Ajaran Islam Tentang Kematian

Dear 1500 …

Anda bisa tehe dari mana bahwa Muhammad tidak (belum) masuk Surga? Perkataan Anda bahwa Muhammad tidak / belum masuk Surga, hanya klaim Anda saja kan? Apakah Anda belum membaca / visit artikel saya yang url nya sudah saya provide di page ini? Bersalawat kepada Muhammad Saw bukan berarti mendoakan Muhammad supaya Muhammad Saw bisa masuk Surga …. Selengkapnya, baca lagi di artikel / blog saya.

Pernyataan Anda,

>>karena sesungguh orang mati adalah orang mati dan tak perlu diungkit-ungkit lagi, seperti org kristen yg mengalami pembaharuan dalam “roh” maka…. Orang yg mati hanya didoakan satu KALI saja, dan tidak usah didoakan berulang-ulang kali karena akan menimbulkan PEMUJAAN terhadap orang mati tersebut,

dan orang mati itu sudah menjadi tanggung jawab TUHAN, karena manusia hidup dari “tanah” dan akhirnya kembali kepada “tanah”

jadi… Tidak baik kamu mendoakan orang tuamu bahkan sanak saudaramu yg sudah mati bahkan nabimu yg sudah mati tersebut, dengan membaca al-quran didepan kuburan mereka, dengan harapan dengan doa-doa mu, maka orang yg kamu doakan agar selamat = anehkan,

 

wah kalau itu kan bahwa masalah kepercayaan, coy! Jadi Anda ga usah berkomentar yang amat kepercayaan-sentris begitu.

Sebagai analogi saja:

Orang Indonesia makan nasi. Dan orang Barat makan roti. Kita yang orang Indonesia menghina orang Barat karena mereka makan roti. Pun orang Barat menghina orang Indonesia karena makan nasi. Pertanyaan saya adalah, buat apa saling menghina, antara orang Barat dan orang Indonesia? Kalau orang Barat itu terlahir sebagai orang Indonesia, pasti mereka akan makan nasi kok. Dan kalau orang Indonesia terlahir sebagai orang Barat, toh mereka akan makan roti. So, buat apa diperdebatkan?

Maksudnya, masalah mendoakan orang yang sudah wafat ini, untuk diperbandingkan dengan kepercayaan Kristen (yang tidak mengajarkan demikian), maka tidak akan ada titik temu nya boy! Buat apa?? Jatoh2nya paling saling menunjukkan subjektivisme masing-masing!!

Yang perlu diperdebatkan adalah, hanya masalah seputar / perbandingan teologi masing-masing agama, sejarah agama agama tersebut, kualitas penulisan ulang kitab sucinya, dan lain lain.

Anda bilang,

aku katakan jika hanya melakukan ritual tebar bunga di kuburan itu lebih baik seperti ritual agama hindu? tapi jangan ucapkan kata ataupun berharap apapun terhadap kuburan / orang mati tersebut, karena kamu seperti halnya memuja orang yang sudah mati tersebut,

 

Sedih sekali Anda tidak memahami mengapa kaum Muslim melakukan tabur bunga di kubur kerabat mereka. Walau saya sadar bahwa penjelasan saya ini tidak ada gunanya untuk diperdebatkan, namun ada baiknya Anda memahami satu keagungan Islam.

Bunga adalah mahluk yang mengandung air. Selama bunga itu masih basah (artinya, mengandung air) maka selama itu juga sang bunga akan terus memanjatkan doa ampunan kepada Allah Swt bagi sang jenazah. Oleh karena itu, sebenarnya bukan bunga saja yang dapat ‘dihadiahkan’ ke atas makam seseorang. Dapat juga berupa pelepah kurma yang belum kering, menyiramkan air itu sendiri … itulah sebabnya, banyak kaum Muslim yang menanamkan bunga-bunga (supaya tumbuh) di atas makam. Karena dengan terus  tumbuhnya bunga tersebut, maka selama itu bunga itu akan terus mengandung air. Dan selama bunga itu mengandung air, maka selama itu sang bunga akan terus memanjatkan doa ampunan kepada Allah Swt bagi sang jenazah.

Kemudian, kaum Muslim dengan tegas-tegas DILARANG untuk memuja orang yang sudah mati. Hubungan manusia yang masih hidup dengan orang yang sudah mati hanya terletak pada permohonan doa ampunan kepada Allah Swt atas mereka yang sudah wafat. Kalau memuja hanya sekedarnya saja, itu lumrah dan fitrah. Peradaban / bangsa mana sieh yang tidak memuliakan pahlawan-pahlawan mereka yang sudah wafat? Memang nya umat Kristen tidak pernah memuja pahlawan pahlawan mereka yang sudah wafat?

Namun yang jelas, Muslim DILARANG datang ke makam untuk meminta berkat dan meminta restu / petunjuk kepada sang jenazah. Itu namanya SYIRIK!!

Membaca-baca ayat / Alquran di kubur pun juga terlarang di dalam Islam. Anda harus tahu itu mulai dari sekarang. Memang, para ulama pun menyadari banyak sekali praktek keislaman yang berkembang di akar rumput umat yang menyalahi ajaran Islam itu sendiri. Saya sendiri pernah melihat keluarga-keluarga mendatangi makam anggota mereka dengan membawa kitab Yasin. Dan di makam itu mereka membacakan surah Yasin (plus surah Fatihah) untuk sang jenazah. Itu salah! Islam tidak pernah mengajarkan demikian.

Tujuan Islam mengajarkan umat manusia berziarah kubur bukan lah untuk membacakan doa kubur di sana, atau membaca ayat Alquran di sana. Namun tujuan Islam yang sebenarnya adalah SUPAYA MANUSIA YANG MASIH HIDUP INGAT AKAN MATI. Itu saja. Hanya kemudian saja telah terjadi pergeseran atau penyelewengan. Saya harap Anda pun bisa membedakan mana yang merupakan ajaras Islam dan mana yang merupakan produk penyelewengan…

Harap Anda catat, berkenaan dengan hal ini, Muhammad Saw pernah bersabda,

Agama itu adalah nasihat. Dan sebaik-baik nasihat adalah MATI.

 

Artinya apa?

Artinya adalah, bahwa ada baiknya manusia yang hidup melakukan ziarah ke kubur supaya mereka ingat akan MATI. Itu saja.

Kebalikannya, Islam menganjurkan / mengajarkan, bahwa sebaiknya keluarga keluarga TIDAK PERLU  mendatangi makam kerabat mereka kalau ingin mendoakan sang jenazah. Cukup dengan mendoakan sang jenazah dari rumah mereka saja…. Sehingga, kalau pun mereka akan ke makam juga, maka pastikan tujuan nya hanya untuk ingat akan mati.

Faham?

24 Responses

  1. klo bca fatgah or yasin kat kober tu salah bisa ksi tau tak mana hadits yg menjelaskannya

  2. Yang jelas, setahu saya tidak ada alhadis yg menjelaskan larangan membaca fatihan atau yasin di makam. namun yg jelas, Muhammad TIDAK PERNAH mempraktekkan yg demikian. Kalau Muhammad tidak pernah mempraktekan SESUATU, MAKA SESUATU ITU ADL SALAH kalau dipraktekkan umat muslim.

    Membaca alquran (spt Yassin ato Alfatihan dll) dapat kita lakukan di mana saja. itu pasti. tapi kalau kita membacanya di makam dg tujuan utk mendoakan atau sebagai hadiah bagi sang jenazah, wah itu salah! karena yg jelas, SEBAIKNYA kita melakukannya di rumah saja.

    ingat! kita ke makam bukan dg tujuan utk mendoakan sang jenazah (apalagi baca2 alquran di sana). tujuan kaum muslim ke makam adl utk INGAT AKAN MATI, krn demikianlah ajaran sang rasul.

  3. kira2 yg masuk sorga itu islam dari aliran mana.karena banyak aliran jadi bingung milihnya ,:

    • islam yg aliran mana??

      wah ngepain juga kita mikirin aliran mana2??

      yg penting, apakah kita sudah melakukan 5 rukun islam dan 6 rukun iman. gitu broo…

  4. nieh dah saya apus, on your request…

  5. TULISANKU YANG DIATAS INI no.4 TOLONG DIHAPUS DAN GANTI DENGAN TULISANKU YANG INI OKE BRO?

    hahaha tulisanku dimuat disini ternyata, baru tau,

    andai kamu berpedoman demikian, bahwa tidak boleh mendoakan orang mati untuk kedua kalinya ataupun seterusnya,
    kenapa kamu tidak bilang kesemua muslim maupun muslimah yang ada ditanah JAWA ini…. Bahwa hal yang seperti itu tidak boleh menurut kamu?

    Semua islam melakukan doa doa ritual dengan tujuan untuk mendapat berkah, dengan tujuan agar orang yang didoakan masuk surga,
    bahkan…… Itu dilakukan di makam-makam orang penting, seperti dimakam sunan kali jogo, di makam sunan ampel, dimakam kyai mustofa bahkan di makam kyai sabun, dengan tujuan untuk mendapat berkah dari kuburan atau orang mati tersebut,

    jadi kenapa kamu tidak melarang mereka semuanya, kenapa praktek ZIARAH terus dilangsungkan sampai sekarang, hayoh kamu?


    Sent on a phone using T9space.com

    • engga usah khawatir bro!

      sudah banyak ulama (khsusunya ulama kharismatik) yg melarang praktek menziarahi makam org2 penting (spt dalam hal penyebaran islam mula2) utk mendapatkan berkah dari penziarahan tsb.

      gampang nya aja….:

      1. adakah ulama2 (kharismatik) yg mengajarkan apalagi memerintahkan kaum muslim utk berziarah ke makam2 utk memperoleh berkah?

      2. tunjukkan alhadis mau pun alquran yg menunjukkan bhw islam mengajarkan umatnya utk mendatangi makam utk mendapatkan berkah atau petunjuk.

      yg ada mah, malah para ulama2 itu melarang praktek spt itu, krn itu adl perbuatan syirik.

      di lain pihak, banyaknya umat muslim (khsususnya di tanah jawa) yg menziarahi makam kramat utk dapat berkah atau petunjuk, adl bentuk dari pengaruh hindu buddha di tanah jawa, bukan dari ajaran / kebajikan islam itu sendiri.

      pun kita harus melihat, para ulama2 kharismatik itu pun juga TIDAK BERHAK (daN TIdak berkuasa) utk melarang kelompok umat yg menziarahi makam kramat itu utk tujuan2 yg engkar, krn para ulama tsb bisa nya hanya memberi peringatan dan pengajaran bhw hal itu adl syirik.

      akhir kata, kita harus bisa membedakan, mana yg ajaran islam (yg benar2 dari rasulullah Muhammad saw) dan mana yg merupakan kesesatan atau bidah. jangan dicampur-adukkan antara satu dg yg lainnya.

      anda tulis,
      Semua islam melakukan doa doa ritual dengan tujuan untuk mendapat berkah, dengan tujuan agar orang yang didoakan masuk surga…

      saya jawab,
      statement pertama, jelas salah. doa2 ritual yg bertujuan utk mdpt berkah dari jenazah, TIDAK ADA dasarnya dlm islam. oleh karena itu, hal demikian adl SZESZAT.

      statement kedua, benar! doa ritual dipanjatkan agar jenazah masuk surga. itu memang benar. itu memang ada dasarnya dlm islam. tapi spt yg sudah saya jelaskan sebelumnya, mendoakan nya itu SEBAIKNYA tidak dilakukan di makam ybs. doa tsb bisa dipanjatkan di rumah, ato di bus, di kantor dll. ke makam hanya utk mengingat akan mati, bhw kita akan menyusul, spy kita introspeksi.

      anda tulis,
      andai kamu berpedoman demikian, bahwa tidak boleh mendoakan orang mati untuk kedua kalinya ataupun seterusnya

      saya jawab,
      anda salah. islam bahkan mengajarkan umat manusia utk sll mendoakan org mati utk seterusnya. jangan hanya sampai pertama kali dan kedua kali. yg tidak diperbolehkan adl kalo ada org yg berfikir bhw mendoakan jenazah itu harus datang ke makamnya. ini sudah sangat formal dlm islam.

      wallahu alam bishawab.

  6. Mungkin aliran Islam Muhammadiyah(IM), karena kalo aliran Nahdatlul Ulama(NU) itu markas besarnya disurabaya, tapi ya itu mereka melakukan ritual doa pada tiap kuburan orang tuanya, bahkan yang aneh mereka juga meminta berkah dari kuburan2 leluhur seperti sunan kali jogo, sunan ampel, ?

    Nah kalo kamu koment “statement kedua, benar doa ritual dipanjatkan agar jenazah masuk surga?”
    =loh kok aneh, orang yang mati kan tetep mati, dan Tuhan sendiri yg dpt menilai antara orang itu berkenan dihadapannya atau tidak?

    Kenapa harus didoakan masuk surga,? Seolah2 doamu ini akan meningkatkan iman orang mati tersebut dan dapat berkenan dihadapan-Nya,?


    Sent on a phone using T9space.com

    • ya, Muhammadiyah mengajarkan (apa yg diajarkan Muhammadsaw) bhw mendatangi makam utk minta berkah ato petunjuk adl haram krn itu adl syirik.

      ya, NU memang (masih) menganut faham abangan, alias sinkretisme dg hindu – buddha (source http://id.wikipedia.org/wiki/Abangan). itulah sebabnya byk sekali praktek keislama di tanah jawa yg masih suka nyeleneh spt jalan2 ke makam ituuuuuu …

      abangan jangan ditiru. tirulah santrian. islam yg murni.

      NU masih mempertahankan tradisi sesat itu, spt mina berkah dari kuburan2 para sunan dll. Islam tidak mengajarkan hal itu. bahkan itu adl haram!

      anda tulis,
      Nah kalo kamu koment “statement kedua, benar doa ritual dipanjatkan agar jenazah masuk surga?”
      =loh kok aneh, orang yang mati kan tetep mati, dan Tuhan sendiri yg dpt menilai antara orang itu berkenan dihadapannya atau tidak?

      Kenapa harus didoakan masuk surga,? Seolah2 doamu ini akan meningkatkan iman orang mati tersebut dan dapat berkenan dihadapan-Nya,

      saya jawab.
      Pertama.
      di artikel ini sudah saya jelaskan, (ini saya copas ke sini)
      >>>
      wah kalau itu kan bahwa masalah kepercayaan, coy! Jadi Anda ga usah berkomentar yang amat kepercayaan-sentris begitu.

      Sebagai analogi saja:

      Orang Indonesia makan nasi. Dan orang Barat makan roti. Kita yang orang Indonesia menghina orang Barat karena mereka makan roti. Pun orang Barat menghina orang Indonesia karena makan nasi. Pertanyaan saya adalah, buat apa saling menghina, antara orang Barat dan orang Indonesia? Kalau orang Barat itu terlahir sebagai orang Indonesia, pasti mereka akan makan nasi kok. Dan kalau orang Indonesia terlahir sebagai orang Barat, toh mereka akan makan roti. So, buat apa diperdebatkan?

      Maksudnya, masalah mendoakan orang yang sudah wafat ini, untuk diperbandingkan dengan kepercayaan Kristen (yang tidak mengajarkan demikian), maka tidak akan ada titik temu nya boy! Buat apa?? Jatoh2nya paling saling menunjukkan subjektivisme masing-masing!!

      Yang perlu diperdebatkan adalah, hanya masalah seputar / perbandingan teologi masing-masing agama, sejarah agama agama tersebut, kualitas penulisan ulang kitab sucinya, dan lain lain
      <<<

      intinya, buat apa anda yg non muslim 'meributkan' kepercayaan muslim yg suka mendoakan saudara mrk yg sudah wafat?? kepercayaan org itu beda2, kan??

      Kedua.
      ya okelah kita bahas aja, walau dasar pengajaran ini tidak ada dlm agama anda (karosetan).

      mendoakan org yg sudah wafat spy masuk surga, maksudnya, spy dosa org yg sudah wafat itu dihapus BERKAT / karena doa dan permintaan dari kita yg masih hidup. mendoakan org yg sudah wafat TIDAK BERARTI spy yg sudah wafat itu semakin meningkat iman nya. anda keliru.

      jadinya, mendoakan org yg sudah wafat itu, tujuannya hanya utk kebaikan bg yang wafat:
      a. spy dosa sang jenazah dihapus.
      b. spy pahala sang jenazah dilipatgandakan.

      shg a + b ini semoga dapat membawa si jenazah masuk surga .. Amin!!

      jadi bukan spy iman sang jenazah meningkat.

      dan masalah iman nya sang jenazah ini, makanya islam mengajarkan bhw kaum muslim HANYA BERHAK utk mendoakan saudara mrk yg wafat SELAMA MRK SEIMAN alias sesama muslim….

      anda tulis,
      kok aneh, org yang mati kan tetep mati …

      saya jawab,
      ember!!! mati ya tetep aja mati. doa ga akan membuat yg mati jadi idup lagi. islam tidak mengajarkan bhw doa akan dapat membuat yang mati dapat hidup.

      tapi islam mengajarkan, kesalehan kita dapat kita gunakan utk mendoakan sudara kita yg sudah wafat spy tuhan menghapus dosa dan melipatgandakan pahalanya.

      gitu yoooooooooooooo….

  7. Kamu bilang :
    a. Spy dosa sang jenazah dihapus,
    b. Spy pahala sang jenazah dilihat gandakan,

    Jadi menurut kamu, bahwa DOA MU dapat menghapus dosa orang mati tersebut,
    jadi menurut kamuuu.. Bahwa doamu dapat melipat gandakan pahala orang mati tersebut,

    WUAH… Hebat sekali kamu, jadi kenapa kamu tidak mendoakan semua orang-orang mati yg ada di indonesia ini, agar dosa mereka semua, orang yang mati tersebut dihapuskan karena doamu?,

    agar pahala tiap-tiap orang kamu doakan dapat dilipat gandakan, sehingga semua orang yang kamu doakan masuk surga,

    jadi kalo begitu kamu lebih hebat dari pada nabi,
    karena tak ada satupun nabi yang bisa seperti kamu?


    Sent on a phone using T9space.com

    • anda tulis,
      Kamu bilang :
      a. Spy dosa sang jenazah dihapus,
      b. Spy pahala sang jenazah dilihat gandakan,

      Jadi menurut kamu, bahwa DOA MU dapat ……

      saya jawab,
      bukan saya BILANG. tapi islam lah yg mengajarkan demikian. bukan MENURUT KAMU. tapi MENURUT ISLAM…..

      anda tulis,
      WUAH… Hebat sekali kamu, jadi kenapa kamu tidak mendoakan semua orang-orang mati yg ada di indonesia ini, agar dosa mereka semua, orang yang mati tersebut dihapuskan karena doamu?,

      saya jawab,
      yak! benar sekali.
      banyak sekali para ulama yg ketika memimpin doa untuk ribuan muslim pada acara-acara besar, mendoakan agar Allah tidak saja mengampuni saudara-saudara yang dekat yg sudah wafat, tetapi juga mohon ampun kepada semua muslim seluruh dunia. itu memang ada dasarnya dlm alhadis.

      saya, teman saya, anda juga (kalau anda jadi muslim / mualaf), juga diajarkan utk RELA / SUDI utk mendoakan saudara2 muslim kita yg wafat, bahkan diajarakan utk mendoakan semua muslim yg ada di dunia ini, baik yg masih hidup atau sudah wafat.

      efek dari mendoakan itu, yg paling dicari adl, krn dg mendoakan itu, maka yg mendoakan akan mendapat pahala dari Alah swt krn telah bersedia / sudi mendoakan suadara muslim nya. itu berarti promosi kasih sayang dan saling memaafkan, antara yg masih hidup dg kepada yg sudah wafat.

      tapi harus diingat.
      doa minta ampun kpd jenazah, sesampainya kpd jenazah itu sendiri, TIDAK BERDIRI SENDIRI.

      artinya, jika jenazah itu BANYAK DOSA nya, maka belum tentu si jenazah dapat tertolong krn doa tsb. kalo dikurangi, mungkin.

      pun, yg mendoakan itu, Allah lihat dulu. apakah yg mendoakan itu org saleh ato tidak? kalo org saleh, maka doa nya (yaitu doa spy sdr nya diampuni di alam kubur) akan diterima. tapi kalo orgnya SALAH (tidak saleh) mk pasti doanya tertolak.

      hal ini mendorong byk muslim yg hidup utk MEMPERSALEH hidupnya, agar dg demikian maka pasti doa nya kpd saudaranya dikabulkan Allah.

      anda tulis,

      jadi kalo begitu kamu lebih hebat dari pada nabi,
      karena tak ada satupun nabi yang bisa seperti kamu?

      saya jawab,

      tidak! muslim yg mendoakan muslim lain yg sudah wafat, bahkan semua muslim di dunia ini yg sudah wafat, tidak akan jadi lebih hebat dari nabi mana pun. justru para nabi itu sendiri yg mengajarkan agar setiap muslim mendoakan saudara seiman mrk yg sudah wafat spy diampuni Allah di alam kubur, dan pahalanya dilipatgandakan.

      kristen pun mengajarkan hal yang sama. mengapa anda mengejek islam yg ajaranannya sama dg ajaran agama anda sendiri?? anda kristen kan??

      baca di sini.

      https://islamthis.wordpress.com/2010/12/17/karosetan-juga-mengajarkan-mendoakan-orang-wafat/

  8. ikut nimbrung brow..sudah putus amalan yg mati dengan yg masih hidup,,kecuali mereka mempertanggungjawabkan amalanya masing2,,setiap orang hidup tidak akan mempengaruhi dg doanya bahwa yg mati akan di ampuni dosanya,,islam sudah jelas2 mengajarkan,,setiap orang akan mempertanggungjawabkan perbuatannya masing2 ketika kita di dunia,

    • la iya laaa semua org yg sudah wafat akan mempertanggungjawabkan perbuatannya sendiri.

      tapi umat yg masih hidup dapat ‘MENOLONG’ saudaranya yg sudah wafat spy dosanya dikurangi, ato pahalanya dilipatgandakan.

      anda muslim ya?? kok engga ngertii bhw islam menganjurkan umatnya utk mendoakan saudara muslimnya yg sudha wafat??

  9. oke besok pagi aq baca link itu, tapi kalau kamu(muslim) mendoakan orang yang mati agar dosa-dosa diampuni, ini seperti halnya umat hindu, mereka juga sama mendoakan para leluhur atau kerabat dekat mereka yang mati,
    jadi menurut kamu mana yang lebih benar antara menganut islam atau menganut hindu,
    karena dari kedua agama tersebut juga berkelakuan sama yaitu mendoakan orang mati agar dosa-dosanya diampuni oleh Tuhan.


    Sent on a phone using T9space.com

  10. salah, wisnu itu dewa bumi, brahma itu dewa bulan, siwa itu dewa matahari,

    sedangkan kamu pemuja hajar aswad, batu di di panggil allah swt, hahaha koplak…😀,

    nabi pembunuh kok dibilang suci, hahaha , padahal suci = tidak berdosa, tidak membunuh, tidak mencuri, tidak polygamy, tidak kawin dengan anak kecil, tidak memuja hajar aswad


    Sent on a phone using T9space.com

    • ini cth umat karosetan kl udah OOoot ya begini komennya

    • Dasar goblok. Tuhan kami jelas ada satu dan bukan batu, karena Tuhan kami Maha Hidup dan Maha Gaib. Bagaimana dengan Yesus, Tuhan kok mati, Tuhan kok mengutuk pohon yang tidak bersalah, Tuhan kok berdoa. Ngaku satu Tuhan tapi ada tiga. 100% manusia 100% tuhan. Ajaran sesat penuh rekayasa. Lho, tuhan kalian kan katanya bunuh anakNya sendiri padahal anakNya tidak bersalah hahaha… sedangkan nabi Muhammad berperang dengan setan berwujud manusia. Bagaimana dengan Paulus ? Yang jelas2 pembunuh kaum tidak berdosa, perampok, penipu, gila pujian dll. Goblok, goblok.

  11. He3,t9,kalau yesuskan punya penis dan bokong..nah,kencing dan bab yesus membawa berkah gak?.kalau ada,di ngalap berkahnya gak?terus ditaruh di museum benda2 keramat vatikan,ya khan,ngaku??kalau tak ngaku dipentung yesus kowe..tuhan kok punya penis sama bokong??ha3 koplak…musa pembunuh=kotor=ya udah,konsukwen donk,buang taurat kitab orang kotor.abraham,daud,solom,gideon,yakub,dst poligami.nah,mereka kotor donk?..ya udah,akui aja di gerejamu,yesus keturunan orang kotor.

  12. Surga menurut Islam untuk Muslim :

    NGENTOT SAMA 72 PERAWAN

    Tapi anehnya si Muhammad SAW tidak mengatakan bagaimana rupa surga untuk Muslimah.

    Islam ternyata adalah agama sesat ciptaan Nabi Fedofil gila sex.

    LOL
    ============

    Islamthis,
    yg pedofil itu jesus, bro.

    wanita saleh di dalam surga, baca di sini,
    https://islamthis.wordpress.com/2011/08/22/adakah-wanita-saleh-dalam-surga/

  13. “”Demikian maka kita mengetahui bahwa Bunda Maria duduk di sebelah kanan Kristus, sedangkan yang duduk di sebelah kiri Kristus adalah Allah Bapa, karena Yesus sendiri mengatakannya, bahwa Ia duduk di sebelah kanan Allah Bapa (lih. Mat 26:63-64).
    Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
    Ingrid Listiati- katolisitas.org””

    Yesus sudah mati dan bangkit di hari ke tiga, terus naik ke sorga duduk di samping Bapanya(Yahwe)..!!!

    Pertanyaannya, ketika karosetan berdoa tuhan yang mana yang terima doanya karosetan…????,

    bapa Yesus(Yahwe)..???

    atau

    anak Yahwe(Yesus)..???

    atau

    ibunya Yesus(istri Yahwe)..???

  14. MAKANYA KALO UDAH GA NGERTI JANGAN MACEM2 DEH, MAU PAKE BAHAS2 DAN KUPAS ALKITAB SEGALA, NGAWUR LOE PADA OCEHAN ELOE. JAUH DARI KEBENARAN, CUMA DITULIS PAKE JIDAT DOANG GA PAKE OTAK. UDAH KALIAN ORANG MUSLIM YANG PADA “OON” DAN PADA BINGUNGAN (SEBAB ADA JUGA ORANG2 MUSLIM YANG CERDAS DAN BERHIKMAT GA SPERTI ORANG2 MUSLIM YANG ADA DI BLOG INI ) BELAJAR DULU DEH JADI MANUSIA YANG BERAKHLAK BAIK2 KEPADA SESAMANYA, BUKAN YANG SENANGNYA MENCEMOOH, MENGHINA DOANG TAPI GA BISA NGAPA2IN!!!!
    ==========

    Islamthis,
    Islamthis,
    blog ini tidak menghina agama lain. blog ini hanya ingin mengungkapkan fakta.

    apakah kita tidak boleh mengungkapkan fakta?

    dan apakah kita harus bersembinyi dari fakta??

    mudah2an dg fakta ini bnyak manusia yg insaf dari kesesatan karosetan. amin.

    trima kasih.

  15. bagi islam , kematian adalah teman dekat
    makanya muslim muslim jihadis banyak yang melakukan bom bunuh diri
    ===========

    Islamthis,
    bagi kristen, kematian adl jaminan masuk surga jesus.
    makanya kristen2 semasa hidup banyak yg ngentot bebas gratis ein buka2 aurat hahahahahahaaa ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: