Tahukah Anda??

 

  1. sebelum karet penghapus ditemukan, orang menggunakan potongan-potongan roti untuk menghapus tulisan pensil.”
  2. Roy J. Plunkett dari New Carlisle, Amerika Serikat menemukan Teflon pada tahun 1938. Penggorengan berlapis Teflon pertama kali diperkenalkan pada tahun 1961.”
  3. mesin fax yang pertama dipatenkan pada tahun 1834 oleh Alexander Bain, tapi mesin fax-nya sendiri baru dipergunakan pada tahun 1964.”
  4. kata gas diciptakan oleh kimiawan J.B. van Helmont, dari kata ‘chaos’ dalam bahasa Yunani yang berarti ‘tak berbentuk’.”
  5. Rodrigo de Triana adalah pelaut di kapal ‘Pinta’ dalam rombongan Columbus yang pertama kali melihat daratan di benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492.”
  6. Flyer adalah pesawat pertama yang diterbangkan di Kitty Hawk oleh Wright Bersaudara pada 17 Desember 1903. Namun penerbangan perdananya hanya berlangsung ’12 detik’. Mereka mencoba menerbangkannya tiga kali lagi hari itu, dan penerbangan terakhir berlangsung 59 detik dan menempuh jarak 259,69 meter.”
  7. hak cipta pertama kali diciptakan pada tahun 1486.”
  8. minuman soda ber-gas diciptakan pada tahun 1767 oleh Joseph Priestly. Bersama Antone Lavoisier ia menemukan oksigen.”
  9. aspirin dijual sebagai obat pada tahun 1899 setelah Felix Hoffmann, seorang kimiawan Jerman di perusahaan obat Bayer berhasil memodifikasi asam salisilat, senyawa yang ditemukan dalam kulit kayu dedalu.”
  10. Lillian Moller Gilbreth adalah seorang perintis ergonomik. Gilbreth banyak mematenkan temuannya, termasuk alat pencampur makanan dari listrik dan tempat sampah dengan penutup yang dapat dibuka dengan injakan kaki.”
  11. Julius Caesar adalah orang pertama yang menetapkan tanggal 1 Januari sebagai hari pertama di tahun baru.”
  12. keripik kentang diciptakan secara tidak sengaja. Pada tahun 1853, Cornelius Vanderbilt, mengeluh karena kentang goreng yang disajikan di restorannya terlalu tebal dan mengembalikannya berkali-kali ke dapur. Juru masaknya merasa kesal dan mengiris kentangnya tipis-tipis kemudian menggorengnya dengan minyak yang panas. Ternyata Vanderbilt menyukai kentang itu.”
  13. Marie dan Pierre Curie menolak mematenkan proses mereka membuat radium dan menyatakan bahwa proses itu adalah milik dunia dan tak seorangpun berhak memetik keuntungan daripadanya.”
  14. papan tulis pertama kali dipergunakan di sekolah pada tahun 1714.”
  15. penjepit kertas ditemukan pertama kali oleh Johann Vaaler. Ia sudah menggambarnya sejak awal tahun 1899.”
  16. mutiara terbesar di dunia ditemukan di pulau Palawan, Filipina pada tanggal 7 Mei 1934. Mutiara seberat 6,73 kg ini kemudian diberi nama Mutiara Allah dan dinobatkan sebagai mutiara terbesar di dunia.”
  17. pada 4 September 1956 IBM memperkenalkan hard disk pertama di dunia. Hard disk berukuran 2 lemari es itu memiliki kemampuan ‘5 Mb’, atau cukup untuk menyimpan satu lagu dalam format Mp3.”
  18. yo-yo mulai pertama diperkenalkan pada tahun 1929 oleh Donald F. Duncan. Mainan ini dibuat berdasarkan senjata yang dipergunakan oleh para pemburu Filipina pada abad ke-16.”
  19. margarin dikembangkan pertama kali pada tahun 1869 oleh Hippolyte Mege-Mouries, seorang ahli kimia Perancis. Raja Napoleon III menawarkan hadiah bagi orang yang dapat menemukan pengganti mentega untuk angkatan darat dan lautnya karena mentega mudah rusak.”
  20. pada tahun 1799, dokter John Ferriar menemukan pengaruh daun-daun kering dari tanaman foxglove, digitalis purpurea, terhadap jantung. Hingga kini digitalis masih digunakan dalam pengobatan jantung, karena dapat memperlambat denyut jantung dan meningkatkan kekuatan kontraksi jantung serta jumlah darah yang dipompa pada setiap denyut jantung.”
  21. rakyat Tiongkok telah menggunakan alumunium sejak tahun ‘300’, sementara bangsa-bangsa barat baru menemukannya pada tahun ‘1827’.”
  22. Aspirin buatan Bayer adalah obat pertama yang berbentuk tablet. Obat ini pertama kali dipasarkan pada tahun ‘1899’ dalam bentuk bubuk, tetapi pada tahun ‘1900’ dipadatkan menjadi tablet yang dapat larut di dalam air.”
  23. dua orang bersaudara dari Hongaria, George dan Laszlo Biro menciptakan bolpen pada tahun 1938.”
  24. Hotmail diciptakan pada tahun ‘1995’ oleh Sabeer Bathia, seorang warga negara India, dan diluncurkan pada tahun ‘1996’ dengan nama HoTMaiL. Kemudian pada tahun ‘1997’ menjualnya kepada Microsoft.”
  25. kertas tisu WC ditemukan di Tiongkok pada tahun ‘875’, sementara kertas tisu WC modern diciptakan pada tahun ‘1857’ oleh Joseph Gayyety dari Amerika Serikat.”
  26. Joul Houghton pada tahun 1850 mematenkan sebuah mesin kayu yang memiliki roda yang diputar dengan tangan yang memercikan air ke piring-piring. Itulah mesin cuci piring yang pertama.”
  27. planet Venus diberi nama sesuai dengan nama dewi cinta Romawi, sementara Mars diberi nama sesuai dengan nama dewa perang.”
  28. di puncak gunung api Mauna Kea yang tidak aktif di Hawaii terdapat observatorium astronomi terbesar di dunia dengan teleskop yang dioperasikan oleh para astronom dari 11 negara.”
  29. kilat dapat menyambar bumi dengan listrik berkekuatan hingga 100 juta volt.”
  30. jika matahari berdiameter 1 inci (2,54 cm), maka bintang terdekat akan berjarak 445 mil (sekitar 716 km) jauhnya.”
  31. karena cepatnya peredaran Bumi mengitari Matahari, gerhana Matahari tak mungkin berlangsung lebih dari 7 menit 58 detik.”
  32. Matahari adalah jenis bintang yang paling kecil dan paling dekat dengan Bumi.”
  33. permukaan planet Venus lebih panas dari Merkurius, meskipun jaraknya hampir dua kali lipat lebih jauh dari Matahari. Hal ini dikarenakan atmosfer yang menimbulkan efek rumah kaca.”
  34. di planet Venus, Matahari terbit dari barat, tidak seperti di Bumi dan planet-planet lainnya.”
  35. ketika para astronot Apollo 12 mendarat di Bulan, dampaknya menghasilkan getaran selama 55 menit di permukaannya. Getaran ini tertangkap oleh peralatan laboratorium di Bumi dan menyebabkan para geolog menyimpulkan bahwa permukaan Bulan terdiri dari lapisan-lapisan batu yang rapuh.”
  36. apabila dilihat dari planet Pluto, Matahari tidak akan lebih terang daripada Venus yang tampak di langit Bumi pada malam hari.”
  37. kuasar adalah benda langit yang luar biasa terang. Sebuah kuasar menghasilkan terang seratus kali lebih banyak daripada seluruh galaksi kita dalam ruangan yang tak lebih besar daripada tata surya kita.”
  38. planet Saturnus adalah planet dengan massa jenis terkecil diantara 8 planet di tata surya ini.”
  39. komet Halley akan terlihat dari Bumi setiap 76 tahun sekali. Komet ini telah diamati dan dicatat selama lebih dari 3.000 tahun.”
  40. Messier 13 adalah kumpulan bintang yang paling terang di langit utara. Kumpulan ini ditemukan oleh astronom Inggris, Edmond Halley pada tahun 1714.”
  41. tikus dapat jatuh dari lantai 5 gedung bertingkat tanpa terluka.”
  42. andaikan semua keturunannya hidup, sepasang lalat dapat menghasilkan 190.000.000.000.000.000.000 lalat dalam waktu empat bulan saja.”
  43. serangga paling cepat di dunia adalah capung Australia. Capung ini dapat mencapai kecepatan terbang 57 km/jam.”
  44. auman singa dewasa dapat terdengar sampai 8 km. Suara yang keras ini dimaksudkan untuk memperingatkan lawan atau mengumpulkan kembali kawanannya.”
  45. seekor kutu mampu melompat sejauh 350 kali panjang badannya, atau kira-kira sama dengan seorang manusia melompat sejauh lapangan sepakbola.”
  46. simpanse dapat mengenali dirinya sendiri di cermin, sementara monyet tidak dapat.”
  47. bunglon dapat menggerakkan matanya ke dua arah berbeda pada saat bersamaan.”
  48. satu-satunya mamalia yang tidak bisa melompat adalah gajah.”
  49. buaya yang baru menetas besarnya tiga kali ukuran telur buaya, tempat tinggal sebelumnya.”
  50. bayi jerapah tingginya 1,82 meter pada saat dilahirkan.”
  51. panjang tubuh seekor bayi ikan paus ketika baru dilahirkan adalah 7,62 meter.”
  52. seekor lobster membutuhkan waktu 7 tahun untuk bertumbuh seberat 0,46 kg.”
  53. lumba-lumba melompat dari dalam air untuk menghemat energi. Bergerak di udara memang lebih mudah daripada bergerak di dalam air.”
  54. ikan bukanlah makanan alami kucing. Nenek moyang kucing berasal dari gurun dan di sana ikan tidak mungkin untuk didapat, karena itu makanan kucing adalah tikus, burung dan serangga.”
  55. ular membutuhkan waktu sekitar 50 jam untuk mencerna seekor katak.”
  56. untuk menghasilkan madu sebanyak satu sendok makan, lebah harus mengumpulkan sari bunga dari 2.000 kuntum bunga.”
  57. sebelum berganti kulit, mata ular biasanya tampak suram dan kulitnya pun tampak kusam. Biasanya juga ular menjadi tidak aktif dan tidak mau makan.”
  58. seekor induk kelinci, bila terancam atau ketakutan, dapat meninggalkan, mengabaikan, atau bahkan memakan anak-anaknya.”
  59. coyote adalah binatang yang sangat setia kepada pasangannya. Bila pasangannya tertangkap dalam jebakan, ia akan mengantarkan hasil tangkapannya untuk dimakan pasangannya itu. Ia akan berendam di sungai untuk menolong pasangannya memperoleh air minum dengan menjilati tubuhnya yang basah.”
  60. kuda laut betina meletakkan telur-telurnya di kantung jantannya. Telur-telur itu kemudian dibuahi, mengalami proses inkubasi, dan akhirnya bayi-bayi kuda laut dilahirkan oleh sang ayah.”
  61. katak tidak pernah minum. Mereka menyerap air dari sekitarnya melalui proses osmosis lewat membran di permukaan kulitnya.”
  62. lidah seekor bunglon panjangnya satu setengah kali panjang badannya.”
  63. pola belang pada zebra unik, tidak ada dua zebra yang memiliki pola belang yang sama, sama uniknya dengan sidik jari pada manusia.”
  64. platipus adalah satu-satunya binatang menyusui yang tidak bertelur.”
  65. gajah mempunyai 40.000 otot dan urat di belalainya. Hal ini menjadikannya sangat kuat dan lentur, sehingga gajah dapat memetik bunga yang lembut atau mengangkat balok kayu yang besar.”
  66. di seluruh dunia terdapat lebih dari 150 jenis kuda.”
  67. di Kutub Utara tidak ada penguin. Ke 17 jenis penguin yang ada di dunia hanya dapat ditemukan di bawah garis Khatulistiwa, terutama di Antartika.”
  68. ada sekitar 50 spesies ular laut, dan semuanya berbisa. Ular laut banyak sekali ditemukan di daerah pantai dari Teluk Persia hingga Jepang, sekitar Australia dan Melanesia. Bisa mereka 10 kali lebih mematikan daripada bisa ular kobra, sehingga orang yang digigitnya bisa mati dalam waktu 2,5 jam.”
  69. ada ikatan yang kuat antara induk dan bayi orang utan. Bayi orang utan hampir selalu digendong oleh induknya hingga mereka mencapai usia 1,5 tahun.”
  70. itik hanya bertelur di pagi hari.”
  71. belut muda semuanya berkelamin betina. Dalam perkembangan selanjutnya beberapa ekor akan berubah kelamin menjadi jantan akibat pengaruh lingkungan.”
  72. lumba-lumba dapat mendengar suara yang jauhnya sampai 24 km.”
  73. paus biru, mamalia terbesar, beratnya 50 ton ketika baru dilahirkan. Setelah dewasa, beratnya dapat mencapai 150 ton.”
  74. hiu adalah satu-satunya ikan yang dapat berkedip dengan kedua belah matanya.”
  75. burung hantu besar bertanduk dapat memutar kepalanya 270 derajat.”
  76. cheetah adalah hewan darat yang dapat berlari dengan kecepatan paling tinggi. Ia dapat berlari dengan kecepatan 95 km/jam.”
  77. hembusan ikan paus menghasilkan bau yang sangat kuat? Baunya seperti campuran ikan busuk dan minyak basi. Karena itu, para pelaut percaya bahwa hembusan paus dapat menyebabkan kerusakan otak pada manusia.”
  78. koloni burung terbesar di dunia terdapat di pulau-pulau di lepas pantai Peru. Sepuluh juta burung booby dan kormoran tinggal di sana. Makanan mereka, ikan teri, menghasilkan pupuk terbaik di dunia, guano. Karena nilai kotorannya yang sangat berharga, burung-burung ini mendapat perlindungan khusus dari bangsa Inka.”
  79. ikan mas koki akan memudar warnanya bila diletakkan dalam tempat yang suram cahayanya atau ditempatkan dalam air yang mengalir. Ikan ini akan tetap berwarna keemasan bila diletakkan dalam aquarium dengan cahaya yang cukup.”
  80. orang utan dapat tertawa terbahak-bahak. Para peneliti memaparkan, orang utan merupakan salah satu jenis kera modern karena memiliki rasa empati dan mimik wajah, yang merupakan bagian dari tertawa, mirip seperti manusia.”
  81. burung hantu adalah satu-satunya burung yang menurunkan kelopak mata bagian atasnya untuk berkedip. Burung-burung lainnya mengangkat kelopak mata bagian bawahnya.”
  82. seekor ulat sutra dapat memintal benang sutra hampir 2 kilometer panjangnya.”
  83. sepanjang hidupnya seekor alligator dapat memiliki 2000 hingga 3000 buah gigi.”
  84. seekor gajah dapat menghabiskan sekitar 227 kg rumput dan 227 liter air dalam sehari.”
  85. burung elang dapat menyerang, membunuh, dan membawa mangsanya hingga sebesar rusa muda. Sementara makanan elang Harpy dari Amerika Selatan adalah kera.”
  86. mamalia yang tertinggi adalah jerapah.”
  87. belang pada harimau bukan hanya pada bulunya saja, tetapi juga pada kulitnya.”
  88. kedua sisi otak lumba-lumba bekerja secara terpisah. Selama 8 jam, kedua sisi otak itu sadar. Kemudian sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam. Dengan demikian lumba-lumba bisa tidur selama 8 jam tanpa harus berhenti secara fisik.”
  89. burung albatros meminum air laut. Burung ini mempunyai alat khusus di dalamnya tubuhnya yang dapat memisahkan garam dan kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuhnya.”
  90. hoatzin, burung berwarna hijau zaitun dari Amerika Selatan, mempunyai dua cakar pada masing-masing sayapnya pada waktu masih kecil. Bila diganggu, bayi burung ini menjatuhkan diri ke air, lalu dengan sayap bercakarnya ia akan memanjat kembali ke sarangnya.”
  91. setelah makan, kucing selalu menjilati dirinya sendiri. Ini disebabkan nalurinya mengatakan bahwa ia harus menghilangkan bau makanan dari dirinya, agar pemangsa mereka tidak akan mencium bau makanan itu, dan mencari mereka untuk memakannya.”
  92. kebanyakan burung harus makan sekurang-kurangnya setengah berat badan mereka setiap hari.”
  93. ikan paus kelabu bermigrasi sekitar 20.000 km setiap tahunnya. Ini adalah migrasi terjauh yang dilakukan oleh seekor mamalia.”
  94. bentuk kuda tertua yang masih bertahan hingga sekarang adalah kuda Przewalski atau kuda liar Mongolia. Kuda ini ditemukan oleh Nikolai Przhevalsky di Gurun Gobi pada tahun 1881, seorang jenderal Rusia yang mengadakan ekspedisi ke Mongolia.”
  95. hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah, sementara nyamuk jantan hanya menghisap sari bunga.”
  96. cheetah adalah hewan tercepat di dunia.”
  97. siput menghasilkan cairan lengket tak berwarna yang berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mereka merayap. Cairan ini begitu efektifnya, sehingga riput dapat merayap di ujung silet tanpa terpotong.”
  98. otak udang sangatlah kecil dan terletak di bagian kepalanya.”
  99. burung mengunyah dengan perutnya, karena kebanyakan burung tidak bergigi. Mereka secara teratur menelan kerikil yang berfungsi untuk menggiling makanannya.”
  100. kecepatan rata-rata lalat rumah adalah 7,25 km/jam. Lalat rumah mengepakkan sayapnya sekitar 20.000 kali setiap menitnya.”
  101. ikan guppy memperoleh namanya dari seorang naturalis, R.J.L. Guppy dari Trinidad yang menemukan dan memperkenalkan spesimen ini pada British Museum.”
  102. tanpa tulang belakang seekor gurita dapat melalui lubang yang lebarnya sekitar 5 cm.”
  103. karena panda raksasa sangat besar, sementara bayinya sangat kecil, orang sulit mengetahui apabila seekor panda hamil.”
  104. ular pada umumnya bernapas hanya dengan menggunakan satu paru-paru. Paru-paru kiri biasanya sangat kecil karena tidak berkembang atau tidak ada sama sekali.”
  105. oposum virgiana adalah satu-satunya binatang berkantung asli dari Amerika Utara. Jumlah anaknya dalam sekali melahirkan bisa sampai 22 ekor, tapi maksimal hanya 13 yang hidup. Bayi mereka tinggal dalam kantong induknya selama 60 hari pertama.”
  106. udang mempunyai lebih dari 100 pasang kromosom pada setiap inti selnya. Manusia hanya mempunyai 23 pasang.”
  107. kupu-kupu melakukan penyerbukan dengan cara yang sama seperti lebah. Mereka akan membawa serbuk bunga di kaki mereka yang penuh dengan bulu dan dengan cara itu menghasilkan penyerbukan silang.”
  108. belut listrik yang panjangnya antara 1,5-2 meter mampu menghasilkan listrik hingga 600 volt yang cukup besar untuk mengejutkan seekor kuda.”
  109. buaya mampu bergerak dengan cepat sekali di darat. Bila seseorang dikejar buaya, ia harus lari berkelok-kelok, karena buaya sulit sekali melakukan perubahan arah dengan tiba-tiba.”
  110. kucing mempunyai daya pendengaran yang luar biasa. Telinga kucing mempunyai 30 otot yang mengendalikan bagian luar telinganya, sedangkan manusia hanya mempunyai 6 otot. Otot-otot ini dapat berputar 180 derajat, sehingga ia dapat mendengar dari segala arah tanpa harus menggerakkan kepalanya.”
  111. ketika tidur musim dingin, seekor marmut tanah bernapas hanya 10 kali dalam satu jam, sementara ketika aktif, napasnya 2100 kali dalam satu jam.”
  112. kecoa mempunyai ketahanan tubuh yang luar biasa. Bila kepalanya disingkirkan dari tubuhnya dengan hati-hati sehingga tidak berdarah, kecoa masih dapat bertahan hidup selama beberapa minggu, dan mati hanya karena kelaparan.”
  113. sapi akan lebih banyak menghasilkan susu jika mereka mendengarkan musik.”
  114. kecuali jenis burung-burung tertentu, burung pada umumnya tidak berkicau jika mereka berada di tanah. Mereka akan berkicau ketika terbang atau berdiri di sebuah benda di atas tanah.”
  115. unta dapat membawa beban antara 227-454 kg. Mereka dapat berjalan dengan kecepatan 3-5 km/jam, selama 6-7 jam perharinya.”
  116. unta akan menolak membawa beban yang diletakkan tidak seimbang.”
  117. unta Baktrian adalah satu-satunya mamalia darat di bumi yang dapat minum air bergaram.”
  118. ada ribuan jenis udang di dunia, namun kebanyakan sangat kecil ukurannya sehingga mereka menjadi makanan ikan paus. Di antara ribuan jenis udang itu hanya beberapa ratus jenis udang saja yang dimakan manusia.”
  119. sampai saat ini sudah lebih dari 2 juta jenis binatang yang terdaftar di dunia, separuh lebih adalah jenis serangga.”
  120. mata burung unta lebih besar daripada otaknya.”
  121. gajah mempunyai gading yang terus tumbuh sepanjang hidupnya, dan beratnya dapat mencapai lebih dari 100 kg. Hanya gajah jantan Asia yang memiliki gading, sementara gajah betina Afrika juga mempunyai gading.”
  122. nyamuk adalah serangga yang sangat tangguh, nyamuk dapat ditemukan di hutan-hutan tropis dan di daerah yang paling dingin seperti bagian utara Kanada dan Siberia, bahkan juga di Kutub Utara.”
  123. marmut tanah hidup sebagian besar di bawah tanah. Mereka menggali lubang tempat tinggalnya dengan beberapa pintu masuk. Masing-masing lubang terhubungkan dengan lorong utama dan sarang tempat mereka tidur selama musim dingin.”
  124. belalang hanya mampu melompat pada temperatur minimum 16,7 derajat celcius”
  125. bila diserang, teripang akan mengeluarkan benang-benang berperakat dari anusnya yang akan menjebak lawannya.”
  126. unta dapat kehilangan hingga 30% dari berat tubuhnya karena keluarnya keringat, dan tetap berjalan melintasi padang pasir. Manusia akan mati setelah 12% dari berat tubuhnya hilang dalam bentuk keringat.”
  127. king cobra adalah ular berbisa terbesar yang panjangnya dapat mencapai lebih dari 5,5 meter. Gigitan ular ìni dapat membunuh seekor gajah dalam waktu 4 jam.”
  128. apalka dicukur bulunya hanya 2 tahun sekali, dan setiap kali cukur hanya menghasilkan 3 kg wol. Karena wol apalka sangat digemari, sementara hasil cukurannya sedikit sekali, harganya pun sangat mahal.”
  129. kupu-kupu tak dapat terbang apabila temperatur tubuhnya kurang dari 30 derajat celcius.”
  130. perut ular terletak pada seperlima bagian depan dari tubuhnya.”
  131. lebih dari 95% tubuh ubur-ubur terdiri dari air. Ubur-ubur tidak mempunyai otak, jantung, tulang ataupun mata.”
  132. bulu merak jantan mencapai kesempurnaannya ketika berusia 3 tahun, namun sebelum itu ia sudah dapat berbiak.”
  133. capung dapat terbang dengan kecepatan 40 km/jam.”
  134. tikus dapat bertahan hidup tanpa air lebih lama dari unta.”
  135. iguana dapat bertahan di dalam air selama 28 menit.”
  136. kelelawar coklat kecil dapat menangkap 1.200 nyamuk dalam waktu 1 jam saja.”
  137. burung pelatuk dapat mematuk 20 kali dalam 1 detik.”
  138. penguin adalah satu-satunya burung yang dapat berjalan tegak.”
  139. jenis-jenis katak tertentu dapat dibekukan hingga keras, kemudian dibiarkan kembali ke suhu ruangan dan tetap hidup.”

2 Responses

  1. […] Tahukah Anda?? « True Islam In The Air!!! – True Islam In The Air!!! […]

  2. hmmm ada yang aneh, di hack yah?


    Sent on a phone using T9space.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: