Sejarah Renovasi Kabah

Ukuran dan pembangunan kembali Ka’bah:

  •  Ukuran tinggi Ka’bah yang ada saat ini adalah 39 kaki 6 inci (kira-kira 11 meter;1 kaki = 12 inci = 30 cm), dan ukuran total adalah 627 kaki persegi.
  • Ukuran dalam Ka’bah adalah 42,64×29,52 kaki (atau kira-kira 12,7×8,85 m).
  • Tebal tembok adalah 3,26 kaki (kira2 97,8 cm).
  • Lantai di bagian dalam lebih tinggi 7,22 kaki (kira2 2,1m) dari dasar tanah di mana orang-orang melakukan Tawaf.
  • Langit-langit dan atap terbuat dari kayu teak yang ditutup dengan baja stainless.
  • Tembok terbuat dari batu.
  • Batu-batu bagian dalam tidak dipoles, sedangkan bagian luar dipoles.

Para ahli sejarah berkata bahwa Ka’bah dibangun kembali berkali-kali sekitar lima sampai 12 kali. Ukuran pertama Ka’bah di jaman Muhammad adalah:

 ▪ tembok timur 48 kaki, 6 inci (berisi batu hitam)

 ▪ tembok Hateem berukuran 33 kaki

 ▪ sisi tembok antara batu hitam dan sudut Yemeni adalah 30 kaki

 ▪ tembok barat 46.5 kaki

INILAH DAFTAR BONGKAR PASANG KA’BAH

Pembangunan ulang Ka’bah oleh pagan Quraish:

Muhammad berpartisipasi dalam pembangunan kembali Ka’bah sebelum dia diangkat Allah Swt sebagai nabi. Setelah banjir hebat –rumah Allah Swt kebanjiran– Ka’bah jadi rusak dan temboknya retak. Kewajiban membangun Ka’bah dibagi di antara 4 suku Quraish. Muhammad ikut dalam pembangunan ini. Ketika tembok-tembok sudah dibangun sebagian, maka dimasukkanlah Batu Hitam (al-Hajar al-Aswad) di bagian tembok sebelah timur Ka’bah.

Karena suku Quraish tidak punya cukup dana, mereka tidak membangun kembali seluruh Ka’bah. Karena itulah bentuknya jadi bujur sangkar dan tidak serupa dengan bentuk aslinya yang pesegi panjang. Daerah bagian dasar Ka’bah yang tidak dibangun kembali disebut Hatim.

Pembangunan Kembali Ka’bah oleh Abdullah ibn Zubair:

Tentara Syria pimpinan Yazid menghancurkan rumah Allah Swt Ka’bah di bulan Muharram 64 Hijrah. Akan tetapi, Haj Abdullah ibn Zubair (saingan Kalifah Bani Umayyah) membangun kembali Ka’bah dari dasar. Ibn Zubair ingin membangun Ka’bah persis seperti yang diinginkan Muhammad. Ibn Zubair berkata,

“Aku mendengar Aisyah (bini muda kesayangan Muhammad) berkata, “Sang Nabi berkata:”Jika orang-orangmu tidak baru saja meninggalkan kepercayaan paganmu, dan jika aku punya cukup dana untuk membangun Ka’bah, aku akan tambahkan beberapa kaki di atasnya dari Hijr. Juga, aku akan pasang dua pintu; satu pintu agar orang-orang dapat masuk ke dalam dan pintu satunya lagi untuk ke luar.” (Bukhari). Ibn Zubair berkata, “Hari ini, aku punya dana untuk melakukan itu dan aku tidak takut akan orang-orang.”

Ibn Zubair membangun atap di tiga pilar dengan kayu Aoud (kayu wangi Arabia). Dia meletakkan dua pintu, satu menghadap timur dan satu lagi menghadap barat, sama seperti apa yang diinginkan Muhammad dulu. Dia juga membangun daerah Hateem yang terletak di sekitar Ka’bah yang dikelilingi oleh tembok rendah separuh lingkaran. Ibn Zubair juga meletakkan empat pilar di sekeliling Ka’bah dan menggantungkan kain di atasnya sampai seluruh bangunan selesai dibangun.

Pembangunan Kembali Ka’bah di Jaman Abdul Malik:

Di tahun 74H (693M) Al-Hajjaj bin Yusuf al-Thaqafi, atas persetujuan Kalifah Bani Umayyah bernama Abdul Malik menghancurkan apa yang dibangun Ibn Zubair. Dia mengembalikan struktur bangunan persis seperti yang ada di jaman pagan Quraish. Inilah perubahan yang dilakukannya:

1. Ka’bah diperkecil jadi sama ukurannya dengan yang ada saat ini

 2. Membongkar Hatim

 3. Menutup pintu barat dengan tembok

 4. Meruntuhkan tembok di daerah Hatim

 5. Membuang tangga kayu yang ditempatkan Ibn Zubair di dalam Ka’bah

 6. Mengurangi ketinggian pintu sampai 7 kaki

Struktur ini tetap sama selama 966 tahun, dengan perubahan kecil di sana sini.

Pembangunan Kembali Ka’bah di Jaman Sultan Murad:

Di tahun 1039H (1629 Masehi), lagi-lagi rumah Allah Swt kebanjiran, melanda sehingga dua tembok bagian timur dan barat Ka’bah rubuh. Kejadian ini terjadi di 19 Sha’ban tahun 1039H. Banjir mencapai ketinggian 10 kaki (3m) dari tanah. Setelah usai banjir, maka Ka’bah dibangun kembali di bawah pengawasan Sultan Murad. Bentuknya persis sama dengan Ka’bah di jaman Quraish sebelum Muhammad diangkat sebagai nabi.

Pembangunan Kembali Ka’bah di tahun 1996:

Renovasi terhadap Ka’bah kembali dilakukan dari bulan Mei 1996 sampai Oktober 1996. Ini dilakukan setelah 400 tahun Ka’bah dibangun kembali oleh Sultan Murad. Dalam pembangunan kembali kali ini, bagian yang masih asli hanyalah batu-batu Ka’bah saja. Semua bagian lainnya diganti, termasuk bagian langit-langit dan atapnya yang terbuat dari kayu.

5 Responses

  1. Kabah cuma arah saja,

    kalau tidak ada arah, maka yang sembahyang semaunya sendiri.
    ada yang kanan ada yang kiri.

    Kabah tidak di sembah, yang disembah adalah Allah.

    Kalau di ruang angkasa, bahkan boleh memakai arah apa saja, karena sulit menentukan arahnya.

    Gak masalah..

    Bentuknya kotak, tidak menarik, agar orang-orang tidak menghayal yang enggak-enggak. Cuma fokus ke Allah saja.

    • Kata siape bentuk kotak hitam nggak bikin pikiran aneh2??
      tempat pijet di sebelah ane bentuknya gedung kotak warna hitam..setiap lihat kabah, ane teringat dengan panti pijet itu….

  2. mari beramal melalui blog

  3. kabah addalah rumahnya allah swt

    • Betul, alias rumah batu item hajar aswad… Tuhannya suku quraish pra islam…
      Ritual apa yang dilakukan oleh para calon haji di Mekkah? Sebelum muter-muter kaabah, sebisa mungkin mereka melakukan sunnah Muhammad yaitu menciumi “awloh”. Dan sebelum mencium awloh, mereka mengucapkan: “Ya awloh, aku penuhi panggilanmu.”

      Hal itu dicontohkan Muhammad ketika dia melakukan ibadah haji:

      Hadis Bukhari, Volume 2, Book 26, Number 697:
      Diriwayatkan oleh Ibn Abbas: Rasul Allah melakukan Tawaf (kabah) dengan naik unta (saat itu kaki nabi sedang terluka). Ketika sampai ke sudut (yang ada batu hitam) dia menunjuk kearah batu itu memakai sesuatu pada tangannya dan berkata, “Allahu-Akbar.”

      Muslim yang beribadah haji diwajibkan untuk mencium batu hitam.

      Hadis Sahih Muslim 1190:
      “Tatkala Rasulullah SAW tiba di Mekah, mula-mula beliau datangi Hajar Aswad lalu beliau mencium.”

      Hadis Sahih Muslim 1150:
      Sebelum mencium Hajar Aswad itu, Muhammad mengucapkan: “Labbaik allahuma labbaik” yang berarti : “Ya Allah atas panggilanMu aku datang kepadaMu.”

      Abu Dawud, Book 10, Number 1813:
      Diriwayatkan Abdullah ibn Abbas: Nabi berkata: Orang yang melakukan umrah harus berteriak talbiyah sampai dia menyentuh Batu Hitam.

      [Talbiyah = “Ya Allah, aku datang memenuhi undanganmu. Tiada sekutu bagimu…”]

      Batu koq disembah ciihh???
      Hihihihihi…
      Betul?

      Ditambah lagi ritual thawaf….

      …menceritakan kepada kami Abu Usamah Telah menceritakan kepada kami Hisyam dari bapaknya ia berkata; ORANG ORANG ARAB ZAMAN DAHULU THAWAF DI BAITULLAH DALAM KEADAAN TELANJANG BULAT kecuali Al Hums. Al Hums ialah orang-orang Quraisy dan turunannya. ORANG ORANG ARAB ITU THAWAF DALAM KEADAAN TELANJANG, kecuali apabila mereka diberi pakaian oleh orang Quraisy, yang laki-laki memberi pakaian kepada yang laki-laki dan perempuan…
      (Shahih muslim 16 hal 164)

      Oh… Ternyata thawaf itu contekan dari ritual pangan pra islam ya… Sambil TELANJANG BULAT?? He..he…. Tapi oleh si mamad saw dimodifikasi dengan memakai pakaian…

      Islam oh islam…

      Ritual agamanya mencontek dari ibadah pangan…
      Kitab sucinya mencontek juga dari Alkitab…

      Apa yang perlu dibanggakan oleh islam ya? Semuanya serba contekan…

      Tapi anehnya Islam merasa dirinya paling benar!!

      So… Islam adalah tukang nyontek yang kagak tahu dirriii dan kagak tahu maaluuu!!

      HA.HA.HA….
      ========

      Islamthis,
      Wooiyyy @murtadin kafirun! Bung ini kloning nya @wakwaw yaaa? Treak2 gak jelas di sini, eh nongol lagi dg nama @murtadin kafirun …..

      Kenapa bung tulis2 begini lagi? Tuh semua treyak2 gak jelas bung, ude saya bahas di thread ini, silahkan baca dn protes kalo masih blom puas. Klik di sini,

      https://islamthis.wordpress.com/2010/09/03/kabah-adalah-bukti-bahwa-islam-adalah-perdukunan/

      Ayo ngebahasnya di thread itu aja.

      Bung treyak2 itu krn pengen kejelasan dr pihak muslim, ato cuma pengen nyumpah2 agama org krn dislike!

      Kalo masalahnya cuma dislike, bung minggir aja. Siapa pun jg pny dislike thd agama lain, tp jangan brisik, bung!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: