu. Dan kami semua merasa malu jika itu terjadi. Tapi bayangkan, selama 360 hari dalam satu tahun, ada kerjasama walaupun banyak perbedaan budaya dan bahasa. Adalah keajaiban bahwa semua berjalan begitu baik”, kata Pastur Clarke.

Peziarah datang dari berbagai penjuru dunia. Mereka tampak terharu saat menyentuh batu di pintu masuk, di mana tubuh Yesus dibaringkan setelah diturunkan dari kayu salib.

“Saya merasa diberkati Tuhan, ini keajaiban bagi saya”, kata seorang pengunjung perempuan. Seorang lelaki di dekatnya mengatakan, “Saya menyentuh batu itu, indah sekali, kami sudah membaca kisahnya dan kini menyaksikannya.”

Para peziarah tak tahu menahu soal persaingan di gereja ini. Peziarah terinspirasi akan keajaiban Natal dan pesan tentang damai dan cinta yang dibawa Yesus, datang ke sini.

Sumber: Deutsche Welle – Jerman

___________________________

Islamthis,

Setelah kita membaca artikel di atas dengan seksama mengenai kehidupan keagamaan karosetan di Pusat karosetan itu sendiri yaitu di Palestina, kita melihat beberapa hal yang harus ditegaskan di sini.

Orang Kristen bilang, bahwa Kristen adalah agama yang mengajarkan damai, kasih, cinta dan pengampunan, plus toleransi, yang dibawa oleh Jesus 2000 Tahun yang lalu. Dan pun kaum Kristen mengklaim bahwa bangsa Kristen (manusia-manusianya) adalah bangsa yang paling menjunjung tinggi semua ajaran kristus tersebut. Di dalam menjalankan ajaran Jesus tersebut, TIDAK JARANG bangsa Kristen menjalankannya sambil gigih MENGUTUKI BANGSA MUSLIM yang di dalam pandangan mereka GEMAR SEKALI melakukan kekerasan, anti-cinta-damai, anti-toleransi, bengis, keji, suka perang delele. Untuk jeritan kaum Kristen ini, tentu saja kaum Muslim menjadi gerah dan keblingsatan. Biar bagaimana pun toh Muslim juga TIDAK TERLALU SENANG kalau saudara mereka bangsa Kristen terlalu nyinyir mengkhotbahi mereka kaum Muslim perkara cinta-damai, toleransi dan lain sebagainya……

Terkadang bangsa Muslim juga punya tenaga dan waktu untuk meng-counter semua kenyinyiran bangsa Kristen yang kampungan tersebut. Kaum Muslim berkilah bahwa bangsa Kristen pun juga mempunyai bakat dan tradisi kekerasan dan anti-toleransi, hal mana parahnya hal itu juga sudah termaktub di dalam kitabsuci mereka baik Perjanjian-lama mau pun Perjanjian-baru.

Mendengar ‘coletah’ kaum Muslim yang sebenarnya adalah apologetika-nya bangsa Muslim terhadap hujatan bangsa karosetan ini, spontan pihak karosetan pun membantah, alias TIDAK NGAKU. Bangsa karosetan dengan serta-merta kembali menegaskan bahwa agama karosetan adalah agama yang hanya mengajarkan cinta kasih, cinta damai, toleransi dan pengampunan. Kalau sudah begini, bangsa Muslim mau berkata apa? Dasarnya bangsa karosetan adalah bangsa yang munafik, bermuka dua, lidah bercabang, delele. Sekeras apapun bangsa Muslim jerit-jerit kepada bangsa karosetan untuk menegaskan bahwa bangsa Kristen pun juga mempunyai sejarah dan tradisi yang penuh dengan kekerasan dan anti-toleransi, tetap saja bangsa karosetan TIDAK MERASA sama sekali. Memang dasarnya MUNAFIQUE!

Namun apa yang kita baca dari artikel di atas ini yang mengisahkan kehidupan sebuah Gereja di jantung Yerusalem? Kehidupan di dalam Gereja di jantung Yerusalem, tentulah suatu kehidupan yang melibatkan para biarawan-biarawan Gereja yang secara idealnya pasti para penganut ajaran Kristus yang amat taat.

Ternyata, para biarawan itu SELALU MEMPUNYAI POTENSI untuk bersengketa dengan biarawan lainnya dari berbagai ordo. Paparan di atas mengisahkan bahwa sering terjadi tindak kekerasan yang dilakukan para biarawan atas nama Jesus untuk memperebutkan Gereja itu, kekerasan mana mereka lakukan untuk mengusir biarawan dari ordo yang bukan ordo mereka.

Secara ringkas, apa yang terjadi di Gereja tersebut dapat dibagi menjadi dua bahasan,

  1. Para biarawan itu terkadang terlibat tindak kekerasan melawan biarawan dari ordo berbeda demi memperebutkan Gereja tersebut untuk menjadi miliknya sendiri. Dan pun mereka melakukan tindak kekerasan itu, mereka melakukannya atasnama Jesus mereka, atasnama kecintaan mereka untuk Jesus mereka.
  2. Saking kerasnya dan tingginya potensi kekerasan (violence) yang akan dilakukan oleh kelompok-kelompok biarawan tersebut, maka demi menjaga keamanan dan kedamaian di dalam Gereja tersebut, kunci Gereja tersebut HANYA BOLEH DIPEGANG oleh keluarga Muslim. Dengan demikian kunci Gereja tersebut berada di TANGAN YANG NETRAL.

Dari kedua point ini, maka jelaslah sudah, bahwa karosetan memang penuh dengan bakat dan tradisi kekerasan dan anti-toleransi. Namun toh di lain pihak, bangsa Kristen tetap saja GEMAR BERKHOTBAH bahwa agama mereka, yaitu Kristen, adalah agama yang mengajarkan cinta kasih, toleransi dan pengampunan.

Kalau lah memang benar bahwa Kristen adalah agama yang hanya mengajarkan cinta kasih, toleransi dan pengampunan, maka,

  1. Mengapa sampai terjadi kekerasan di dalam Gereja makam suci tersebut? Dan itu pun kekerasan itu dilakukan oleh para biarawan, yang secara teoritis adalah individu-individu yang paling faham dan paling taat di dalam menjalankan ajaran Jesus? Ini Gereja makam suci, lho! Bukan Gereja sembarangan di pinggir jalan di daerah kumuh di nun jauh di Indonesia atau di brasil. Seharusnya Gereja makam suci itu mempunyai kharisma dan daya hipnotis spiritual yang luar biasa yang membuat semua manusia menjadi merasa damai, tentram dan penuh dengan roh perdamaian. Mengapa ini tidak?
  2. Mengapa kaum Muslim yang memegang kunci Gereja makam suci tersebut? Pada paparan di atas sudah dijelaskan, bahwa kalaulah kunci dari Gereja tersebut dipegang oleh individu Kristen, maka akan terjadilah MONOPOLI GEREJA, yang mana satu jemaat / denominasi pasti akan menghalangi jemaat / denominasi lainnya berziarah ke Gereja tersebut. Ini menunjukkan, bahwa ruh damai, ruh toleransi, sama sekali tidak MEKAR DAN BERSEMI di dalam dada seorang karosetan. Padahal ini adalah Gereja lho! Apakah bangsa Kristen yang katanya penuh dengan roh kudus, penuh dengan roh cinta-kasih, penuh dengan roh-damai, tidak dapat menjamin bahwa Gereja itu adalah rumah bersama bagi semua manusia yang cinta Jesus? Ternyata TIDAK SAMA SEKALI: semua orang Kristen tidak dapat menjamin bahwa Gereja makam suci itu adalah untuk bersama, sehingga kalaulah kunci Gereja itu dipegang oleh satu ordo atau denominasi, pastilah Gereja itu akan langsung dikangkangi oleh sistem monopoli yang kelas rendahan. Dan mirisnya lagi adalah, kunci Gereja itu dipegang oleh seorang manusia yang beragama Islam. Tidak kah itu seharusnya membuat orang karosetan dari seluruh Dunia menjadi malu pada diri mereka sendiri?

Kita sebagai Muslim amat ber tanggungjawab untuk selalu menegaskan ke depan hidung bangsa Kristen, bahwa Kristen, umat Kristen, tradisi Kristen dan sejarah Kristen adalah penuh dengan kekerasan. Din Syamsudin, seperti tokoh Muslim lainnya, pernah berkata, bahwa tradisi dan sejarah kekerasan itu ADA DI SETIAP AGAMA, tanpa kecuali sama sekali. Ini artinya, Kristen harus dengan jantan mengakui hal itu, JANGAN MUNAFIQUE LAGI….

Dan akhir kata, apakah Kristen mau mengakui dengan jujur dan galant, bahwa agama mereka memang penuh dengan kekerasan?

Kalau perkara bangsa Kristen mengklaim bahwa Kristen hanya mengajarkan cinta kasih, cinta damai, toleransi dan pengampuan, maka sebenarnya, AGAMA MANA SEEH YANG TIDAK MENGAJARKAN HAL ITU KEPADA UMAT MANUSIA?

Wahai Kristen, jangan jualan kecap, yaaa …….

Jualan arang saja. Itu lebih bermanfaat.

Dan sebelum jualan arang itu, NGACA DULU yaaa ….

10 Responses

  1. Astaga, Oh, Tuhanku…Don’t know what to say lagi deh. Kamu orang yang penuh amarah pada orang Kristen. Cuma dengan artikel itu kamu bisa berpikir picik seperti itu. Saya tidak perlu bicara lagi. Entah siapa yang penuh kebencian dan perang…Sedangkan saya merasa postingan ini yang penuh dengan kebencian dan amarah.

    Entah apa ada di hati dan pikiran kamu sampai begitu benci pada Kristen. Sampai mata kamu buta.

    Kalau pun saya balas semua comment kamu sepertinya sia-sia. Kamu membicarakan Kristen seperti ini itu, padahal waktu saya membaca, saya membayangkan agamamu.

    Lebih-lebih kalimat ucapan terakhir kamu…Kalau kamu memang kamu begitu membenci Kristen, it’s Ok…Kristen cuma agama. Puas-puasin aja. Luapin saja amarah kamu sampai lega…Walaupun dengan cara ini kamu hanya akan bertambah marah.

    Saya sudah sempat marah dengan setiap postingan kamu. Kalau pun saya balas, tidak memberi pengertian apa pun buat saya.

    Do what you want to do… Tuhan memberkati…Setelah semua yang kamu postingkan, kalau kamu mau cari Yesus, Dia masih mau menolong kamu. Apa pun kesulitanmu…

    • bilang aja NYERAH …..

      artikel saya ini memang PERKASA, KAN???? memang BERBOBOT, KAN???

      kleppekkk juga deh kamu nya …..

      selamaat ber-KONTEMPLASI …..

      mudah2an kamu ikut membenci agama kristen …..

      dan akhirnya kamu menemukan jalan yg pas dg idealisme kamu ….

      sudah banyak kok yg begitu ….

    • kamu marah???

      ow kamu bisa marah, yaaa???

      lha emangnya cuma kamu yg bisa marah??

      kamu sudahkah baca tulisan saya di folder ABOUT???

      di page itu, saya ungkapkan kemarahan saya krn nun di sana ada portal kapirit yg berisi artikel2 sadis ygmenghujat islam …..

      portal itu adl ….
      http://indonesia.faithfreedom.org/forum/apakah-muhammad-perampok-t32938/

      sebenernya url itu menunjukkn kesalah satu page / thread yg isinya, sangat menghujat islam. tapi, dari page itu, pasti kamu bisa menjalar ke page lainnya, utk melihat betapa portal itu amat menghina islam …

      kalo kamu ADIL, tolong labrak semua manusia2 kapirit di portal itu ….

      bersedia gak????

  2. Jadi kamu pikir Faith Freedom itu kerjaan orang Kristen?? Saya sudah pernah buka forum itu dan saya tahu pasti adminnya hanya menunjuk ke satu hal, ISLAM dan tidak mengakui dirinya sebagai orang Kristen. Orang yang murtad karena Faith Freedom tidak pernah disarankan masuk ke agama tertentu kan?? Kenapa kamu langsung asumsi Kristen?? Kamu punya bukti??

    ..Saya malah curiga dia atheis..atau apalah..

    Jadi ini sebuah pembalasan dendam??

    Berarti dugaan saya benar??

    Saya tidak perlu melabrak mereka. Saya mau labrak apa? Saya tidak tahu benar-benar tentang Islam.. Saya cuma tahu Islam dari media, teman-teman saya…Palingan saya cuma bilang ” Ya sudah, jangan menjelek-jelekkan agama lain. Buktikan saja lewat perbuata.” Mana ada melabrak seperti itu.

    Kalau kamu saya tunjukkan link lain yang menhujat Yesus dengan cara menjijikan, kamu mau labrak mereka juga tidak?? Menggambar2 Yesus dengan gambar2 tidak senonoh. Mau labrak mereka?? Orang-orang seperti mereka juga loh yang bikin Islam keliatan hancur.

    Bukan cuma kamu saja yang suka berdebat soal ini. Banyak orang diluar sana yang sampai mengeluarkan literatur sejarah Islam, sejarah Kristen…Pusing dah pokoknya. Tapi yang saya sayangkan, waktu kamu menuliskan pemikiran kamu..Kamu ga saring dulu. Ga liat-liat dulu…ga dievaluasi dulu…” Agama mereka kayak begini, agama gua kayak gini juga ga ya?” Ada ga mikir kayak gitu waktu nulis?? Dan jadi berkesan dangkal, ga tahu apa-apa tapi berani nulis seperti hal-hal ini.

    Kalau kamu ngerasa terhina dengan Faithfreedom seperti itu, mbok ya jangan ikutan2 toohh…Tunjukin dan buktiin kalau islam itu agama damai. Itu FPI udah mau jagain gereja waktu Natalan…Di Mesir ada orang muslim mau jagain orang Kristen Natalan, begitu juga sebaliknya…Kok, malah ikut2an ngebuktiin Islam jelek. Justru harusnya kamu ajak temen-temen kamu buat buktiin kalau Islam itu ga begituu..Islam itu agama damai dan indah sperti yang kalian bilang. Orang-orang admin seperti faith freedom itu bisa jadi juga korban orang Islam ga bener. Jangan malah ikut-ikutan jadi korban balas dendamnya dia.

    Islam itu agama yang bagus. Saya akui…Tapi yang kayak gini ini yang saya langsung mundur 7 langkah buat maju mikir pengen tahu Islam..Pikirannya pada picik. Ngerti kan maksud saya?? Kristen cabuuulll..Kristen suka kekerasan dan peraaangg…kristen ini..Kristen itu….Padahal ga tahu apa-apa. Kalau mau dijelasin tentang latar belakang peristiwa soal perang dsb yang berhubungan dengan Kristen bisa puanjangggg…(ini kan yang jadi sering pembahasan orang)

    Kamu masih SMA, kuliah, kerja, atau apa?? Kayaknya masih SMA ya??

  3. heheh lucu satu agama cara peribadatanya beda2 pakai gontok2an pula. kira2 yesus cara beribadahnya gmn ya?

  4. amsalfoje, on December 29, 2011 at 8:28 am said:
    Jadi kamu pikir Faith Freedom itu kerjaan orang Kristen?? Saya sudah pernah buka forum itu dan saya tahu pasti adminnya hanya menunjuk ke satu hal, ISLAM dan tidak mengakui dirinya sebagai orang Kristen. Orang yang murtad karena Faith Freedom tidak pernah disarankan masuk ke agama tertentu kan?? Kenapa kamu langsung asumsi Kristen?? Kamu punya bukti??
    ..Saya malah curiga dia atheis..atau apalah..

    Ada dua hal yang ingin saya tegaskan di sini.
    1. Kamu maksud pendiri ff itu? Ya benar, pendiri ff itu adalah seorang Muslim dari Iran, namanya Ali Sina, kemudian ia murtad, tepatnya menjadi agnostik. Saya tidak pernah bilang bahwa pendiri ff itu, atau pemilik ff itu adalah orang Kristen. Dia jadi begitu membenci Islam. Hingga akhirnya dia membuat proyek untuk memusnahkan Islam dari muka bumi. Maka didirikanlah ff ini, yang tujuannya agar semua Muslim meninggalkan Islam, dan beralih ke agama yang mana saja.
    .
    2. Yang suka mangkal di ff? Nah inilah yang menjadi masalah. Biar bagaimana pun harus diakui, pastilah 90% yang mangkal di sana adalah manusia-manusia Kristen. Apakah kita ingin bilang, kebanyakan mereka adalah orang Hindu? Buddha? Lha memangnya penganut Hindu di Indonesia ini ada berapa? Mayoritaskah? Engga kan? Saya sudah beberapa kali ikut debat dengan ffi-ers. Dari obrolan yang penuh dengan emosi itu, terungkap kok bahwa kebanyakan mereka adalah Kristen, baik ia protestan, katholik, atau bahkan Kristen yang tidak taat sekali pun. Jadinya, kemarahan saya – saya arahkan kepada bangsa Kristen. Saya tidak salah, kan?

    Jadi ini sebuah pembalasan dendam??
    Berarti dugaan saya benar??
    Saya tidak perlu melabrak mereka. Saya mau labrak apa? Saya tidak tahu benar-benar tentang Islam.. Saya cuma tahu Islam dari media, teman-teman saya…Palingan saya cuma bilang ” Ya sudah, jangan menjelek-jelekkan agama lain. Buktikan saja lewat perbuata.” Mana ada melabrak seperti itu.
    .
    Kalau kamu saya tunjukkan link lain yang menhujat Yesus dengan cara menjijikan, kamu mau labrak mereka juga tidak?? Menggambar2 Yesus dengan gambar2 tidak senonoh. Mau labrak mereka?? Orang-orang seperti mereka juga loh yang bikin Islam keliatan hancur.

    Ff itu adalah portal untuk menghujat Islam dengan cara mirip cara2nya orang planet. Itulah yang membuat saya marah, dan juga Muslim lain. Seharusnya kamu juga marah kepada ff ini, mengingat cara ff begitu tidak berperi-kemanusiaan.
    .
    Pertama.
    Ff ini adalah portal yang didedikasikan untuk menghujat Islam. Tidak lain.
    .
    Kedua.
    Dengan cara begini, pastilah banyak Muslim yang keblingsatan. Kalau sudah begini, logikanya, pastilah Muslim akan membuat apologetika. Biasanya dengan membuat serang balik. Misalnya begini,
    .
    Ffi: Muhammad itu pembunuh.
    .
    Lantas Muslim kickback: lha, bukankah Alkitab juga mengisahkan bahwa daud sulaiman delele juga pembunuh. Bahkan mereka lebih kejam.
    .
    Ffi: hai Muslim, jangan singgung2 agama orang lain. Kamu jangan OOT. Situs ini khusus untuk membahas kebusukan Islam saja.
    .
    Sekian.
    .
    Artinya apa?
    .
    Muslim tidak diperkenankan untuk membuat argumentasi apapun, muslim tidak diperkenankan utk menjelek2kan agama lain (krn portal ini hy utk menjelek2kan islam. Istilahnya, untuk membongkar kebusukan islam), kecuali argumentasi itu memang berdasarkan Islam juga. Ini mengakibatkan, posisi Kristen aman. Posisi Alkitab aman. Posisi Gereja aman. Posisi Jesus aman. Deste. Kalau begini, bagaimana Muslim tidak kelimpungan.
    .
    Mekanismenya:
    .
    Ketiga.
    .
    Kalau Muslim mem-post yang dikategorikan OOT untuk pertama kali, maka admin akan memberi warning kepada username Muslim itu. Kedua, dan ketiga pun juga diberi warning saja dengan red-font, dan teks postingan akan didelete.
    .
    Keempat.
    .
    Namun kalau si username Muslim itu oot untuk kali keempat, maka saatnya username Muslim itu akan dibekukan.
    .
    Kelima.
    .
    Kalau begini, tentunya si Muslim tidak bisa lagi akses ke ffi. Solusinya, pastilah membuat username baru. Dengan username baru ini, si Muslim bisa nimbrung lagi.
    .
    Kelima.
    Bukan diblokir saja username-nya. Tapi semua postingan si muslim yg selama ini sudah tersebar di berbagai thread, akan DIDELETE.
    .
    Keenam.
    Kalau kemudian si Muslim oot lagi, MAKA TIDAK ADA AMPUN: giliran IP (internet provider) si Muslim yang diBLOKIR…… kalau diblokir, berarti si Muslim tidak bisa lagi akses portal ini. Ini artinya, si Muslim akan jingkrak-jingkrak dari satu warnet ke warnet lain supaya bisa terus nimbrung. Repot kan?
    .
    Intinya apa?
    Intinya adalah, bahwa ff ini membuat portal DEBAT yang isinya menghujat dan menghina Islam, dengan tujuan memurtadkan Muslim pindah ke agama yang mana saja, dan mereka, pendiri dan pengusung ff ini, menyatakannya secara terang2an, tanpa basa-basi sama sekali. Benar-benar tidak berperikemanusiaan dan berperi-perasaan.
    .
    Ff menghujat Islam, menghujat keimanan kaum Muslim. Namun Muslim tidak diperkenankan MEMBALAS. Ibaratnya, Muslim digebuki rame2 oleh kaum kapir, kebanyakan mereka adalah kapirit Kristen. Namun sungguh pun demikian, Muslim tetap tidak diijinkan untuk membalas menggebuki kapirit2 tersebut. Step-step di atas yang saya jabarkan di atas, adalah metode mereka untuk menjamin bahwa Muslim tidak akan dapat membalas menjelek2kan agama orang. Kalau ada Muslim yang berani membalas ‘menggebuki’ agama mereka, maka si Muslim itu akan langsung di-banned (seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi). Benar-benar orang planet kan, ff ini?
    .
    Itulah yang membuat saya sakit hati. Dan itu juga yang membuat seluruh Muslim sakit hati.
    Itulah sebabnya, banyak netter muslim yg NYERAH DAN ENGGA BERKUTIK menghadapi serangan kaum kapirit di ff ini. Mengapa begitu? Ya krn pihak muslim tidak diberi kesempatan utk kickback. Kalau ada muslim yg kickback, akan dituduh OOT, dan sekaligus di-banned, dan semua postingannya akan DIDELETE.
    .
    Banyak kok situs2 debat di internet yang berisi penghujatan Islam, yang umumnya didirikan oleh individu-individu Kristen. Namun toh seluruh debat itu dibuka dengan metode fair. Kalau ada artikel yang menghujat Islam, maka sekiranya ada Muslim yang tergerak, maka Muslim itu diberi hak untuk menjawab dan berbalik menghujat agama Kristen (atau agama lainnya). Untuk situs-situs yang seperti ini, buat apa saya sakit hati? Yang ada malah saya jadi excited, merasa positif. Intinya, harus lah debat itu fair, adil, seimbang. Namun bagaimana dengan ffi? Tidak ada sama sekali.
    .
    Kamu sendiri, nimbrung di blog saya ini. Saya tidak mem-banned kamu, kan? Semua postingan kamu saya approve, kemudian saya jawab semampu saya. Ini namanya fair. Ini namanya saya (atau siapa saja) memberi hak kepada individu-individu yang bersangkutan untuk menjawab dan mengklarifikasi. Namun ff tidak sama sekali. Bangsat!
    .
    Kamu tidak saya minta untuk melabrak situs2 debat yang menghujat Islam kok. Tidak. Mengapa? Karena situs debat itu menyelenggarakan debat secara fair. SAYA CUMA MINTA KAMU MELABRAK FF, KARENA FF ITU TIDAK FAIR SAMA SEKALI, JUSTRU KEJAM DAN SADIS, TIDAK BERPERIKEMANUSIAAN. FF TIDAK INGIN INGAT BAHWA MUSLIM PUN JUGA MANUSIA YANG PUNyA PERASAAN. ……. sesalahnya-salahnya muslim, sesalah-salahnya islam, toh muslim juga manusia. Seharusnya mrk juga berhak utk kickback.
    .
    Itulah sebabnya, situs2 debat agama di internet, biasanya orang Kristen tidak ada yang berani berlama-lama di sana, karena argumentasi kaum Muslim begitu kuat, ASALKAN KAUM MUSLIM BERHAK UNTUK MENJAWAB.
    .
    Namun ff? Bejibuuuuuuuuuunnnnnn orang Kristen yang ngerubung di sana. Kenapa? Karena di situs itu, semua orang Kristen LELUASA menghujat Islam tanpa ada resiko dihujat balik. Makanya orang Kristen di sana sampe mempunyai postingan di dalam jumlah ribuan, ada yang 7ribuan, 6ribuan ….. ini artinya semua kapirit2 itu dah puas menghujat Islam tanpa ada kemungkinan dihujat balik….
    .
    Nah dari sini juga terbukti, bahwa justru orang Kristen lah yang gemar menjelek2an agama orang. Dlihat dari mana? Dilihat dari jumlah postingan setiap username di ff itu. Coba aja kamu chek aja ke sana. Jidat kapirit atas nama @Jangan-gitu_ah, @betdaniel99, @duren delele. Si @duren ini sudah memposting 7860 post, setidaknya. Dan tahukah kamu, bahwa keseluruhan kapirit2 itu tidak ada yang berani nyambang ke situs2 debat agama yang didirikan pihak Muslim. Mengapa? Pikir aja sendiri. Atau juga, mereka semua pasti tidak berani nyambang ke stus2 debat yang didirikan orang Kristen. Karena situs2 itu menggelar debat secara fair, di mana Muslim berhak untuk menjawab dan kickback.
    .
    Intinya, di ffi ini, terlihat,
    a. Kapirit2 Kristen itu adalah manusia-manusia yang gemar menjelek2kan Islam. Terbukti. Lihat saja jumlah postingan setiap username mereka yang sampai ribuan. Dan kebanyakan netter di ffi yang kontra islam PASTILAH ORANG KRISTEN. Kamu engga usah menyangkal. Memang ada juga yg islam keblinger, agnostic, atheis, hindu, Buddha delele. Tapi, kalo kamu ikuti debat mrk, pasti kamu akan tehe kebanyakan mrk adl berlatar belakang Kristen.
    .
    b. Pun kapirit2 Kristen itu adalah INDIVIDU-INDIVIDU YANG PENGECUT. Mereka tidak berani membuka debat yang fair. Sudah berapa kali saya ajak / tantang mereka untuk nongol di blog saya. Tidak ada tuh yang nunjukin batang hidung mereka di blog saya. Namun kebalikannya, justru mereka masih aktif salto ke sana kenari di ff itu untuk menghujat Muslim sepuas hati mereka. Jujur saja, mana ada seeh kapirit Kristen yang berani menjawab semua argumentasi kaum Muslim? Makanya mereka beraninya hanya di ff yang debatnya diselenggarakan secara tidak fair.
    .
    Makanya, sekali lagi, saya Cuma minta kamu MELABRAK FF ITU. Mau ga kamu? Saya engga minta kamu melabrak yg lainnya.

    Bukan cuma kamu saja yang suka berdebat soal ini. Banyak orang diluar sana yang sampai mengeluarkan literatur sejarah Islam, sejarah Kristen…Pusing dah pokoknya. Tapi yang saya sayangkan, waktu kamu menuliskan pemikiran kamu..Kamu ga saring dulu. Ga liat-liat dulu…ga dievaluasi dulu…” Agama mereka kayak begini, agama gua kayak gini juga ga ya?” Ada ga mikir kayak gitu waktu nulis?? Dan jadi berkesan dangkal, ga tahu apa-apa tapi berani nulis seperti hal-hal ini.

    Ya, memang jelas sekali, bhw agama Kristen itu begini begitu; tp islam tidak kok. Islam tidak menghalalkan perzinahan. Islam tidak menghalalkan bugilria. Islam tidak menghalalkan riba, deste.
    .
    Tp kebalikannya, Kristen menghalalkan itu semua.
    Puas??

    Kalau kamu ngerasa terhina dengan Faithfreedom seperti itu, mbok ya jangan ikutan2 toohh…Tunjukin dan buktiin kalau islam itu agama damai. Itu FPI udah mau jagain gereja waktu Natalan…Di Mesir ada orang muslim mau jagain orang Kristen Natalan, begitu juga sebaliknya…Kok, malah ikut2an ngebuktiin Islam jelek. Justru harusnya kamu ajak temen-temen kamu buat buktiin kalau Islam itu ga begituu..Islam itu agama damai dan indah sperti yang kalian bilang. Orang-orang admin seperti faith freedom itu bisa jadi juga korban orang Islam ga bener. Jangan malah ikut-ikutan jadi korban balas dendamnya dia.

    Wah engga semulus itu, kawan!
    .
    Dah banyak kali kaum muslim menunjukkan / menerangkan / membuktikan di ff bhw islam itu adl agama damai. Tp apa reaksi mereka?
    .
    Misal begini,
    .
    Ff = islam adl agama tukang bantai.
    .
    Muslim = tidak. Islam adalah agama damai. Kalau islam adl algama tukang bantai, maka seharusnya semua org Kristen Indonesia sudah lama musnah krn dibantai muslim. Nyata nya Kristen hidup aman.
    .
    Ff = Kristen aman di Indonesia bukan krn islam adl agama damai. Kristen aman di Indonesia krn ada hokum positif, ada uu pidana deste .. jadi bukan krn islamnya …
    .
    Sekian.
    .
    Terbukti, kan?
    Memang dasar org Kristen (di ff) itu gemar menjelek2kan agama islam dan kaum muslim. Mau jungkir balik kek, mau nyebur ke sumur kek muslimnya, mau jerit2 di jalan tol kek muslimnya, tetep aja Kristen ffi tidak akan bersedia menerima penjelasan kaum muslim, bahkan Kristen ff itu semakin sadis dg menjelek2kan agama islam itu.
    .
    Skg kamu mau ngomong apa???
    .
    Kamu memang dasarnya TERLALU membela agama dan umat seagama kamu aja kan?? Jadinya yg saya baca CUMA SUBJEKTIVITAS kamu aja …..

    Islam itu agama yang bagus. Saya akui…Tapi yang kayak gini ini yang saya langsung mundur 7 langkah buat maju mikir pengen tahu Islam..Pikirannya pada picik. Ngerti kan maksud saya?? Kristen cabuuulll..Kristen suka kekerasan dan peraaangg…kristen ini..Kristen itu….Padahal ga tahu apa-apa. Kalau mau dijelasin tentang latar belakang peristiwa soal perang dsb yang berhubungan dengan Kristen bisa puanjangggg…(ini kan yang jadi sering pembahasan orang).

    Hah emang bener kok!
    .
    Kristen itu memang begini begitu, segala hal yang menjijikkan dan rendah…..
    .
    Contohnya aja.
    Suku aborigin di Australia MUSNAH. Siapa yang memusnahkan mereka? Ah paling kamu jawabnya tidak ada lain kecuali pembelaan, yg intinya kamu bakal bilang bhw ALKITAB DAN GEREJA tidak pernah mengajarkan pemusnahan suku aborigin ….
    .
    Muak!

    Kamu masih SMA, kuliah, kerja, atau apa?? Kayaknya masih SMA ya??

    Apa perlu nya syh?????

  5. hebatt, penjelasan yg sangat baik, aq s7 banget.emank bgtu klu kelakuan agama kristen,! teruskan syiar dakwah islam dalam kebenaran.

  6. hukum islam itu sama dengan hukum setannn ……………alias orang arab yang bar bar……….beda dengan orang jawa yang sopan santun.sejak ada islam jadi bar bar sok suci……………..

  7. perlu disadari bahwa, agama itu pasti nyata lewat budaya, yang paling nyleneh adalah: yang mengatakan agama itu datang dari Allah dan tentu ikut aturan Allah, tetapi mengapa justru dengan adanya agama malah membikin dunia tambah kacau. perlu disadari bahwa agama berasal dari bahasa sansekerta.
    a artinya tidak gama artinya ketidak aturan, atau kacau jadi agama adalah tuntunan yang mendatangkan ketidak kacauan. yang mengidentikan, kehidupan yang teratur tertata rapi dan menjadi sesuatu enak dipandang, dalam rasa dan perasaan dengan adanya agama seharus kedamaian dirasakan. marilah kita dasarkan agama itu dengan pemahaman yang pasti dengan maksud innalilahi wa inalilahi narji’u. semua datang dari Allah akan kembali kepada Allah. tetapi bagaimana situasi kita sudahkah kita memiliki yang diharapkan Allah selamat belajar samapi tuntas.
    =============

    iSLAMthis,
    anda keliru,

    agama itu datang dari allahswt, dan hal itu tidaklah nyleneh.

    terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: