Bagaimana Trinitas Dijelaskan ?

GEREJA Katolik Roma berkata: “Tritunggal adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan doktrin utama agama Kristen…Jadi, dalam kata-kata Kredo Athanasia: ‘sang Bapa adalah Allah, sang Anak adalah Allah, dan Roh Kudus adalah Allah, namun tidak ada tiga Allah melainkan satu Allah.’ Dalam Tritunggal ini… Pribadi-Pribadinya sama kekal dan setara: semuanya tidak diciptakan dan mahakuasa.”-The Catholic Encyclopedia.

Hampir semua gereja lain dalam Susunan Kristen menyetujuinya. Misalnya, Gereja Ortodoks Yunani juga menyebut Tritunggal “doktrin dasar dari Kekristenan,” bahkan mengatakan: “Orang Kristen adalah orang-orang yang menerima Kristus sebagai Allah.”

Dalam buku Our Orthodox Christian Faith, gereja yang sama berkata: “Allah adalah suatu kesatuan tiga serangkai… Sang Bapa adalah Allah sepenuhnya. Sang Anak adalah Allah sepenuhnya. Roh Kudus adalah Allah sepenuhnya.”

Jadi, Tritunggal dianggap sebagai “satu Allah dalam tiga Pribadi.” Masing-masing dikatakan tidak mempunyai permulaan, ada dari kekal sampai kekal. Masing-masing dikatakan mahakuasa, dan masing-masing tidak lebih besar atau lebih kecil daripada yang lainnya.

Apakah gagasan demikian sukar dimengerti? Banyak orang beriman yang tulus merasa hal itu membingungkan, bertentangan dengan akal sehat, benar-benar sulit dipahami.

Bagaimana mungkin, sang Bapa adalah Allah, Yesus adalah Allah, dan roh kudus adalah Allah, namun tidak ada tiga Allah melainkan hanya satu Allah?

“Di Luar Jangkauan Akal Manusia”

 

KEBINGUNGAN ini tersebar luas. The Encyclopedia Americana mengatakan bahwa Tritunggal dianggap “di luar jangkauan akal manusia.”

Banyak orang yang menerima Tritunggal menganggapnya demikian. Monsignor Eugene Clark berkata: “Allah itu satu, dan Allah itu tiga. Karena tidak ada ciptaan yang seperti ini, kita tidak dapat mengertinya, tetapi menerimanya saja.”

Kardinal John O’Connor berkata: “Kami tahu ini suatu misteri yang sangat dalam, yang sama sekali tidak kita mengerti.” Dan Paus Yohanes Paulus II berkata mengenai “misteri yang tidak dapat dimengerti tentang Allah Tritunggal.” Jadi, A Dictionary of Religious Knowledge berkata: “Tepatnya apa doktrin itu, atau bagaimana hal itu harus dijelaskan, para penganut Tritunggal pun tidak mencapai kata sepakat di antara mereka sendiri.”

Maka, kita dapat mengerti mengapa New Catholic Encyclopedia berkata: “Hanya sedikit diantara guru-guru teologi Tritunggal di seminari-seminari Katolik Roma yang pada suatu waktu tidak dipojokkan oleh pertanyaan, ‘Tetapi bagaimana kita akan berkhotbah tentang Tritunggal?’ Dan jika pertanyaan itu merupakan gejala kebingungan di pihak para siswa, kemungkinan hal itu juga merupakan gejala kebingungan yang serupa di pihak guru-guru mereka.”

Kebenaran dari pernyataan di atas dapat dibuktikan dengan mengunjungi suatu perpustakaan dan memeriksa buku-buku yang mendukung Tritunggal. Tak terhitung banyaknya halaman yang ditulis dalam upaya untuk menjelaskannya. Namun, setelah bersusah payah memeriksa istilah-istilah teologi yang membingungkan dan penjelasannya, para peneliti masih tetap tidak puas.

Mengenai ini, imam Yesuit Joseph Bracken mengatakan dalam bukunya What Are They Saying About the Trinity?: “Para imam yang dengan cukup banyak upaya telah mempelajari…

Tritunggal selama tahun-tahun mereka di seminari tentu saja ragu-ragu untuk menyampaikannya kepada jemaah mereka dari mimbar, bahkan pada hari Minggu. Tritunggal… Untuk apa seseorang akan membuat umatnya bosan dengan sesuatu yang pada akhirnya pun tidak akan mereka mengerti dengan benar?”

Ia juga berkata: “Tritunggal adalah soal kepercayaan formal, namun hal itu hanya sedikit atau tidak [berpengaruh] dalam kehidupan dan ibadat Kristen sehari-hari.” Meskipun demikian, ini adalah “doktrin utama” dari gereja-gereja!

Teolog Katolik Hans Kung menyatakan dalam bukunya Christianity and the World Religions bahwa Tritunggal merupakan satu alasan mengapa gereja-gereja tidak berhasil membuat kemajuan yang berarti di kalangan orang bukan Kristen. Ia berkata: “Bahkan orang Muslim yang terpelajar, sama sekali tidak dapat mengerti, sebagaimana juga orang-orang Yahudi sebegitu jauh tidak dapat memahami, gagasan mengenai Tritunggal…

Perbedaan yang dibuat oleh doktrin Tritunggal antara satu Allah dan tiga hypostase [zat] tidak memuaskan orang Muslim, yang bukannya merasa mendapat penjelasan, tetapi justru merasa bingung, oleh istilah-istilah teologi yang berasal dari bahasa Syria, Yunani, dan Latin.

Orang-orang Muslim menganggap ini semua permainan kata… Mengapa seseorang ingin menambahkan sesuatu kepada gagasan mengenai keesaan dan keunikan Allah yang hanya dapat mengencerkan atau meniadakan keesaan dan keunikan itu?”

“Bukan Allah yang Suka Pada Kekacauan”

BAGAIMANA doktrin yang begitu membingungkan seperti Tritunggal muncul? The Catholic Encyclopedia menyatakan:

 “Sebelum adanya penyingkapan Ilahi, diperlukan sebuah dogma yang misterius seperti itu.”

 Sarjana Katolik Karl Rahner dan Herbert Vorgrimler menyatakan dalam Theological Dictionary mereka: “Tritunggal… dalam arti yang sesungguhnya…, adalah suatu misteri yang tidak dapat dipahami tanpa wahyu ilahi, dan bahkan setelah disingkapkan tidak dapat dimengerti sepenuhnya.”

Tetapi, dengan berkukuh bahwa Tritunggal adalah misteri yang begitu membingungkan karena berasal dari wahyu ilahi, mereka menciptakan problem besar lain. Mengapa? Karena dalam wahyu ilahi itu sendiri tidak ada pandangan demikian mengenai Allah:

“Allah… bukan Allah yang suka pada kekacauan.”

-1 Korintus 14:33, Alkitab dalam Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS).

 

Mengingat pernyataan itu, mungkinkah Allah akan mencetuskan doktrin mengenai diri-Nya sendiri yang begitu membingungkan sehingga bahkan para sarjana Ibrani, Yunani, dan Latin tidak dapat menjelaskannya?

Selain itu, apakah orang-orang harus menjadi teolog untuk dapat ‘mengenal satu-satunya Allah yang benar dan Yesus Kristus yang telah Ia utus?’ (Yohanes 17:3) Jika demikian halnya, mengapa begitu sedikit dari para pemimpin agama Yahudi yang terpelajar mengakui Yesus sebagai Mesias?

Sebaliknya, murid-muridnya yang setia, adalah petani-petani, nelayan, pemungut cukai, ibu-ibu rumah tangga yang sederhana. Orang-orang sederhana tersebut begitu yakin dengan apa yang Yesus ajarkan tentang Allah sehingga mereka dapat mengajarkannya kepada orang lain dan bahkan rela mati demi kepercayaan mereka-Matius 15:1-9; 21: 23-32, 43; 23:13-36; Yohanes 7:45-49; Kisah 4:13.

Sumber : al-islahonline

Haruskah Anda Percaya Kepada Tritunggal ?

©1989 Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania

13 Responses

  1. begini pada awal tahun 2008 , aq mendengar khotbah yang di adakan di radio rema, dan pak pendeta tersebut mengatakan bahwa Allah Bapa dan Tuhan Roh Kudus itu berbeda pribadi,

    maka dari itu aq menjadi bingung, dan dalam kebingunganku tersebut aq mencoba berfikir-fikir tapi akhirnya tidak menemukan jawaban yang pasti,

    dan akhir bulan juni tahun 2010 aq mendapatkan jawaban yg membuka pikiranku lebar-2 dimana aq menemukan website
    http://www.phoenixity.multiply.com dan disana dicopy paste dari tulisan pak duladi

    yang menyatakan bahwa
    Allah itu Esa ,
    Esa disitu dikatakan berawal dari kata ECHAD,
    ECHAD itu mempunyai arti bahwa satu tapi bukan benar-benar satu,

    seperti contoh laki-laki dan perempuan yang menikah , mereka tidak dapat dikatakan dua tapi satu, satu daging, satu pengertian, satu dalam tujuan hidup?

    Dan setelah itu aq berpendapat bahwa
    TUHAN ALLAH itu ESA,
    dalam ketritunggalan yang terdiri dari

    -Allah Bapa
    -Allah Putra (Tuhan Yesus)
    -Allah Roh ( Roh Kudus)

    menjadi satu dalam kepemimpinan, satu tujuan dalam membimbing manusia, satu TUHAN, dalam ketritunggalan Allah atau Allah Esa,

    jadi jika kita manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus maka seperti halnya kita menyembah dan memuliakan Allah Bapa,
    seperti dikatakan di bawah ini
    (Yohanes 3:16).
    “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3:16).

    Jadi intinya Tuhan itu ya tiga ya satu, satu dalam ESA, satu dalam ketritunggalan, semua sudah aq jawab di answering,

    so sembahlah Tuhan Yesus dalam roh, maka kamu akan beroleh hidup kekal di hadapan Tuhan.

  2. @sewu-suwi ….

    sdr sewu-suwi, saya sedih sekali dg cara anda mencoba utk menjelaskan trinitas dg menggunakan perumpamaan / analogi. dan saya sedih sekali bahwa anda masih juga mencari2 excuse utk mempertahankan aqidah agama anda yg lemah dan konyol tsb ..

    anda menggunakan perumpamaan dg sepasang suami istri, yang dua tapi dikatakan satu. secara sekilas memang penggambaran itu tepat, dan menarik.

    tapi ada satu hal yg anda lupa, dan satu hal itu amat mendasar utk anda ketahui.

    Pertama.
    suami istri itu adl MAHLUK. dan mahluk bukanlah KHALIK. khalik pastilah tidak sama dg mahluk.

    mengapa Allah Yang Khalik harus dipersamakan dg mahlukNya???

    sudah banyak individu2 kristen yg mencoba menjelaskan trinitas itu dg menggunakan analogi, misalnya matahari, yg terdiri dari 3 unsur: api – cahaya dan panas. unsurnya ada tiga, tapi tetap merupakan satu kesatuan.

    bagus! tapi bukankah matahari itu adl mahluk?? lantas mengapa tuhan harus sama dg mahluk??

    dlm islam ada surah al ikhlas, yg salah satu ayatnya berbunyi: DAN TIDAK ADA SATU PUN YG DAPAT MENYERUPAI-NYA…

    berarti ayat itu sudah deadlock, bukan?? ayat tsb praktis akan mematikan semua jalan utk mempersamakan tuhan dg apa pun!!! dan lbh dr apa pun, ayat itu memang benar adanya, bukan??

    Kedua.
    @istri butuh suami, krn istri sendiri itu lemah.
    @suami butuh istri, krn suami sendiri itu lemah.

    nah, apakah kita harus berkata dan percaya, bhw:
    @ Tuhan Bapak butuh Jesus dan Roh kudus, krn Tuhan Bapa sendiri lemah?
    @ Tuhan Jesus butuh Bapa dan Roh Kudus, krn jesus sendiri itu lemah?
    @ Roh kudus butuh Bapa dan Jesus, krn roh kudus sendiri adl lemah??

    apakah anda sedang mengajak saya bercanda spt bercandanya anak anak kecil yg belum mempunyai akal, bhw tuhan itu lemah, shg butuh bantuan dalam perserikatan??? saya tegaskan: saya bukan anak kecil yg senang dg becanda konyol!!!

    insaflah wahai sewu!
    tuhan itu …..
    @dg sendiriNya maha Perkasa!
    @dg sendiriNya maha Kuat.
    @dg sendiriNya maha Menang.

    LAGI PULA, mengapa hanya TIGA??

    MENGAPA tidak tujuh dlm satu?
    mengapa tidak 11 dalam satu?
    mengapa tidak 43 dalam satu?

    bukankah semakin banyak, semakin bagus???

    insaflah wahai sewu!
    kemana pun anda pergi, tetap anda tidak akan menang utk melawan islam. kemana pun anda pergi, tetap kristen akan kalah. itu bukan kata saya, tapi kata Allah swt dlm Alquran-Nya ….

  3. aq mengatakan ini dalam “seperti” , bukan berarti “sama,”

    sedangkan kamu tiba2 menyatakan bahwa manusia tidak mungkin sama dgn Allah ESA, dan bahwa manusia saling membutuhkan satu sama lain, sedangkan TUHAN tidak?

    nah dari ini saja kamu mengalami kebingungan,
    lihat kata2ku, percontohannya seperti itu, misalnya seperti,
    yang kita bahaz disini adalah apa itu kata ESA , dan kata ESA itu mempunyai arti ECHAD, ECHAD disini mempunyai arti kata satu tapi tidak terlihat,

    seperti contoh pasangan suami istri ini kalau dilihat adalah dua orang, sedangkan mereka dikatakan ECHAD karena mereka(laki2-wanita) dipersatukan Tuhan dalam satu ikatan (ECHAD)

    padahal mereka dua orang,
    ini lah kata arti dari pada ESA/ECHAD, (tidak terlihat satu tapi mempunyai arti satu)

    begitu pula Tuhan Allah Esa , adalah ketritunggalan dari
    -Tuhan Allah Bapa
    -Tuhan Yesus Kristus
    -Tuhan Roh Kudus

    Tiga ini dalam pemahaman satu yaitu ECHAD,,

    ini bahasane pak duladi😀 , cuma penjelasan dari dia lebih lengkap


    Sent on a phone using T9space.com

    • wah, enak-enak aja anda MEMVONIS bhw ‘seperti’ bukan berarti ‘sama’!

      demi utk membela kepercayaan anda yg tidak masuk akal, enak saja anda mempelintir bahasa sesuka hati. tek-useyeee!!

      justru menurut saya, ‘seperti’ itu identik kembar siam dengan ‘sama’! -gemana? masih bingung juga??

      kan intinya, artikel ini menjelaskan, bhw KEBINGUNGAN ITU TERSEBAR LUAS ….The Encyclopedia Americana mengatakan bahwa Tritunggal dianggap “di luar jangkauan akal manusia.

      artinya, sudah byk lembaga resmi dan bermartabat di dunia ini yg menyatakan bhw TERLALU banyak manusia yg dibingungkan oleh logika si paulus ini. faham??

      anda bisa bilang apa pun yg anda ingin bilang, demi membela keyakinan anda. tapi bgm dg org lain di dunia ini yg jumlahnya milyaran?? dan pun, apa pun yg anda katakan utk membela trinitas itu, bukankah itu hanya berdasarakan semangat kekristenan anda saja?? maksud saya, semua penjelasan anda itu bukan berasal dari keanggunan dalam berfikir secara logis.

      coba anda renungkan.
      trinitas itu TERAMAT SULIT utk dimengerti. sementara tauhid dlm islam mudah sekali utk dimengerti, karena SATU ADL SATU, SELESAI!!

      pertanyaannya adl, mengapa tuhan kristen memberikan / menciptakan sesuatu yg teramat sulit utk dipahami?? di lain pihak, tuhan islam memberikan sesuatu yg amat mudah utk dipahami. lantas mengapa tuhan kristen telah ketinggalan jauh dlm hal ini?? apakah tuhan kristen tidak kuasa utk memberikan / menciptakan suatu nilai / konsep yg belakangan ternyata mudah utk dipahami??

      coba kita hitung. anda baru saja menjelaskan trinitas itu dg memberikan analogi suami istri. kemudian loncat dg memberikan penjelasan dg ECHAD. besok apa lagi??

      masalahnya, mengapa sampai sesulit itu utk menjelaskan DASAR SUATU AGAMA???

      saya teringat dg pesan nabi muhammad dlm suatu hadisnya. dia (saw) bilang, JANGANLAH KAMU MEMAKSA-MAKSA. KALAU MEMAKSA-MAKSA, MAKA KAMU MELANGGAR KODRAT!

      tepat sekali!
      jangan maen paksa teori, brur!

      kemana pun anda membawa saya utk menjelaskan trinitas, maka pertanyaan saya yg mendasar adl, MENGAPA SIEH AGAMA SAMPE SESULIT ITU UTK DIJELASKAN??

  4. satu kata untukmu yaitu… Tolol,

    contoh, jika kamu naik pohon

    orang pertama mengatakan eh kamu pandai banget naik pohon “seperti” monyet,

    orang kedua mengatakan eh kamu pandai banget naik pohon “sama” kayak monyet,

    sama = kembar
    seperti = belum tentu kembar,

    tolol tolol, cuma kamu yang paling tolol dimuka bumi ini?


    Sent on a phone using T9space.com

    • wah anda salah lagi….. maaf yaaa??

      anda tulis pada kalimat kedua,
      ORANG KEDUA MENGATAKAN EH KAMU PANDAI BANGET NAIK POHON “SAMA” KAYAK MONYET,

      anda salah meletakkan apostrop nya.
      bukan:
      “SAMA” KAYAK MONYET-

      tetapi
      “SAMA KAYAK” MONYET-

      jadinya,
      .:SEPERTI:.

      adl kembar identik dg-
      .:SAMA KAYAK:.

      artinya, SEPERTI = SAMA KAYAK

      faham??

      skg siapa yg tolol??

      hanya krn nafsu anda lah yg ingin membenarkan trinitas, maka anda MELIHAT bahwa SEPERTI X SAMA. DAN itu pun anda paksakan…—

      krn sebenarnya, SEPERTI = SAMA …..

      bgm dg kitab anda sendiri yg memang penuh dg ketololan. bukankah di kitab itu, kata SAMA sll disampirkan dg kata SEPERTI??

      Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, SAMA SEPERTI Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

      matius 10:25 Cukuplah bagi seorang murid jika ia menjadi SAMA SEPERTI gurunya dan bagi seorang hamba jika ia menjadi sama seperti tuannya. Jika tuan rumah disebut Beelzebul, apalagi seisi rumahnya.

      Roma 15:7. Sebab itu terimalah satu akan yang lain, SAMA SEPERTI Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah.

      tolol tolol, cuma kamu yang paling tolol dimuka bumi ini….

      pantezz, agama kristen yg anda pilih. lha wong anda nya tolol tolol banget!!!

  5. trinitas tak akan menang dr tauhid
    Allah tidak akan mempersulit pemahaman akan diriNya karena tingkat kecerdasan manusia itu berbeda.
    intinya Allah itu memberikan suatu pemahaman yg bisa dicerna oleh semua manusia.sekali lagi…
    Allah tidak akan mempersulit pemahaman manusia.!!!
    salahkah ucapan saya ini!!!!

  6. yang nyata adalah trinitas,
    yang palsu adalah allah lain, yang mempunyai penebus dosa yang bernama hajar aswad, itulah yang palsu oke


    Sent on a phone using T9space.com

    • klaim doang!

      semua bisa klaim! org gila di tengah pasar pun juga bisa bikin klaim seenak udel nyah!!

      hajar aswad bukan penebus dosa!
      baca artikel saya di folder ALL ABOUT KABAH,dari part 1 sampe dst nya … di situ dijelaskan apa itu hajarul aswad.

      dari sini saja anda sudah salah. kok bisa2nya bilang bhw hajarul aswad adl penebus dosa..

      ngaco yoooooooooooooooo

  7. @ 1500

    penyembah tiga tuhan, itulah contoh agama penyembah berhala

  8. Lucu nih.. Pasangan suami istri yg udh jelas2 2 individu yg berbeda dibilang 1 atau esa. Ntr klw ada pembagian nasi kotak ada yg gk kebagian dnk.. Istri atau suami yg gk kebagian. Udh tau 2 org koq dikasih satu kotak. Psti dch mrk bilang panitianya salah hitung. Suami istri itu jelas2 2 individu yg berbeda. Walaupun tujuannya sama mrk tetap aja 2 org. Seperti orkestra yg anggotanya sekelurahan tp tujuannya sama, memainkan musik yg indah. Gila gk klw ada yg nekad bilang mrk itu esa hanya krn punya tujuan yg sama. Trinitas itu kebatilan yg dipaksa “benar” dg sgala pembenaran. Gk bisa masuk ke dalam akal manusia yg mau berpikir rasional. Analogi apapun yg dipakai tetap gk akan bisa menjelaskan secara mutlak. Satu ya satu, tiga ya tiga.

  9. formula trinitas pernah jg dijelasin sama bambang noorsena, modelnya berbeda dg trinitas ala budi asali, budi asali sampai membuat apology kekeliruan penjelasan noorsena thd trinitas.
    ini membuktikan bahwa trinitas ini teori ngaco, teori yg plg sesat dan keji sejagat karena teori trinitas ini dinisbahkan ke tuhan pencipata alam semesta, seharusnya trinitas lebih cocok diarahkan kpd setan atau kepada kopi susu atau es campur kek.

    dalam memahami trinitas umumnya kafir kristen merasa telah mengerti dan memakluminya, seolah-olah penjelasan trinitas merasa logis-logis aja,
    padahal merka tidak mengerti posisi logika yg sesungguhnya, mereka semua mengunyah dogma hingga seluruh otaknya diselubungi kabut dogma setan.

  10. hmm gak mudeng nih…ane langsung main pentung kafir aja ah..karena mereka harus selalu salah. kalo mereka bener sedikit aja, bisa2 kitab kita dipertanyakan dong,

    tenang bung islamthis, ane akan bantu ente bungkam para kaum karosetan dengan segala cara yang diridhoi awlo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: