Pattimura Dikristenkan Paksa

Pattimura adalah Muslim sejati.

Tokoh Muslim ini sebenarnya bernama Ahmad Lussy, tetapi di zaman ini dia lebih dikenal dengan nama Thomas Mattulessy yang identik Kristen.

Inilah salah satu contoh deislamisasi dan penghianatan kaum minoritas atas sejarah pejuang Muslim di Maluku dan / atau Indonesia pada umumnya.

Puncak kontroversi tentang siapa Pattimura adalah penyebutan Ahmad Lussy dengan nama Thomas Mattulessy, dari nama seorang Muslim menjadi seorang Kristen. Hebatnya, masyarakat lebih percaya kepada predikat Kristen itu, karena Maluku sering diidentikkan dengan Kristen.

 

Pattimura adalah Muslim Taat

Ahmad Lussy atau dalam bahasa Maluku disebut Mat Lussy, lahir di Hualoy, Seram Selatan (bukan Saparua seperti yang dikenal dalam sejarah versi pemerintah). Ia bangsawan dari kerajaan Islam Sahulau, yang saat itu diperintah Sultan Abdurrahman. Raja ini dikenal pula dengan sebutan Sultan Kasimillah (Kazim Allah / Asisten Allah). Dalam bahasa Maluku disebut Kasimiliali.

Menurut sejarawan Ahmad Mansyur Suryanegara, Pattimura adalah seorang Muslim yang taat. Selain keturunan bangsawan, ia juga seorang ulama. Data sejarah menyebutkan bahwa pada masa itu semua pemimpin perang di kawasan Maluku adalah bangsawan atau ulama, atau keduanya.

Bandingkan dengan buku biografi Pattimura versi pemerintah yang pertama kali terbit. M Sapija menulis, “Bahwa pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawan dan berasal dari Nusa Ina (Seram). Ayah beliau yang bernama Antoni Mattulessy adalah anak dari Kasimiliali Pattimura Mattulessy. Yang terakhir ini adalah putra raja Sahulau. Sahulau bukan nama orang tetapi nama sebuah negeri yang terletak dalam sebuah teluk di Seram Selatan”.

Jadi asal nama Thomas Mattulessy dalam buku sejarah nasional adalah karangan dari Sapija. Sebenarnya Mattulessy bukanlah marga melainkan nama, yaitu Ahmad Lussy (Mat Lussy). Dan nama Thomas Mattulessy sebenarnya tidak pernah ada di dalam sejarah perjuangan rakyat Maluku (yang ada adalah Mat Lussy).

Mansyur Suryanegara berpendapat bahwa Pattimura itu marga yang masih ada sampai sekarang. Dan semua orang yang bermarga Pattimura sekarang ini beragama Islam. Orang-orang tersebut mengaku ikut agama nenek moyang mereka yaitu Pattimura.

Masih menurut Mansyur, mayoritas kerajaan-kerajaan di Maluku adalah kerajaan Islam. Di antaranya adalah kerajaan Ambon, Herat, dan Jailolo. Begitu banyaknya kerajaan sehingga orang Arab menyebut kawasan ini dengan Jaziratul Muluk (Negeri Raja-raja). Sebutan ini kelak dikenal dengan nama Maluku.

Mansyur pun tidak sependapat dengan Maluku dan Ambon yang sampai kini diidentikkan dengan Kristen. Penulis buku “Menemukan Sejarah” (yang menjadi best seller) ini mengatakan, “Kalau dibilang Ambon itu lebih banyak Kristen, lihat saja dari udara (dari pesawat), banyak masjid atau banyak gereja. Kenyataannya, lebih banyak menara masjid daripada gereja.”

Perjuangan Kapitan Ahmad Lussy “Pattimura”

Perlawanan rakyat Maluku terhadap pemerintahan kolonial Hindia Belanda disebabkan beberapa hal.

Pertama, adanya kekhawatiran dan kecemasan rakyat akan timbulnya kembali kekejaman pemerintah seperti yang pernah dilakukan pada masa pemerintahan VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie).

Kedua, Belanda menjalankan praktik-praktik lama yang dijalankan VOC, yaitu monopoli perdagangan dan pelayaran Hongi. Pelayaran Hongi adalah polisi laut yang membabat pertanian hasil bumi yang tidak mau menjual kepada Belanda.

Ketiga, rakyat dibebani berbagai kewajiban berat, seperti kewajiban kerja, penyerahan ikan asin, dendeng, dan kopi.

Akibat penderitaan itu maka rakyat Maluku bangkit mengangkat senjata. Pada tahun 1817, perlawanan itu dikomandani oleh Kapitan Ahmad Lussy. Rakyat berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Bahkan residennya yang bernama Van den Bergh terbunuh. Perlawanan meluas ke Ambon, Seram, dan tempat-tempat lainnya.

Berulangkali Belanda mengerahkan pasukan untuk menumpas perlawanan rakyat Maluku, tetapi berulangkali pula Belanda mendapat pukulan berat. Karena itu Belanda meminta bantuan dari pasukan yang ada di Jakarta. Keadaan jadi berbalik, Belanda semakin kuat dan perlawanan rakyat Maluku terdesak. Akhirnya Ahmad Lussy dan kawan-kawan tertangkap Belanda. Pada tanggal 16 Desember 1817 Ahmad Lussy beserta kawan-kawannya menjalani hukuman mati di tiang gantungan.

Nama Pattimura sampai saat ini tetap harum. Namun nama Thomas Mattulessy lebih dikenal daripada Ahmad Lussy atau Mat Lussy. Menurut Mansyur Suryanegara, memang ada upaya-upaya deislamisasi dalam penulisan sejarah. Ini mirip dengan apa yang terjadi terhadap Wong Fei Hung di Cina. Pemerintah nasionalis-komunis Cina berusaha menutupi keislaman Wong Fei Hung, seorang Muslim yang penuh izzah (harga diri) sehingga tidak menerima hinaan dari orang Barat. Dalam film Once Upon A Time in China, tokoh kharismatik ini diperankan aktor ternama Jet Li.

Demikianlah pelurusan sejarah Pattimura yang sebenarnya bernama Kapitan Ahmad Lussy atau Mat Lussy. Wallahu A’lam Bish Shawab.* (dari berbagai sumber)

www.swaramuslim.net

Tanggapan:

__________________________

boy_ahoy, on Oktober 30, 2007 at 6:38 am said:

Maaf, Saya termasuk orang yang mengasihani anda, karena anda telah dibohongi oleh oknum2 yang mencari celah untuk mengedepankan agama anda, berikut komentar saya mengenai tulisan/contekan anda:

Kebetulan saya putra asli maluku dan kami merupakan korban kebiadaban agama Anda (Islam. Islamthis.) beberapa tahun yang lalu :

  1. Apakah anda tau arti marga bagi masyarakat Maluku? Berikut saya beri tau, awal mula marga itu dari nama nenek moyang yang terus menerus akan tercantum di nama belakang setiap keturunan lelakinya, dan tidak akan pernah hilang, seperti halnya suku batak atau warga keturunan tionghoa.
  2. Di Maluku baik kristen maupun islam semuanya punya marga, malahan dengan menyebut marga saja orang maluku sudah tau apa agama orang tersebut, dan di maluku / ambon tidak ada satu keluarga pun yang mempunyai marga Lussy / Mat lussy seperti yg sumber Anda sebutkan. Sampai sekarang Marga mattullesy masih ada dan eksis di tanah maluku, ataupun anda bisa check dengan warga maluku / ambon yang ada di jakarta. Fyi, Saya mempunya kerabat (seorang kristen) yang marganya Mattulessy, sekarang dia bekerja dengan Mantan Pembalap Tinton Suprapto, di Sirkuit Sentul (Bogor), anda boleh check sendiri kebenarannya…anda tau sirkuit sentul kan dan kenal dengan Tinton Suprapto ayah dari Pembalap Nasional kita Ananda Mikola?? Inilah bukti nyata bahwa mattulessy adalah marga bukan seperti yang di bualkan oleh sumber Anda.
  3. Pattimura adalah marga, ini adalah kebohongan yang sangat besar dari orang sok tau yang tidak mengerti bahasa daerah, Patti = Hati, Mura = Murah, dijuluki pattimura (Kapitan Pattimura) karena sifat dan sikap dari pattimura itu sendiri, kasihan sekali anda tertipu tanpa mencari sumber yang benar..
  4. Satu lagi Kebohongan yang anda telah makan mentah mentah, best seller mana yang menyebutkan warga ambon mayoritas muslim??? berkaca pada peristiwa berdarah beberapa tahun yang lalu, apakah begitu saktinya masyarakat minoritas kristen di ambon sampai perlu tambahan jihad dan tentara pemerintah untuk bisa menghancurkan tanah kami??? Mungkin anda sekalian belum tahu cerita sebenarnya tragedi di ambon beberapa tahun lalu. Taukah kalian sebelum tragedi tersebut muslim dan kristen hidup berdampingan tanpa ada pertikaian, dan menurut saya satu2nya toleransi beragama yang paling baik adalah di ambon, masa kecil saya, saya tidak pernah tau berapa hari raya dalam setahun, natal,lebaran,paskah,idul adha, kami semua merayakan dalam suka cita… Adalah Pemerintah dengan segala kegiatan politiknya yang memanfaatkan pasukan jihad untuk menghancurkan tanah kami,dan pasukan jihad lah yang menaruh benih biadab kepada setiap muslim di ambon yang sudah lama kami anggap sebagai saudara sendiri (Gandong). Apakah kalian tau kenapa Mesjid Al Fatah di ambon tidak Hancur?? Karena di saat kami menguasainya pendeta kami melarangnya karena itu tidak di ajarkan oleh agama kami. Tapi mengapakah Gereja2 kami dibakar, perempuan diperkosa, harta kami di rampas?? Maaf semua itu dihalalkan dalam kitab agama anda. Kenapa pasukan jihad begitu kuat? Kalian tidak pernah menyangka bahwa yang kami hadapi untuk mempertahankan tanah kami adalah TENTARA TNI dengan senjata otomatis lengkap dan mortir2nya menghujani tanah kami dengan pakaian sorban putih tetapi lupa ditutupi sepatu dan celana lorengnya. Kejadian itu sama persis dengan bagaimana cara nabi anda merebut tanah mekkah, perampokan, pembunuhan, pemerkosaan, dihalalkan atas nama agama………
  5. Kembali ke topik, sumber informasi Anda adalah orang yang sama sekali tidak bertanggung-jawab demi kepentingan dan membenarkan kebesaran agama anda, karena dalam agama anda ada ayat yang tertulis berbohong adalah halal atas dasar agama anda sendiri, benar kan?

Berikut saya beri contoh kebohongan agama anda berdasarkan sejarah masuknya islam di Indonesia, apakah secara damai? BOHONG BESAR, yang sebenarnya adalah perampasan hak asasi manusia.

  1. anda bisa cari tau apakah Iman Bonjol adalah Pahlawan atau Pembunuh massal?
  2.  anda bisa cari bagaimanakah sebenarnya jatuhnya kerajaan termashyur di asia tenggara, MAJAPAHIT,

Semuanya karena agama anda, saya tidak akan bahas. Karena terlalu panjang, mungkin anda bisa check sendiri kebenarannya yang tidak pernah di sensor atau diputar balikan oleh media international dan pemerintah kita sendiri tidak bisa membantahnya….

Terima Kasih,

Boy

__________________________

Ghazel Arafat Ramlan Sangadji, on Oktober 2, 2009 at 3:27 pm said:

kawan anda tolol apa tidak. masa kita berperang pada waktu kami merayakan Hari Raya Idul Fitri, itu tanggapan beta par se, dan pelakunya saja tar jelas, RMS, ka sepung agama sandiri, maaf dari setiap marga diambon ini Islam kawan ale seng bisa bantah lai. bagimana se kasi asumsi macam bagitu kalu kayong pung agama yang pertama biking kerusuhan. maaf skali2 baca Informasi banya2 baru se bicara bagitu kawan. Pattimura itu memang Islam kok. Sejarawan seperti ahmad Mansyur Suryanegara saja mengatakan seperti itu

__________________________

nur_top22, on Oktober 17, 2009 at 9:25 am said:

saran dri ane… Boy… banyak belajar… rajin baca… perbanyak referensi yg benar… jgn masukin data yg failid donk…. kami bukan pembohong; kamu yg pembhong…. data kamu abstrak….

nyesel dech ada orng maluku tololx kaya kamu… bego…bego…begooo… betul…betul…betul…

__________________________

jen, on November 6, 2009 at 7:25 pm said:

to boy:

sebenarnya apa yang anda katankan itu semua adalah kebohongan dan itu hanya anda menutupi ketakutan warga anda sendiri terkait dengan pembakaran mesjid alpatah yg anda katakan bahwa nasrani telah menguasai kota ambon dari mana anda menguasai?

kaliankan orang kafir….. ajaran mana yg mengajarkan pada saat lebaran harus saling memerangi sesama umat. jangan2 ajaran kalian yg mengajarkan seperti itu.

terkait dengan topik yang di angkat tentang patimura.

pendapat saya bahwa patimura itu orang muslim.

anda tau tidak penjajah masuk di maluku itu kan dengan modus apa?

yang melakukan perlawanan terhadap penjajah itu kan orang muslim bukan orang kristen/kafir seperti kamu. jadi sudah sangat jelas kalau patimura itu orang islam.

__________________________

Hamba Allah, on Februari 9, 2008 at 1:41 am said:

Memang Pattimura itu Muslim, ALLAHUAKBAR, Kristen memang pendusta

__________________________

Isa Mahdi, on Maret 24, 2008 at 4:27 pm said:

Thomas Mattulessy adalah Muslim????

say percaya , karena menurut Habib Riziq, bahwa Nabi Isa juga Muslim… Allahu Akbar

__________________________

ANCIK FLOREZ, on Mei 18, 2008 at 10:05 pm said:

dalijo, di/pada Mei 4th, 2008 pada 6:34 pm Dikatakan:

Aduh duh…..!!

Jangan ngomong,nulis,berpikir ALLAHHUAKBAR bila kelakuan kita gk sesuai dengan keBesaran nama ALLAH.

Malu banget saya sebagai umat muslim.

Udah ya mas-mas dan mbak-mbak.

Mending kita mikirin negara kita ya???

setuju!!!! ???ALLAHHUAKBAR??? hdup kristen hidup muslim??? whxx???klian pikir agama partai politik???

lucu jg liat muslim d indonesia dngan sgla kebodohannya yg anti kristen.

apa sih yg klian benci dri orang kristen??tpi bgus,klian punya bakat jdi teroris.uahahahahahahahahaha… .

demi Tuhan,islam g ada indonesia damai.agama para profokator tu!!

knpa sih hrus sling bnci??ayo brpgngan tngan mnuju indonesia yg lbih baik..

soal pahlawan patimura.. .lucu jga yg blang nama aslinya Ahmad Lussy..kalau mau ngarang cerita,blajar dulu bos.

__________________________

arli, on Juni 10, 2008 at 3:25 pm said:

untuk tuan boy…..

awalnya saya setuju dgn anda ttg patimura tapi saya sangat tidak setuju dengan pernyataan anda tentang…..

“Apakah kalian tau kenapa Mesjid Al Fatah di ambon tidak Hancur?? karena disaat kami menguasainya”

kapan kristen pernah menguasai Mesjid Alfatah???????

gereja dibakar, harta dirampas dan saudara perempuan diperkosa?????? ini adalah pembalikan fakta karena kejadian januari 99′ terjadi saat idul fitri yang semua orang tahu adalah hafri kemenangan umat muslim. dan yang banyak menjadi korban adalah dari pihak muslim.

inilah salah satu kebohongan anda.

saya adalah orang maluku Asli dan berada pada situasi yang anda sebut …..

“Apakah kalian tau kenapa Mesjid Al Fatah di ambon tidak Hancur?? karena disaat kami menguasainya”. dan hal ini tidak pernah terjadi. untuk tuan Boy berhati-hati dengan apa yang nyatakan karena ini bisa memicu kembali kejadian 99′

__________________________

alfiano, on November 11, 2008 at 4:38 am said:

tuan boy, bersihkan hati anda, jauhkan dari kebencian dan dendam, kebencian anda dengan islam membuat anda buta. percayalah agama kami tidak sejahat yang anda pikirkan, nabi kami adalah manusia yang mulia, yang mangakui kenabian dan kitab kitab sebelumnya, agama ini adalah agama yang damai….. berilah hati anda sedikit kesempatan untuk melihat damainya islam… dan marilah kita bersama-sama membangun Indonesia yang lebih maju, lebih bermartabat, jayalah Indonesia….

__________________________

Audi Hutubesy, on November 22, 2008 at 6:07 am said:

Dengan sangat menyesal bahwa pernyataan Sdr. Boy itu, fakta atau karangan belaka, saya sebagai orang Ambon malu rasanya mengakui yang bukan hak kita, saya dengan tegas menyatakan bahwa Patimura adalah benar seorang MUSLIM yang taat.

Peristiwa 99, masjid al Fatah anda jangan ngarang ya coba saya tanya pada saat kejadian anda berada dimana ? siapa yang memicu keributan ? itu semua politik di vide at imperea peninggalan LONDO, jadi kita sbg warga negara RI jangan mudah terpancing dengan ulasan, komentar atau opini orang lain sebelum keabsahannya bisa dipertanggung jawabkan. Nah klo udah begitu komentar anda bisa menimbulkan luka lama akan menganga lagi so jika ndak tau betul ndak usah comen deh ntar kesambet lho.

__________________________

Diponegoro, on Desember 20, 2008 at 6:21 pm said:

Ass Wr Wb,

Kaum muslimin dan muslimah…

Kalau kita lihat sejarah perjuangan di Indonesia, hampir semuanya digerakkan oleh umat islam, bukan rakayasa sejarah tetapi memang begitu adanya. Cuma orang goblog saja yang tidak mau mengakui hal itu. Karena ajaran dalam islam jelas bahwa “Membela tanah air adalah sebagian dari Iman”, makna kata2 tersebut tidak akan ada dalam agama lain. Pada dasarnya kita ini di goblok2kan dengan pemutar-balikan fakta sejarah. Pak Boy yang goblog…sangggahan anda selayaknya masukkan saja ke tong sampah kalau anda tidak mau dibilang bego atau memang anda adalah memang bener2 goblog. Sejarah mencatat bahwa pahlawan2, pelaut2 Islam telah memperadabkan manusia. Cuma manusia berotak bego seperti Boy yang tidak mengakui hal itu. Laksamana Cheng Ho dan Wong Fei Hung di Cina, dari mulai Imam Bonjol sampai Pattimura adalah contoh2 pahlawan Islam. Sekali lagi Boy, kalau loe ndak ngakui hal itu, Otak kamu perlu dibedah ganti dengan otak ayam karena saking goblognya anda.

Terima kasih,

Diponegoro

__________________________

who am I, on Desember 31, 2008 at 1:21 pm said:

ISlam anjing..taik anjing, kencing anjing…kentut anjing

__________________________

Pattikawa, on Februari 2, 2009 at 3:55 am said:

Maklumin aja namanya Juga “boy” – anak kecil alias BOCAH. Ngaku orang maluku ngaco….. boy…boy….boyyyyyyyyyy……… boyo loh.

__________________________

Pattikawa, on Februari 2, 2009 at 4:04 am said:

Dasar lo boy-boyo loh ngaku orang maluku, ngana curiga U bukan orang Maluku asli pa lagi orang INDONESIA.

Mengenai Agama dari pahlawan Nasional yg ada di NEgara kita saat ini dan yg akan datang tidak menjadi persoalan yg penting mereka sudah membebaskan negara ini dari penjajah….eh malah sekarang ini kunyuk “boy” ngaku asli Maluku mau bikin pecah lagi integritas bangsa ini….. kurang apa dijajah 350 tahun??? hanay bangsa ini paling lama dibandingkan bangsa lain untuk merdeka…

Kalo ketemu yg namanya “boy” lansung SALIB aja pake bambu… trus tempel jidatnya pake bendera belanda.

__________________________

cha-cha, on Februari 18, 2009 at 10:25 am said:

wwwwwwwwwuuyyy

masax y patimura islam???????????????????????????????

__________________________

Indonesia, on Maret 9, 2009 at 4:44 pm said:

Istri saya adalah keturunan ke 6 dari Pattimura. So What? Dia Beragama Islam? So what???

__________________________

Anonymous, on April 22, 2009 at 4:35 am said:

asslm bravo buat penulis percayalah allah selalu bersama kita untuk Boy hati hati jangan sekali kali anda mengatakan agama kami biadab anda gak tau apa apa tentang kitab dan agama saya

__________________________

Julian Caesar&Rahma, on April 24, 2009 at 6:58 am said:

Assalamua’alaikum. . .^_^

Saya sbg org yg brkecimpung di dunia sejarah menyatakan bahwa ADALAH BENAR JIKA. . .

1. PATTIMURA adlh org islam.

2. Islam masuk ke nusantra dgn jln damai.

Saya ingin mananyakan darimana Saudara2 skalian mendapatkan data bhwa Islam disebarkan lewat kekerasan bukankah itu adalah argument yang keluar dari mulut seorang boy_ahoy yang egoistis…..

Perlawanan Pattimura adalah bentuk ketidaksediaan Maluku untuk dikristenisasi oleh bangsa Kolonial.

Anda ingat dengan tujuan bangsa kolonial datang ke nusantara, bahkan para sejarawan asing pun mangakuinya bahwa tidak lain tujuannya dikenal dengan 3G

Gold.

Gospel.

dan Glory.

Gospel merupakan suatu misi yang dibawa oleh Alfonso de Alberqueque untuk mengkristenisasi nusantara atau pun seluruh wilayah jajahan.

Hal ini dilakukan dengan cara kekerasan. . .perampasan rempah-rempah, eksploitasi SDM, SDA, dan pengambilalihan kekuasaan bumi putera.

Pattimura adalah seorang bumi putera yang tidak menginginkan suatu proses kristenisasi.

Hal ini makin nampak nyata pasca dieksekusinya Pattimura , perlawanan rakyat maluku melemah, bahkan secara umum dikenal bahwa rakyat Maluku adalah yang paling taat dan dekat dengan bangsa kolonial. Bahkan banyak rakyat maluku yang dijadikan serdadu belanda untuk mematahkan perlawanan rakyat di wilayah nusantara lainnya.

Tetapi hal ini kenapa harus dijadikan suatu perdebatan panjang? kami hanya mengungkap suatu KEBENARAN.

PATTIMURA pun tidak bangkit dari kubur perihal mengakui keislamannya. . .hohoho. Dan tidak marah jika diakui sebagai seorang Kristen.

Suatu pengungkapan kebenaran ini bukan untuk memecah belah hanya untuk meluruskan sesuatu yang salah.

Pasal 29 ayat 2:

” Setiap warga negara memiliki kebebasan dalam memilih agama nya dan dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama uyang dianutnya”

Piss……

Wassalamua’laikum….

__________________________

nadir, on Agustus 4, 2009 at 1:48 pm said:

pattimura,sisingamangaraja,wong fei hong,monginsidi,einstein,bill gates,paus Johannes Paulus,saddam hussein,wes….semua orang sak dunia agama islam…..biar puas….!!!!!

dan percayalah..ketika kondisi itu terjadi,akan muncul musuh baru lagi….

pada setiap perdebatan picik ttg agama akan selalu menimbulkan potensi konflik.

padahal adalah lebih baik untuk masing2 menjalankan(!!!) agamanya masing2.

apabila matamu,pikiranmu dan hatimu tertuju kepada Tuhan Allah, kamu gak akan melihat kiri-kananmu untuk mencari kesalahan.karena dihadapan-Nya,SEMUA manusia tidak ada yg sempurna.

dan untuk ulasan ttg PATTIMURA diatas…:menunjukan penulis adalah seorang yg sangat bodoh.itu saja…orang bodoh.tidak lebih!!!

__________________________

Abu Hanifah, on Agustus 27, 2009 at 2:08 am said:

Assalamu ‘alaikum,

Pertama-tama kita memuji Allah Azza wa jalla, karena atas ni’mat petunjuk dan hidayah-Nya sehingga kita dapat mengetahui dan mengenal kebenaran kemudian kita diberi kekokohan untuk mengamalkannya dan kita dapat mengetahui kebatilan dan selanjutnya kita meninggalkannya.

Selanjutnya, diantara bentuk da’wah dalam Islam adalah dengan menjelaskan tentang sebuah kebenaran walau itu pahit dan menerangkan sebuah kebatilan walau itu manis. berawal dari itu saya ingin mempersembahkan sedikit kebenaran sejarah untuk mengingkapkan tabir kegelapan sejarah yang selama ini masih tertutp dan menerangkan/ menjelaskan tentang sebuah kebenaran merupakan konseqwensi dari amar ma’ruf Nahi Mungkar (Memerintahkan kepada yang baik dan mencegah dari yang jelek) serta sebagai upaya untuk meluruskan sejarah itu sendiri sehingga hal tersebut bukan sebagai upaya untuk memecah belah atau adu domba antar kelompok atau agama tetapi justru sebagai wujud perhatian kepada sejarah manusia yang dibelokkan untuk diluruskan lagi sesuai dengan kenyataannya.

berkaitan dengan sejarah PATTIMURA memang merupakan sejarah yang masih dikatakan suram belum banyak bukti-bukti otentik yang valid untuk dikategorikan nash-nash dalil pembenaran. untuk bagi siapa saja yang mengklaim tentang hal itu tolong tunjukkan dengan bukti-bukti yang valid. Sejarah PATTIMURA memang memiliki versi yang berbeda-beda baik dari kalangan Islam dan Nasrasi hanya saja yang terjadi adalah versi kristen yang ditonjolkan dan diakui oleh Pemerintah itulah yang menjadi buku-buku sejarah nasional negara kita. hal ini disebabkan karena yang pertama menyampaikan sejarah PATTIMURA tersebut adalah dari pihak Kristen oleh M. Sapija namun perlu diketahui bahwa bagi kalangan muslim Maluku tidak menganggap hal itu karena menurut kami bahwa Pattimura adalah muslim, kalau tidak percaya tanyakan kepada orang-orang muslim Maluku yang perhatian terhadap agamanya pasti akan mengatakan bahwa Pattimura adalah muslim. satu contoh tentang suramnya sejarah Pattimura yaitu ketika dibuatnya patung Pattimura dilapangan Merdeka Square banyak yang komplen mengenai parangnya (itu parang orang jawa???) mengapa hal itu terjadi? karena memang sejarah Pattimura itu terlalu sedikit sehingga pembuat patung mengambil versi gambar pattimura dari gambar Pattimura lembaran uang seribuan.

beranjak dari hal itu maka mari kita perhatikan dengan hati yang tulus dan akal yang jernih, bahwa fakta sejarah membuktikan perlawanan rakyat Indonesia melalui raja-rajanya terhadap penjajah lebih disebabkan karena 3 G (Gold, Gospel dan Glory) yang menjadi misi penjajah, maka sudah barang tentu sebagai umat islam ketika itu akan bangkit melawan penjajah seperti Belanda yang melancarkan misi kristenisasi. ini harus diingat dengan baik. Sejarah telah mencatat bahwa pahlawan-pahlawan raja-raja nusantara dibangkitkan oleh perjuangan kaum muslimin yang menolak kristenisasi. ini disebabkan adanya ruh jihad yang telah ada pada setiap kaum muslimin. dengan dasar itu pula, maka tidak mungkin seorang Pattimura yang menurut versi kristen adalah seorang kristen akan melawan sesamanya, bagaimana mungkin “anak domba melawan penggembalanya” dan ini terbukti dalam sejarah bahwa anak domba senantiasa mengikuti gembalanya, kita liha dalam perang Diponegoro , ketika Belanda merasa kewalahan, mereka menambah pasukan mereka dengan pasukan pribumi yang seagama dengan mereka, dalam Prang Atceh, ketika ingin menumpas perlawanan rakyat aceh juga menggunakan pasukan pribumi yang seakidah dengan mereka. lalu bagaimana dengan seorang Pattimura? yang menurut M. Sapija bahwa beliau meminta bantuan kerajaan Ternate dan Tidore! sebuah hal yang tidak selaras dalam sejarah bahwa seorang pengkhianat agama akan dibantu oleh orang islam, tetapi karena memang Pattimura itu seorang raja muslim dari Kerajaan islam Sahulau sehingga menyababkan Kerajaan Islam Ternate dan Tidore bahu-membahu melawan penjajah itu karena sejalan dengan itulah maka Maluku disebut dari bahasa Arab dari kata Al-Muluk yang berarti negeri raja-raja, karena memang masa itu didaerah Maluku banyak Kerajaan-kerajaan Islam. mana bukti kalau memang sejarah itu sesuai versi kalian? bagi nyong Boi tolong bicara dengan fakta jangan asal-asal sampai tingkat memfitnah islam. saya masih hidup ketika kerusuhan di Ambon dan berada di Ambon. mengingat khawatir terlalu panjang tanggapan ini saya cukupkan saja namun ini sebagai pengantar bagi yang masuk pada ranah penjelasan ilmiah.

saya tunggu Saudara-saudaraku Muslim yang punya perhatian tentang sejarah Maluku, tolong sampaikan kebenaran sejati tentang pahlawan kita Pattimura seorang muslim sejati yang sengaja dibelokkan oleh pihak lain

Wassalamu ‘alaikum,

________________________

Serigala bijak, on Oktober 29, 2009 at 2:03 pm said:

Belanda itu Nasrani, pasti perangnya ama Muslim,

kalo suku Ambon yang Nasrani pasti temannya Belanda yang biasa disebut “Belanda hitam” atau KNIL.

Jadi Pattimura itu Muslim karena perang melawan Belanda termasuk pula Sisingamaraja itu Muslim (karena stempel kerajaannya berlafalkan kalimat Islam)

_______________________

agung, on Desember 27, 2009 at 5:43 am said:

saya agung pribadi. Saya penulis artikel itu. tolong dicantumkan. Buku sy ttg pattimura sudah terbit th 2003. buat orang2 yg tidak suka itu hak anda. balaslah lagi dengan artikel atau buku barulah kita menjadi bangsa yg beradab

____________________

Access from,

http://ainuamri.wordpress.com/2007/09/25/pahlawan-patimura-adalah-orang-islam-bukan-kristen/

Access date, 15 Sept 2011.

____________

Penutup.

Islamthis,

Dari pemaparan artikel / thread ini, sudah tampak jelas, bahwa memang benar bangsa karosetan akan melakukan apa saja YANG KEJI DAN MENJIJIKKAN demi menjungkalkan Islam. Kebalikannya, apakah bangsa Muslim / Islam itu sendiri pernah berbuat segala hal yang keji dan menjijikkan untuk menjungkalkan agama lain?? Cukuplah Allah Swt saja Yang mengurusi kaum kapirit tersebut.

Setelah cara-cara keji kaum kapirit terhadap sejarah Raja Ampat di Papua, (baca: http://islamthis.wordpress.com/2011/08/11/islam-di-papua/ ) ternyata masih ada lagi kekejian lainnya di dalam hal sejarah yaitu pemutarbalikkan sejarah Pattimura ini….

Mengapa demikian?

Karena toh Alkitab mengajarkan umatnya untuk berbuat munafik apa saja demi hancurnya kerajaan Allah di muka bumi ini. Tidak lain dan tidak lebih, bahwa bangsa pengusung Alkitab adalah BANGSA IBLIS!!!

144 Responses

  1. @Islamthis

    Tx atas umpan lambungnya bro. Biar para salibis pada baca gimana kelakuan tokoh2 kristen thd sejarah perjuangan bangsa Ind.

  2. Aku jadi terharu membaca ghirah islam dalam komentar2 muslim ambon..pandanganku selama ini pada suku ambon adalah mayoriti kristen,kasar,tukang rusuh,tukang minum tuak,tukang makan b2b1.
    Teryata ada muslim2 ambon yg hidup indah dalam syariat islam.maka otomatis mereka menjadi orang2 yg utama dan beradab.tidak minum2,makan b2b1,dan selalu menutup aurat..
    Yg makin bikin saya terkejut ternyata patimura dan wong fei hung ternyata muslim..bener2 saya baru tau malam ini.sejak sd aku berfikir patimura kristen. :grin:

  3. semoga umat islam yg ad di ambom,tabah dlm menghadapi cobaan,karena kerusuhan kemarin,dan tetap iman islamnya.

  4. kepada orang2 dungu yang menyanggah tulisan diatas engkeu adalah sosok manusia rendah yang tak tahu jasa. Engkeu yang rendah tidak suka kalau muslim dan pejuangnya dikenang dan disanjung. Pattimura adalah muslim sejati, sdarlah hai orang orang kafiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiirr …………..!!!!!

  5. marga lussy ……seng ad marga itu di maluku…!!!!
    beta baru dengar ni,,,,
    astaga ni sumber dari mana ,,,tolong dipertanggung jawabkan,,,
    jangan sembarang pasang marga yang seng ada di maluku…..
    pembohongan publik …..!!!!
    ini bukan masalah kristen atau islam…ini masalahnya apakah sejarah nama/marga tersebut dikenal oleh orang maluku….?????

    • jika anda ingin mengetahui keberadaan marga “LUSSY”, anda bisa langsung ke negeri “HUALOY”, kab. Seram Bagian Barat, Kecamatan Amalatu…..

  6. lussy?? z ad marga itu di Maluku.. kalau yang ada cuma matulesy. heran dapa sumber dari mana???
    beta orang asli Maluku,, turun temurun katong pung nenek moyang carita ttg segala hal,, jadi sepengetahuan b marga Lussy itu bukan asli marga dari Maluku..
    dan btl ini bukan soal agama.. tp soal fakta dari mana marga itu ???

  7. felix, on October 18, 2011 at 5:37 am said:
    marga lussy ……seng ad marga itu di maluku…!!!!
    beta baru dengar ni,,,,
    astaga ni sumber dari mana ,,,tolong dipertanggung jawabkan,,,
    jangan sembarang pasang marga yang seng ada di maluku…..
    pembohongan publik …..!!!!
    ini bukan masalah kristen atau islam…ini masalahnya apakah sejarah nama/marga tersebut dikenal oleh orang maluku….?????

    andre, on October 20, 2011 at 3:28 pm said:

    lussy?? z ad marga itu di Maluku.. kalau yang ada cuma matulesy. heran dapa sumber dari mana???
    beta orang asli Maluku,, turun temurun katong pung nenek moyang carita ttg segala hal,, jadi sepengetahuan b marga Lussy itu bukan asli marga dari Maluku..
    dan btl ini bukan soal agama.. tp soal fakta dari mana marga itu ???

    kalo bukan masalah agama, so ngepain beta capek2 nulis artikel ini di sini??

    kalo bukan masalah agama, so buat apa beta capek2 bikin blog kritik agama karosetan di sini???

    mau pattimura ambon kek. jawa kek. batak kek. portugis kek. ga masalah.

    yg jadi bobot di sini adl, itu pattimura kita punya pahlawan, agamanya opo???

    tolong itu aja yg dibahas.

    okeeee???

    lagi pula, kalo kita ngebahas marga dari bangsa mana aja, pasti ga akan selesai2 ….. krn pengetahuan setiap individu itu berbeda mengenai hal ini.

    ada marga yg dulu ada tp skg ga ada lagi.
    begitu juga kebalikannya.

    ada juga marga nya tetep ada jaman dulu dan skg, tapi namanya dah ganti krn kebanyakan tsunami ….

    gitu fren ……

    • ngikut bro, yg jelas gak mungkin Pattimura kristen. masak jeruk makan jeruk alias kristen vs kristen.

  8. kayak gini aja diperdebatkan,gak suka sama agama kristen?,diem aja,nggak suka sama agama muslim?,diem aja,
    selama kalian nulis comment-comment sadis disini,kalian lupa Tuhan ya?,lupa sama ajaran Nya?
    pantes aja Indonesia nggak maju,nggak tau malu,nggak mau damai,Negara lain,beda agama aja santai-santai aja,kenapa cuma di Indonesia aja ya yang aneh?
    KOPLAK!

  9. amadea, on November 13, 2011 at 10:16 am said:
    kayak gini aja diperdebatkan,gak suka sama agama kristen?,diem aja,nggak suka sama agama muslim?,diem aja,
    selama kalian nulis comment-comment sadis disini,kalian lupa Tuhan ya?,lupa sama ajaran Nya?
    pantes aja Indonesia nggak maju,nggak tau malu,nggak mau damai,Negara lain,beda agama aja santai-santai aja,kenapa cuma di Indonesia aja ya yang aneh?
    KOPLAK!

    yea jelas laaaaa kita perdebatkan ….
    karena ini masalah kehormatan suatu umat!

    kita harus berpijak pada objektivitas, nek!

    kita disuruh diem aja??

    jadi, org2 kapir karosetan yg berbuat propaganda bhw pattimura itu adl kristen (yg pdh muslim) so kami muslim harus diem ajah??

    enak di kamu yaaaa???

    lagian, ngepain kamu2 hay org kristen MEMANPULASI SEJARAH/?

    kamu tidak rela pattimura itu muslim kan?? kenapa???

    kalo kamu suruh kamui muslim diem aja, maka mengapa kamu SEJAK AWAL TIDAK DIEM AJA?

    kamu kan yg sejak awal gradak-gruduk bikin teori bhw pattimura adl kristen???

    lancang banget kau ngomong!!!!

    • yea jelas laaaaa kita perdebatkan ….
      karena ini masalah kehormatan suatu umat!-taken from islam this comment-

      kehormatan umat?,berarti bukan kehormatan buat Tuhan dong:D
      satu kata aja,maaf,kamu egois

      cari kehormatan buat diri kamu sendiri:D

      uwooo,
      kamu kan yg sejak awal gradak-gruduk bikin teori bhw pattimura adl kristen???
      lancang banget kau ngomong!!!!-taken from islam this comment-

      waaaah,hebat,sekarang ngomong nya mulai ngalor ngidul:D

  10. amadea, on November 19, 2011 at 11:18 am said:
    yea jelas laaaaa kita perdebatkan ….
    karena ini masalah kehormatan suatu umat!-taken from islam this comment-

    kehormatan umat?,berarti bukan kehormatan buat Tuhan dong:D
    satu kata aja,maaf,kamu egois

    cari kehormatan buat diri kamu sendiri:D

    uwooo,
    kamu kan yg sejak awal gradak-gruduk bikin teori bhw pattimura adl kristen???
    lancang banget kau ngomong!!!!-taken from islam this comment-

    waaaah,hebat,sekarang ngomong nya mulai ngalor ngidul:D

    trus, KELAKUAN org2 karosetan yg memanipulasi sejarah, pattimura yg muslim dibilang kristen, apa engga egois tuh??

    org2 kristen yg memanipulasi sejarah, mereka melakukannya, utk kehormatan tuhan, ato untuk kehormatan umat kristen??

    org2 karosetan yg memanipulasi sejarah, bukankah mrk sedang mencari kehormatan buat diri mereka sendiri, dg mengorbankan fakta, DAN HAK KAUM MUSLIM??

    tolol!!!

    —————

  11. tolol?

    wahahahahahaha

    bukan nya kamu ya yang cari kehormatan buat diri kamu sendiri dengan bikin artikel kayak gini?

    Hak kaum muslim?,inget di Indonesia,kalian agama mayoritas
    dan tolong,jangan bawa-bawa nama umat islam kesini,mereka udah terlalu baik buat di jadiin bahan perdebatan kamu

    satulagi,saya ngomong,kamu yang egois,bukan umat islam:D

  12. amadea, on November 22, 2011 at 10:50 am said:
    tolol?

    wahahahahahaha

    bukan nya kamu ya yang cari kehormatan buat diri kamu sendiri dengan bikin artikel kayak gini?

    Hak kaum muslim?,inget di Indonesia,kalian agama mayoritas
    dan tolong,jangan bawa-bawa nama umat islam kesini,mereka udah terlalu baik buat di jadiin bahan perdebatan kamu

    satulagi,saya ngomong,kamu yang egois,bukan umat islam:D

    males ah, ngorbolll sama kamu!!!

    muter2 ajah!!!!

    dari A ke B, eh balik lagi ke A. percuma.

  13. yakin nih?
    hahaha

    wahahahaha,
    kamu nyadar nggak dari tadi kamu yang muter-muter?

    • Intinya gak mungkin jeruk makan jeruk alias kristen vs kristen.
      udh mudeng neng??

    • dalam buku sejarah tidak pernah dikatakan bahwa yg berjuang melawan Ambon adalah ahmad lussy atau sapa kek,, tp THOMAS MATULESSY ..
      tau malu dong,, orang asli ambon yg bela tanah air,, bukan orang pendatang !!
      kalian para muslim cuma datang dengan kemunafikan yg tersembunyi dalam wajah kalian yg ingin menghancurkan kita orang ambon !!
      dasaaarrrrrr,, MUNAFIIIKKKKKK ..
      lihat,, kasus yg kemaren,, siapa yg membunuh sopir anggkot kudamati kalau bukan kalian,, asu !!!

    • @patimura

      hei orgil (orang gila) belajar sejarah dulu bos, dulu maluku pny kerajaan Islam Ternate & Tidore.
      gara2 org2 bule penjajah org2 islam pd dimurtadkan!! pelajaran sejarahnya dpt nilai brp??

      Emangnya yg suka bikin kerusuhan di Maluku siapa kalo gak RMS kristen, dasar kaum pemberontak hrsnya kalian dibumihanguskan.
      Udh berabad-abad dikasih nafas di negeri muslim msh belagu ente!!!

  14. Pattimura, on December 16, 2011 at 9:12 am said:

    dalam buku sejarah tidak pernah dikatakan bahwa yg berjuang melawan Ambon adalah ahmad lussy atau sapa kek,, tp THOMAS MATULESSY ..
    tau malu dong,, orang asli ambon yg bela tanah air,, bukan orang pendatang !!
    kalian para muslim cuma datang dengan kemunafikan yg tersembunyi dalam wajah kalian yg ingin menghancurkan kita orang ambon !!
    dasaaarrrrrr,, MUNAFIIIKKKKKK ..
    lihat,, kasus yg kemaren,, siapa yg membunuh sopir anggkot kudamati kalau bukan kalian,, asu !!!

    dalam buku sejarah?
    buku sejarah yg mana, fren???
    buku sejaran VERSI PEMERNNTAH?
    buku sejarah VERSI ORANG KRISTEN sendiri??

    justru artikel ini berangkat dari PEMBONGKARAN kepalsuan thd penyusunan sejarah palsu yg dilakukan org2 karosetan yg TIDAK SUKA islam memberi kontribusi thd ambon….. faham, fren???

    yg jelas, tolong kamu renungkan.
    dalam sejarahnya, ditulis bhw salah satu hal yg membuat pattimura marah dan berperang melawan belanda adl KRN IA MELIHAT MUSLIM2 AMBON DI-KRISTENKAN PAKSA ……..

    dari sini saja sudah terlihat bhw sebenarnya PATTIMURA ITU ADALA MUSLIM!

    apakah mungkin, kalo kita berfikiran bhw pattimura adl kristen, lantas ia marah2 dan angkara murka ketika melihat muslim2 ambon dikpaksa murtad?? bukankah sebenarnya, seorang kristen itu PASTI SENANG DAN ANTUSIAS jika melihat ada muslim yg dipaksa murtad???

    kalo pattimura itu kristen, SEHARUSNYA IA MALAH SENANG MELIHAT muslim2 ambon dipaksa murtad. bukan kebalikannya…….!!!

    faham, fren????

    maka jelaslah, bhw PATTIMURA ADL MUSLIM.

  15. It doesn’t matter what his religion is, BULLSHIT.

    PROUD TO BE A MOLUCCAN!!!!!!

    • setujuuuu,

      sedikit aja,ketawa juga sih baca semua comment nya,

      Pandangan ini tentunya berbeda dengan Negara-negara yang memiliki jumlah muslimnya sedikit. Minoritas agama rupanya bisa mempersatukan ber-Islam-nya seseorang. Sebut saja Amerika misalnya. Di Negeri Paman Sam ini keberadaan muslim sangat minoritas. Kurang lebih jumlahnya hanya mencapai 8 juta orang saja. Jumlah sebanyak itu terdiri dari berbagai aliran golongan (firqoh), namun mereka bisa hidup berdampingan antara satu dengan yang lainnya.
      taken from:http://www.jelajahbudaya.com/kabar-budaya/problem-muslim-mayoritas.html?quick_view=1

      di amerika aja,agama itu ga dipermasalahkan

      malu woy,malu,ngga sadar kalo artikel yang ada dan comment nya udah di baca sekitar milyaran orang,jangan harap ya dengan ada nya artikel ini,orang bakal simpatik dengan agama yang ada di Indonesia,orang-orang nggak bakal peduli,malah bakalan ngomong “this people are insane!”
      kayak gini tuh cuma bisa bikin ancur bangsa tau ngga,nambah perpecahan,pake bawa-bawa ras dan daerah segala,nggak malu?

    • Di amrik islam emang minoritas, but Insyaallah 10 th lg akan jd mayoritas. bung or neng amadea kalo tertarik properti murah di amrik tinggal cari church yg dijual murah coz udh pd kosong. Mbah paus vatican aja mengakui bahwa agama Islam mengalami perkembangan pesat dlm jmlh penganutnya

  16. Damai itu indah, berpikir jernih itu agung, bertoleransi itu elegan…
    hilangkan segala propaganda…
    Semoga ALLAH SWT melindungi persaudaraan kita..
    Amiiin,,,

  17. amadea, on January 25, 2012 at 2:41 am said:

    setujuuuu,

    sedikit aja,ketawa juga sih baca semua comment nya,

    Pandangan ini tentunya berbeda dengan Negara-negara yang memiliki jumlah muslimnya sedikit. Minoritas agama rupanya bisa mempersatukan ber-Islam-nya seseorang. Sebut saja Amerika misalnya. Di Negeri Paman Sam ini keberadaan muslim sangat minoritas. Kurang lebih ju …. dst

    jangan lari dari masalah pokok, kawan ….
    .tolong sebut dulu, itu si pattimura, islam ato kristen???
    .
    kalau pattimura itu adl muslim tapi diberitakan KRISTEN OLEH kubu kristen, maka APAKAH muslim TIDAK BERHAK UNTUK KLARIFIKASI???

  18. Sekilas tentang Marga Lussy (Hualoy)

    Negeri Hualoy ( Ina Ama Tuni Siwalete Sarimetene / Samaohi Ririnita ) adalah salah satu negeri adat di Maluku yang berada tepat di wilayah tiga batang air (Tala Eti Sapalewa), menurut para sejarahwan dari pusat tiga batang air (Nunusaku) inilah semua negeri-negeri adat di Maluku berasal.
    Negeri Hualoy didirkan oleh Kapitan Russy dan Kapitan Ratu Tubaka, mereka berasal dari nunusaku bersama adik-adiknya, Kapitan Tuasaya mendirikan Negeri Lealohi Samasuru (Aboru), Kapitan Pattisinar mendirikan Negeri Samahu Amalatu (Booi) dan Kapitan Tuaselei mendirikan Negeri Leamoni Kamasune (Kariu). Bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah negeri Hualoy, bahasa alune dan bahasa Indonesia. Sistem pemerintahan adat yang dianut adalah patasiwa. Berkedudukan tepat pada wilayah Kecamatan Kairatu Timur Kabupaten Seram Bagian Barat dengan batas-batas negeri sebagai berikut :
     Sebelah utara berbatasan dengan Negeri Hunitetu
     Sebelah selatan berbatasan dengan laut Banda
     Sebelah timur berbatasan dengan Negeri Elpaputih
     Sebelah barat berbatasan dengan Negeri Latu
    Dalam sistem pemerintahan adat saniri tiga batang air, Negeri Hualoy ( Ina Ama Tuni Siwalete Sarimetene ), Negeri Kaibobu ( Ina Ama Tahisane Poput Samale ), Negeri Elpaputih ( Ina Ama Tahisane Pesihalule ), Negeri Kairatu ( Ina Ama salibubui ), Negeri Watui ( Ina Ama Sailewoi), serta angkotanya Negeri Huku Kecil dan Huku Anakota (Moin Nikwele), Negeri Lohia Tala ( Lohie ), Negeri Tihulale ( Amalessy Risapory Sariata ), Negeri Makariki (Siwalete Maatita), Negeri Amahai (Lounussa Maatita), Negeri Soahuku (Riripori Kalapessy) dan Negeri Wasia (Mauwen Tinai), yang berada diwilayah air Tala (Sungai Tala) membentuk suatu persekutuan adat yang sudah sejak dahulu kala dengan nama Ina Ama Talabatai dan Negeri Hualoy adalah pemimpin Talabatai.
    Negeri Hualoy juga memiliki ikatan pela dengan Negeri Amahusu, Negeri Laha, Negeri Hatalai dan Negeri Hukurila di pulau Ambon, Negeri Itawaka di pulau Saparua, serta juga memiliki hubungan wari wa dengan negeri-negeri yang ada di pesisir air tala.
    Saat ini negeri Hualoy di huni oleh kelompok masyarakat yang heterogen karena selain masyarakat asli, juga terdapat kelompok masyarakat pendatang yang berasal dari Buton, Bugis, Sumatera dan juga negeri-negeri lain yang ada di Maluku.
    Terdapat 3 soa besar yaitu soa Tubaka (Makairio) yang terdiri dari mata rumah kokino, tukan, toule, wakanno, samallo, amanoupunyo, huwawaiputih dan sabre. Soa Lussy (Riaullo) terdiri dari mata rumah pellu, unupu, taruna, kayare, lepenuhu, sero dan ohorella, serta mata rumah Hehanussa (Perio) terdiri dari mata rumah hehanussa titaway, wattimena, sallatalohi dan wael.
    Negeri ini memiliki kekayaan budaya dan situs bersejarah, salah satu diantaranya tarian make putih yang menceritrakan kisah pahlawan-pahlawan dari negeri Hualoy dalam mengusir penjajah belanda. Hasil wawancara penulis dengan tokoh sejarah Nurdan Lussy ia mengatakan bahwa kalau sejarahwan di Maluku jujur maka mereka akan mengatakan bahwa Kapitan Pattimura pahlawan asal Maluku ia berasal dari Negeri Hualoy dengan nama aslinya Ahmad Lussy. Terdapat juga benteng tua yang dibangun dari batu karang pantai oleh 99 negeri yang berada di wilayah tala, eti, sapalewa untuk pertahanan melawan penjajah Belanda, benteng tua ini diberi nama punaka sana rua, dilengkapi dengan meja sidang dari batu untuk persidangan adat saniri tiga batang air.
    Masjid tua Lawataka dan masjid Zainal Abidin yang masih berdiri kokoh ditengah-tengah negeri membuktikan bahwa mayoritas penduduk beragama Islam. Mata pencaharian sebagian besar adalah petani dan nelayan. Komoditas andalan adalah damar (Agatis), cengkeh, pala, kelapa, dan kakao (cokelat). Hasil penelitian dari dinas pertambangan dan energi Kabupaten Seram Bagian Barat, ternyata negeri ini juga memiliki aneka macam tambang, yaitu nikel, gas, minyak bumi, emas serta juga memiliki sumber daya alam yang berlimpah ruah.

    Sumber : Jabal Samallo

    • jabal samalo begoooo… @ kathuan bngt pengen promosi desa hualoy….
      emang betuL PATTIMURA muslim tp bukan LUssy….
      mana ada PATTIMURA namanya Lussy…
      kalian itu di hualoy bukan desa adat, kalian tidak masuk dalam kategori desa adat, logikanya bgaimna mungkin pattimura berasal dari kalian sedangkan kalian itu di yg bru di bentuk desa pendatang….
      yang masuk kal dikit lah….
      apa kalian orng hualoy ada yg mempunyai marga PATTIMURA…..,gak khn….????? kasian bngt kalian orng hualoy, mengaku” dan mengira”,
      kalian orng” hualoy pemikiran terlalu dangkal, kalian seharusnya malu besar sama desa LATU, desa di mana kalian di beri izin tinggal sm mereka, kalau mau jujur desa LATU lah PATTIMURA itu berasal, tapi desa LATU tidak pernah mempersoalkan hal itu….
      kalian mengaku” PATTIMURA Lussy…semua orng ketawa kalian dodol……hahhahhahaha
      Lussy dari hongkong….orng” juga gak kenal Lussy dari mana…hahhahahhahahhahhahaha
      suit..suit….suit…..
      kalian orng hualoy masih AMATIRAN dalam MEMBUAT SEJARAH PALSU, SEJARAH yg mengira”, SEJARAH KEBOHONGAN BESAR…..
      Lussy nenek moyang Lu….
      orng ambon semua menertawakan kalian……
      kalian hanya orng bodoh yg br bljr brbcra sedikit sudah sok pinter yg Lebay bngt….huhu….huh….
      menjijikan….memalukan….bikin malu islam ajha kalian…..
      islam itu agama yg bik, bukan islam seperti kalian, islam apa yg suka mengaku” sejarah yg samasekali tidak di ketahuinya…..
      kalian orng hualoy sadarlah dengan REKAYASA KEBOHONGAN BESAR kalian…malu sedikit sama tetangga kampung sebelah kalian desa LATU…..desa yg di mna banyak anak cucu yg memikul nama besar PATTIMURA dalam darahnya….
      mereka samasekali tidak tertarik untuk mengungkit” masalah PATTIMURA, tau” ehh….mal;ah kalian yg pendatang di beri izin tinggal di petuanan LATU jd ngaku” PATTIMURA berasal dari kalian…..
      MASYA ALLAH…subhanALLAH……ASTAGFIRULLAH…..
      BERTOBATLAH KALIAN ORANG HUALOY, SDARLAH, KALIAN ITU SEMUA PENDATANG…..SADARRRRRR….SADAR……..

    • dear @Brayn Albarn Al-Idrus II ….

      buat saya pribadi (Islamthis), yg terpenting adl APA AGAMA PATTIMURA. saya tidak mempermasalahkan latar belakang suku ato kampungnya …

      dan saya sangat yaki nsekali bhw pattimura adl muslim.

      terima kasih.

  19. Thomas Matulessy,pada waktu pemberontakan saparua,para raja2 dan Tua2 Saparua berkumpul di belakang Rumah Residen Van den berg untuk berunding siapa yg akan memimpin pemberontakan.sebab,pada waktu itu rakyat telah mengalir dari segala penjuru saparua sambil memukul tifa dan menari cakalele dan mengepung benteng Duurstede,lalu muncul lah nama Thomas MAtulessy untuk memimpin pemberontakan.mengapa matulessy,,,,,,,,?? karna dia pernah Menjabat Kapten pada masa Penjajahan inggris dan oleh karna itu mempunyai pengetahuan tentang senjata api.lalu matulessy membakar semangat massa dengan mengatakan bahwa yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB MAZMUR ADALAH BELANDA.lalu malam itu juga rakyat saparua menyerbu Benteng dan Menewaskan Seluruh penghuninya.
    Bantuan datang dari ambon,pasukan berjumlah sekitar 300 di bawah Pimpinan MAyor Beeces mendarat di pantai way asil,tapi matulessy dan pasukannya memukul kalah pasukan itu sehingga yg melarikan diri ke kapal berjumlah 13 orang,Beeces pun Tewas.
    logikanya setelah belanda keluar dari saparua,Matulessy bisa saja kembali masuk islam jika memang dia seorang islam
    .
    Diatas ada yg memperdebatkan Buku sejarah yg ditulis Orang kristen dan pemerintah.apakah pemerintah yg terdiri dari orang jawa itu bukan islam,,,,??

    Kalo soal agama :

    1. pulau kesui teor pada waktu rusuh mengalami Islamisasi yg dilakukan oleh pasukan jihad itu fakta yg sengaja ditutupi.apakah agama islam memang mengajarkan seperti ini,,,,,,?? Penduduk kesui yg Khatolik di suruh berbaris lalu di sunat,baik laki laki maupun perempuan.
    kejahatan macam apa ini,,,,,,,,,

    2.Penutupan gereja gereja di jawa,Pemboman pada malam natal.penikaman pendeta,penembakan pendeta di poso.
    di lakukan oleh siapa ya,,,,,,,??

    3,katanya Laskar jihad datang karna ingin menjaga keutuhan NKRI dari ancaman separatis seperti RMS.tapi jika kasus GAM di aceh,Laskar jihad kelihatannya diam.padahal banyak orang muslim yg menjadi korban..

    4.baru baru ini ditemukan ajaran NII di pesantren AL Zaitun,ayo LJ,ini pun ancaman separatis.

    terakhir untuk para pemutar balik fakta saya berpesan hati2 klo mau nulis sesuatu tentang sejarah rakyat maluku.takutnya jangan sampai ada yg nulis Bahwa Kristina Martha Tiahahu juga beragama islam,

  20. Jefry, on February 9, 2012 at 8:56 am said:

    Thomas Matulessy,pada waktu pemberontakan saparua,para raja2 dan Tua2 Saparua berkumpul di belakang Rumah Residen Van den berg untuk berunding siapa yg akan memimpin pemberontakan.sebab,pada waktu itu rakyat telah mengalir dari segala penjuru saparua sambil memukul tifa dan menari cakalele dan mengepung benteng Duurstede,lalu muncul lah nama Thomas MAtulessy untuk memimpin pemberontakan.mengapa matulessy,,,,,,,,?? karna dia pernah Menjabat Kapten pada masa Penjajahan inggris dan oleh karna itu mempunyai pengetahuan tentang senjata api.lalu matulessy membakar semangat massa dengan mengatakan bahwa yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB MAZMUR ADALAH BELANDA.lalu malam itu juga rakyat saparua menyerbu Benteng dan Menewaskan Seluruh penghuninya.
    Bantuan datang dari ambon,pasukan berjumlah sekitar 300 di bawah Pimpinan MAyor Beeces mendarat di pantai way asil,tapi matulessy dan pasukannya memukul kalah pasukan itu sehingga yg melarikan diri ke kapal berjumlah 13 orang,Beeces pun Tewas.
    logikanya setelah belanda keluar dari saparua,Matulessy bisa saja kembali masuk islam jika memang dia seorang islam

    ohya……?
    .
    pertama, saya tidak mengerti kisah ini secara fakta historis. Jadi, apapun yang kamu katakan itu, masih mempunyai kemungkinan DIRAGUKAN.
    .
    Kedua, saya hanya berpatokan kepada logika. Sekali lagi, logika.
    Kamu tulis, bahwa pattimura kata, “yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB MAZMUR ADALAH BELANDA”. Dan kemudian kamu lanjut dengan assert, bahwa dengan demikian pattimura adalah seorang non Muslim.
    .
    Coba kamu perhatikan gaya bahasa sang pattimura, >> yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB MAZMUR ADALAH BELANDA.
    .
    Apakah kamu tidak merasa, bahwa ucapan pattimura itu 100% bergaya bahasa kaum Muslim, alias bergaya bahasa kehadisan?
    .
    Saya bisa kata, bahwa BISA JADI pattimura berkata bahwa “yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB Alquran ADALAH BELANDA”. Namun oleh penulis sejarah Ambon yang Kristen, kata Alquran diubah menjadi mazmur.
    .
    Tidak mungkin ada orang Kristen yang mempunyai cara berfikir dan gaya berbahasa seperti itu, kecuali kaum Muslim. Sejak kapan syh orang Kristen mempunyai wacana tentang siapa-siapa yang fasik? Apakah Gereja mempunyai definisi untuk kata fasik ini?
    .
    Tidak ada bukti, tidak ada saksi yang mengkonfrmasi bahwa pattimura menyebutkan “mazmur” (atau juga Alquran), kan?
    Kalau ada bukti jelas, tolong share di sini. Itu akan sangat membantu.
    .
    Ketiga.
    Wong dah jelas kok, setidaknya kala itu, Ambon masih mayoritas Muslim. Apakah sejak lama Ambon itu mayoritas Kristen, atau setidaknya 50-50? Endak, kan? Lantas, mengapa Ambon yang Muslim itu memilih pattimura yang Kristen sebagai pemimpin perang mereka?
    .
    Itu pun, bahkan kita bisa bilang, bahwa Kristen di Ambon adalah hasil proyek Kristen paksa yang diterapkan oleh belanda atas kaum Muslim Ambon.
    .
    Logikanya saja, mana mungkin pejuang Ambon yang Muslim itu memilih orang Kristen untuk menjadi pemimpin mereka memerangi belanda?
    .
    Analisa kamu tumpul, brur!
    .
    Coba kamu baca artikel saya ini, berkenaan dengan dasar logika bahwa pattimura itu adalah warga Gereja. Klik saja,
    http://islamthis.wordpress.com/2011/10/05/misi-gereja-adalah-berbohong/
    .
    trus, pada bagian terakhir, kamu tulis,

    logikanya setelah belanda keluar dari saparua, Matulessy bisa saja kembali masuk islam jika memang dia seorang islam

    Jadi, yang bener yang mana nyh?
    .
    Pattimura adalah Muslim?
    .
    Atau pattimura adalah non Muslim?
    .
    Atau pattimura adalah Muslim yang murtad?
    .
    Kok jadi tambah membingungkan, ya?

    Diatas ada yg memperdebatkan Buku sejarah yg ditulis Orang kristen dan pemerintah. Apakah Pemerintah yg terdiri dari orang jawa itu bukan islam,,,,??

    Kamu ga usah bingung-bingung deh …
    .
    Buku sejarah Ambon versi Pemerintah adalah buku yang ditulis oleh orang Kristen, yang mana di buku itu tertulis bahwa pattimura adalah orang Kristen.
    .
    Masalah pertama.
    Kaum Muslim khususnya dari kalangan sejarawan kala itu tentunya tidak perduli alias belum mempunyai perhatian serius atas objektivitas sejarah luar Jawa. Artinya, Pemerintah kala itu setuju saja dengan sejarah Ambon versi pattimura Kristen ini. Dengan kata lain, Pemerintah kala itu menyetujui versi itu di dalam keadaan mata tertutup.
    .
    Masalah kedua.
    Mungkin saja sejarawan nasional ingin mengoreksi apa yang ditulis oleh sejarawan Kristen mengenai Ambon ini. Namun bukankah itu nanti akan jadi berujung pada masalah SARA? So buat apa?
    .
    Tidak usahlah kala itu. Masa sekarang pun, Pemerintah RI tetap tidak berniat untuk meluruskan sejarah agama pattimura yang Islam ini, karena toh itu tidak penting. Yang terpenting adalah kerukunan umat beragama.

    1. pulau kesui teor pada waktu rusuh mengalami Islamisasi yg dilakukan oleh pasukan jihad itu fakta yg sengaja ditutupi.apakah agama islam memang mengajarkan seperti ini,,,,,,?? Penduduk kesui yg Khatolik di suruh berbaris lalu di sunat,baik laki laki maupun perempuan.
    kejahatan macam apa ini,,,,,,,,,

    well, kasus itu adalah bagian tidak terpisahkan dari kasus kerusuhan Ambon yang dimulai oleh orang Kristen Ambon untuk memusnahkan Muslim dari tanah Ambon. Artinya ini adalah perang.
    .
    Di dalam perang, ada menang, ada kalah doong ….
    .
    Saya jadi ingin tanya. Mengapa Kristen Ambon tega2nya memulai dan membantai kaum Muslim tepat di hari idul fitri?

    2.Penutupan gereja gereja di jawa, Pemboman pada malam natal.penikaman pendeta,penembakan pendeta di poso.
    di lakukan oleh siapa ya,,,,,,,??

    penutupan Gereja2.
    .
    >> kamu harus faham, bahwa di NKRI ini ada peraturan tertentu di dalam pendirian rumah ibadah. Ada SKB nya. Kurang ajarnya, pihak Kristen selalu menyalahi aturan tersebut. Pembakaran dan penutupan menjadi satu-satunya tindakan yang logis untuk mengantisipasi hal tersebut. Faham?
    .
    Pemboman Gereja pada malam natal.
    >> kasus tersebut adalah percikan dari kekurangajaran Barat terhadap masalah Tiimur tengah di mana Barat selalu memihak kepada Israel dan menyengsarakan Palestina. Terkhusus lagi adalah, kekurangajaran Barat / Amerika di dalam cara mereka menyelesaikan kasus 9/11. Kasus 9/11 itu sendiri bermula dari kekurangajaran Barat / Amerika di dalam hal konflik Palestina.
    .
    Kamu sebagai orang Kristen tidak bisa mengelak dengan mengatakan bahwa umat Kristen tidak ambil bagian di dalam konflik Palestina. Faktanya, semua orang Kristen, karena pengaruh Alkitab Perjanjian lama, memihak Israel, bukan?

    3,katanya Laskar jihad datang karna ingin menjaga keutuhan NKRI dari ancaman separatis seperti RMS. tapi jika kasus GAM di aceh, Laskar jihad kelihatannya diam. padahal banyak orang muslim yg menjadi korban..

    Terserah laskar jihad!
    .
    RMS itu memusuhi Islam, pir! Sementara GAM tidak memusuhi Muslim.

    4.baru baru ini ditemukan ajaran NII di pesantren AL Zaitun,ayo LJ,ini pun ancaman separatis.

    Apa hubungan nya antara Islam dan pemurtadan?

    terakhir untuk para pemutar balik fakta saya berpesan hati2 klo mau nulis sesuatu tentang sejarah rakyat maluku.takutnya jangan sampai ada yg nulis Bahwa Kristina Martha Tiahahu juga beragama islam,

    Ga minat!

    • islamthis, on February 10, 2012 at 7:37 am said: .

      pertama, saya tidak mengerti kisah ini secara fakta historis. Jadi, apapun yang kamu katakan itu, masih mempunyai kemungkinan DIRAGUKAN.
      .
      Kedua, saya hanya berpatokan kepada logika. Sekali lagi, logika.
      Kamu tulis, bahwa pattimura kata, “yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB MAZMUR ADALAH BELANDA”. Dan kemudian kamu lanjut dengan assert, bahwa dengan demikian pattimura adalah seorang non Muslim.
      .
      Coba kamu perhatikan gaya bahasa sang pattimura, >> yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB MAZMUR ADALAH BELANDA.
      .
      Apakah kamu tidak merasa, bahwa ucapan pattimura itu 100% bergaya bahasa kaum Muslim, alias bergaya bahasa kehadisan?
      .
      Saya bisa kata, bahwa BISA JADI pattimura berkata bahwa “yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB Alquran ADALAH BELANDA”. Namun oleh penulis sejarah Ambon yang Kristen, kata Alquran diubah menjadi mazmur.
      .
      Tidak mungkin ada orang Kristen yang mempunyai cara berfikir dan gaya berbahasa seperti itu, kecuali kaum Muslim. Sejak kapan syh orang Kristen mempunyai wacana tentang siapa-siapa yang fasik? Apakah Gereja mempunyai definisi untuk kata fasik ini?
      .
      Tidak ada bukti, tidak ada saksi yang mengkonfrmasi bahwa pattimura menyebutkan “mazmur” (atau juga Alquran), kan?
      Kalau ada bukti jelas, tolong share di sini. Itu akan sangat membantu..

      Untuk saudara Islamthis :

      penjelasan yg sangat aneh,

      Pertama saya ingin mengatakan jawaban anda seperti anak SD yg baru belajar,.apakah anda pikir bahwa kalimat fasik hanya ada dalam kitab anda,,,,,,?? wow rupanya sekarang anda hendak mengklaim kata fasik milik kitab anda.bukankah kalian selalu menggunakan kata “kafir”,,,,,??

      kedua,Mengenai kisah Perlawanan Matulessy saya sarankan anda banyak membaca buku-buku biografi history.anda tdk akan memahami Sejarah rakyat Maluku hanya dengan mempelajari penelitian para ahli.
      biar anda ga buta sejarah,Silahkan cari dan baca ni buku “TERIAKAN KAKATUA PUTIH”biar anda paham.
      Trus mengenai penulis sejarah ambon yg kristen,yg katanya mengubah alquran mejadi mazmur,KLO BOLEH TOLONG SEBUTKAN NAMANYA SERTA BUKU ATAU TOPIK TULISAN YG MEMBUKTIKAN BAHWA PENULIS KRISTEN INI TELAH MEMANIPULASI ALQURAN MENJADI MAZMUR.sekali lagi tolong di cari .

      ketiga,mengenai pejuang ambon yang muslim,,,,,?? baru dengar tu,,,,
      perlu anda tau pada waktu penjajahan Belanda di saparua,kebanyakan Rakyat yg dikristenkan itu masih menganut aliran Animisme/Dinamisme.
      dan itu terjadi semasa penjajahan Portugis dan Spanyol.agama Kristen dipaksan terhadap muslim maluku,,,,,?? mohon cantumkan link independen yg menatakan demikian.bukannya link yg berbau islam.

      Keempat,kaum muslim atau para sejarahwan tidak perduli terhadap sejarah di maluku,karena memang sejarah tentang Patimura sudah benar.apanya yg mau dikoreksi,,,,,?? anda juga mengatakan Bahwa MUNGKIN SAJA para ahli ingin mengoreksi sejarah maluku tetapi takut peristiwa 99 terulang kembali.hati hati dgn kalimat MUNGKIN SAJA kawan,disini anda harus Persepsi yg detail,jangan menggunakan Hipotesis dan retorika.

      kelima,mengenai Kasus islamisasi di kesui teor memang dalam perang kalah menang itu biasa.tapi memaksa orang pindah agama apakah itu biasa,,,,,,?? apakah menyunati orang tua tanpa perduli tentang rasa sakit yg luar biasa juga hal yg biasa,,,,,,?? dan apakah agama anda mengajarkan demikian.,,,,,,,??

      keenam,pergerakan massa yg nyata terjadi saat ada isu yg mengatakan bahwa masjid Al Fatah di ambon telah dibakar.ini yg menyebabkb umat islam Jazirah Lehitu datang ke kota ambon dgn maksud untuk berlebaran.sekali lagi datang berlebaran ke kota ambon DENGAN MEMBAWA SENJATA TAJAM.dan langsung menyerang umat kristen ambon pada saat Lebaran tersebut karna mendengar isu tersebut.akibatnya umat kristen melakukan serangan balasan yg dilakukan saat masih dalam suasana lebaran.akibatnya,media media nasional yg memang orang muslim menuliskan terjadi pembantaian terhadap muslim manado saat Idul Fitri.

      so siapa yg salah,,,,,,,,????

      Ketujuh,mengenai penutupan,gereja,kalaupun ada aturan atau SKB yg dilanggar,mengapa tak melapor pada pemerintah yg kebanyakan orang muslim saja,biar mereka yg menutup tempat ibadah tersebut.klo cuma ditutup berarti memang niat ormas islam baik,yaitu menginginkan segala masalah administrasi tempat ibadah diselesaikan terlebih dahulu.TAPI KLO SUDAH DI BAKAR,BUKANKAH INI MENANDAKAN BAHWA MEMANG ADA NIAT DARI ORMAS ISLAM UNTUK MELENYAPKAN UMAT KRISTEN DI JAWA,,,,,?? anda sempat mengatakan bahwa penutupan dan pembakaran gereja oleh berbagai ormas islam di jawa adalah hal yg logis.JADI APAKAH PEMBAKARAN GEREJA MERUPAKAN HAL YG LOGIS BAIK AGAMA YG KATANYA PECINTA DAMAI.,,,,,,,??

      kedelapan,apakah orang islam memang seperti anda,,,,?? ketika Pasukan jihad datang ke maluku dgn alasan menolong umat muslim yg katanya di aniaya oleh RMS,maka anda anda akan berkata,”kami umat islam indonesia mendukung pasukan jihad untuk berjihad dan membantu muslim ambon”.
      Tapi ketika Separatis GAM membunuh rakyat muslim di aceh yg katanya serambi mekah.anda mengatakan terserah LAskar jihad.walaupun menimbulkan korban jiwa umat muslim,selama
      GAM tdk memusuhi islam,tidak masalah.begitukah menurut anda,,,,,??
      jangan2 anda salah satu pendukung GAM.

      kesembilan,mengenai Kasus NII di pesantren AL Zaitun anda mengatakan bahwa “apa hubungan islam dengan Pemurtadan”.
      ya jelas adalah,APAKAH PESANTREN ITU TIDAK MENGAJARKAN ISLAM,,,,,??PERLU ANDA TAU BOM BALI YG DI LAKUKAN IMAM SAMUDRA CS ITU JUGA MENGATASANAMAKN JIHAD,APAKAH JIHAD BUKAN AJARAN ISLAM,,,,,??

      terakhir anda ga minat menulis tentang Kristina martha tiahahu karna memang dia seorang KRISTEN.ataukah saat ini anda sedang berpikir bagaaimana cara untuk memutarbalikan fakta bahwa kristina martha tiahahu itu islam.

      SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN BAHWA MATULESSY ADALAH SEORANG KRISTEN.

      salam pela gandong.

  21. Pertama saya ingin mengatakan jawaban anda seperti anak SD yg baru belajar,.apakah anda pikir bahwa kalimat fasik hanya ada dalam kitab anda,,,,,,?? wow rupanya sekarang anda hendak mengklaim kata fasik milik kitab anda.bukankah kalian selalu menggunakan kata “kafir”,,,,,??

    Kamu ini naif, ya?
    .
    Bukan pada kata /fasik/ ov /kafir/ -nya! Jelaslah semua kitabsuci / agama mempunyai kosakata /fasik/ ini.
    .
    Tp lebih pada susunan kalimatnya. Nada kalimatnya; gaya kalimatnya. Fahamkah dikau??
    .
    Gaya kalimat itu adalahy 100% gaya kalimat kaum muslim. Faham?
    .
    Jadi jelaslah sudah, dilihat dari gaya bahasa tsb, pattimura adl MUSLIM.

    kedua, Mengenai kisah Perlawanan Matulessy saya sarankan anda banyak membaca buku-buku biografi history. Anda tdk akan memahami Sejarah rakyat Maluku hanya dengan mempelajari penelitian para ahli.
    biar anda ga buta sejarah, Silahkan cari dan baca ni buku “TERIAKAN KAKATUA PUTIH”biar anda paham.

    Coba kamu perhatikan teks kamu yg saya bold-kan itu.
    .
    dengan mempelajari penelitian para ahli., bukankah hasil para peneliti dapat dijadikan sandaran pengetahuan??
    .
    Dus, saya ingin kamu beritehe saya. Itu buku TERIAKAN KAKATUA PUTIH berisi kisah apa?? Bisa share di sini??
    .
    Buat apa saya capek2 baca, kalo kamu sudah tehe isinya??

    Trus mengenai penulis sejarah ambon yg kristen, yg katanya mengubah alquran mejadi mazmur,KLO BOLEH TOLONG SEBUTKAN NAMANYA SERTA BUKU ATAU TOPIK TULISAN YG MEMBUKTIKAN BAHWA PENULIS KRISTEN INI TELAH MEMANIPULASI ALQURAN MENJADI MAZMUR.sekali lagi tolong di cari .

    Orak mudhenx!
    .
    Wong wes saya tulis, bahwa kalimat itu 100% BERGAYA KAUM MUSLIM. Kamu bahas saja dulu point saya itu.
    .
    Saya kan minta bukti otentik, bahwa pattimura menyebutkan /MAZMUR/, bukannya /ALQURAN/. Kamu bisa nggak?? Kok malah balik nanya ke saya?? Kamu kan sudah jerit2 ke saya bhw kamu tehe semua hal mengenai perjuangan rakyat maluku PLUS sejarah hidup pattimura?? SO, tunjukkan ke sini bukti otentik yg menjelaskan bhw pattimura menyebut /mazmur/, bukannya /alquran/. Bisa nggak?? Kalo ga bisa, udah, diem aja!

    ketiga, mengenai pejuang ambon yang muslim,,,,,?? baru dengar tu,,,,
    perlu anda tau pada waktu penjajahan Belanda di saparua, kebanyakan Rakyat yg dikristenkan itu masih menganut aliran Animisme / Dinamisme.
    dan itu terjadi semasa penjajahan Portugis dan Spanyol. agama Kristen dipaksan terhadap muslim maluku,,,,,?? mohon cantumkan link independen yg menatakan demikian. bukannya link yg berbau islam.

    Tidakkah itu aneh?
    .
    Di wikipedia, disebutkan bahwa kerajaan islam ambon itu memerintah ambon di abad 14-an sampe 16-an. >> http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Tanah_Hitu . Itu artinya, setidaknya islam sudah masuk ambon JAUH SEBELUM ABAD 14-AN.
    .
    Coba kamu baca ini,

    Fakta membuktikan bahwa sasaran penghancuran dan pembantaian adalah umat Islam. Orang Islam diklaim sebagai pendatang dan Islam dipandang sebagai agama asing, bukan agama penduduk asli. Padahal, kalau kita mau jujur pada sejarah, ternyata Islamlah agama yang lebih awal datang ke Ambon daripada Katholik atau Protestan yang dibawa penjajah Portugis dan Belanda. Dan harus dicatat bahwa Islam telah berhasil meletakkan fondasi kebudayaan Ambon dengan nuansa Islami.

    .
    Bangsa Eropa yang pertama sekali datang ke Maluku adalah Portugis (1511). Selain mengeruk kekayaan alamnya, mereka juga memperkenalkan agama Kristen. Pada tahun 1605 Belanda yang menganut Kristen Protestan merebut benteng Portugis dan mengusirnya.
    .
    Ketika terjadi perang reformasi di Eropa, orang Belanda yang Protestan memerangi dan membasmi orang-orang Portugis yang Khatolik. Karena itu, sampai tahun 1950 agama Protestan menjadi dominan di Ambon.
    .
    Namun, sekali lagi harus dicatat, bahwa Islam jauh lebih dahulu berkembang di Ambon. Islam mulai masuk ke daerah ini sejak abad ke 7. Sedangkan Khatolik abad ke 16. Protestan abad 17. Jadi yang meletakkan budaya kehidupan Maluku sebenarnya adalah Islam.
    .
    Tapi, sangat disayangkan, buku sejarah yang ada, sengaja diselewengkan. Dalam sejarah yang ditulis “Belanda” itu, hubungan Arab-Indonesia pada abad-abad awal itu dihilangkan. Seolah-olah Hindu dan China lebih dahulu yang datang ke Maluku. Padahal Thomas Arnold dalam buku The Preaching of Islam, menjelaskan, yang masuk lebih awal adalah bangsa Arab.
    .
    Nama Maluku sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yakni al-muluk. Penamaan yang bernuansa Arab itu dikarenakan yang membuat peta daerah Maluku adalah para sarjana geografi Arab. Tetapi setelah Belanda masuk, kata tersebut dirubah menjadi Maluku.
    .
    Di Maluku, sebelum kedatangan bangsa Eropa, Islam berkembang pesat, kerajaan Islam berdiri tegar, seperti Ternate, Tidore. Jadi Islam sebenarnya bukan agama baru di Maluku. Sejak abad 7-11 Maluku sangat ramai dikunjungi saudagar-saudagar Arab, Persia dan Gujarat. Selain berdagang mereka juga menyebarkan Islam sampai kepada raja-raja Maluku. Pada abad XV di bawah pengaruh Sultan Ternate, Tidore dan Hitu, Islam berkembang dengan pesat pada hampir seluruh pulau-pulau Maluku. Islam masuk dengan jalan damai, dan penuh kesejukan, tanpa kekerasan.
    .
    Sumber, http://www.mail-archive.com/islam@ssi1.ssi.global.sharp.co.jp/msg00178.html

    Jadinya dari sini kita bisa kata bhw ambon awalnya adl MAYORITAS MUSLIM. Kamu setuju ga???? Kalo kamu ga setuju, tolong sebutkan argumentasi kamu. Oke???
    .
    Saya baca di internet. Kakiali, tulukabessy, delele, mereka semua adl muslim >> .
    http://balagu.50webs.com/pahlawan/phmaluku/kakiali.html . Kalo kamu punya bukti otentik bhw mrk adl kapir bangsat jahanam spt kamu, tolong share di sini. Penting!

    .
    Pun, kamu tulis bhw portugis ov sapanyol hanya mengkristen orang ambon yg animisme dan dinamisme saja, alias kaum muslim TIDAK DIKRISTENKAN oleh porotugis dan sapanyol.
    .
    Ah, apa iya?? Semanis itukan orang2 porotugis dan sapanyol itu?? Di mana2 org porotugis dan sapanyol yg katholik tho’at itu membenci islam dan umatnya. Dan skg kamu ingin kata ke saya bhw porotugis dan sapanyol tidak berminat mengkristenkan kaum muslim di ambon kala itu???? Cuih!!!!!
    .
    Kamu tulis,
    >> agama Kristen dipaksan terhadap muslim maluku,,,,,?? mohon cantumkan link independen yg menatakan demikian. bukannya link yg berbau islam.
    .
    Oke!
    .
    Kamu klik, http://www.sabda.org/sejarah/artikel/gereja_protestan_di_maluku.htm
    .
    di situ tertulis,

    Niat orang-orang Ambon hendak berpegang pada agama yang diwariskan kepada mereka menjadi nyata dalam pemberontakan di Saparua (1817), yang dipimpin oleh Thomas Matulessy yang dinamakan pula Pattimura. Pemberontakan ini untuk sebagian besar dicetuskan oleh persoalan-persoalan di bidang agama, yaitu gereja dan sekolah. Pemerintah Belanda mau menghentikan pembayaran gaji para guru dari Kas negara, sehingga mereka untuk seterusnya akan ditanggung oleh negeri-negeri sendiri. Orang-orang Maluku menafsirkan rencana itu sebagai tindakan yang merusak agama Kristen. Orang malah meminta supaya dikirimi pendeta (Belanda) lebih banyak, supaya pemeliharaan rohani terjamin. Salah satu alasan lain yang dikemukakan Pattimura ialah bahwa orang-orang Islam di Maluku konon mau dikristenkan secara paksa (bold underlined and capital emphazise mine).Dan akhirnya orang marah karena salah satu gedung gereja di kota Ambon, yang sudah rongsok, mau dijadikan gudang. Pattimura mendapat dukungan penuh dari pihak para guru, dan mereka yakin bahwa Allah berada dipihak mereka – tentu saja keyakinan seperti ini terdapat pula pada orang-orang Belanda.

    Mau bantahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh??????????????

    keempat,kaum muslim atau para sejarahwan tidak perduli terhadap sejarah di maluku,karena memang sejarah tentang Patimura sudah benar.apanya yg mau dikoreksi,,,,,?? anda juga mengatakan Bahwa MUNGKIN SAJA para ahli ingin mengoreksi sejarah maluku tetapi takut peristiwa 99 terulang kembali.hati hati dgn kalimat MUNGKIN SAJA kawan,disini anda harus Persepsi yg detail,jangan menggunakan Hipotesis dan retorika.

    Bukankah sudah terbukti baik secara logika mau pun historis bhw pattimura adl muslim??? So memang seharusnya ada usaha untuk mengoreksi arsitektur sejarah ambon. Faham dikau????????????

    kelima, mengenai Kasus islamisasi di kesui teor memang dalam perang kalah menang itu biasa.tapi memaksa orang pindah agama apakah itu biasa,,,,,,?? apakah menyunati orang tua tanpa perduli tentang rasa sakit yg luar biasa juga hal yg biasa,,,,,,?? dan apakah agama anda mengajarkan demikian.,,,,,,,??

    Bukankah saya sudah kata, bahwa itu semua adl kelanjutan dari aksi bantai kaum karosetan ambon thd ketentraman kaum muslim di ambon?? Alih2 kamu jawab apa saya punya kata yaitu mengapa karosetan2 ambon bantai muslim ambon, eh kamu malah mengalihkan pembicaraan alias oot. Malu doong!!!!

    keenam,pergerakan massa yg nyata terjadi saat ada isu yg mengatakan bahwa masjid Al Fatah di ambon telah dibakar.ini yg menyebabkb umat islam Jazirah Lehitu datang ke kota ambon dgn maksud untuk berlebaran.sekali lagi datang berlebaran ke kota ambon DENGAN MEMBAWA SENJATA TAJAM.dan langsung menyerang umat kristen ambon pada saat Lebaran tersebut karna mendengar isu tersebut.akibatnya umat kristen melakukan serangan balasan yg dilakukan saat masih dalam suasana lebaran.akibatnya,media media nasional yg memang orang muslim menuliskan terjadi pembantaian terhadap muslim manado saat Idul Fitri.
    so siapa yg salah,,,,,,,,????

    memangnya kamu ada di sana kala kejadian itu??? Kamu tehe apa???
    .
    Nyatanya, faktanya, pd saat pembantaian di hari idul fitri itu, ribuan muslim ambon tewas bersimbah darah kok! Kalo memang benar bhw muslim2 itu SEJAK AWAL BAWA2 BADIK / KERIS sbg tanda sudah siap, so mengapa pula kaum muslim yg apes???
    .
    Kamu memang ambon anjing!!!! Pantas lah kau masuk neraka saja….

    Ketujuh, mengenai penutupan, gereja, kalaupun ada aturan atau SKB yg dilanggar, mengapa tak melapor pada pemerintah yg kebanyakan orang muslim saja, biar mereka yg menutup tempat ibadah tersebut. klo cuma ditutup berarti memang niat ormas islam baik, yaitu menginginkan segala masalah administrasi tempat ibadah diselesaikan terlebih dahulu. TAPI KLO SUDAH DI BAKAR, BUKANKAH INI MENANDAKAN BAHWA MEMANG ADA NIAT DARI ORMAS ISLAM UNTUK MELENYAPKAN UMAT KRISTEN DI JAWA,,,,,?? anda sempat mengatakan bahwa penutupan dan pembakaran gereja oleh berbagai ormas islam di jawa adalah hal yg logis. JADI APAKAH PEMBAKARAN GEREJA MERUPAKAN HAL YG LOGIS BAIK AGAMA YG KATANYA PECINTA DAMAI.,,,,,,,??

    Wah, sejak awal kaum muslim ngomong baek2 kok! Tapi faktanya, selanjutnya org2 gereja malah cuek bebek! Dan semakin serius mereka membesarkan gereja mereka. Kalau ini dibiarkan, malah akan menjadi preseden seolah gereja itu sudah mapan berdiri di sana.
    .
    So, pembakaran dan penutupan jadi hal yg paling logis, kan??
    .
    Cara lunak ga mempan. Cara kasar juga ga mempan. Eh malah banyak kata!! Bajingan memang karosetan ituh!!!!
    .
    Kami kaum muslim ingin memusnahkan karosetan dari pulau jawa?
    .
    Hati2 kalo memfitnah orang, kadal!!
    .
    Kalo memang kaum muslim ingin musnahkan karosetan dari jawa, tolong tunjukkan buktinya!

    kedelapan,apakah orang islam memang seperti anda,,,,?? ketika Pasukan jihad datang ke maluku dgn alasan menolong umat muslim yg katanya di aniaya oleh RMS, maka anda anda akan berkata,” kami umat islam indonesia mendukung pasukan jihad untuk berjihad dan membantu muslim ambon”.
    .
    Tapi ketika Separatis GAM membunuh rakyat muslim di aceh yg katanya serambi mekah. anda mengatakan terserah LAskar jihad. walaupun menimbulkan korban jiwa umat muslim, selama
    GAM tdk memusuhi islam, tidak masalah. begitukah menurut anda,,,,,??
    jangan2 anda salah satu pendukung GAM.

    .
    Sekali lagi saya kata, APA SEEH HUBUNGANNYA DG PEMURTADAN???
    Jelas sekali bhw LJ datang ke ambon dalam rangka membela kaum muslim dari kebejatan org2 karosetan. Apa itu masih kurang juga utk kamu fahami??????????? Capek berkomunikasi dg kamu!!!
    .
    Dan, tidak ada satu orang pun di dunia ini yg dapat membuktikan bhw saya adl simpatisan gam.

    kesembilan,mengenai Kasus NII di pesantren AL Zaitun anda mengatakan bahwa “apa hubungan islam dengan Pemurtadan”.
    ya jelas adalah, APAKAH PESANTREN ITU TIDAK MENGAJARKAN ISLAM,,,,,?? PERLU ANDA TAU BOM BALI YG DI LAKUKAN IMAM SAMUDRA CS ITU JUGA MENGATASANAMAKN JIHAD, APAKAH JIHAD BUKAN AJARAN ISLAM,,,,,??

    Sekali lagi saya kata, apa hubungannya dg pemurtadan?? Kamu ga ngetrik yaaa???
    .
    Jihad memang ajaran islam. Dan kamu harus ingat, amerika dan barat yg kristen telah membantai muslim di palestina. Mengapa tampaknya kamu menolak membahas isu yg satu ini???

    terakhir anda ga minat menulis tentang Kristina martha tiahahu karna memang dia seorang KRISTEN.ataukah saat ini anda sedang berpikir bagaaimana cara untuk memutarbalikan fakta bahwa kristina martha tiahahu itu islam.

    Ga berminat!

    SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN BAHWA MATULESSY ADALAH SEORANG KRISTEN.

    Mana buktinya????

  22. Gini saja bung,Sebaiknya anda cari dan baca buku “teriakan kakatua putih”
    Setelah itu baru balaz tulisan saya.
    Apakah anda punya bukti akurat yg menyatakan matulessy seorang kristen, , ? Selain bukti yg di karang oleh orang orang muslim.
    Dan apakah anda orang maluku, , ?

  23. Untuk saudara Islamthis dan Jefry,kalo Tidak tau sejarah,pola hidup adat istiadat rakyat maluku.jangan coba2 menulis sesuatu yg dapat memprovokasi rakyat maluku.

    memang betul apa yg saudara Jefry katakan,bahwa buku “TERIAKAN KAKA TUA PUTIH” itu memang ada.

    Buku itu menceritakan tentang Perjuangan Rakyat saparua melawan Belanda.dan buku pun menceritakan Tentang KEMUNCULAN THOMAS MATULESSY UNTUK PERTAMA KALI.
    dan dalam penyerangan Benteng Duurstede itu,ada satu orang yg lolos,yaitu Putra bungsu Residen Van den Berg.
    Dia lolos karna diselamatkan oleh dua orang perempuan Maluku yang waktu itu bekerja di rumah Tuan Residen.Nama mereka berdua adalah, ” Ana dan Magdalena ”

    Tetapi sesudah Peristiwa Penyerangan di Benteng,Beredar isu di kalangan rakyat Saparua,bahwa Ana menyimpan anak Residen dirumahnya.Lalu pada Pertemuan di benteng,Matulesy minta Kepada Ana agar dia datang dan membawa Bocah belanda itu.Lalu Ana memenuhi permintaan Matulessy.

    Ketika melihat Anak itu,rakyat berkata kepada Matulessy agar mengizinkan mereka untuk membunuh si anak tersebut.Tapi Ana berkata bahwa si anak ini hanya Bocah yg tidak tau apa-apa.Lalu rakyat menjawab bahwa si anak tersebut adalah seorang belanda dan pada akhirnya dia akan Besar juga.
    Namun Ana tetap bersikeras,akhirnya Matulessy berkata, ” TUHAN TELAH MENENTUKAN ANAK INI UNTUK TETAP HIDUP,LIHATLAH ANAK INI DAPAT SELAMAT DAN HANYA DIA SATU SATUNYA YANG LOLOS DARI BENTENG”.

    Perlu di ketahui,di saparua ada dua desa bersaudara,Yaitu Sirisori Serani yg Mayoritas Kristen,dan Sirisori slam yang mayoritas Islam.dan dua desa ini telah ada Sejak Zaman Penjajahan.Logikanya kalau Penjajahan eropa melakukan kristenisasi tehadap muslim ambon,tentunya desa Desa sirisori slam pun akan dikristenkan. Tapi kenyataan yg ada,Desa siri sori slam tetap mayoritas muslim.
    hal ini membuktikan bahwa rakyat ambon yang telah beragama islam pada zaman penjajahan tetap memeluk agamanya.

    mengenai link http://www.sabda.org/sejarah/artikel/gereja_protestan_di_maluku.htm.

    “Niat orang-orang Ambon hendak berpegang pada agama yang diwariskan kepada mereka menjadi nyata dalam pemberontakan di Saparua (1817), yang dipimpin oleh Thomas Matulessy yang dinamakan pula Pattimura. Pemberontakan ini untuk sebagian besar dicetuskan oleh persoalan-persoalan di bidang agama, yaitu gereja dan sekolah. Pemerintah Belanda mau menghentikan pembayaran gaji para guru dari Kas negara, sehingga mereka untuk seterusnya akan ditanggung oleh negeri-negeri sendiri. Orang-orang Maluku menafsirkan rencana itu sebagai tindakan yang merusak agama Kristen. Orang malah meminta supaya dikirimi pendeta (Belanda) lebih banyak, supaya pemeliharaan rohani terjamin. Salah satu alasan lain yang dikemukakan Pattimura ialah bahwa orang-orang Islam di Maluku konon mau dikristenkan secara paksa (bold underlined and capital emphazise mine).Dan akhirnya orang marah karena salah satu gedung gereja di kota Ambon, yang sudah rongsok, mau dijadikan gudang. Pattimura mendapat dukungan penuh dari pihak para guru, dan mereka yakin bahwa Allah berada dipihak mereka – tentu saja keyakinan seperti ini terdapat pula pada orang-orang Belanda. ”

    Justru Tulisan diatas Topiknya adalah, “ORANG ORANG MALUKU BERPEGANG PADA AGAMA KRISTEN”

    dengan jelas mengatakan bahwa Rakyat Ambon hendak Berpegang pada agama yang diwarisI nya.dan pada kalimat di atas TIDAK MENYEBUTKAN BAHWA AGAMA YG DI WARISINYA ADALAH ISLAM.

    1.Orang-orang Maluku menafsirkan rencana itu sebagai tindakan yang merusak agama Kristen.

    Memang anda pasti berpikir bahwa mana mungkin Agama kristen yg dibawah orang belanda mau dirusak oleh belanda sendiri.Perlu anda ketahui bahwa yang yg membawahi urusan agama Kristen adalah Zending.Sedangkan VOC lebih terkosentrasi pada urusan Kolonialisme.Dan dalam menjalankan tugas masing masing,Seringkali Ada kebijakan yg berlawanan.
    Itulah sebabnya pada bagian akhir kalimat diatas,ditulis :

    ” Dan akhirnya orang marah karena salah satu gedung gereja di kota Ambon, yang sudah rongsok, mau dijadikan gudang. Pattimura mendapat dukungan penuh dari pihak para guru, dan mereka yakin bahwa Allah berada dipihak mereka – tentu saja KEYAKINAN SEPERTI INI PULA TERDAPAT PADA ORANG ORANG BELANDA.”

    Yang dimaksud orang orang belanda pada baris terakhir adalah “ZENDING”

    Nah dan yang terakhir mengenai kalimat, :

    “Salah satu alasan lain yang dikemukakan Pattimura ialah bahwa orang-orang Islam di Maluku konon mau dikristenkan secara paksa”

    saya Punya jawabannya.silahkan klik link yg sama seperti diatas.
    http://sejarah.sabda.org/artikel/gereja_protestan_di_maluku.htm,Terus baca :

    “Reaksi mereka terhadap desas-desus seakan-akan orang-orang Islam mau dipaksa menjadi Kristen, memperlihatkan kepada kita bahwa MEREKA MEMANDANG AGAMA KRISTEN ITU SEBAGAI MILIK YANG SANGAT DIHARGAI,TETAPI TIDAK USAH DITERUSKAN KEPADA SAUDARA SAUDARA MEREKA YANG BERAGAMA LAIN. WAJARLAH KALAU MEREKA SENDIRI MENGANUT AGAMA KRISTEN; WAJAR JUGA KALAU DI NEGERI NEGERI LAIN ORANG MENGANUT AGAMA ISLAM. Dalam hal ini pula kita melihat pengaruh citarasa agama suku, yang tidak bersifat misioner terhadap anggota-anggota lingkungan yang lain.

    Nah tolong anda baca baik-baik,kalimat diatas pada intinya menjelaskan bahwa Orang kristen termasuk Pattimura Menganggap bahwa agama kristen adalah milik mereka yg berharga,oleh karena itu jangan diteruskan pada Orang islam.
    “ITULAH SEBABNYA PATTIMURA MARAH KETIKA MENDENGAR ORANG ORANG ISLAM MALUKU KONON MAU DIKRISTENKAN,KARNA DIA MENGANGGAP BAHWA AGAMA KRISTEN ADALAH MILIKNYA YANG SANGAT BERHARGA YANG TIDAK PERLU DI ANUT OLEH AGAMA LAIN TERMASUK ISLAM.

    Tampaknya saudara islamthis salah memaknai kemarahan Pattimura,sehingga mengatakan “PERSEPSI YG SALAH BAHWA PATTIMURA SEORANG ISLAM”

    MATULESSY IS REALLY CHRISTIAN.

  24. GOBLOOOKKK SOK NGACO ORANG INDONESIA ITU DULU BUTA HURUP..alias..TIDAK TAHU BACA TULIS ..TDK PERNAH PUNYA BUKU SEJARAH…LIAT AJA KALO KITA MAU MEMPELAJARI SEJARAH INDONESIA YA ke LEIDEN UNIVERSITY – DI BELANDA….BAYANGIN AJA KLO MAU BELAJAR SEJARAH BANGSA SENDIRI BUKAN KE UI, UGM, UNPATTI APALAGI KE KAMPUS DARUSALAMM..HE..HE..HE

    KOQ TIBA-TIBA ADA BABI DARI MANA NIH…??? SOK TAU BIKIN TULISAN BAHWA PATTIMURA ALIAS THOMAS MATULESSY SEORANG MOEZZZOLLIM ATW ISLAM..TEMAN-TEMAN NYA AJA ANTHONY REBOK (kayak merek sepatu ya..), CHISTINA M TIAHAHU..GIMANA BISA DIA ISLAM…???..KALO AMROSI..IMAM SAMUDRA…KORUPTOR..KORUPTOR TUH (ANGGELINA SONDAH, ANAS, NAZARUDIN DLL GANK NYA … ITU BER AGAMA ISALAM ..PENGIKUTNYA MUHAMAD..
    GITU YA JADI …GOBLOK NYA JANGAN DIPIARAAA…YAAAAAaaaa…

  25. jefry, on February 10, 2012 at 5:23 pm said:

    Gini saja bung,Sebaiknya anda cari dan baca buku “teriakan kakatua putih”
    Setelah itu baru balaz tulisan saya.

    Buat apa?
    Sudah saya kata, TOLONG share semua isi buku tersebut kalau lah memang isi buku tersebut penting untuk pembahasan kita ini. Kamu sudah baca buku itu, bukan? So mengapa tidak kamu share saja point2nya ke sini? Saya capek, banyak kerjaan!
    .
    Pun, itu buku, siapa penulisnya? Orang Kristen kah? Muslim kah? Saya ingin tehe.

    Apakah anda punya bukti akurat yg menyatakan matulessy seorang kristen, , ? Selain bukti yg di karang oleh orang orang muslim.

    Lantas, bukti dari pihak kamu / Kristen yang bilang bahwa pattimura adalah Kristen, apakah akurat? Seakurat apa? Tunjukkan di sini.

    Dan apakah anda orang maluku, , ?

    Apakah ada hubungannya?
    .
    Kalau saya non ambon, maka apakah itu berarti pattimura otomatis orang Kristen?
    .
    Saya tegaskan, bahwa saya adalah seorang Muslim yang sudah merasa jelas sekali akan kelihaian orang Kristen di dalam hal MEMANIPULASI sejarah untuk keuntungan mereka sendiri, alias MENGHALALKAN SEGALA CARA UNTUK MENCAPAI TUJUAN. Faham dikau?
    .
    Dan di dalam kasus ini, saya melihat ada INDIKASI bahwa pihak Kristen khususnya Kristen ambon hendak memanipulasi sejarah juga. Tolong itu disikapi dengan baik.
    .
    Di luar itu,
    .
    Tiba2 kamu ingin menghindari debat ini, dengan menyatakan,

    jefry, on February 10, 2012 at 5:23 pm said:

    Gini saja bung, Sebaiknya anda …………….

    Kamu ingin lari dari masalah ya?
    .
    Komen kamu terakhir, kamu tulis bahwa kamu heran ada pejuang muslim di ambon. Kemudian saya jawab dengan menukilkan informasi dari wikipedia bahwa di ambon pada abad 14an sudah berdiri kerajaan Islam. Mengapa skg tiba2 kamu ingin menghindar menanggapi tanggapan saya?
    .
    Pun sudah saya tulis, bahwa kamu kata bahwa portugia ov sapanyol hanya mengkristenkan ambon yang animisme. Saya tulis, apakah itu benar? Bukankah mentalitas Kristen portugis dan spanyol amat membenci Islam dan umat muslim. Mengapa skg kamu tiba2 ingin menghindar?? Jawab dooong jawaban saya yang bermula dari klaim kamu …….
    .
    Jadi, bener nih, bahwa portugis dan spanyol hanya mengkristenkan orang animisme dan dinamisme??? YANG menjadi masalah adalah, ketika Islam masuk ambon, semua kampung / Negeri di ambon sudah diislamkan, tidak ada lagi yang tersisa. Dan skg kamu kata bahwa portugis dan sapanyol hanya mengkristenkan orang ambon animisme. Saya tanya, apakah masih ada ambon animsime, sejak Islam telah rata berkembang di ambon??? Jadi, yang dikristenkan oleh portugis dan sapanyol itu, siapa???
    .
    Trus, kamu tuduh bahwa di dalam kasus kerusuhan ambon, muslim lah yang salah, yaitu dengan pergi ke Mesjid membawa badik. Saya jawab, kalau memang demikian, mengapa muslim yang jadi korban?? Kamu tidak tanggapi,
    .
    Dan masih banyak point saya yang lainnya yang tidak kamu tanggapi, karena tiba2 kamu langsung bilang, “Gini saja bung, Sebaiknya …………”.
    .
    Untuk sdr nicky,

    nicky, on February 11, 2012 at 7:11 am said:

    Saya tidak ngetrik apa maksud kamu:

    Nah dan yang terakhir mengenai kalimat, :
    “Salah satu alasan lain yang dikemukakan Pattimura ialah bahwa orang-orang Islam di Maluku konon mau dikristenkan secara paksa”

    Kamu jawab dengan excuse seperti ini,

    “Reaksi mereka terhadap desas-desus seakan-akan orang-orang Islam mau dipaksa menjadi Kristen, memperlihatkan kepada kita bahwa MEREKA MEMANDANG AGAMA KRISTEN ITU SEBAGAI MILIK YANG SANGAT DIHARGAI,TETAPI TIDAK USAH DITERUSKAN KEPADA SAUDARA SAUDARA MEREKA YANG BERAGAMA LAIN. WAJARLAH KALAU MEREKA SENDIRI MENGANUT AGAMA KRISTEN; WAJAR JUGA KALAU DI NEGERI NEGERI LAIN ORANG MENGANUT AGAMA ISLAM. Dalam hal ini pula kita melihat pengaruh citarasa agama suku, yang tidak bersifat misioner terhadap anggota-anggota lingkungan yang lain.
    .
    Nah tolong anda baca baik-baik, kalimat di atas pada intinya menjelaskan bahwa Orang kristen termasuk Pattimura Menganggap bahwa agama kristen adalah milik mereka yg berharga, oleh karena itu jangan diteruskan pada Orang islam.
    “ITULAH SEBABNYA PATTIMURA MARAH KETIKA MENDENGAR ORANG ORANG ISLAM MALUKU KONON MAU DIKRISTENKAN, KARNA DIA MENGANGGAP BAHWA AGAMA KRISTEN ADALAH MILIKNYA YANG SANGAT BERHARGA YANG TIDAK PERLU DI ANUT OLEH AGAMA LAIN TERMASUK ISLAM.
    .
    Tampaknya saudara islamthis salah memaknai kemarahan Pattimura,sehingga mengatakan “PERSEPSI YG SALAH BAHWA PATTIMURA SEORANG ISLAM”

    Hey kawan, Apa hubungannya antara …………..
    a. “menganggap Kristen sebagai miliknya yang sangat berharga – SEHINGGA TIDAK PERLU DITERUSKAN kepada orang lain”, dengan,.
    .
    b. munculnya kemarahan pattimura karena Muslim lain dipaksa murtad?
    .
    Saya tidak melihat hubungan tersebut. Dan kalau kamu melihat ada hubungan tersebut, MAKA TERPAKSA SAYA KATA KAMU ADALAH GILA karena kamu adalah PENJUAL KECAP NOMOR WAHITTT!
    .
    Pandai sekali kau berbual!
    .
    Tidak ada penjelasan lain, tidak ada tafsir lain, kecuali tafsir bahwa pattimura adalah seorang Muslim.
    .
    Kamu harus ingat, bahwa tidak ada Kristen yang tidak senang dan tidak mendukung kalau ada orang lain yang dikristenkan. Semua Kristen akan senang kalau ada orang lain, termasuk Muslim, dikristenkan. Adalah mustahil ada orang Kristen yang gusar melihat ada Muslim atau orang lain agama dipaksa menjadi Kristen. Kamu terlalu di dalam hal membual!
    .
    Mau tidak mau, fakta sejarah yang tertulis itu, di mana pattimura memulai perang melawan belanda karena adanya Muslim yang dipaksa Kristen, hanya mengindikasikan bahwa pattimura adalah Muslim. Lain tidak!

    Tampaknya saudara islamthis salah memaknai kemarahan Pattimura, sehingga mengatakan “PERSEPSI YG SALAH BAHWA PATTIMURA SEORANG ISLAM”

    Kamu yang salah, atau saya yang salah di dalam hal persepsi?
    .
    Saya memaknai dan membuat persepsi demikian, berdasarkan logika dan fakta. Logika dan fakta itu adalah, bahwa setiap orang Kristen pasti senang dan mendukung jika ada Muslim yang dipaksa murtad.
    .
    Sementara, kamu memaknai dan membuat persepsi begitu, hanya berdasarkan jualan kecap basik!!! Faham kah dikau? Dah gitu pun, engga nyambung, lagi!

    MATULESSY IS REALLY CHRISTIAN

    Berdasarkan apa? Klaim semata, kan?
    .
    Ada 3 indikasi bahwa pattimura adalah Muslim,
    .
    1. di situs orang Kristen, ditulis bahwa salah satu alasan mengapa pattimura memerangi belanda, adalah karena pattimura melihat kaum Muslim yang dipaksa Kristen oleh belanda. Justru, babak ini menjadi tanda bahwa pattimura adalah Muslim. Pattimura marah melihat Muslim dipaksa murtad, adalah tanda bahwa pattimura adalah Muslim. Kalau lah pattimura seorang Kristen, justru seharusnya pattimura mendukung program pengkristenan paksa atas individual individual Muslim tersebut.
    .
    2. Ambon kala itu pastilah mayoritas Muslim, dus, para pejuang perlawanan terhadap belanda pastilah mayoritas kaum Muslim. Kalau sudah begitu, pastilah para Muslim itu akan memilih seorang Muslim juga untuk memimpin mereka memerangi belanda. Dengan kata lain, pastilah pattimura adalah seorang Muslim. Adalah mustahil pejuang yang mayoritas Muslim itu dipimpin oleh seorang non Muslim. Bahkan di beberapa situs, disebutkan bahwa pattimura mendapat dukungan dari Raja Raja Jawa, sulawesi, ternate. Mereka semua adalah Muslim.
    .
    3. Pattimura pernah berucap, YANG DIMAKSUD DENGAN ORANG-ORANG FASIK DALAM MAZMUR ADALAH BELANDA. Gaya bahasa ini bukanlah gaya bahasa seorang Kristen. Kalimat itu adalah dalam gaya bahasa kaum Muslim. Jadinya, sebenarnya pattimura sebagai Muslim berkata, YANG DIMAKSUD dengan ORANG-ORANG FASIK DI DALAM ALQURAN ADALAH BELANDA. Namun oleh pihak Kristen, kata Alquran diganti dengan mazmur, supaya timbul kesan bahwa pattimura adalah seorang Kristen. Mustahil. Dilihat dari gaya bahasa dari kalimat tersebut, pattimura adalah seorang Muslim. Anggaplah pattimua memang seorang Kristen. Namun adalah tidak lumrah seorang Kristen berkata-kata seperti itu untuk mendasari perjuangannya (perjuangan apa saja). Sebagai contoh, paus urbanus II ketika hendak memulai perang salib, dia hanya berkata DEUS VOLT (Tuhan menghendaki). Apakah ungkapan DEUS VOLT berasal dari kitab sucinya? Apalagi si pattimura ini yang bukan seorang pendeta. Pendeta saja tidak mungkin berkata seperti itu, apalagi si pattimura yang orang biasa? >> Tidak ada bukti otentik yang menyebutkan / mengkonfirmasi bahwa pattimura berkata MAZMUR dalam pidatonya. Maka dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pattimura berkata ALQURAN di dalam pidatonya, karena yang harus kita lihat adalah gaya bahasanya, bukan pada kosakatanya.
    .
    Dari ketiga hal ini, sudah jelas bahwa pattimura adalah Muslim.
    .
    Sedikit, dari sumber lain,
    .
    Perlawanan rakyat di bawah komando Kapitan Ahmad Lussy itu terekam dalam tradisi lisan Maluku yang dikenal dengan petatah-petitih. Tradisi lisan ini justru lebih bisa dipertanggung jawabkan daripada data tertulis dari Belanda yang cenderung menyudutkan pahlawan Indonesia. Di antara petatah-petitih itu adalah sebagai berikut:
    .
    Yami Patasiwa
    Yami Patalima
    Yami Yama’a Kapitan Mat Lussy
    Matulu lalau hato Sapambuine
    Ma Parang kua Kompania
    Yami yama’a Kapitan Mat Lussy
    Isa Nusa messe
    Hario,
    Hario,
    Manu rusi’a yare uleu uleu `o
    Manu yasamma yare uleu-uleu `o
    Talano utala yare uleu-uleu `o
    Melano lette tuttua murine
    Yami malawan sua mena miyo
    Yami malawan sua muri neyo
    (Kami Patasiwa
    Kami Patalima
    Kami semua dipimpin Kapitan Ahmad Lussy
    Semua turun ke kota Saparua
    Berperang dengan Kompeni Belanda
    Kami semua dipimpin Kapitan Ahmad Lussy
    Menjaga dan mempertahankan
    Semua pulau-pulau ini
    Tapi pemimpin sudah dibawa ditangkap
    Mari pulang semua
    Ke kampung halaman masing-masing
    Burung-burung garuda (laskar-laskar Hualoy)
    Sudah pulang-sudah pulang
    Burung-burung talang (laskar-laskar sekutu pulau-pulau)
    Sudah pulang-sudah pulang
    Ke kampung halaman mereka
    Di balik Nunusaku
    Kami sudah perang dengan Belanda
    Mengepung mereka dari depan
    Mengepung mereka dari belakang
    Kami sudah perang dengan Belanda
    Memukul mereka dari depan
    Memukul mereka dari belakang)

    Berulangkali Belanda mengerahkan pasukan untuk menumpas perlawanan rakyat Maluku, tetapi berulangkali pula Belanda mendapat pukulan berat. Karena itu Belanda meminta bantuan dari pasukan yang ada di Jakarta. Keadaan jadi berbalik, Belanda semakin kuat dan perlawanan rakyat Maluku terdesak. Akhirnya Ahmad Lussy dan kawan-kawan tertangkap Belanda. Pada tanggal 16 Desember 1817 Ahmad Lussy beserta kawan-kawannya menjalani hukuman mati di tiang gantungan. .
    Nama Pattimura sampai saat ini tetap harum. Namun nama Thomas Mattulessy lebih dikenal daripada Ahmad Lussy atau Mat Lussy. Menurut Mansyur Suryanegara, memang ada upaya-upaya deislamisasi dalam penulisan sejarah. >>
    http://forum.vivanews.com/sejarah-dan-budaya/224874-pattimura%3B-pahlawan-nasional-asal-maluku-seorang-muslim-yang-taat.html

    • HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA,,,,JADI INI KARNA AGAMA…DARI LU AJA MW ISLAMKAN PATIMURA THU RESERAH LU…karna lu thu GOBLOK seperti PENULIS yg jadi sumber lu thu…..HEIII GOBLOK…lu urus dulu OSAMA BIN LADEN,SADAM HUSSEIN thu agamaya apa???? ..jangan terlalu jauh dech,,,lu URUSSS AJA DULU ustad lu Jihad favorite lu…IMAM SAMUDERA,NASARUDIN thu…PERUSAK INDONESIA

  26. waduh saudara islamthis memang penulis supeeeeeeeeer amatiran,mending jadi pedagang asongan saja.

    Bukankah jelas hubungannya Bahwa Pattimura marah melihat RAkyat muslim ambon Konon mau dikristenkan Belanda,KARNA PATTIMURA MENGANGGAP AGAMA kRISTEN ADALAH MILIKNYA YG BERHARGA YANG TIDAK BOLEH DITERUSKAN KEPADA AGAMA YG LAIN.
    Pattimura marah tapi bukan karna membela Muslim ambon tau,,,
    TAPI KARNA AGAMA KRISTEN MILIKNYA MAU DI TERUSKAN PADA MASYARAKAT NON KRISTEN.

    Klo anda belum mengerti tulisan di atas,ada baiknya mengundang guru privat agar mendampingi dan menjelaskan kepada anda tentang tulisan ini karna anda mengalami keterbelakangan mentallllllllllllllllllllll,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Nich Nama teman2 Matulessy Saat Pemberontakan Saparua,
    Philip Latumahina (kristen),Anthony Rhebook (Kristen),Paulus Triago (kristen), Kristina martha Tiahahu (kristen),Said Printa (ISLAM)

    jka kamu masih ngotot mengatakan Pattimura Islam,berarti kamu memang ORANG STRESSSSSSSSSSSSSSSSSSS,,,,,,,,

    saya heran dari mana pedagang asongan ini dapat mengatakan bahwa pattimura islam,,,,,,,,,,,???

    satu lagi bukti ialah,Bahwa Matulessy Kristen adalah,suatu Fakta bahwa Matulessy adalah Kapten KNIL,dan biasanya yg masuk KNIL itu adalah seorang kristen.
    emangnya ada muslim maluku di jadikan KNIL,, ,,,,,,?? cari sono,,,,,
    nih saya kasih 2 alamatnya.

    http://ikmmssemarang.wordpress.com/2008/10/07/sejarah-singkat-pattimura/

    http://nusacarita.blogspot.com/2011/01/setidaknya-ada-tiga-orang-knil-yang.html

    saya baru tau,ternyata,anda bukan orang Maluku.Tapi anda ngotot mengatakan bahwa pattimura nama aslinya adalah Ahmad Lussy atau Mat Lussy.
    Hai orang strees,klo tidak tau sejarah Maluku terlebih khusus Pattimura jangan sembarangan menulis.kami orang maluku memakai Garis keturunan Ayah,tidak seperti orang jawa.
    Marga Lussy tdk ada, Tapi dikemudian hari ada yg bilang bahwa marga Lussy ada di maluku. ,,,,,,??
    DApat dari mana Tolol,,,,,,,,,,,,,,,,,,??!!
    klo marga matulessy tdk perlu diragukan.ni saya kasih linknya biar anda baca.

    http://id.wikipedia.org/wiki/Marga_Ambon.

    jika Paus Urbanus II mengatakan DEUS VOLT ( TUHAN MENGHENDAKI),Dan Pattimura berkata “orang fasik adalah Belanda”,apakah itu salah ,,,,?? dan jika saya berkata TUHAN TOLONG apakah itu ucapan milik kaum muslim,,,,,,,??

    TUHAN KAMI TIDAK MELIHAT ORANG/UCAPAN,TETAPI MELIHAT HATI.
    Paham,,,,,,,,…?????

    terakhir,,,,DAPATKAH ANDA MEMBUKTIKAN BAHWA ADA MARGA LUSSY DAN MARGA PATTMURA DI MALUKU,,,,,,,,,,,,??
    MANSUR SURYANEGARA,,,,,,,,??
    SEJARAHWAN SOK TAU,BUKAN ORANG MALUKU TAPI BICARA SANGAT PERCAYA DIRI SEKALI.

    buktikan hal di atas dulu bung, sebelum anda Menunjukan Bakat PEMBUAL yg menonjol dalam diri anda.

    Tampaknya anda berusaha memutar balikan fakta,,,,,,,
    untuk menutupi kebohongan yg anda tulis.

    • Nicky (MALUKU TALEMPAR)……
      Ini beta ulang akang 4 c, biar c tau asal usul Marga Lussy, n semuanya adalah Muslim sejati…..

      Sekilas tentang Marga Lussy (Hualoy)

      Negeri Hualoy ( Ina Ama Tuni Siwalete Sarimetene / Samaohi Ririnita ) adalah salah satu negeri adat di Maluku yang berada tepat di wilayah tiga batang air (Tala Eti Sapalewa), menurut para sejarahwan dari pusat tiga batang air (Nunusaku) inilah semua negeri-negeri adat di Maluku berasal.
      Negeri Hualoy didirkan oleh Kapitan Russy dan Kapitan Ratu Tubaka, mereka berasal dari nunusaku bersama adik-adiknya, Kapitan Tuasaya mendirikan Negeri Lealohi Samasuru (Aboru), Kapitan Pattisinar mendirikan Negeri Samahu Amalatu (Booi) dan Kapitan Tuaselei mendirikan Negeri Leamoni Kamasune (Kariu). Bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah negeri Hualoy, bahasa alune dan bahasa Indonesia. Sistem pemerintahan adat yang dianut adalah patasiwa. Berkedudukan tepat pada wilayah Kecamatan Kairatu Timur Kabupaten Seram Bagian Barat dengan batas-batas negeri sebagai berikut :
       Sebelah utara berbatasan dengan Negeri Hunitetu
       Sebelah selatan berbatasan dengan laut Banda
       Sebelah timur berbatasan dengan Negeri Elpaputih
       Sebelah barat berbatasan dengan Negeri Latu
      Dalam sistem pemerintahan adat saniri tiga batang air, Negeri Hualoy ( Ina Ama Tuni Siwalete Sarimetene ), Negeri Kaibobu ( Ina Ama Tahisane Poput Samale ), Negeri Elpaputih ( Ina Ama Tahisane Pesihalule ), Negeri Kairatu ( Ina Ama salibubui ), Negeri Watui ( Ina Ama Sailewoi), serta angkotanya Negeri Huku Kecil dan Huku Anakota (Moin Nikwele), Negeri Lohia Tala ( Lohie ), Negeri Tihulale ( Amalessy Risapory Sariata ), Negeri Makariki (Siwalete Maatita), Negeri Amahai (Lounussa Maatita), Negeri Soahuku (Riripori Kalapessy) dan Negeri Wasia (Mauwen Tinai), yang berada diwilayah air Tala (Sungai Tala) membentuk suatu persekutuan adat yang sudah sejak dahulu kala dengan nama Ina Ama Talabatai dan Negeri Hualoy adalah pemimpin Talabatai.
      Negeri Hualoy juga memiliki ikatan pela dengan Negeri Amahusu, Negeri Laha, Negeri Hatalai dan Negeri Hukurila di pulau Ambon, Negeri Itawaka di pulau Saparua, serta juga memiliki hubungan wari wa dengan negeri-negeri yang ada di pesisir air tala.
      Saat ini negeri Hualoy di huni oleh kelompok masyarakat yang heterogen karena selain masyarakat asli, juga terdapat kelompok masyarakat pendatang yang berasal dari Buton, Bugis, Sumatera dan juga negeri-negeri lain yang ada di Maluku.
      Terdapat 3 soa besar yaitu soa Tubaka (Makairio) yang terdiri dari mata rumah kokino, tukan, toule, wakanno, samallo, amanoupunyo, huwawaiputih dan sabre. Soa Lussy (Riaullo) terdiri dari mata rumah pellu, unupu, taruna, kayare, lepenuhu, sero dan ohorella, serta mata rumah Hehanussa (Perio) terdiri dari mata rumah hehanussa titaway, wattimena, sallatalohi dan wael.
      Negeri ini memiliki kekayaan budaya dan situs bersejarah, salah satu diantaranya tarian make putih yang menceritrakan kisah pahlawan-pahlawan dari negeri Hualoy dalam mengusir penjajah belanda. Hasil wawancara penulis dengan tokoh sejarah Nurdan Lussy ia mengatakan bahwa kalau sejarahwan di Maluku jujur maka mereka akan mengatakan bahwa Kapitan Pattimura pahlawan asal Maluku ia berasal dari Negeri Hualoy dengan nama aslinya Ahmad Lussy. Terdapat juga benteng tua yang dibangun dari batu karang pantai oleh 99 negeri yang berada di wilayah tala, eti, sapalewa untuk pertahanan melawan penjajah Belanda, benteng tua ini diberi nama punaka sana rua, dilengkapi dengan meja sidang dari batu untuk persidangan adat saniri tiga batang air.
      Masjid tua Lawataka dan masjid Zainal Abidin yang masih berdiri kokoh ditengah-tengah negeri membuktikan bahwa mayoritas penduduk beragama Islam. Mata pencaharian sebagian besar adalah petani dan nelayan. Komoditas andalan adalah damar (Agatis), cengkeh, pala, kelapa, dan kakao (cokelat). Hasil penelitian dari dinas pertambangan dan energi Kabupaten Seram Bagian Barat, ternyata negeri ini juga memiliki aneka macam tambang, yaitu nikel, gas, minyak bumi, emas serta juga memiliki sumber daya alam yang berlimpah ruah.

      Sumber : Jabal Samallo

      Jngan2 c ne bukan Maluku asli…….
      c pg Alamat dmna, biar beta antar c pigi d beta pung kampong, yg kantal deng adat Maluku, n c bisa temukan jawabn yg sbenarnya,,,,,,,,
      ingat !!!!!!
      sejarah MALUKU yg sesungguhnya bukan diuraikan melalui tulisan2, enth itu prasasti ataupun surat-menyurat, tapi sejrah maluku diceritakan melalui “KAPATA_KAPATA”, n c mau dengar samua KAPATA itu, cuma ada di beta pung KAMPONG (HUALOY/ Ina Ama Tuni Siwalete Sarimetene / Samaohi Ririnita ).

  27. Nicky, on February 13, 2012 at 9:50 am said:

    waduh saudara islamthis memang penulis supeeeeeeeeer amatiran,mending jadi pedagang asongan saja.
    Bukankah jelas hubungannya Bahwa Pattimura marah melihat RAkyat muslim ambon Konon mau dikristenkan Belanda,KARNA PATTIMURA MENGANGGAP AGAMA kRISTEN ADALAH MILIKNYA YG BERHARGA YANG TIDAK BOLEH DITERUSKAN KEPADA AGAMA YG LAIN.
    Pattimura marah tapi bukan karna membela Muslim ambon tau,,,
    TAPI KARNA AGAMA KRISTEN MILIKNYA MAU DI TERUSKAN PADA MASYARAKAT NON KRISTEN.
    Klo anda belum mengerti tulisan di atas, ada baiknya mengundang guru privat agar mendampingi dan menjelaskan kepada anda tentang tulisan ini karna anda mengalami keterbelakangan mentallllllllllllllllllllll,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Kacaaaaauuuuuuu ……. kaaacccaaaauuuuuuuuuwwwwwwww…… KACAU!!
    .
    Ngerti KACAU gak?
    .
    Di komen saya terakhir, saya sudah kata,

    Hey kawan, Apa hubungannya antara …………..
    a. “menganggap Kristen sebagai miliknya yang sangat berharga – SEHINGGA TIDAK PERLU DITERUSKAN kepada orang lain”, dengan,.
    .
    b. munculnya kemarahan pattimura karena Muslim lain dipaksa murtad?
    .
    Saya tidak melihat hubungan tersebut. Dan kalau kamu melihat ada hubungan tersebut, MAKA TERPAKSA SAYA KATA KAMU ADALAH GILA karena kamu adalah PENJUAL KECAP NOMOR WAHITTT!
    .
    Pandai sekali kau berbual!
    .
    Tidak ada penjelasan lain, tidak ada tafsir lain, kecuali tafsir bahwa pattimura adalah seorang Muslim.
    .
    Kamu harus ingat, bahwa tidak ada Kristen yang tidak senang dan tidak mendukung kalau ada orang lain yang dikristenkan. Semua Kristen akan senang kalau ada orang lain, termasuk Muslim, dikristenkan. Adalah mustahil ada orang Kristen yang gusar melihat ada Muslim atau orang lain agama dipaksa menjadi Kristen. Kamu terlalu di dalam hal membual!
    .
    Mau tidak mau, fakta sejarah yang tertulis itu, di mana pattimura memulai perang melawan belanda karena adanya Muslim yang dipaksa Kristen, hanya mengindikasikan bahwa pattimura adalah Muslim. Lain tidak!

    Dari sini kamu konfirmasi lagi, BAHWA TERNYATA ADA HUBUNGAN ANTARA POINT A DENGAN POINT B. Itu berarti KAMU GILAAAA…..
    .
    Jelas?
    .
    Sekarang, tolong buktikan, bahwa MASUK AKAL ada orang Kristen yang gusar dan sakit hati MELIHAT MUSLIM dikristenkan paksa. Masuk akal ga, menurut kamu?
    .
    Sudah lumrah di mana-mana, bahwa Kristen mana pun justru akan senang dan mendukung kalau ada Muslim yang dikristenkan paksa. Masih ga ngaku juga ya?
    .
    Nah dari sini terbukti, bahwa pattimura adalah Muslim. Kamu ga bisa nyangkal lagi, kadal keling!

    Nich Nama teman2 Matulessy Saat Pemberontakan Saparua,
    Philip Latumahina (kristen), Anthony Rhebook (Kristen), Paulus Triago (kristen), Kristina martha Tiahahu (kristen), Said Printa (ISLAM)

    jka kamu masih ngotot mengatakan Pattimura Islam,berarti kamu memang ORANG STRESSSSSSSSSSSSSSSSSSS,,,,,,,,

    apa hubungannya? Pada bagian yang mana dari coletah kamu itu yang menjadi bukti bahwa pattimura adalah non Muslim? Gila kamu!!

    saya heran dari mana pedagang asongan ini dapat mengatakan bahwa pattimura islam,,,,,,,,,,,???

    1. Dari fakta.
    2. Dari indikasi.
    3. Dari keterangan mansyur suryanegara yang ahli sejarah.
    .
    Kamu lagi bingung ya?

    satu lagi bukti ialah, Bahwa Matulessy Kristen adalah, suatu Fakta bahwa Matulessy adalah Kapten KNIL, dan biasanya yg masuk KNIL itu adalah seorang kristen.
    emangnya ada muslim maluku di jadikan KNIL,, ,,,,,,?? cari sono,,,,,
    nih saya kasih 2 alamatnya.
    http://ikmmssemarang.wordpress.com/2008/10/07/sejarah-singkat-pattimura/
    http://nusacarita.blogspot.com/2011/01/setidaknya-ada-tiga-orang-knil-yang.html

    Kamu memang zupppppeeeerrrr behegggoookk …….!!!
    .
    Knil itu di Tahun 45an. Sementara pattimura itu di Tahun 1800an. Ga nyambung ya?
    .
    Dan pattimura itu gabung ke dinas militer Inggris, karena pada saat itu Inggris sedang berkuasa di Ambon.
    .
    Dan bagi kolonial Inggris, adalah lumrah me-rekrut individu-individu Muslim sebagai tentara kolonial, seperti di india, pakistan, aljazair delele. Apakah Inggris alergi mengambil individu Muslim untuk direkrut sebagai tentara? Ah yang benar saja,kawan!
    .
    Jadi, link2 kamu itu TIDAK MEMBUKTIKAN APA-APA! Kasiyan kan, kamu ini. Dah salah, ga nyambung lagih!

    saya baru tau, ternyata, anda bukan orang Maluku.Tapi anda ngotot mengatakan bahwa pattimura nama aslinya adalah Ahmad Lussy atau Mat Lussy.
    Hai orang strees, klo tidak tau sejarah Maluku terlebih khusus Pattimura jangan sembarangan menulis. kami orang maluku memakai Garis keturunan Ayah, tidak seperti orang jawa.

    Trus, fakta bahwa pattimura ngamuk2 karena Muslim Ambon dipaksa murtad, mau kau kemanain?
    .
    Trus, fakta bahwa pattimura berkata YANG DIMAKSUD FASIK ADALAH ORANG BELANDA, (yang mana itu membuktikan gaya bahasa seorang Muslim) mau kau kemanaken?
    .
    Trus, temuan sejarah mansyur suryanegara itu, mau kau kemanaken?

    Marga Lussy tdk ada, Tapi dikemudian hari ada yg bilang bahwa marga Lussy ada di maluku. ,,,,,,??
    DApat dari mana Tolol,,,,,,,,,,,,,,,,,,??!!
    .
    klo marga matulessy tdk perlu diragukan. ni saya kasih linknya biar anda baca.
    http://id.wikipedia.org/wiki/Marga_Ambon.

    lantas, bagaimana dengan konstelasi nama marga di abad silam? Apakah masih sama dengan yang sekarang?
    .
    Saya kutip koment di atas,

    Julian Caesar&Rahma, on April 24, 2009 at 6:58 am said:
    Assalamua’alaikum. . .^_^
    Saya sbg org yg brkecimpung di dunia sejarah menyatakan bahwa ADALAH BENAR JIKA. . .

    1. PATTIMURA adlh org islam.
    2. Islam masuk ke nusantra dgn jln damai.

    Saya ingin mananyakan darimana Saudara2 skalian mendapatkan data bhwa Islam disebarkan lewat kekerasan bukankah itu adalah argument yang keluar dari mulut seorang boy_ahoy yang egoistis…..

    Perlawanan Pattimura adalah bentuk ketidaksediaan Maluku untuk dikristenisasi oleh bangsa Kolonial.

    Anda ingat dengan tujuan bangsa kolonial datang ke nusantara, bahkan para sejarawan asing pun mangakuinya bahwa tidak lain tujuannya dikenal dengan 3G
    Gold.
    Gospel.
    dan Glory.

    Gospel merupakan suatu misi yang dibawa oleh Alfonso de Alberqueque untuk mengkristenisasi nusantara atau pun seluruh wilayah jajahan.

    Hal ini dilakukan dengan cara kekerasan. . .perampasan rempah-rempah, eksploitasi SDM, SDA, dan pengambilalihan kekuasaan bumi putera.

    Pattimura adalah seorang bumi putera yang tidak menginginkan suatu proses kristenisasi.

    Hal ini makin nampak nyata pasca dieksekusinya Pattimura , perlawanan rakyat maluku melemah, bahkan secara umum dikenal bahwa rakyat Maluku adalah yang paling taat dan dekat dengan bangsa kolonial. Bahkan banyak rakyat maluku yang dijadikan serdadu belanda untuk mematahkan perlawanan rakyat di wilayah nusantara lainnya.

    Kemudian,

    jika Paus Urbanus II mengatakan DEUS VOLT (TUHAN MENGHENDAKI), Dan Pattimura berkata “orang fasik adalah Belanda”, apakah itu salah ,,,,?? dan jika saya berkata TUHAN TOLONG apakah itu ucapan milik kaum muslim,,,,,,,??

    TUHAN KAMI TIDAK MELIHAT ORANG/UCAPAN,TETAPI MELIHAT HATI.
    Paham,,,,,,,,…?????

    Kamu yang goblok!!!!!!!!
    .
    Kok kosakata lagi yang kamu liyat??? Udeh saya bilanG, LIYAT GAYA BAHASAnya, kawan!!
    .
    Ungkapan TUHAN TOLONG SAYA, wah itu kan lumrah. Itu jamak, tidak ada TIPIKALISASI untuk agama tertentu mana pun.
    .
    Namun ungkapan YANG DIMAKSUD DENGAN ORANG FASIK DI DALAM MAZMUR ADALAH BELANDA adalah 100% gaya Muslim, kadal! Tidak mungkin seorang Kristen mempunyai gaya bahasa demikian!

    terakhir,,,,DAPATKAH ANDA MEMBUKTIKAN BAHWA ADA MARGA LUSSY DAN MARGA PATTMURA DI MALUKU,,,,,,,,,,,,??

    Kebalikannya, dapatkan kamu membuktikan BAHWA ADA ORANG KRISTEN YANG GUSAR MELIYAT ADA MUSLIM YANG DIPAKSA MURTAD????

    MANSUR SURYANEGARA,,,,,,,,??
    SEJARAHWAN SOK TAU, BUKAN ORANG MALUKU TAPI BICARA SANGAT PERCAYA DIRI SEKALI.

    buktikan hal di atas dulu bung, sebelum anda Menunjukan Bakat PEMBUAL yg menonjol dalam diri anda.

    Tampaknya anda berusaha memutar balikan fakta,,,,,,,
    .
    untuk menutupi kebohongan yg anda tulis.

    .
    KAMU ini bikin sedih, YAA!!!
    .
    Apakah meneliti sejarah adalah monopoli orang Ambon saja? Kamu liyat kan, bahwa betapa orang luar, apalagi dari luar Negeri yang meneliti sejarah Indonesia, dan penelitian mereka adalah valid. Kok sekarang tebe2 kamu mempertanyakan apakah mansyur itu bukan Ambon? Memangnya orang Ambon saja yang hebat menjadi sejarawan?
    .
    Inilah bukti betapa orang Ambon kapirit seperti kamu itu MEMANG BER-OTAK DANGKAL dan kampungan!!!! Sama sekali tidak KAMPUS MINDED!!! NYEBUT2 suku lagi!
    .
    Kalau pun si mansyur kata bahwa pattimura adalah Kristen totok, kamu toh akan memuja sejarahawan non Ambon ini kan? Bukti!! Bukti bahwa kamu Kristen memang aneh!!!

  28. nicky..(LOBANG PUKI ANJINGEEE,,,)

    satu lagi bukti ialah,Bahwa Matulessy Kristen adalah,suatu Fakta bahwa Matulessy adalah Kapten KNIL,dan biasanya yg masuk KNIL itu adalah seorang kristen.
    emangnya ada muslim maluku di jadikan KNIL,, ,,,,,,?? cari sono,,,,,
    nih saya kasih 2 alamatnya.

    http://ikmmssemarang.wordpress.com/2008/10/07/sejarah-singkat-pattimura/

    http://nusacarita.blogspot.com/2011/01/setidaknya-ada-tiga-orang-knil-yang.html

    JANG C BICARA TAKAROANG NICKY sok tau,, BT NI GENERASI KE 2 YG BT PUNG TETE TU ANGGOTA KNIL YG MUSLIM,,,,

    bt seng parduli kamong pu baku malawang tu tp C bilang di atas tu kayak c su tau batul bagitu,,, ingat bt pung tete jua bukan prajurit biasa atau kacangan waktu itu,,,

    c tau sejarah guru Taihutu di hurale dapa iris talingan gara2 parlente bilang motor laut itu bawa bendera i****a,,, yang iris nama sapa?, agama apa? yg di motor nama sapa?, agama apa?,,,,,,,,
    heh katong ni badiam saja karna katong pikir sama2 orang maluku,, kalu seng kamong su lewat,,,,,,,,,,,

    sudah seng nyambung salah lagi,,

  29. Ingat semboyan negara kita walau kita berdeda-beda tapi tetapk kita indonesia…baik Islam, kristen, Hindu ,Budha dan agama2 lainnya.yang diakui oleh hukum negara kita…itu adalah kita bersaudara…Saya orang muslim..tapi melihat kejadian yang terjadi saya sedih betapa bobroknya negara kita bukan agama2 yang kita anut dan pelajari,,setiap agama pasti menyebarkan kebaikan…kebersamaan antar umatlah yang pasti diajarkan oleh semua kitab agama2 kita semua,,,,yang salah adalah negara pemerintahan kita yang hanya mementingkan POLITIK dan POLITIK tanpa melihat akan pentingnya memperhatikan rakyat, keagamaan,,suku2,ras2, yang merupakan keindahan bagi negara yang kaya dengan berbagai perbedaan..jangan jadikan Agama2 kami ini alat politik…alat untuk saling membenci..karna pada ajaran2 agama2 kami semua..bahwa antar umat beragama harus saling berdampingan dan saling mengasihi….

  30. Ini lagi ngomongin apaan yak kok kayaknya seru banget.Sssttt ade bahan gak..bagi dikit dong badan ane udh mulai cenut2 nih..

  31. ADA NIH..TAIK KEBO MAU???

  32. horeeee..nickynya…ngacir……….nggak kuat,
    SI BEGO YANG SOK PINTER…..BELAJAR SONO…….BARU KOMENT..ANJING KAFIR

  33. Nicky,,,,,,,,,
    c tar managarti ka marga Lussy itu dari Hualoy,Aboru,Boy deng kariu pung kaka………klo c orang maluku asli pasti c tw negri hualoy,,,,,,,
    1 bukti buat c sejarah maluku itu ditulis dalam hurub arab mati,yg disebutu buku tembaga,bukan buku karangan orang belanda yg ksi kisten kmong itu……………………….

  34. kasian saya liat para Anjing Arab yang sok tau,
    pertanyaan saya,apakah marga Lussy ini cuma ada di Hualoy,,,,,??
    knapa di ambon saya ga pernah temukan marga ini,,,,???
    ataukah marga Lussy mengisolasi diri di negri Hualoy,,,,,??
    klo marga matullesy ada d mana mana,liat saja Polisi asal Ambon yang ikutan Indonesian Idol,namanya Albert Matulessy dan dia Kristen. .

    pedangislam, on March 30, 2012 at 8:39 am said:
    horeeee..nickynya…ngacir……….nggak kuat,
    SI BEGO YANG SOK PINTER…..BELAJAR SONO…….BARU KOMENT..ANJING KAFIR.

    kita liat siapa yang anjing kafir,,,para teroris seperti Imam Smudra,amrosi,Nurdin M Top,Dr.Azhari,Baasyir,,penemuan Bom di pesantren,,Negara islam di balik Dinding pesantren AL Zaitun,Para Korupter semisal NAzarudin,Gayus,Malinda Dee,ANgie Sondakh,pejabat DPR yg nonton folm porno saat sidang,,
    itu kan agama Islam,,,,,,,belum lagi para TKI yang disiksa di Tanah yg katanya tempat lahir agama islam,,plus Fpi yg di tolak masuk kalimntan,,,,

    jelas siapa yang Anjing kafir,,Kambing bersorban.

    klo c mo cari beta,beta tinggal dikudamati.

    • woiiii anak setan lu pada.bukannya membangun negara malah lu sibuk saling ngehina agama.otak lu tarok dimana?susah amat otak lu pada mikir ya?lu sadar ga kita semua manusia saling bersaudara?emangnya lu pikir tiap agama beda2 nenek moyangnya?lu sibuk ngurusin agama orang.agama lu pada udah bener belum?ga malu apa lu sama tuhan lu pada?ya udah kalo lu mau lanjut saling ngehina agama masing2.sama otak lu yg cetek yg ga sadar kalo saat ini negara kita dalam krisis berbagai sektor.

  35. iya,Negara sekarang krisis karena banyak terjadi pemaksaan kehendak oleh kelompok tertentu,seperti memasukan kembali piagam jakarta,UU APP,dan memanipulasi agama pahlawan tertentu.di tambah muncul ormas ormas yg melakukan perusakan di berbagai tempat atas nama agama.
    negara ini memang dalam bahaya,,,,,,,,

    • iya, negara ini banjir krisis, itu DIKARENAKAN kaum muslim TELAH BANYAK BERSABAR, sementara kaum karosetan nya MALAH NGELUNJAK gak tau diri ….!!!!

  36. ahmad mansyur suryanegara… suryanegara itu marga dri maluku bagian mna ya.???
    sehingga tulisannya bgi2 mdah dipercaya, dan dianggap penting bwt didiskusikn.. GOBLOK..

    SURYANEGARA BERSIIN DULU SAMPAH DI OTAK LOO..

  37. Jika PATTIMURA muslim, saya sebagai kristen hanya bilang: “Terimakasih Tuhan Yesus”, Jika Muhammad benar adalah nabi, maka saya sebagai kristen hanya bilang: “Terimakasih Tuhan Yesus”. PATTIMURA kristen ato muslim itu tidak masalah.. yang masalah disini adalah jangan sampai pikiran yang menganggap bahwa :” PATTIMURA itu islam, memang kristen adalah pendusta” ataupun sebaliknya “PATTIMURA itu kristen, memang orang islam pengkhianat.” Saya bukan seorang kristen yang benar, tapi saat ini saya hanya ingin berdoa untuk anda2 semua yang berkomentar sebelumnya, agar suatu hari kebenaran itu muncul di hadapan kalian, dan disitulah anda tidak berfikir bahwa AGAMALAH YG MENYELAMATKAN ANDA. Tuhan Yesus memberkati.

  38. Sebenarnya yg saya baca komen2 di atas dlm keadaan emosi,,, apalagi emosi tentang agamanya Islam maupun kristen padahal mereka adalah keturunan anak negeri Maluku. Semakin anda menghujat agama lain semakin anda akan pasti menjauh dari agamamu sendiri. Agama Islam maupun kristen adalah agama wahyu yang sumbernya dari Tuhan. Islam dibawah oleh nabi Muhammad Saw., dan Kristen oleh nabi Isa as. Orang Islam yg tdk beriman jika ia tidak beriman kpd kitab-kitab Tuhan diantaranya injil, taurat, dan zabur. yg diturunkan Tuhan kepada para nabi sbelum nabi Muhammad Saw., yang menjadi pertanyaan kita mengapa Tuhan harus mengutus para nabi-nabi,,, mengapa Tuhan tidak mengutus seorang nabi saja di bumi ini,,,,, adalah kemahakuasaan Tuhan dlm memelihara bumi ini. Oleh karena itu agama jangan digeser-geser ke wilayah yang bukan wilayah agama tapi berikan ruanga agama itu utk keselamatan umat manusia bukan untuk kehancuran umat manusia. Apalagi kita kaitkan apakah Pattimurah itu Islam atau Kristen. Kalau kita mau berdebat harus menggunakan akal sehat, rasional, profesional dan ilmiah. Untuk itu, kita harus punya data, referensi, dan dokumen dan teks-teks sejarah yang ada di Maluku, bukan dengan caci maki, saling hujat, mengklain saya benar dll. Dari data sejarah masuknya agama-agama di Maluku/Ambon yang pertama adalah Islam (abad ke 7-14), kristen Khatolik (abad 15-16), kristen Protestan (abad 16-17). Sebelum Islam masuk ke Maluku memang masyarakatnya beragama dan percaya kepada kekuatan alam sekitar yakni animisme dan dinamisme. Kemudian disusul oleh bangsa Portogis dgn menyebarkan agama kristen katholik dan bengsa Belanda dengan menyebar agama kristen Protestan. Disinilah pergulatan untuk saling mengusai baik itu ekonomi (cengkih dan pala), kekuasaan politik (untuk menguasai daerah rempah-rempah dengan penerapan perdagan monopoli), dan juga persoalan agama yakni Islam, Katolik, dan Protestan. Inilah dasar sejarah konflik Islam dan Kristen di Maluku. Tiga variabel ini yang sangat memicuh konflik Salam Sarani di Maluku sampai kepada generasi saat ini. Bagaimana kita sebagai orang basudara bisa hidup damai dan toleransi di bumi Maluku/Ambon. Apakah budaya adat pela gandong sebagai simbol toleransi antara Salam Sarani sudah hilang akibat kebencian dan dendam diantara kita,,,,,,padahal jika agama dan adat itu dibingkai menjadi sebuah persekutuan dan persaudaraan abadi maka para malaikat di bumi tersenyum melihat kita dan jika kita saling menghancurkan maka para malaikat di bumi akan bersedih karena kita semua akan menghancurkan alam semesta ini.

  39. waktu indonesia merdeka banyak yg kabur ke belanda jadi bule hitam pesek (BPH), dan sebagian tak kebagian kapal, jadi tetap bertahan dengan mengangkat semboyan pela gandonk…tapi memang keturunan patimura itu berhati mulia karna mereka tetap melindungi saudaranya walau mereka tau di zaman penjajahan dulu nenekmoyangnya di siksa habis-habisan…katong patut bangga dengan nenek moyang kita dulu, walau mereka perna di jarah sama kompeni dan di khianati sama saudara mereka yg BHP. tapi mereka mau memaafkannya…sayang yg berhasil kabur bersama kompeni buat sebuah cerita yg biking katong sampe skrg seng perna tau sejara sebenarnya, dolo waktu masi SD ibu guru perna cerita kalau panitimura di tangkap karna belanda menggunakan muslihat Adu domba, dan saudara-saudara perlu tau siapakah yg di adu domba saat itu? dan pada saat itu yg menjadi ancaman buat belanda itu siapa? dan bagai mana Pieter Both bisa melemahkan perlawanan yg ada di maluku? ini menjadi pelajaran berharga buat kita bahwa kehancuran maluku itu karna VOC jangan samapai kita sekarang seperti jaman patimura dulu lae yg gampang di provokator….

    “kata bang napi Waspadalah waspadalah kejahatan bisa terjadi karna ada niat dan kesempatan” dari itu waspadalh

  40. Sebenarnya yg bikin permasalahan ini adalah bule itam pesek (knil-Knil) yg kabur ke belanda saat indonesia itu merdeka…karna mereka membuat karangan yg memperkuat saudara mereka yg masi tertinggal di maluku…jadi saran beta kamong lebih percaya mana PENJAJAH atau FAKTA kalau kamong percaya penjajah sama saja deng kamong percaya SETAN. Namun kamong percaya FAKTA berarti kamong termasuk orang yg punya akal sehat….lihat saja kenapa patimura di tangkap!! karna memang belanda gunakan politik adu domba atau VOC biadap itu, deng kamong harus tau waktu itu siapa yg di adu dombakan? kalau memang kamong orang yg pintar baca sejarah baik2..lihat sejara islam yg masuk di leihitu deng pesisir ambon, sebelum belanda itu datang ke maluku islam itu suda banyak bung! belanda datang deng ajar kamong bikin sopi deng sageru sambil ajar biking pesta dangsa supaya kamong lupa agama yg suda ada. mereka mebuat satu sainbara siapa iku belanda dia akan dapa sekolah deng duit banyak!!! masyarakat waktu itu masi buta huruf jadi mereka ikut saja karna dapat harta melimpah. dan PATIMURA hadir sebagai pahlawan tapi sayang dia di KHIANATI dan di tangkap oleh belanda…jadi kalau kamong bilang pesta dangsa deng sopi itu tradisi ambon berarti kamong sama deng knil-knil belanda!

    agama apa patimura itu tidak penting yg penting jang perna percaya deng PENJAJAH!!! kalau percaya belanda sama saja kamong berkhianat par PATIMURA…

  41. kalo yang ngomong agama itu biasanya provokator..

    tinggal cari masalah trus!!!

    c kira hidup dengan perang tuh enak kah??? kalo orang yang c sayang mampos gara2 perang baru c manyasal kanapa harus terjadi..

    intinya orang2 yang bikin thread ini orang yangh paling egois dalam dunia nih!!!

    cuma tau cari orang kesalahan sj nau2 saotak!!

  42. wahai kalian para manusia karbitan yg entah darimana asalnya,,yang hanya bisa berkomentar dan mempersoalkan masalah kepercayaan seorang pahlawan yang rela memberikan nyawanya untuk rakyat dan negeri yg di cintainya tanpa harus mengedepankan ego kepercayaan yg ia miliki,,dan rakyat maluku pun tidak mempersoalkan hal itu entah pattimura beragama islam atau kristen yg terpenting bukti dari kasih yg tulus dari seorang pattimura itulah yg rela mempertaruhkan nyawanya utk tanah negeri tercintanya dan untuk maluku itu sendiri,karena ia yakin bahwa akan ada pattimura2 muda entah itu islam/kristen/hindu/budha dll. yg akan meneruskan perjuangannya di masa yg akan dtg.
    dan skarangpun rakyat maluku sendiri tlah bangkit dr kterpurukan dan tdk mau di adu domba lgi, kita bisa liat bahwa maluku yg d kenal sejak dulu sbg maluku yg memiliki toleransi terbaik di indonesia bahkan dunia akan kembali bangkit sbg maluku yg beradab dan menjadi bangsa yg maju di tengah cercaan org2/oknum2 yg tdak beradab yg hanya ingin mmprovokasi maluku.
    dan saia yakin bahwa itu jugalah cita2 dari pattimura saat itu.

    hidup PELA GANDONG
    wassalam/shallom.

    • Saudaraku yang budiman beliau islam atau kristen tdk ada masalah beliaukankan tetap pahlawan kita ngapain diperdebatkan

  43. yg intinya pahlawan pattimura adalah pahlawan untuk negeri maluku.soal artikel di atas dia menceritakan semua dari sumber yg dia dapatkan.yah berarti benarkan artikel di atas.muslim tidak pernah sebiadap apa yg kalian fikirkan (nasrani).muslim agama yg sangat mulia di mata allah.ketahuilah di saat hari kiamat nanti semua umat di dunia masuk muslim.dan agama kristen tidak ada dalam ajaran kitab injil.

  44. yg menulis artikel ini memang menunjukan kebencian yg luar bisa kepada orang kristen,saya sudah baca semua tulisan anda,dan tak satupun tulisan yg mengajak untuk hidup rukun dan damai.anda hanya akan memercikan api kebencian pada orang maluku
    Perlu anda tau bahwa Matulesy adalah marga asli asal desa Ullath saparua Di pulau Saparua terdapat sejumlah 16 (enam belas) Desa dan 2 (dua) Dusun. Dari jumlah itu terdapat 13 (tiga belas) Desa dan 2 (dua) Dusun yang penduduknya beragama Kresten masing-masing : (1) Desa Saparua; (2) Desa Tiouw; (3) Desa Haria; (4) Desa Porto; (5) Desa Paperu; (6) Desa Booy; (7) Desa Sirisori Amalatu; (8) Desa Ullath; (9) Desa Ouw; (10) Desa Tuhaha; (11) Desa Ihamahu; (12) Noloth; (13) Desa Itawaka; (14) Dusun Mahu Desa Paperu dan (15) Dusun Pia Desa Sirisori Amalatu. Sedangkan 3 (tiga) Desa masing-masing : (1) Desa Kulur; (2) Desa Sirisori Islam dan (3) Desa Iha yang penduduknya beragama Islam.ini memang desa desa yg ada sekarang,tetapi komparasinya tdk jauh berbeda dgn masa lalu.

    Nah,adakah yg bisa menjelaskan bgmn mungkin seorang yg bernarga lussy dari negeri Hualoy (seram) bisa datang ke saparua lalu memimpin penduduk saparua dan mengalahkan wibawa raja raja di negeri saparua,,,,,,,???

    jawab ini dulu,baru kita diskusikan agamanya,ingat,patimura dikenang berdasarkan perjuangannya,bukan agamanya,

    • pertama. memang, saya akui saya MENUNJUKKAN kebencian saya yg luar biasa kepada orang dan agama kristen. kenapa?

      krn agama kristen telah MENYETIR manusia penganutnya menjadi ENGGA BENER, MUNAFIK, KEJI, MUKABUAYA, delele ..

      coba kamu tengok portal faithfreedom. apa yg dilakukan org2 kapirit kristen di sana??? tidak ada. kecuali menghina dan mencaci-maki islam, baik nabinya, tuhannya, umatnya, kitabsucinya, hadis2nya, sejarahnya, ajarannya, malaikatnya, ……

      dan kalo muslim ingin membalas mencaci dan memaki agama kristen, maka balasan itu langsung di-banned. apa itu fair???

      kenapa kamu tidak jalan2 ke faithfreedom itu, dan mempertanyakan mentalitas mereka, mengapa mereka begitu membenci islam???

      kedua. saya tidak membenci maluku. apa alasan kamu ketika kamu tulis bhw saya memercikan api kebencian kepada orang maluku??? yg saya tegaskan di artikel saya ini adl BETAPA BEJADDDD nya agama kristen, shg dg kekristenan itu ORANG MALUKU (atau siapa saja) JADI BEGITU MUDAHNYA memanipulasi sejarah.

      coba kamu lihat. perang ambon yg terjadi bbp tahun lalu. mengapa itu bisa terjadi? bukankah perang ambon itu adalah PESTA ORANG KRISTEN membantai kaum muslim dg keji???? lantas mengapa skg bisa2nya kamu teriak bhw saya menyebarluaskan kebencian kepada org malulu??? bukan kebalikannya tuh???

      ketiga. kamu tulis bhw saya tidak punya artikel utk mengajak hidup rukun.

      saya tegaskan, BUKANKAH KITA SUDAH HIDUP RUKUN DAN DAMAI???? so buat apa lagi saya teriak2 spy hidup rukun???? tidakkah itu mubajir dan SOK HUMANIS?? sementara padahal NUN DI SANA kita melihat begitu byk KETIMPANGAN DAN KECURANGAN DAN KEKEJIAN org kristen thd kaum muslim …

      kalo saya skg masih urus2 dan teriak2 spy hidup rukun dan damai (pdh rukun dan damai sudah dimana2), lantas kekejian dan kecurangan org kristen thd kaum muslim, siapa YANG MENGHANDEL?????

      nah skg apakah kamu sudah melihat logikanya???

      lagipula, katakanlah saya teriak2 hidup rukun, maka bukankah kerukunan dan kedamaian itu TELAH DIRUSAK oleh kaum kristen sendiri melalui perang ambon itu???? mengapa itu bisa terjadi??

      apakah kekejian itu adalah KHAS ORANG MALUKU????? oh tidak. orang maluku itu santun, baik hati.

      tapi KRISTEN lah yg membuat org maluku menjadi bengis spt buaya lapar!!!! faham kau!!!!!!!!!!!!

      terakhir, masalah agama yg dianut pattimura.

      tolong kamu baca lagi dg baik artikel ini. di situ sudah dijelaskan dari berbagai pihak bhw pattimura adl muslim.

    • ga salah bung,menyebut agama kristen membuat pengikutnya keji,,,,?? bukankah agama islam sendiri yg membuat pengikutnya menjadi teroris,munafik,,,,,?? ini adalah fakta dan anda tak bisa membantahnya.

      anda pikir Voa islam itu suci ya,,,?? bukankah situs situs islam semisal voa islam dan arrahmah selalu menggunakan kata kafir bagi non muslim.Teras Narang saja pernah di sebuat kafir.di indonesia,cuma situs milik islam saja yg selalu menggunakan kata kafir.situs agama non muslim tdk pernah menyebut umat muslim dengar kafir.

      Jika tdk tau asal muasal kerusuhan ambon jangan asal nulis bung. desa muslim batumerah yg terlebih dahulu menyerang daerah kristen mardika,yg kemudian di balas oleh orang kristen kudamati,batugantung.lalu di tulis media media dgn topik pembantaian saat idul fitri.mau tw kenapa penyebabnya,,,,?? karna preman agamamu yg memalak supir angkot kristen,sehingga menyebabkan preman agamamu dikejar oleh supir kristen,dan dgn kemunafikannya preman anda itu lari diterminal batumerah dan berteriak akan dibunuh oleh orang kristen.itulah yg menyebabkan penduduk muslim batumerah menyerang desa tetangganya mardika.ini adalah aksi penyerangn pertama saat kerusuhan ambon yg dilakukan oleh Islam,
      Jadi kalau tdk tau lebih baik diam,jangan asal copas media media muslim anda itu yg hanya menjual kebohongn..

      terakhir,penjelasan penjelasan diatas tidak menjawab bgmn mungkin seorang muslim yg berasal dari negeri hualoy bisa datang dan memimpin perjuangan di pulau saparua yg mayoritas kristen,,,?? anda tdk dapat menjelaskan hal ini tapi dgn beraninya anda langsung mengklaim bahwa thomas matullesy muslim.
      kok bisa kebetulan yah,secara bersama sama marga pattimura dan lussy bisa jarang ditemukan,,??
      oh iya,,mengenai buku best seller suryanegara,bisa anda share di sini,,,?? atau paling tdk beri tahu apa judulnya supaya kita semua bisa mencari dan membacanya.

  45. Son og saparua, on July 18, 2012 at 2:13 pm said:
    ga salah bung, menyebut agama kristen membuat pengikutnya keji,,,,?? bukankah agama islam sendiri yg membuat pengikutnya menjadi teroris,munafik,,,,,?? ini adalah fakta dan anda tak bisa membantahnya.

    Fakta?

    Lantas mengapa ada ….

    @inkuisisi 8abad?
    @perang salib?
    @perang bosnia?
    @perang dunia satu dan dua?
    @pembantaian sabra dan shatilla?
    @pembantaian orang aborigin di australia?
    @pembantaian suku indian di Amerika?
    @perbudakan yang keji dan kejam?
    @perang dingin aka perang nuklir antara dua blok Kristen?
    @pemusnahan orang Muslim dan Yahudi dari spanyol pada masa inkuisisi?
    @bakar hidup2 kepada ilmuwan yang menentang Gereja?
    @katholik membantai protestan dan kebalikannya?
    @pembantaian atas Raja dan rakyat atahualpa atas perintah pastur spanyol?
    @ah masih banyak lagih ………….

    Itu membuktikan apa? Bukankah itu adalah bukti bahwa Kristen telah membuat umatnya menjadi keji?

    Sudah terbukti secara empiris bhw kristen membuat manusia menjadi keji spt buaya lapar. baca artikel saya ini,
    http://islamthis.wordpress.com/2012/02/08/mendoktrin-anak-membenci-agama-lain/

    silahkan didebat. insya allah saya tanggapi.

    Sebelum Islam datang, Kristen dan Yahudi bunuh2an di tanah Palestina memperebutkan tanah suci Yerusalem. Jelas sekali Kristen memang membuat umatnya keji, begitu juga Yahudi, karena sama-sama membaca Alkitab Perjanjian lama. Faham?

    Kamu ga bisa mengelak lagi dari kenyataan bahwa Kristen lah yang membuat umat manusia menjadi keji. Kalau kamu masih kurang puas, silahkan didebat lagi. Insya Allah akan saya layani.

    Sebaliknya, Islam tidak mengajarkan umatnya untuk berbuat terorisme. Seluruh ulama kharismatik telah memfatwakan bahwa terorisme adalah haram di dalam Islam, dan pelakunya adalah para pendosa.

    Kamu juga harus ingat, TERLEPAS dari debat apakah Islam itu mengajarkan terorisme atau tidak, maka KEKEJIAN yang dilancarkan umat Muslim SEBENARNYA ADALAH JAWABAN atas kekejian orang Kristen dan Yahudi atas hak bangsa Arab atas Yerusalem. Mengapa bangsa Kristen mendukung pendudukan Israel atas Palestina? Mengapa bangsa Muslim selalu dipersulit untuk merebut kemerdekaan mereka atas Palestina, dan kebalikannya justru mendukung Israel untuk menancapkan kekuasaannya atas Palestina sambil mengusir bangsa Arab dari tanah tersebut?

    Maka di sini siapa sebenarnya yang teroris? Siapa yang keji? Mengapa Alkitab selalu membuat seluruh manusia berfikir bahwa tanah Palestina adalah HAK MILIK ALAMI untuk Israel?

    Maka saya sarankan kamu INSAF dari kekeliruan kamu. kamu tinggalkan lah agama kristen tengik itu. kristen akan membawa kamu ke neraka. dan di dunia ini kristen akan membuat kamu dan bangsa kamu menjadi keji dan tidak bermoral.

    anda pikir Voa islam itu suci ya,,,?? bukankah situs situs islam semisal voa islam dan arrahmah selalu menggunakan kata kafir bagi non muslim.Teras Narang saja pernah di sebuat kafir. Di indonesia, cuma situs milik islam saja yg selalu menggunakan kata kafir. situs agama non muslim tdk pernah menyebut umat muslim dengar kafir.

    Voa Islam adalah suci? Arrahmah adalah suci?

    Apa hubungan nya dengan saya? Kok ujug2 kamu jadi ngemengin voa Islam segala macem? Yang jelas situs2 tersebut MEMPERJUANGKAN Islam. Apakah itu salah?

    Kebalikannya, apakah kamu akan sebut bahwa situs2 pengajaran kekristenan sebagai suci dan kudus? Hah jangan gombal deh kamu!

    Yang jelas, Teras narang berjuang untuk meminggirkan bangsa Muslim. Teras narang ANGKARA-MURKA terhadap FPI ketika ormas ini akan mendarat di Kalimantan. FPI adalah ormas yang aktif MENGGUSUR Gereja-Gereja yang bermasalah secara perundangan. Dan oleh karena itu teras narang bersama orang-orangnya berusaha untuk memb**n*h petinggi FPI. Dan itu sudah dilaporkan oleh pihak FPI ke pihak berwajib.

    Baca http://islamthis.wordpress.com/2012/07/19/teras-narang-yang-kristen-fanatik-membabat-fpi/#comments

    Dan sekarang kamu ingin membela teras narang? Mengapa kamu membela teroris atasnama teras narang ini? Anehnya kamu. Voa Islam dan arrahmah yang telah menggamblangkan bahwa teras narang akan memb***n****h petinggi FPI yang mana itu membuktikan bahwa teras narang adalah teroris, e-eh malah kamu sekarang Mempertanyakan apakah voa Islam dan arrahmah itu SUCI .. memang dasarnya kamu Kristen fanatik yang buta!

    Terbukti lagi kan? Kristen telah membuat kamu buta dan keji!!!

    Masih menyangkal?

    Istilah KAFIR adalah istilah tipikal di dalam Islam. Mengapa kamu memprotes istilah tersebut?

    Saya pernah mendebat masalah penggunaan istilah KAFIR dan MURTAD ini dengan seorang Kristen, dia keberatan sekali dengan perilaku kaum Muslim yang menggunakan kata tersebut. Saya jelaskan padanya, bahwa Islam adalah AGAMA YANG SEMPURNA. Sempurna nya Islam, maka untuk seluruh fenomena dan gejala, Islam sudah memberinya nama. Ada kata Islam, Muslim, murtad, kafir, munafik, mualaf, munafik, ibadah, sahadat, Nabi, wudhu, sajadah, Masjid, mushala, mukalaf, khalifah, wali, wakil, Malaikat, bidadari, pahala, dosa, nahi, mungkar, ihsan, iman, taqwa, tawakal, sabar, ghibah, hibah, wakaf, mubah, sunah, wajib, haram, halal, sedekah, zakat, imsak, adzan, tilawah, qori, shubhat, juz, khatam, aqidah, syariah, ahlak, rukyah, fitrah, muamalah, nikah, talak, mahar, dan masih banyak lagi.

    Bangsa Kristen tidak mempunyai istilah KAFIR ini di dalam wacana mereka. Maka apakah itu yang namanya agama sempurna? Kalau kekristenan tidak mempunyai istilah KAFIR ini, sementara Islam mempunyai, YAUDAH kamu jangan sewot!!!! Sebenarnya kamu iri kepada Islam yang lengkap kosakatanya. Sadar bung!

    Lha memang pada dasarnya di dalam kehidupan ini ada yang iman dan yang kafir kok! Lantas mengapa kalau Islam menyebutnya KAFIR, Muslim jadi salah? Kok kamu protes? Orang kafir itu memang ada, kan?

    Kalau kamu tersinggung dengan penggunaan istilah KAFIR yang digunakan kaum Muslim atas kaum kafir, maka jangan salahkan kaum Muslim. Kaum Muslim sedang memanfaatkan kekayaan khasanah wacananya kok! Memangnya agama kamyu yang miskin istilah!!!!

    Jika tdk tau asal muasal kerusuhan ambon jangan asal nulis bung. desa muslim batumerah yg terlebih dahulu menyerang daerah kristen mardika, yg kemudian dibalas oleh orang kristen kudamati, batugantung. lalu ditulis media media dgn topik pembantaian saat idul fitri. mau tw kenapa penyebabnya,,,,?? karna preman agamamu yg memalak supir angkot kristen, sehingga menyebabkan preman agamamu dikejar oleh supir kristen, dan dgn kemunafikannya preman anda itu lari di terminal batumerah dan berteriak akan dibunuh oleh orang kristen. itulah yg menyebabkan penduduk muslim batumerah menyerang desa tetangganya mardika. ini adalah aksi penyerangn pertama saat kerusuhan ambon yg dilakukan oleh Islam,

    Jadi kalau tdk tau lebih baik diam, jangan asal copas media media muslim anda itu yg hanya menjual kebohongn..

    Memangnya kamu berada di tempat saat kejadian?

    Terlepas dari versi kamu, inti nya tetap, kan? Kaum Muslim dibantai oleh Kristen Ambon saat kaum Muslim itu melaksanakan shalat idul fitri?

    Kamu ga usah menyangkal dengan berdalih bahwa Muslim yang lebih dulu mencari masalah di saat sebelumnya. Intinya, apakah kaum Muslim sejak awal BERNIAT untuk pesta-bantai atas orang Kristen? Kalau bangsa Kristen, ya. Ambon Kristen sudah jelas punya agenda untuk pesta-bantai atas kaum Muslim. Nah buktinya saja Muslim dibantai saat shalat idul fitri.

    Dan apakah yang menyebabkan manusia-manusia Ambon Kristen itu ingin membantai bangsa Muslim secara keji? Alkitab! Ajaran Kristen! Kristen lah yang membuat seluruh manusia ingin berbuat keji untuk Kristus mereka. Jangan sangkal lagi!!

    Hanya urusan / perkara malak-memalak sopir angkot kok! Itu kan masalah kecil, biasa kok. Kok jadi melebar ke niat untuk membantai seluruh kaum Muslim?

    Di paragraf ini kamu tulis “dan dgn KEMUNAFIKANNYA preman anda itu lari di terminal batumerah” ….

    Saya mau tanya. Siapa yang munafik?

    Agama kamu ajarkan KASIH, ajarkan KARUNIA TUHAN BAPA untuk seluruh Dunia. Agama kamu ajarkan bahwa Jesus itu penuh kasih.
    Namun mene buktinyeeeee?? Kok terjadi pembantaian? Kok Muslim sering sekali mendengar Muslim-Muslim yang dipaksa murtad, bahkan dengan pemurtadan yang keji? Kalau memang Kristen hanya mengajarkan kasih, lantas mengapa ada …..

    @inkuisisi 8abad?
    @perang salib?
    @perang bosnia?
    @perang dunia satu dan dua?
    @pembantaian sabra dan shatilla?
    @pembantaian orang aborigin di australia?
    @pembantaian suku indian di Amerika?
    @perbudakan yang keji dan kejam?
    @perang dingin aka perang nuklir antara dua blok Kristen?
    @pemusnahan orang Muslim dan Yahudi dari spanyol pada masa inkuisisi?
    @bakar hidup2 kepada ilmuwan yang menentang Gereja?
    @katholik membantai protestan dan kebalikannya?
    @pembantaian atas Raja dan rakyat atahualpa atas perintah pastur spanyol?
    @ah masih banyak lagih ………….

    Apakah itu semua menunjukkan KASIH dari Jesusmu?

    Hah apanya yang kasih?

    Jelas sekali, bahwa kamu dan bangsa kamu yaitu Kristen adalah bangsa yang paling munafik.

    Kalau bangsa Kristen TIDAK MUNAFIK, maka mengapa SEMPAT TERJADI perang Ambon itu?

    terakhir, penjelasan penjelasan di atas tidak menjawab bgmn mungkin seorang muslim yg berasal dari negeri hualoy bisa datang dan memimpin perjuangan di pulau saparua yg mayoritas kristen,,,?? anda tdk dapat menjelaskan hal ini tapi dgn beraninya anda langsung mengklaim bahwa thomas matullesy muslim.

    coba kamu fikirkan fakta ini.

    Sejarah mengungkapkan, bahwa salah satu alasan pattimura memerangi belanda adalah karena PATTIMURA MELIHAT BANYAK KAUM MUSLIM YANG DIPAKSA MURTAD oleh belanda untuk menjadi jemaat Gereja.

    Kalau pattimura adalah Kristen, KOK PATTIMURA MARAH melihat kaum Muslim yang dipaksa murtad? Kalau pattimura memang Kristen, justru seharusnya pattimura BERGEMBIRA DAN MENDUKUNG aksi pemurtadan paksa atas kaum Muslim tersebut.
    Masih ga ngetrik juga?

    Kalau pattimura berperang melawan belanda karena marah karena banyak Muslim dipaksa murtad, MAKA MAU TIDAK MAU ARTINYA pattimura adalah Muslim, nyong! Tidak mungkin pattimura yang Kristen itu marah karena melihat Muslim dipaksa murtad. Tidak mungkin!! Atau kamu pengen mengajak saya jadi ikut2an gila seperti kamu ya???????

    kok bisa kebetulan yah,secara bersama sama marga pattimura dan lussy bisa jarang ditemukan,,??

    Mungkin habis dibantai oleh bangsa k***s***t***n untuk menghilangkan bukti bahwa pattimura adalah Muslim. Bisa jadi kan? Soalnya memang sudah terbukti, bahwa ada satu kitabsuci di Dunia ini (yang jelas bukan Alquran) yang membuat umat manusia jadi keji dan gemar bantai sana-sini …..

    Faham???

    oh iya,,mengenai buku best seller suryanegara, bisa anda share di sini,,,?? atau paling tdk beri tahu apa judulnya supaya kita semua bisa mencari dan membacanya.

    Auk! ——–

    • agama kristen tidak mempunyai istilah kafir karna menghargai agama lain Bung,tdk seperti islam,selalu mengkafirkan non muslim.si imam samudra saja pernah mengatakan bahwa Bom bali yg dia rencanakan adalah untuk menghabisi orang kafir,,tentu saja sasarannya orang yg non muslim.

      Sebaliknya, Islam tidak mengajarkan umatnya untuk berbuat terorisme. Seluruh ulama kharismatik telah memfatwakan bahwa terorisme adalah haram di dalam Islam, dan pelakunya adalah para pendosa.

      kenapa yah,kebanyakan teroris di indonesia itu muslim,,?? udah gitu ngaku mengaku di perintah oleh agamanya lagi.ataukah mungkin karna di surga sudah ada 72 bidadari yg menunggu,,,??

      Memangnya kamu berada di tempat saat kejadian?

      Terlepas dari versi kamu, inti nya tetap, kan? Kaum Muslim dibantai oleh Kristen Ambon saat kaum Muslim itu melaksanakan shalat idul fitri?

      saya ada di mardika hari itu Bung dan saya tau persis kejadiannya,Orang muslim batumerah yg terlebih dahulu menyerang mardika,memangnya anda ada disana,,,?? tidak tahukah anda bahwa muslim lehitu datang dgn membawa berbagai perlengkapan perang menuju ke kota ambon karna mendengar isu masjid Al-Fatah telah terbakar,,?? dan sepanjang jalan mereka menghancurkan desa desa kristen yg mereka lalui,namun mereka tdk berhasil menembus blokade orang kristen di passo.anda pasti tdk tahu kan,,,??
      demikian juga pembantaian rombongan Bible camp di kompleks field station universitas pattimura,Hila.

      Kamu ga usah menyangkal dengan berdalih bahwa Muslim yang lebih dulu mencari masalah di saat sebelumnya. Intinya, apakah kaum Muslim sejak awal BERNIAT untuk pesta-bantai atas orang Kristen? Kalau bangsa Kristen, ya. Ambon Kristen sudah jelas punya agenda untuk pesta-bantai atas kaum Muslim. Nah buktinya saja Muslim dibantai saat shalat idul fitri.

      memangnya anda punya bukti orang kristen punya agenda membantai orang muslim,,,,??
      klo bicara jang asal bung. kenapa sampai banyak orang muslim yg terbunuh,,,?? karna ambon itu mayoritas protestan.muslim telah menyerang duluan,lantas apakah orang kristen ambon diam saja melihat saudara-saudaranya di mardika diserang serta pergerakan massa lehitu,,,?? jika saja ambon mayoritas muslim,tentu banyak orang kristen yg terbunuh pada saat itu.ambon diklaim banyak orang muslim karena banyaknya pendatang dari BBM.itulah yg merubah perimbangan kristen-muslim ambon.

      coba kamu fikirkan fakta ini.

      Sejarah mengungkapkan, bahwa salah satu alasan pattimura memerangi belanda adalah karena PATTIMURA MELIHAT BANYAK KAUM MUSLIM YANG DIPAKSA MURTAD oleh belanda untuk menjadi jemaat Gereja.

      Kalau pattimura adalah Kristen, KOK PATTIMURA MARAH melihat kaum Muslim yang dipaksa murtad? Kalau pattimura memang Kristen, justru seharusnya pattimura BERGEMBIRA DAN MENDUKUNG aksi pemurtadan paksa atas kaum Muslim tersebut.
      Masih ga ngetrik juga?

      Kalau pattimura berperang melawan belanda karena marah karena banyak Muslim dipaksa murtad, MAKA MAU TIDAK MAU ARTINYA pattimura adalah Muslim, nyong! Tidak mungkin pattimura yang Kristen itu marah karena melihat Muslim dipaksa murtad. Tidak mungkin!! Atau kamu pengen mengajak saya jadi ikut2an gila
      seperti kamu ya???????

      hanya karna pattimura melawan belanda,lalu kamu mengklaim bahwa Pattimura itu muslim,,,?? bukankah justru link yg kamu pakai itu milik agama kristen,,( http://www.sabda.org/sejarah/artikel/gereja_protestan_di_maluku.htm )
      di zaman Belanda,siapa yg dekat dgn kompeni tentu mendapat berbagai kemudahan,oleh karna itu jelas sekali bahwa pattimura tdk mau agama kristen diteruskan kepada orang muslim karna menganggap agama kristen adalah miliknya yg berharga.
      anda pasti berpikir masa jeruk makan jeruk,atau berpendapat tdk mungkin pattimura yg kristen melawan belanda yg mengkristenkannya,,,??
      trus bgmn dgn Gp Anshor vs FPI,atau Sunni vs Syiah,,??
      Semua muslim memusuhi belanda,Pattimura memusuhi belanda=Pattimura muslim, pemikiran yg sempit dan tdk berdasar.

      Mungkin habis dibantai oleh bangsa k***s***t***n untuk menghilangkan bukti bahwa pattimura adalah Muslim. Bisa jadi kan? Soalnya memang sudah terbukti, bahwa ada satu kitabsuci di Dunia ini (yang jelas bukan Alquran) yang membuat umat manusia jadi keji dan gemar bantai sana-sini

      tulisan ini sungguh memalukan diri anda sendiri,apakah anda sudah tdk punya argumen yg kuat lagi,,,??ataukah sudah tdk bisa memanipulasi fakta sehingga menulis,,,Mungkin habis dibantai oleh bangsa k***s***t***n untuk menghilangkan bukti bahwa pattimura adalah Muslim. Bisa jadi kan? Soalnya memang sudah terbukti.

      mungkin,,,,,,????,,, bisa jadi kan,,,,,?? kasihan,,,,,

      terakhir,ini merupakan pertanyaan saya yg belum anda jawab,JELASKAN BAGAIMANA MUNGKIN SEORANG MUSLIM HUALOY SERAM BISA DATANG MEMIMPIN PENDUDUK DI PULAU SAPARUA YG MAYORITAS KRISTEN DAN MENGALAHKAN WIBAWA RAJA RAJA NEGERI SAPARUA,,,,??
      jika memang pattimura muslim,,jelaskan bagmn dia ke pulau saparua dan memimpin rakyat kristen di sana,,,

      Btw,,buku best seller Suryanegara ada ga,,,,,??

      .

  46. son og saparua, on July 19, 2012 at 1:43 pm said:

    agama kristen tidak mempunyai istilah kafir karna menghargai agama lain Bung, tdk seperti islam, selalu mengkafirkan non muslim. si imam samudra saja pernah mengatakan bahwa Bom bali yg dia rencanakan adalah untuk menghabisi orang kafir,,tentu saja sasarannya orang yg non muslim.

    agama Kristen tidak punya istilah KAFIR??? Ah ngaku aja kamu, bahwa Kristen itu MISKIN istilah!!!

    Kok bisa2nya agama kamu yang kamu anggap sebagai agama Tuhan, MISKIN ISTILAH?

    Hanya karena kamu kata bahwa Kristen itu MENGHARGAI agama lain, maka Kristen tidak mempunyai istilah KAFIR??? AH YANG bener aja.

    Namun, apa bener kamu kata, bahwa Kristen itu MENGHARGAI agama lain? Kok buktinya, Muslim dipaksa murtad? Kok buktinya ada pemurtadan keji? Kok nyatanya masyarakat Kristen melarang Muslim bikin Masjid dan sembelih hewan korban, dan make surban? Katanya menghargai agama lain, kok buktinya MELENCENG?

    Sebaliknya, Islam tidak mengajarkan umatnya untuk berbuat terorisme. Seluruh ulama kharismatik telah memfatwakan bahwa terorisme adalah haram di dalam Islam, dan pelakunya adalah para pendosa.

    kenapa yah, kebanyakan teroris di indonesia itu muslim,,?? udah gitu ngaku mengaku di perintah oleh agamanya lagi. ataukah mungkin karna di surga sudah ada 72 bidadari yg menunggu,,,??

    la iya lah! Itu karena di Indonesia Muslim adalah mayoritas. Sama aja dengan begini, pencuri di Indonesia itu lebih banyak Muslim daripada non Muslim. Koruptor di Indonesia lebih banyak yang Muslim ketimbang nonmuslim.

    Kemudian, perkara bahwa para teroris Muslim itu mengaku bahwa mereka diperintah oleh agama mereka (yaitu Islam), so apakah itu berarti bahwa Islam MEMANG MENGAJARKAN umatnya untuk berbuat teror? Kok kamu milih denger apa kata teroris, bukannya denger para ulama kharismatik? Siapa yang gemblung di sini?

    Kemudian, Islam mengajarkan bahwa di Surga ada 72 bidadari yang menunggu para syuhada. Yap bener! Mereka yang mati syahid alias martir (mereka disebut syuhada) akan masuk Surga dan mendapatkan 72 bidadari. Namun ingat, mati syahid itu BUKAN BERARTI MATI SEBAGAI TERORIS!!! Mereka yang mati sia-sia sebagai teroris, justru mereka akan masuk Neraka.

    Memangnya kamu berada di tempat saat kejadian?

    Terlepas dari versi kamu, inti nya tetap, kan? Kaum Muslim dibantai oleh Kristen Ambon saat kaum Muslim itu melaksanakan shalat idul fitri?

    saya ada di mardika hari itu Bung dan saya tau persis kejadiannya, Orang muslim batumerah yg terlebih dahulu menyerang mardika, memangnya anda ada disana,,,?? tidak tahukah anda bahwa muslim lehitu datang dgn membawa berbagai perlengkapan perang menuju ke kota ambon karna mendengar isu masjid Al-Fatah telah terbakar,,?? dan sepanjang jalan mereka menghancurkan desa desa kristen yg mereka lalui, namun mereka tdk berhasil menembus blokade orang kristen di passo.anda pasti tdk tahu kan,,,??

    demikian juga pembantaian rombongan Bible camp di kompleks field station universitas pattimura, Hila.

    tidak kah itu aneh?

    Temen Muslim saya yang kala itu berada di Ambon pada saat kejadian, justru berkisah sebaliknya. So mana yang bener?

    Lagian, pengakuan / statement kamu itu, apakah bisa dipercaya? Kamu bisa saja NGARANG2 tow??? Bukannya nuduh, namun ini kan masalah sentimen agama. Umat mana yang tidak ingin membela agamanya, walau pun umat agamanya salah? Intinya, bisa jadi kamu Kristen yang ngarang, pun saya juga TIDAK MENAMPIK bahwa bisa jadi individu Muslim yang ngarang2 cerita. ….

    YANG JELas, mengapa kekejian itu terjadi melibatkan orang Kristen? Bukankah orang Kristen selalu jerit2 bahwa Kristen adalah agama kasih? So mana buktinya?

    Kamu ga usah menyangkal dengan berdalih bahwa Muslim yang lebih dulu mencari masalah di saat sebelumnya. Intinya, apakah kaum Muslim sejak awal BERNIAT untuk pesta-bantai atas orang Kristen? Kalau bangsa Kristen, ya. Ambon Kristen sudah jelas punya agenda untuk pesta-bantai atas kaum Muslim. Nah buktinya saja Muslim dibantai saat shalat idul fitri.

    memangnya anda punya bukti orang kristen punya agenda membantai orang muslim,,,,??

    klo bicara jang asal bung. kenapa sampai banyak orang muslim yg terbunuh,,,?? karna ambon itu mayoritas protestan. muslim telah menyerang duluan, lantas apakah orang kristen ambon diam saja melihat saudara-saudaranya di mardika diserang serta pergerakan massa lehitu,,,?? jika saja ambon mayoritas muslim, tentu banyak orang kristen yg terbunuh pada saat itu. ambon diklaim banyak orang muslim karena banyaknya pendatang dari BBM. itulah yg merubah perimbangan kristen-muslim ambon.

    punya bukti, dan cukup banyak. Alkitab memang mengajarkan demikian. Buka saja Alkitab kamu, sejarah agama kamu, delele.

    Lihat aborigin. Lihat suku indian Amerika. Lihat kelakuan Ratu issabela spanyol pada saat inkuisisi. Lihat kasus pembantaian sabra dan shatila. Itu semua menandakan bahwa Kristen memang punya agenda untuk pesta bantai atas kaum Muslim (dan bangsa lain).

    Kemudian, apakah memang benar Ambon itu mayoritas Kristen. Dewan Muslim justru mengklaim bahwa Muslim adalah mayoritas di Ambon. Atau setidaknya, Muslim dan non Muslim adalah fifty-fifty di Ambon. Statement kamu apakah berwibawa?

    Wikipedia melaporkan hal yang sama dengan statement saya.

    Agama
    Mayoritas penduduk di Maluku memeluk agama Islam dan Kristen. Hal ini dikarenakan pengaruh penjajahan Portugis dan Spanyol sebelum Belanda yang telah menyebarkan kekristenan dan pengaruh Kesultanan Ternate dan Tidore yang menyebarkan Islam di wilayah Maluku serta Pedagang Arab di pesisir Pulau Ambon dan sekitarnya sebelumnya. Tempat ibadah di Provinsi Maluku pada tahun 2009 adalah Mesjid 1.188 buah, Gereja 1.597 buah, Pura 10 buah dan Wihara 4 buah. Sedangkan Pemeluk agama Islam sebesar 50 persen, Kristen Protestan sebesar 40 persen, Kristen Katholik 9 persen dan lainnya 1 persen. Gereja Protestan Maluku merupakan gereja terbesar yang ada di Maluku, yang memiliki jemaat gereja di hampir seluruh desa dan negeri kristen di seluruh Maluku. Pada tahun 2008, jemaah haji yang pergi ke Mekkah sebanyak 621 orang, dimana jemaah haji terbanyak berasal dari Kota Ambon sebanyak 339 orang.

    Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Maluku
    tanggal akses 20 Juli 2012.

    lantas mengapa kamu bisa kata bahwa Ambon itu mayoritas protestan? Apa dasarnya?

    Kemudian statement kamu bahwa Muslim lah yang serang lebih dulu melawan orang Kristen, TIDAK USAH SAYA TANGGApi karena bisa jadi itu hanya VERSI KAMU yang orang Kristen.

    coba kamu fikirkan fakta ini.

    Sejarah mengungkapkan, bahwa salah satu alasan pattimura memerangi belanda adalah karena PATTIMURA MELIHAT BANYAK KAUM MUSLIM YANG DIPAKSA MURTAD oleh belanda untuk menjadi jemaat Gereja.

    Kalau pattimura adalah Kristen, KOK PATTIMURA MARAH melihat kaum Muslim yang dipaksa murtad? Kalau pattimura memang Kristen, justru seharusnya pattimura BERGEMBIRA DAN MENDUKUNG aksi pemurtadan paksa atas kaum Muslim tersebut.

    Masih ga ngetrik juga?

    Kalau pattimura berperang melawan belanda karena marah karena banyak Muslim dipaksa murtad, MAKA MAU TIDAK MAU ARTINYA pattimura adalah Muslim, nyong! Tidak mungkin pattimura yang Kristen itu marah karena melihat Muslim dipaksa murtad. Tidak mungkin!! Atau kamu pengen mengajak saya jadi ikut2an gila seperti kamu ya???????

    hanya karna pattimura melawan belanda, lalu kamu mengklaim bahwa Pattimura itu muslim,,,?? bukankah justru link yg kamu pakai itu milik agama kristen,,( http://www.sabda.org/sejarah/artikel/gereja_protestan_di_maluku.htm )

    di zaman Belanda, siapa yg dekat dgn kompeni tentu mendapat berbagai kemudahan, oleh karna itu jelas sekali bahwa pattimura tdk mau agama kristen diteruskan kepada orang muslim karna menganggap agama kristen adalah miliknya yg berharga.

    anda pasti berpikir masa jeruk makan jeruk, atau berpendapat tdk mungkin pattimura yg kristen melawan belanda yg mengkristenkannya,,,??

    trus bgmn dgn Gp Anshor vs FPI, atau Sunni vs Syiah,,??

    Semua muslim memusuhi belanda, Pattimura memusuhi belanda=Pattimura muslim, pemikiran yg sempit dan tdk berdasar.

    Hahahahahahhaaa …… hihihihiiihiii …… huhuhuhuhuhuuuuu ….. hohohohoooo ….. hehehehheeeee …. ga lucu, brur!!!!

    Akhirnya kamu jadi sama dengan banyoler2 Kristen yang lainnya, kan?

    Haaaaahaaaaa … ada orang Kristen yang berfikir bahwa Kristen adalah miliknya yang terbaik sehingga tidak boleh diteruskan kepada kaum Muslim …. haaahaaaaaa ….. banyol kagak lucu, brurrr!!!!

    Teoeoeoeoeoeoeri macam mana tuh!!! Ada Kristen yang tidak mau Kristen itu diteruskan ke mereka yang Muslim….. ibaratnya, ada Muslim yang tidak mau Islamnya dianut oleh mereka yang Kristen (alias mualaf)…. ngakakguah.com nih!!!!

    Ngebanyol jangan di blog orang!!!! Dan banyolan kamu ga lucu!!!!

    Perkara ada orang mau dekat dengan kumpeni, itu mah urusan lain. Yang penting seluruh orang itu masuk Kristen dan masuk Surga. Logika kamu di mana!!!

    Ga mempan! Teoeoeoeoeoeoeori kamu ga mempan! Tetep saja, mengapa pattimura memerangi belanda karena banyak Muslim yang dipaksa murtad oleh belanda, itu membuktikan bahwa pattimura adalah Muslim. Gada teoeoeoeoeori yang lain, selain kesimpulan bahwa pattimura adalah Muslim.

    Seharusnya kamu bikin teori, bukannya teoeoeoeoeoeorik!

    Kamu: anda pasti berpikir masa jeruk makan jeruk, atau berpendapat tdk mungkin pattimura yg kristen melawan belanda yg mengkristenkannya,,,??

    Islamthis: Memangnya saya ngomong begitu? Engga! Pada bagian mana saya bilang begitu? Coba tunjukkan di sini. Saya hanya bilang, patimura yang Muslim itu berperang melawan belanda karena belanda mengkristenkan paksa kaum Muslim. Jangan maen fitnah, brur!

    Trus, gepe ansor melawan FPI, ato sunni melawan syiah???

    Lha itu kan karena ada PERBEDAAN PERSEPSI …. kok kamu jadi LANGLINGLUNG begini?

    Kemudian, apakah belanda yang mengkristenkan paksa kaum Muslim, adalah berbeda persepsi dengan pattimura? Engga kan?

    Ibaratnya, kalau gepe ansor itu mengislamkan banyak manusia, dan FPI juga mengislamkan banyak manusia, maka ngepain gepe dan FPI bertengkar?

    Sunni syiah? Hah bukankah itu adalah perbedaan keyakinan? Ibaratnya, kalau sunni dan syiah punya program mengislamkan banyak manusia, maka buat apa mereka gontok2an?

    Ga nyambung, brur!!

    Mungkin habis dibantai oleh bangsa k***s***t***n untuk menghilangkan bukti bahwa pattimura adalah Muslim. Bisa jadi kan? Soalnya memang sudah terbukti, bahwa ada satu kitabsuci di Dunia ini (yang jelas bukan Alquran) yang membuat umat manusia jadi keji dan gemar bantai sana-sini

    tulisan ini sungguh memalukan diri anda sendiri, apakah anda sudah tdk punya argumen yg kuat lagi,,,?? ataukah sudah tdk bisa memanipulasi fakta sehingga menulis,,,Mungkin habis dibantai oleh bangsa k***s***t***n untuk menghilangkan bukti bahwa pattimura adalah Muslim. Bisa jadi kan? Soalnya memang sudah terbukti.

    mungkin,,,,,,????,,, bisa jadi kan,,,,,?? kasihan,,,,,

    ga punya argumen untuk mementahkan statement saya? Bagus!!!! Berarti argumen saya memang benar, bahwa …….. Muslim Muslim Ambon sudah habis dibantai oleh ajaran suatu kitabsuci (yang jelas itu bukan Alquran) …..

    terakhir,ini merupakan pertanyaan saya yg belum anda jawab, JELASKAN BAGAIMANA MUNGKIN SEORANG MUSLIM HUALOY SERAM BISA DATANG MEMIMPIN PENDUDUK DI PULAU SAPARUA YG MAYORITAS KRISTEN DAN MENGALAHKAN WIBAWA RAJA RAJA NEGERI SAPARUA,,,,??
    jika memang pattimura muslim,, jelaskan bagmn dia ke pulau saparua dan memimpin rakyat kristen di sana,,,

    jawab pertanyaan saya saja, supaya pertanyaan kamu jadi klir.

    Pertama, agama mana yang lebih dulu masuk ke Ambon, Islam atau Kristen?

    Kedua, secara kesejarahan, mana yang terbukti terjadi, Muslim dipaksa Kristen, atau Kristen yang dipaksa mualaf?

    Teori dan logika bahwa pattimura adalah Muslim karena ia memerangi belanda yang memurtadkan paksa kaum Muslim, sudah menjadi bukti bahwa pattimura adalah Muslim. Itu sudah lebih dari cukup! Lagipula, apakah kamu punya bukti bahwa di Negeri anu-anu ani-ani, sejak jaman belanda adalah mayoritas a ato b??? Berdasarkan catatan siapa? Dokumen siapa? Apakah belanda sudah punya arsip sejak jaman spanyol atau portugis bahwa Negeri anu anu beragama ini – itu?

    Btw,,buku best seller Suryanegara ada ga,,,,,??

    Saya endak punya.

    • Temen Muslim saya yang kala itu berada di Ambon pada saat kejadian, justru berkisah sebaliknya. So mana yang bener?

      wkwkwkwkwkkw,,,,,,emangnya apa ceritanya bung,,,? ?? pasti ceritanya tipikal cerita cerita dusta ala muslim.pasti ceritanya mengatakan bahwa mereka diserang tanpa tau penyebabnya,bahwa bukan mereka yg memulai kerusuhan. inilah yg menjadi ciri khas muslim,begitu diserang balik mereka langsung teriak teriak bahwa mereka dianiaya,,padahal bukankah Desa muslim Batumerah yg terlebih dahulu menyerang mardika,ini adalah fakta yg tidak dapat anda bantah.

      ga punya argumen untuk mementahkan statement saya? Bagus!!!! Berarti argumen saya memang benar, bahwa …….. Muslim Muslim Ambon sudah habis dibantai oleh ajaran suatu kitabsuci (yang jelas itu bukan Alquran) …..

      wuahahahahahaha,,,,,,,,,,,,,,,,,,Ini yg lucu brur,,anda sendiri yg menulis

      Mungkin habis dibantai oleh bangsa k***s***t***n untuk menghilangkan bukti bahwa pattimura adalah Muslim. Bisa jadi kan? Soalnya memang sudah terbukti, bahwa ada satu kitabsuci di Dunia ini (yang jelas bukan Alquran) yang membuat umat manusia jadi keji dan gemar bantai sana-sini …..

      nah sekarang saya tanya dapatkah anda membuktikan statement anda diatas,,?? sebab di atas anda menulis kalimat mengambang ( mungkin,,,,,?? dan Bisa jadi,,)
      saya minta jelaskan kalimat anda itu,,ehh belum dijawab malah anda langsung mengatakan saya tidak punya argumen.. anda memang aneh.
      jawab dulu dong,,,,

      jawab pertanyaan saya saja, supaya pertanyaan kamu jadi klir.

      Pertama, agama mana yang lebih dulu masuk ke Ambon, Islam atau Kristen?

      Kedua, secara kesejarahan, mana yang terbukti terjadi, Muslim dipaksa Kristen, atau Kristen yang dipaksa mualaf?

      agama yang pertama masuk ke maluku memang Islam,,tapi dapatkah anda membuktikan bahwa dengan masuknya islam ke maluku,seluruh penduduk maluku sudah masuk islam,,,??

      kedua,,yg saya tau waktu kerusuhan maluku,seluruh penduduk khatolik kesui-teor di muslimkan oleh laskar jihad,sampai Gubernur maluku sendiri pun mengakui hal ini.dan tidak ada satupun desa muslim yang dikristenkan oleh orang kristen.ini FAKTA.

      terakhir,,anda belum menjawab pertanyaan saya,,,JELASKAN BAGAIMANA MUNGKIN SEORANG MUSLIM HUALOY SERAM BISA DATANG MEMIMPIN PENDUDUK DI PULAU SAPARUA YG MAYORITAS KRISTEN DAN MENGALAHKAN WIBAWA RAJA RAJA NEGERI SAPARUA,,,,??
      jika memang pattimura muslim,,jelaskan bagmn dia ke pulau saparua dan memimpin rakyat kristen di sana,,,

      karna penduduk maluku waktu zaman belanda di kelompok kelompokan berdasarkan agamanya supaya mudah dikontrol pemerintah kolonial,jadi sangat tdk masuk akal seorang muslim Hualoy Seram bisa datang ke Saparua dan memimpin pemberontakan.
      moyang moyang kami sering bercerita tentang sejarah maluku Bung,jadi kami tahu bahwa saparua itu dari dulu mayoritas kristen,serta pulau seram yg dari dulu mayoritas muslim.

      Btw,buku suryanegara kan yang anda jadikan referensi menulis artikel ini.kok ga punya,,,,,?? hayyooo jujur saja,ga punya atau memang bukunya ga ada,,??
      atau paling tdk tulis judulnya dong,,masa Buku best seller susah ditemukan,,?? di google pun ga ada infonya.

  47. son og saparua, on July 21, 2012 at 1:46 pm said:

    Temen Muslim saya yang kala itu berada di Ambon pada saat kejadian, justru berkisah sebaliknya. So mana yang bener?

    wkwkwkwkwkkw,,,,,,emangnya apa ceritanya bung,,,? ?? pasti ceritanya tipikal cerita cerita dusta ala muslim. pasti ceritanya mengatakan bahwa mereka diserang tanpa tau penyebabnya, bahwa bukan mereka yg memulai kerusuhan. inilah yg menjadi ciri khas muslim, begitu diserang balik mereka langsung teriak teriak bahwa mereka dianiaya,, padahal bukankah Desa muslim Batumerah yg terlebih dahulu menyerang mardika, ini adalah fakta yg tidak dapat anda bantah.

    Kamu harus pahami teks saya ini dengan baik.

    Pertama.
    Kubu Kristen klaim bahwa kerusuhan dimulai oleh kubu Muslim. Ada buktinya. Kebalikannya, kubu Muslim klaim bahwa kerusuhan dimuilai oleh kubu Kristen. Ada juga buktinya.

    Oleh karena itu kita tidak tehe siapa yang memulai, karena kasus ini semakin blur. Itu semua didasari atas dasar alamiah, yaitu bahwa masing-masing pihak ingin bahwa pihaknya lah yang bersih dan ‘terzalimi’. Yang membuat urusan ini jadi runyam adalah, bahwa konflik ini MELIPUTI suatu daerah yang teramat luas, dan MELIBATKAN banyak manusia, sehingga setiap orang di dalam daerah itu ‘bisa berbuat apa saja’ tanpa bisa diketahui atau diadili.

    Pembelaan Pihak Muslim, baca,
    http://media.isnet.org/ambon/BenangMerah.html

    pembelaan pihak Kristen, baca,
    http://www.oocities.org/waai67/joshua19022002.htm

    mana yang benar? Sekarang begini saja. Kita lihat kepada fakta lain. Mengapa Kristen yang dikata agama damai, TELAH MEMBANTAI ribuan Muslim dengan cara yang keji? Kamu sendiri telah kata, bahwa BANYAK SEKALI korban mampus di pihak Muslim. Mengapa bisa begitu?

    Kedua.
    Ada versi yang menyatakan, bahwa RMS berada di belakang apokalipso ini. Namun sungguh pun begitu, pasti kubu Kristen akan berdalih, bahwa di RMS pun juga ada (Ambon) Muslimnya. Versi ini menyatakan bahwa RMS mengaduk-aduk maluku supaya reaksi Dunia berubah menjadi desakan agar NKRI mengeluarkan maluku dari Indonesia (alias menjadi negara sendiri). Namun kita juga harus ingat, bahwa kebanyakan orang RMS adalah orang Kristen. Ini sama saja dengan fakta, bahwa di dalam Partai Damai Sejahtera yang jelas-jelas partai orang Kristen, ada Muslim berjilbabnya. Tetap saja kan, bahwa partai itu adalah partai Kristen? Adanya Muslim berjilbab yang nimbrung di PDS, itu kan hanya pemerah bibir saja, supaya banyak Muslim Indonesia yang tertarik untuk mendukung PDS. Banyak orang bilang bahwa RMS itu adalah jebolannya KNIL belanda, dan rekrut kniL itu adalah Kristen.

    Ingatlah, bahwa kasus Ambon berdarah ini PECAH pada saat orba runtuh. Artinya, Indonesia sudah sangat rapuh dari dalam, sehingga dimanfaatkan oleh pihak separatis untuk cari gara-gara.

    Kesimpulannya adalah, mengapa Kristen TERBIASA membantai manusia lain agama? Kalau kita tengok sejarah Kristen global, wah itu MEMANG LUMRAH kok! Di komen saya sebelumnya sudah terungkap, Kristen MAHIR sekali membantai Muslim di Sabra dan Shatila. Belum lagi Muslim (dan Yahudi) di spanyol pada masa Raja Ferdinand II atas permintaan Ratu isabela.

    Kalau sudah begini, bukankah sudah terbukti bahwa Kristen memang DIUTUS untuk pestabantai.com? tolong akui sajalah!!!

    Sepertinya kamu dan seluruh orang Kristen itu BERBAKAT ya jadi HANTU ….

    ga punya argumen untuk mementahkan statement saya? Bagus!!!! Berarti argumen saya memang benar, bahwa …….. Muslim Muslim Ambon sudah habis dibantai oleh ajaran suatu kitabsuci (yang jelas itu bukan Alquran) …..

    wuahahahahahaha,,,,,,,,,,,,,,,,,,Ini yg lucu brur,, anda sendiri yg menulis

    Fakta historiz memang begitu, kan broe?? Orang Kristen itu mahir sekali pestabantai ….. penjelasan apa lagi yang kamu butuhkan dari saya?

    Mungkin habis dibantai oleh bangsa k***s***t***n untuk menghilangkan bukti bahwa pattimura adalah Muslim. Bisa jadi kan? Soalnya memang sudah terbukti, bahwa ada satu kitabsuci di Dunia ini (yang jelas bukan Alquran) yang membuat umat manusia jadi keji dan gemar bantai sana-sini …..

    nah sekarang saya tanya dapatkah anda membuktikan statement anda diatas,,?? sebab di atas anda menulis kalimat mengambang ( mungkin,,,,,?? dan Bisa jadi,,)

    saya minta jelaskan kalimat anda itu,,ehh belum dijawab malah anda langsung mengatakan saya tidak punya argumen.. anda memang aneh.
    jawab dulu dong,,,,

    baca saja gelagat itu dari paparan sejarah Dunia yang lebih luas, nyong!

    jawab pertanyaan saya saja, supaya pertanyaan kamu jadi klir.

    Pertama, agama mana yang lebih dulu masuk ke Ambon, Islam atau Kristen?

    Kedua, secara kesejarahan, mana yang terbukti terjadi, Muslim dipaksa Kristen, atau Kristen yang dipaksa mualaf?

    agama yang pertama masuk ke maluku memang Islam,, tapi dapatkah anda membuktikan bahwa dengan masuknya islam ke maluku, seluruh penduduk maluku sudah masuk islam,,,??

    Pertama, terima kasih atas jawaban kamu, bahwa agama yang pertama masuk ke maluku adalah Islam, bukan Kristen. Kemudian, perkara bahwa apakah dengan masuknya Islam ke maluku, maka sertamerta seluruh maluku jadi Muslim, menurut saya ITU BUKAN SOAL kok!

    Mungkin pertanyaan kamu saya balik saja biar asyik. APAKAH KAMU DAPAT MEMBUKTIKAN BAHWA SAAT ISLAM MASUK KE MALUKU, SEBAGIAN BESAR ORANG MALUKU TIDAK MENERIMA ISLAM SECARA PERMANEN? Bagaimana, apakah kamu dapat membuktikan?

    kedua,, yg saya tau waktu kerusuhan maluku, seluruh penduduk khatolik kesui-teor di muslimkan oleh laskar jihad, sampai Gubernur maluku sendiri pun mengakui hal ini. dan tidak ada satupun desa muslim yang dikristenkan oleh orang kristen. ini FAKTA.

    Ya saya akui itu, dan saya ANGGAP ITU BUKAN SEBAGAI KESALAHAN, justru saya anggap itu sebagai KEPATUTAN. Mengapa?

    Pengislaman (secara paksa) atas umat katholik di Ambon itu, terjadi di dalam frame PERANG. Sekali lagi, di dalam frame PERANG. Jadinya itu wajar dan dapat dibenarkan. Ini sama saja dengan PAMPASAN PERANG, yang wajar kalau diambil / disita / dilucuti dari pihak yang kalah. Kalau kamu tidak redo dengan kejadian itu, itu salah kamu sendiri, dan tidak ada gunanya dibahas lebih jauh. Faham?

    terakhir,,anda belum menjawab pertanyaan saya,,,JELASKAN BAGAIMANA MUNGKIN SEORANG MUSLIM HUALOY SERAM BISA DATANG MEMIMPIN PENDUDUK DI PULAU SAPARUA YG MAYORITAS KRISTEN DAN MENGALAHKAN WIBAWA RAJA RAJA NEGERI SAPARUA,,,,??

    jika memang pattimura muslim,,jelaskan bagmn dia ke pulau saparua dan memimpin rakyat kristen di sana,,,

    pertama.
    kamu sepertinya GAGAL untuk menjawab pertanyaan saya. Apakah ada catatan arsip resmi semisal dari kantor belanda kala itu yang menginformasikan bahwa Negeri Ambon ini inu itu iti maroyitas Kristen atau Islam?

    Yang jelas, kalau hualoy seram itu Muslim, PASTI BENAR, karena Islam adalah agama pertama yang masuk ke Ambon. Namun kemudian, kalau dikatakan bahwa saparua itu adalah Kristen, apa dasarnya? Apakah Kristen yang pertama kali datang ke Ambon, bukannya Islam? Punya data sejarahnya? (saya siap ngaku salah, kalau ada bukti fisik bahwa saparua itu sejak dulu adalah Kristen, atau, Kristen adalah yang lebih dulu datang ke saparua).

    Kedua.
    Sekali lagi saya tanya ke kamu. Baiklah pattimura itu Kristen. Lantas, mengapa pattimura itu angkara murka dan memerangi belanda karena belanda itu mengkristenkan paksa Muslim Ambon?
    Fakta bahwa pattimura memerangi belanda karena belanda mengkristenkan paksa Muslim Ambon, adalah bukti bahwa pattimura adalah Muslim. Jangan sangkal lagi. Saya capek ngulang2nya!!!!!

    karna penduduk maluku waktu zaman belanda di kelompok kelompokan berdasarkan agamanya supaya mudah dikontrol pemerintah kolonial, jadi sangat tdk masuk akal seorang muslim Hualoy Seram bisa datang ke Saparua dan memimpin pemberontakan.

    moyang moyang kami sering bercerita tentang sejarah maluku Bung, jadi kami tahu bahwa saparua itu dari dulu mayoritas kristen, serta pulau seram yg dari dulu mayoritas muslim.

    buat apa ini saya bahas?

    Moyang2 kamu? Moyang2 kamu Kristen juga kan? Memangnya moyang kamu itu umurnya 200an Tahun ya? Atau 300an Tahun? Kok bisa tehe secara detail agama ini inu itu iti?

    Btw, buku suryanegara kan yang anda jadikan referensi menulis artikel ini. kok ga punya,,,,,?? hayyooo jujur saja,ga punya atau memang bukunya ga ada,,??

    atau paling tdk tulis judulnya dong,,masa Buku best seller susah ditemukan,,?? di google pun ga ada infonya.

    saya endak punya. Kamu saja yang cari sampe dapet.

    Terakhir, kamu kalau tulis teks, yang bener dooong … saya capek menatah huruf demi huruf dari tulisan kamu.

    Pertama. Kok kamu selalu tulis koma berurutan? Seperti “kok ga punya,,,,,??”.

    Seharusnya kamu tulis “kok ga punya……..??”.

    Memangnya kamu ga punya tombol titik ya?

    Kedua.
    Setelah titik atau koma, maka huruf / kata berikutnya harus diberi satu spasi kosong.

    Kamu tulis “inilah yg menjadi ciri khas muslim,begitu …..”

    Seharusnya “inilah yg menjadi ciri khas muslim, begitu …..”.

    Memangnya kamu ga pernah bikin skripsi S1 ya?

    • Makanya bung,klo tidak tau penyebab kerusuhan ambon,jangan mengeluarkan statement yg bersifat provokatif.bukan cuma muslim yang menderita,tapi cuma orang kristen.

      wowww ini yg luar biasa,mengambil iman seseorang lalu menyebutnya sebagai pampasan perang,memangnya tidak puas telah menghancurkan seluruh yg dimiliki penduduk katholik kesui-teor…? Sampai dihadapan tim investigasi penduduk kesui-teor dipaksa mengakui bahwa mereka masuk islam dgn keinginan sendiri,bahwa mereka menyesal kenapa baru sekarang baru islam.
      Mengapa mereka bisa dipaksa seperti itu,,,?? karna sementara mereka diinvestigasi,anak istri serta sanak saudara mereka di duduk dibawah pedang para Laskar Jihad yg dibanggakan oleh seluruh orang islam di indonesia.jika menjawab tdk sesuai dengan kemauan laskar jihad ,maka keluarga mereka dibunuh. Ini yg tidak diketahui oleh anda kan..? ini yg anda sebut pampasan perang…?
      Orang kristen juga mengusir orang muslim yg minoritas di daerah kristen,tapi tak ada satupun yg dikristenkan.kebanyakan muslim bilang bahwa laskar jihad melaksanakan perintah agama,berarti islamisasi dgn cara kekerasan itu perintah agama islam dong,,,??

      dari keseluruhan sejarah maluku RMS bukan cuma Kristen Bung,Menteri Sosial saja adalah waktu itu adalah Ibrahim Ohorella ( kepala desa Lehitu ) dan dia muslim.Namun setelah Laskar jihad masuk,mereka menghembuskan statement bahwa RMS dalang konflik ambon dan semua orang kristen di ambon adalah simpatisan Rms,oleh karena itu seluruh kampung kristen dimaluku harus dimusnakan.Ini kalimat yg diucapkan oleh Tokoh Panutan anda,si Umar Thalib.
      saya pribadi lebih percaya konflik ambon dibuat untuk menguji seberapa besar kekuatan orang kristen di indonesia sebelum negara islam diberlakukan,kan daerah daerah lain di jawa ibaratnya sudah dalam kepungan.lihat saja waktu sedang panas panasnya konflik ambon,seluruh ormas islam radikal menuntut agar kembali memberlakukan piagam jakarta.nah ini yang aneh,menuduh RMS hendak melakukan makar terhadap RI,sementara orang islam sendiri memperjuangkan Syariat islam berlaku di negeri ini.Bukankah ini menghianati cita cita Founding Father kita,,,,,,?? bukankah hal ini sudah ditolak oleh Soekarno-Hatta,,?? sekarang ketahuan siapa yg ingin memecah belah persatuan NKRI.

      Selanjutnya saya pengen beritahukan kepada anda bahwa anda gila jika menganggap moyang saya yang hidup pada zaman Belanda masih hidup sampai sekarang.Moyang saya telah meninggal,tetapi cerita cerita mengenai penjajahan belanda di maluku selalu diceritakan secara turun temurun kepada kami,termasuk tentang kisah seorang Thomas Matulessy.
      Saya memang belum mendapati fakta bahwa Saparua dari dulu kristen,Tapi mari kita komparasi keadaan sekarang dan dahulu.pulau saparua setau saya,tidak ada fakta yang mengatakan bahwa dulu Muslim pernah menjadi mayoritas di saparua,atau muslim pernah terusir/pindah dari pulau saparua.Persebaran penduduk berdasarkan agama di pulau saparua telah saya tulis sebelumnya.Nah dari fakta ini saya belum mendapat jawaban dari pertanyaan pokok saya.
      ,,JELASKAN BAGAIMANA MUNGKIN SEORANG MUSLIM HUALOY SERAM BISA DATANG MEMIMPIN PENDUDUK DI PULAU SAPARUA YG MAYORITAS KRISTEN DAN MENGALAHKAN WIBAWA RAJA RAJA NEGERI SAPARUA,,,,?

      Terakhir,saya memang belum pernah menulis S1 karena memang masih semester VI.
      anda udah nulis….?? berarti anda sarjana dong…?? kasihan seorang sarjana malah nulis artikel provokatif kayak gini. ini nih,,yg bikin indonesia bisa mengalami konflik dan disintegrasi.

    • kalo masalah akar konflik perang ambon, YA SUDAH LAH tidak usah dibahas lagi, krn SIMPANG SIUR …..

      toh intinya, mengapa hal itu terjadi di tempat yg populasi kristen nya SIGNIFIKAN….

      kamu bisa bilang, bhw kristen ambon TDK PERNAH PAKSA muslim kalah utk murtad. lhaiyaa itu kan kata kamu ….. justru muslim byk yg melaporkan bhw mrk dipaksa murtad. bahkan yg punya bayi / bocah, dirampas utk dikristen kan. ….

      buat apa ngaku2????

      kemudian, kamu kata bhw kamu MEMANG TIDAK PUNYA BUKTI FISIK bhw dulunya kristen adl mayoritas di saparua ….

      yasudah, itu artinya kamu tdk punya pegangan apa2.

      yg bisa kita jadikan pegangan adl, bhw ISLAMLAH YG LBH DULU masuk ke ambon. faham??

      pertanyaan kamu,
      ,,JELASKAN BAGAIMANA MUNGKIN SEORANG MUSLIM HUALOY SERAM BISA DATANG MEMIMPIN PENDUDUK DI PULAU SAPARUA YG MAYORITAS KRISTEN DAN MENGALAHKAN WIBAWA RAJA RAJA NEGERI SAPARUA,,,,?

      jawabannya adl, bhw pada saat itu, saparua adl MAYORITAS muslim, keudian diaksa murtad oleh belanda. itulah yg membuat pattimura berang, dan langsung bergerak ke saparua utk memampuskan belanda.

      ini adl analisa. bgm menurut kamu??

      ya saya sarjana. intinya, saya tidak tulis yg provokatof. intinya adl, saya kemukakan ide bhw org kristen suka nyeleneh soal sejarah. itu memang terbukti kok.

      ow kamu masih semester 4?? kuliah yg baek ya …. saya doakan kamu sukses …..

    • klo memang banyak orang muslim mengaku bahwa mereka dipaksa murtad,kenapa tdk melaporkan hal ini ke Gubernur maluku waktu itu….?? Gubernur maluku saat itu kan muslim,,,nanti dibentuk tim investigasi seperti kasus Kesui-Teor.
      Klo kasus kesui-teor mah,, sudah terbukti terjadi islamisasi secara paksa.

      Saya memang tdk punya bukti fisik.Anda juga tdk punya bukti kan,Klo pulau saparua juga sudah dislamkan…?? Anda hanya berpatokan bahwa islam lebih dulu masuk maluku,dan karena itu anda beranggapan bahwa seluruh maluku sudah diislamkan termasuk pulau saparua
      .
      Setelah dikomparasikan,ternyata saparua sekarang mayoritas kristen.Atas fakta ini,anda beralasan bahwa pada pada saat itu saparua mayoritas muslim dan kemudian dikristenkan. Nah,INI ALASAN ANDA SENDIRI ATAU MEMANG ADA BUKTINYA……..???

      Nah,trus anda menganalisa bahwa karna muslim saparua dipaksa murtad,maka pattimura bergerak ke saparua ( dari pulau seram ) untuk memampuskan belanda.

      Berikut ini tanggapan sekaligus pertanyaan saya atas analisa anda .

      1.Jika memang pattimura datang ke saparua,,bagaimana dia bisa langsung diangkat untuk memmipin pemberontakan…?? padahal setiap desa dimaluku dari dulu sampai sekarang mempunyai pemimpin/raja raja yg disegani.sangat tidak mungkin orang asing dari seram bisa langsung datang dan mengalahkan wibawa raja raja tersebut.

      Sebagai catatan,dalam buku pemberontakan pattimura (Teriakan Kakatua Putih ) yg terbit tahun 1984, menceritakan bahwa Thomas Matulessy diangkat menjadi pimpinan pemberontakan atas usul raja porto yang kristen,karna matulessy pernah menjadi kapten pada masa penjajahan inggris.ini adalah kemunculan matulessy yang pertama kali dalam perjuangan rakyat maluku,terlebih khusus rakyat saparua.dan benteng duurstede yg jadi pusat konflik terletak di daerah kristen.
      mengenai buku ini,mungkin anda menganggap buku fiktif,tapi silahkan lihat link ini,
      http://110.138.206.53/perpustakaan271/index.php?p=show_detail&id=728

      menurut saya buku ini merupakan satu satunya buku yg menceritakan tentang perjuangan Matulessy saat itu.klo anda punya buku/sumber referensi yg menyatakan lain,,,,,silahkan di share.
      (saya ragu,,disuruh membuktikan buku Best seller suryanegara saja anda tidak bisa ).

      2.Berdasarkan fakta sejarah bahwa rekan rekan pattimura yg berjuang mengangkat senjata saat itu, terdapat 4 orang kristen ( Paulus Triago,Martha Tiahahu,Anthonius Rhebok & Philippus Latumahina) dan 1 orang muslim (Sayad Printa). jika matulessy dikategorikan islam,,,maka akan mengherankan jika keempat pejuang kristen diatas mw menjadikan matulessy sebagai pemimpin. Apalagi menurut kaum muslim,,belanda telah mengadu domba orang maluku,atau belanda telah mengajarkan kepada orang kristen untuk memusuhi orang muslim.Tentu tidak mungkin mereka mau bergabung atau diperintah oleh Matulessy yang menurut anda adalah seorang muslim. SANGAT TIDAK MUNGKIN.

      Anda seorang sarjana, saya ibaratkan waktu anda mencari data artikel ini menggunakan metode studi kepustakaan plus copas dari artikel-artikel muslim lain yg penuh provokatif, sedangkan saya pernah ke saparua,terutama didesa haria dan mendengarkan langsung cerita tentang Pattimura dari penduduk setempat,karna ini adalah tugas saya waktu ujian di SMA.

      Terakhir saya ingin kata,kalau berbicara agama,tentu tiap individu punya fanatisme yg kuat terhadap apa yang diyakininya.Saya yakin setiap anda membalas tulisan saya ini,pasti saya pun akan kembali membalasnya.Kita akan mempertahankan pendapat masing masing.Semua yg membaca dan mengomentari tulisan anda ini berkoar koar melakukan pembelaan terhadap kubu masing masing. dulu waktu zaman kemerdekaan banyak pahlawan,baik dari muslim maupun kristen yg berjuang bahu membahu mencapai kemerdekaan,namun sekarang kita malah saling adu dalam segala hal.
      saya rasa sudah sepatutnya kita merenungkan makna dari kata KEINDONESIAAN. kita pluralis,kita majemuk,Kita satu dibingkai dalam NKRI. Tidak bisakah kita penduduk indonesia yg sama sama meneriakan nama Tibo saat menonton sepakBola atau membanggakan Taufik hidayat saat Pertandingan Bulu tangkis tidak saling memusuhi,,,,??

      oh iya,,,Makasih doanya.

    • intinya, mengapa pattimura YG KRISTEN itu MELABRAK belanda yg memurtadkan muslim secara paksa??? tidakkah itu membuat saya bertanya2 dan keheranan??? apakah kamu juga tidak bertanyq2???

      masalah teman2 pattimura yg kristen, maka apakaH itu menjadi masalah / patokan???

      faktanya, pattimura dan 4 temannya itu ADALAH SAMA2 ORG INDONESIA …. yg jadi musuh di sini adl belanda, yg memurtadkan paksa kaum muslim …. kalau pun pattimura obok2 teman2nya yg kristen itu, maka bisa2 urusan murtad-paksa yg melanda saparua, bisa TERBENGKALAI ….!!!

      kita semua punya ANGIN utk menyatakan bhw saparua awalnya adl muslim, sementara KITA TIDAK PUNYA ANGIN utk menyatakan bhw awalnya saparua adl kristen. mengapa??

      krn ISLAM ADL LBH DULU DATANG ke maluku ini. masuk akal, bukan??? apakah kamu ingin sangkal, bhw islam masuk lbh dulu, TAPI KRISTEN LAH yg menjadi mayoritas di saparua itu??? SEMAKIN tidak masuk akal, bukan??? mayoritas kristen DARI MANA??? masuk saja belum ke maluku / saparua, eh tiba2 kita ingin kata / yakin bhw saparua adl kristen sejak awal. yg bener lah!!!

      memang benar bhw saya (atau kita semua) tdk punya bukti bhw saparua itu muslim atau kristen sejak awal. memang. tapi mari berfikir secara logis dan analitis. anggap saja kita sedang berfikir ala efek kartu domino. kalo ada wanita yg melahirkan, PASTI sebelumnya wanita itu mengandung. dan kalau ada wanita mengandung, maka PASTI TADInya ia dibuahi. dan kalau ada wanita yg dibuahi, PASTI ada laki2 yg berperan ….. ga repot, kan??? peran laki2, itu intinya. itu awalnya. itu dasarnya.

      pertama, yg jadi dasar adl FAKTA BHW islam lah yg lbh dulu datang ke maluku. berikutnya???? islam menjadi mayoritas di maluku. ga repot kan??? apakah kita butuh bukti utk itu?? hah apakah kita butuh bukti utk yakin bhw laki2lah yg membuahi seorang wanita yg melahirkan?? apakah kita terlalu bodoh??

      jadi, intinya, saparua adl muslim, awalnya. kemudian byk muslim di sana dipaksa murtad oleh belanda. nah, pattimura YG MUSLIM ini berang melihat proses tsb. maka berangkatlah ia dari seram, utk melawan belanda, alias utk membela dan melindungi iman saudara2 malukunya yg muslim di saparua itu ….. apakah itu mengherankan buat kamu??

      bukankah akan lebih mengherankan, kalo pattimura itu adl kristen, e-eh dia berang melihat muslim dipaksa murtad oleh belanda …. bukankah seharusnya dia malah senang dan merasa positif????

      kalo kamu tulis bhw benteng duurstede itu ada di wilayah kristen, maka bukankah patut utk dipertanyakan, kristen hasil paksa-murtad kah itu???

      ga usahlah kita ngomong sampe melebar ke sana kemari. yg patut kita bicarakan adalah dan hanyalah, APAKAH MASUK AKAL pattimura yg kristen itu BERANG DAN ANGKARA MURKA melihat muslim2 dipaksa murtad oleh belanda???

  48. udah.. tetep aja tidak membuat islam lebih baik dari kristen… sori saya sudah tidak terpengaruh oleh debat2 yg hanya menyerang pribadi orang2 seperti ini… terima kasih pada buku ali sina “mengenal muhammad” yang telah membuka mataku tentang islam…. saya memberkati kalian semua… semoga kalian semua tidak menjadi pengecut seperti muslim lainnya, yang kabur jika disodori buku ali sina “mengenal muhammad”…. salam

  49. untuk netter islamthis, sudahlah bung jangan ngotot dalam kebohongan islam dan menuduh2 agama kristen.. apakah anda sendiri berani menghadapi kenyataan tentang sejarah muhammad yg tidak bisa disangkal lagi??… sekarang sudah ribuan muslim meninggalkan islam setiap harinya setelah membaca buku ali sina itu… silahkan baca buku itu bung.. jangan menjadi pengecut yang hanya mengejek dan menjelek2kan kristen.. tapi tidak mau membaca bukti sangat kuat yg mengkritik nabimu sendiri.. (BANTAHLAH JIKA MAMPU!!!)

    http://www.buktidansaksi.com/files/Resources/books_free_download/Understanding%20Muhammad%20Psychobiography%20%28Memahami%20Muhammad%20Psikobiografi%29.pdf

    • apakah anda gak slah? coba anda jelaskan dimana ada ribuan umat islam yg murtad? itu hanya hayalan anda!
      ketehuilah gak ada dalam sejarah manapun umat islam murtad karna keimannya, melainkan dia murtad karna harta dan kemiskinan dan rata2 yg murtad itu dari kalangan ekonomi rendah, itupun karna di iming-imingin beras

      gimana dengan umat yg masuk agama islam anda bisa lihat di eropa dan amerika uda brapa yg meluk agama islam? dan apakah mereka dari kalangan miskin atau dari golongan terpelajar? jadi kalau referensi anda katakan uda banyak yg murtad itu hanyalah hayalan anda….

    • nikita

      karna anda bilang uda ribuan umat islam yg murtad tapi gak ada buktinya ni saya kasi satu bukti buat anda

      Gereja AS Guncang!! Lebih dari 200 Pemimpin Gerejanya Pilih Murtad.
      Posted on Juni 30, 2012 by MUSLIM
      Lebih dari 200 pemimpin gereja di seluruh negeri di Amerika Serikat menyatakan sudah tidak percaya kepada Tuhan, membuang iman kristiani dan tak mau lagi membaca Alkitab (Bibel). Sebagian mereka mengumumkan kepada publik, tapi sebagian memilih untuk merahasiakannya agar bisa melayani gereja, meskipun mereka tidak lagi percaya dengan apa yang mereka khotbahkan.

      Mike Aus, pendeta di wilayah Houston, menjadi pendeta yang pertama kali mengumumkan keputusannya ke publik.

      Pendeta di Gereja Theophilus di Katy itu mengumumkan keputusannya untuk menjadi ateis dalam suatu acara televisi Minggu pagi di MSNBC.

      …Hardly anyone reads the Bible. If they did, the whole thing would be in trouble…

      “Hardly anyone reads the Bible. If they did, the whole thing would be in trouble,” ujar Pendeta Aus dalam acara ‘Up with Chris Hayes,’ salah satu program MNSBC. (Hampir tidak ada orang yang membaca Alkitab. Jika mereka membacanya, maka semuanya akan berada dalam masalah).

      Jemaat-jemaat di Gereja Theophilus sendiri, kepada Local 2, mengaku tidak tahu apa-apa tentang perubahan kepercayaan Aus sampai ia mengumumkannya sendiri melalui siaran televisi itu.

      “Apakah Anda akan berkhotbah Minggu depan?” tanya Chris Hayes, pemandu acara tersebut.

      “Saya akan kembali minggu depan dan bertemu dengan atasan Saya untuk membicarakan bagaimana selanjutnya. Kita lihat saja nanti,” tukas Aus. …Hampir tidak ada orang yang membaca Alkitab. Jika mereka membacanya, maka semuanya akan berada dalam masalah…

      Aus adalah seorang pendeta Lutheran yang telah berkhotbah di gereja selama hampir 20 tahun. Sekarang, ia justru mengatakan tidak lagi percaya kepada pesan-pesan yang telah dikhotbahkannya itu. Ia pun telah menolak permintaan wawancara dari Local 2. Menurutnya, ia telah kehilangan imannya.

      “Ketika saya mulai membuang iman saya, saya pun menyadari belakangan ini bahwa tidak banyak yang harus saya tinggalkan,” tegas Aus.

      Dampak pernyataan Aus sangat dirasakan oleh gerejanya yang beranggotakan sekitar 80 orang. Sepekan setelah pengumumannya, gerejanya pun dibubarkan. Jemaatnya tidak mau berbicara lagi dengan Local 2, tetapi mereka mengatakan bahwa pendeta mereka telah menghancurkan mereka.

      “Ketika seorang pendeta muncul dan berkata, ‘Saya tidak lagi beriman,’ maka itu akan mengguncangkan dunia mereka. Jemaat melihat pendeta sebagai superhero spiritual,” kata Dr Keith Jenkins, seorang pendeta Methodist, mantan presiden Houston Graduate School of Theology.

      Menurut Jenkins, banyak pemimpin gereja yang bertanya-tanya dan kemudian kehilangan iman mereka, tapi belum pernah ada sebelumnya yang kemudian menjadi fenomena umum.

      Para pendeta, pelayan dan pemimpin gereja yang tidak lagi percaya Tuhan itu telah membentuk kelompok pertemuan rahasia melalui situs clergyproject.com. Menurut mereka, jumlah anggota yang ada sekarang telah mencapai 240 orang. Beberapa di antaranya, seperti Aus, telah terang-terangan mempublikasikan keputusan mereka. Sementara, pada umumnya memilih untuk merahasiakannya.

      Mereka yang memilih untuk merahasiakan keputusan mereka, tetap aktif melayani di gereja-gereja dan lembaga-lembaga pelayanan, meskipun mereka tidak lagi percaya dengan apa yang mereka khotbahkan.

      “Saya yakin, ada banyak pendeta yang aktif melayani di gereja-gereja, tetapi sedang mengalami krisis iman dan bahkan kehilangan iman mereka, tetapi mereka belum keluar karena memikirkan kehidupan mereka,” kata Jenkins.

      “Mereka harus segera mengambil keputusan. Mereka tidak perlu tetap bertahan dalam gereja kemudian menggunakan posisi mereka sebagai pendeta dan mencoba mempengaruhi yang lain.”

      Sumber Foto :1.situs komunitas mereka yang murtad

      http://www.clergyproject.com/
      2.Sumber berita Video a yang mewawancari Mike Aushttp://video.msnbc.msn.com/up-with-chris-hayes/46848396#46848396

  50. untuk anda bung islamthis .. jangan lupa juga mengunjungi situs ali sina indonesia… lihatlah.. muslim2 disana berbondong2 murtad setelah membaca artikel2 ali sina… semoga anda juga mau membacanya.. tidak terkungkung dalam lembah kegelapan islam saja.. lihatlah juga bung kondisi diluar.. jangan digua saja.. salam…:)

    http://indonesian.alisina.org/?p=1226

  51. nikita

    anda percaya dengan toko kartun berarti otak anda memang sepererti anak kecil yg gampang di bodohin dengan alisina (toko kartun) kalau ali sina memang benar (manusia) apaka dia brani nantang debat ma dr Zakir Naik? cerita alisna adalah cerita hayalan sama dengan cerita patimura itu kristen!!

    agama isalam bukanlah agama paksaan, sejak munculnya agama ini sampai sekarg, tidak perna ada keterpakasaan utk masuk agama ini, itu karna agama ini benar agama Allah. sebaliknya dengan agamu gimana?

    • agama islam tdk pernah dipaksakan,,,,,,,,,,,,,,,,,,???

      udah dengar kasus kesui-teor belum,,,,,?? yg penduduknya dikejar kejar laskar jihad untuk dipaksakan masuk islam.

    • hahahahaa…..

      maaf bung kamu yg salah dengar atau kamu mendengar hanya dari satu pihak!
      coba kamu tanyakan lagi sama warga kesui yg di sandra apakah ada yg maksa mereka meluk agama islam? maaf bung jangan FITNA

      dalam Hukum islam dilarang membunuh anak kecil wanita dan orang yg sudah tua….dan kebetulan kerusuhan kemaren (maaf bukan maksut mau ingatin kembali) banyak wanita dan anak2 yg tidak berdosa harus larut dalam kerusuhan itu.. sehingga mereka di amankan dan rawat…setelah kerusuhan itu selesai mereka (wanita dan anak-anak) di antrar pulang…sory bung jangan menebar Fitna.

      bagaimana dengan agamamu apakah ada balas kasi seprti itu? coba kasi satu contoh saja?

  52. son og saparua

    kalau masalah Fitna memang anda juaranya

    kamu boleh membodohin org yg tidak mengerti kerusuhan demi kerusuhan di ambon tapi anda tidak bisa membodohin org yg ada di ambon salah satu contoh anda membawa nama Ibrahim Ohorella ( kepala desa Lehitu ) adalah pengikut RMS? itu merupakan fitna yg sangat biadab!! dariamana anda mengambil kesimpulan itu?

    bukti kalau saparua dulu itu islam anda bisa lihat sejara Sirisori islam dan kulur dan anda bisa mengenal sejara kerajaan ama iha yg di rusak oleh blanda, kenapa situs sejaranya terputus/hilang itu karna belanda sengaja menghilangkannya! yg mendasar adalah umat islam di saparua pada saat itu di diskriminasi oleh belanda dan bagi pengikut belanda (agama kamu) akan mendapatkan imbalan yg besar
    dan siapa yg berjuang untuk negara penjajah maka hidupnya akan mewah! karna kemiskinan dan masyarakat yg masi buta hurup membuat masyarakt banyak yg tergoda untuk ikut kompeni, kecuali mereka Raja-Raja Islam yg tdk mau terpengaru dengan bujuk rayu belanda! salah satunya adalah Patimura.

    anda jangan suka menebar fitna bung!!

    • woyyy saloi,klo memang anda punya bukti bahwa pattimura itu muslim,silahkan share disini,jangan jadi penjilat seperti muslim lainnya. lo mau buktinya……??? cari dan baca buku John Pieris yg berjudul,Tragedi Maluku,sebuah krisis peradaban. http://books.google.co.id/books?id=7TF7we23ho4C&printsec=frontcover&dq=john+pieris&source=bl&ots=6MJ_J7Jdyq&sig=CEI9nqKhy4-ZhVIslW9cbMWHo-o&hl=id&sa=X&ei=Z0sVUObLIYWIrAeD5IH4Aw&ved=0CDQQ6AEwAg#v=onepage&q=john%20pieris&f=false,

      Sejarah sirisori islam dan kulur……?? koq baru dengar.
      emang isinya apaan…?? share disini dong,biar kira semua bisa baca.

      klo soal fitnah mah,,,,sudah menjadi rahasia umum klo orang muslim tukang fitnah. mau bukti…?? liat saja,si tukang ojek lo itu,udah diotopsi dan dikatakan mati karena kecelakaan,Tapi tetap saja orang islam ngotot bahwa dia dibunuh. Akibatnya anda bisa lihat sendiri.

    • hahahaha…..

      bung putra saprua kebtulan sya wrga neg ina yg cinta dengan tanah tumpah darah indonesia saya sangat menghargai jasa para pahlawan yg telah gugur demi kedaulatan negara ini.

      unk itu jka anda mengmukakan link yg berdsar pada keterangan penjjah, saya dengn sangat berat hati untuk tdk mempercayainya..
      maaf bangsa ini suda sangat mendrita pada masa penjjahan dulu, itu akibat dari prpoganda dari VOC..

      link di atas tidak bisa di percaya! (sory)

  53. ni ciri-ciri agama penjajah yg tertulis dalam al-kitab

    1. markus 16:15-16
    Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
    16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

    2. harus mengsihi Penjahat/belanda
    matius 5:39-40
    Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
    5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.

    3. janganlah engkau sangka aku datang membawa damai untuk kalian melainkan aku datang membawa pedang

    PERTANYAANYA:
    apakah patimura itu kristen?
    apakah patimura berkata seperti kata2 al-kitab?

    JAWABLAH SENDIRI MENURUT PERKIRAANMU! JANGAN MENEBAR FITNA DURJANA!

    • saya jawab dulu pertanyaan anda.
      1.Pattimura itu kristen,penjelasannya sudah banyak dijelaskan diatas.
      2.pattimura memang berkata kata seperti dAlkitab. Itu fakta yg saya dapati saat penelitian di Pulau saparua ( Desa Haria,Sirisori sarani,Ulath.)

      Saya sebenarnya tidak tertarik membahas ayat ayat Kitab suci,baik Alkitab maupun Alquran,karena banyak ayat ayat kedua kitab suci tersebut disalah artikan oleh masing masing pengikut agama tersebut.

      terlebih Postingan ini hanya untuk Membahas soal patimura bukan membahas ayat ayat kitab suci. Tapi klo anda mau,,silahkan main main ke Faithfreedom,kaskus,atau Topix. akan saya tanggapi di situs situs ini.

    • bung putra saparua (beta sangat menghargai anda)

      saya memposting itu berdasarkan tulisan tulisan di atas atau seprti apa yg anda tulis di poin ke 2,

      jika benar apa yg patimura katakan seperti kitab suci anda maka seharusnya patimura katakan seperti apa yg saya tulis di atas…
      tidak ada ,maksut untuk mencari kebenaran lewat kitab suci, tulisan saya untuk mempastikan APAKH PATIMURA BERKTA SEPRTI ITU?

      maaf jika anda mengajak saya masuk ke ffi saya sangat tidak tertarik karna apa yg di bahas disana sangat bertolak belakng dengan dasar agama saya (Al-Qur’an/sunah Rasul) dan juga Admin tak mampu menjawab netter2 muslim dan kelihatan makin ngawur….

  54. Anda selalu mengatakan bahwa islam yg masuk lebih dulu dimaluku,karena itu seluruh maluku telah diislamkan.Tapi untuk kasus saparua yg banyak kristennya,anda mengatakan bahwa saparua dulu banyak muslimnya,tapi kemudian dikristenkan.ini aneh karena selama ini tdk ada fakta sejarah yg mengatakan bhwa penduduk saparua dulu muslim yg dimurtadkan.atas penjelasan ini,anda tidak dapat menjelaskan,hanya berpatokan pada fakta sejarah bahwa islam yg lebih dulu masuk maluku dan oleh karena semua penduduk maluku (termasuk saparua) dulu islam lalu kemudian di kristenkan.

    Bung,,, apakah anda bisa membuktikan bahwa dgn masuknya islam terlebih dahulu di maluku,seluruh penduduk maluku sudah masuk islam……??

    pola pikir anda sungguh tdk berdasar.Di indonesia juga islam yg lebih dulu datang,berarti seluruh penduduk kristen yg ada sekarang adalah hasil dari pemurtadan moyang moyang mereka,,,,,,gitu,,,,,,,??

    Konon katanya agama yg lebih dulu masuk di Papua adalah islam. Tapi kenapa di papua sekarang mayoritas Kristen yahh….?? apa ini adalah hasil pemurtadan juga….??

    Bukankah sungguh jelas tertulis di link yg anda berikan sendiri,bahwa pattimura mengangkat senjata karna tdk rela agama kristen mau diteruskan kepada orang muslim. Bukankah telah menjadi suatu fakta sejarah dimaluku bahwa siapa yg beragama kristen sering mendapat akses akses yg lebih dari pemerintah kompeni. ..?? diangkat menjadi tentara,,mendapat pendidikan di sekolah yg didirikan VOC.
    so,,,,,,,jika orang islam saparua akan dikristenkan,bukankah persaingan untuk mendapat akses akses dari belanda semakin sengit…?? untuk itulah Matulessy mengangkat senjata melawan belanda.

    JIKA MEMANG BENAR ORANG ORANG KRISTEN SAPARUA DIMURTADKAN BELANDA,,,KENAPA TIDAK KEMBALI MASUK ISLAM SAAT MEREKA BERHASIL MENGALAHKAN BELANDA……???

    1 saya telah melakukan komparasi terhadap persebaran penduduk berdasarkan agama di saparua, yang hasilnya kebanyakan kristen. Lalu kamu jawab seperti mengemukakan hipotesis, bahwa itu adalah hasil kristenisasi terhadap penduduk saparua yg dulunya adalah mayoritas. ( tidak punya Bukti )

    2.Aneehhh,Jika 4 orang kristen mw diperintah oleh Matulessy yang menurut penulis artikel ini adalah seorang muslim,seperti yang saya katakan diatas,kebanyakan muslim menganggap bahwa orang kristen maluku telah diajar oleh VOC unutk membenci orang islam,jika demikian,,,, mengapa mereka mw diperintah oleh pattimura yg muslim…?? sangat Mustahil mereka langsung tunduk pada seorang muslim yg baru datang dari seram.ini sangat peru dijadikan patokan.

    3.dlm tulisan anda,,selalu menyinggung marga pattmura dan Lussy. Setelah kita melihat fakta,ternyata dimaluku tidak adanya marga Pattimura dan Lussy.

    4.Buku suryanegara tentang pattmura katanya best seller,,,tapi koq susah dicari yah,, sedang buku Perjuangan Pattimura yg berjudul teriakan kakatua putih yg saya jadikan referensi mudah ditemukan.saya sudah katakan bahwa buku ini mungkin satu satunya buku tentang perjuangan pattimura.

    anda sungguh aneh,,jika mengibaratkan semua ini dengan pembuahan atau kehamilan. wooyyy,,,,,ini tentang kehidupan sosial bermasyarakat orang saparua pada waktu itu. mengapa anda samakan dengan kehamilan…….?? Anda ngerti kan tentang sosial bermasyarakat….?? Sungguh tdk pas jika mengibaratkan semua ini dengan Kehamilan.

    Islam lebih dulu masuk maluku,,apakah islam langsung diterima dan telah menjangkau seluruh pelosok negeri maluku…??

  55. cape deeee ….

    jadinya, kalo faktanya islam adl yg pertama masuk ke ambon, maka DIRAGUKAN bhw islam menjadi mayoritas di sana??

    skg apa buktinya, bhw islam lah yg pertama masuk ke ambon, tapi kristen lah yg mayoritas di saparua?? apa buktinya, bhw sejak awal saparua adl kristen??

    pun, kalo faktnya islam adl yg pertama kali masuk ke ambon, maka kemudian disepakati bhw kristen lah yg menjadi mayoritas di ambon?? lantas kapan masuknya???

    kemudian, kalo semua muslim dipaksa murtad oleh belanda, dan efeknya adl para murtadin itu jadi punya akses ke fasilitas2 belanda, LAH MEMANGNYA kenapa??? saya yg bingung, ato kamu nya yg bingung?? yg penting bagi pattimura ‘yg kristen’ itu adl, bhw muslim2 ambon sudah dikristenkan!! masalah dekat engga dekat kpd akses fasilitas belanda, ato mempersengit persaingan ato tetek bengek lainnya, gampang diatur. gemblung, kamu!!!

    masalah ketiadaan marga pattimura ov lussy, itu kan pasti byk teori. di batak saja, dulu ada marga ini anu itu iti, tp skg ude punah. begitu juga di daerah lain. ato ganti nama…..

    rekan kita saloi ude tulis begini ..

    bukti kalau saparua dulu itu islam anda bisa lihat sejara Sirisori islam dan kulur dan anda bisa mengenal sejara kerajaan ama iha yg di rusak oleh blanda, kenapa situs sejaranya terputus/hilang itu karna belanda sengaja menghilangkannya! yg mendasar adalah umat islam di saparua pada saat itu di diskriminasi oleh belanda dan bagi pengikut belanda (agama kamu) akan mendapatkan imbalan yg besar

    apa itu TIDAK ADA ARTINYA buat kamu, son og saparua??

    • Buset,,,,, islam memang masuk ke ambon,tapi blm terlalu menanamkan pengaruh disaparua.klo pulau seram dan banda saya tdk ragu,,tapi untuk saparua belum terlalu berpengaruh.paham dikau….??

      sekarang saya sudah tw,,Anda tidak mampu menjelaskan bgmn islam masuk saparua,,,,bgmn seorang Matulessy yg katanya muslim seram datang ke saparua dan mengalahkan wibawa raja raja disana,,,,,.dan masih banyak lagi pertanyaan yg saya ajukan sebagai perbandingan yg tidak kamu jawab.
      hanya berpegang pada fakta islam masuk maluku ,tapi tidak dapat menjelaskan.

      masalah dekat atau tidak dengan dgn kompeni juga penting,karna pada masa itu seluruh kehidupan masyarakat saparua, bahkan hidup mati,dikontrol oleh kompeni. masa lo bilang ga penting atau mudah diatur……???

      lo ga tau maluku kayak apa,,tiba2 lo langsung bilang ini ga pentinglah,,,,, itu bisa diatur lah,,,,,,,,memangnya lo pernah datang langsung ke maluku dan setidaknya berinteraksi dgn masyarakat disana,,,,,,?? misalnya tentang 4 orang pejuang yg kristen itu lo bilang tdk jadi masalah. Padahal sejak belanda datang,,sekat antaragama dimaluku semakin kentara. ini dilakukan oleh Belanda untuk dapat mengontrol penduduk.dan sejak saat itu,kristen lebih mempunyai akses yg kuat terhadap segala fasilitas yg diberiakn belanda. makanya cukup mengherankan jika orang kristen saparua mw dipimpin oleh seorang muslim,,dengn kata lain klo dipimpin oleh kristen,,IYA.

      anda menulis opini opini anda seenakny saja,,,terlebih asal copas media media penuh provokatif. saya masih punya banyak perbandingan.Tapi tak yakin anda mampu menjawab,,,hanya Beralibi,,ISLam lebih dulu masuk ambon (saparua),,tapi tdk dapat menjelaskan.

    • kamu ude nyerah??? bagus!

      Krn toh kamu jg ga bisa menjelaskan, mengapa pattimura yg kristen BERANG kalo melihat muslim2 dipaksa murtad. alasan kamu, yaitu mrk yg jadi kristen akan dpt akses ke belanda, ah itu omong kosong. kamu harus ingat, kalo kita kristen (ato islam, sama aja), maka yg penting org lain masuk kristen dulu. perkara dapat akses ini itu dpt harta ini itu, itu mah urusan belakangan.

      logikanya aja. anggap aja pattimura MEMANG kristen. kemudian , muslim2 saparua dipaksa murtad oleh belanda. after murtad, mk murtadin ini dpt akses bebas ke belanda. terus kenapa pattimura sewot?? DAPAT AKSES ke belanda, maka apakah itu berarti tanah saparua ov maluku secara keseluruhan, akan jatuh ke belanda? ato pejuang pembebasan maluku akan dikalahkan??

      saya jadi pengen tenyek sama kamu. apakah org kristen ambon, ato mrk yg pindah agama ke kristen, maka DG SERTA MERTA mrk jadi rela maluku ov saparua jadi milik belanda?? hahhh???? yg bener aja!! jadinya, kristen adl agama yg membuat manusia berfikir, bhw maluku adl milik belanda? begitu maksud kamu??? makin ga jelas, nak!!!

      ketawan banget kamu bikin2 dalih! logika tetep aja logika. TIDAK MUNGKIN kristen yg dianut si dodo, membuat dodo jadi berfikir bhw maluku adl milik belanda. ga mungkiiiiiiiiiiiiieeeeeeennnnn, nak!!!

      di bagian awal ini, ADA KOK yg bikin statemen, bhw ISTRI GW BERMARGA PATTIMURA, DAN DIA MUSLIM. SO WHAT?? artinya opo??? artinya, TERNYATA ada tuh manusia bermarga pattimura. wyek!!!

      kamu tulis bhw saya tidak mengerti keadaan sosial org malulu. hah apa maksudnya?? kamu jangan memBLURkan masalah. agama tetep agama, dan pembebasan kampung halaman, tidak pngaruh ke agama, nak!! krn tidak mungkin, kristen yg dianut si entong, membuat si entong jadi berfikir bhw kampung halamaannya adl milik belanda ov penjajah lain. logika, nak! logika!

      coba kamu liyat. manado dikristenkan (meski tdk dg paksa) oleh org luar. batak pun juga dikristenkan org luar. liyat juga, byk org jawa yg dikristenkan oleh pendeta. maka apakah yg dikristenkan ini JADI DAPAT AKSES BEBAS ke belanda? dan juga bhw kristen2 murtad ini jadi berfikir bhw nkri adl milik belanda??? ga tuh!!! org2 kristen batak, org2 kristen manado, kristen2 jawa – tetap bertempur mengusir belanda!!!! ah kau, nak!! bikin excuse yg ga2 aja.

      kamu jgn coba melawan FAKTA dan LOGIKA.
      fakta nya adl, islam yg lbh dulu masuk ke maluku. dan logikanya, islam lah yg tersebar ke seluruh maluku. itu logika. dan secara logika, tdk mungkin, kristen lah yg mayoritas di saparua,, padahal masuk saja belum! alih2, malah islam lah yg lbh dulu masuk ke saparua. mikir nak!!!

      kamu tulis,
      “……………hanya Beralibi,,ISLam lebih dulu masuk ambon (saparua),,tapi tdk dapat menjelaskan ………….”.

      Lha iyalah!! memang kamu mau-nya opo?? saya menang ALIBI, dan kamu KALAH ALIBI. ya udah kamu terima aja, jangan syirik kayak nenek2 mens! kok kamu jadi seradakan begini???

      kamu tulis,
      “………….Buset,,,,, islam memang masuk ke ambon,tapi blm terlalu menanamkan pengaruh disaparua.klo pulau seram dan banda saya tdk ragu,,tapi untuk saparua belum terlalu terpengaruh.paham dikau….??”.

      saya jawab, OPO BUKTI ne, bhw islam tdk beri pengaruh kuat ke saparua?? buktikan di sini juga!!!

      opo ,mungkin, islam beri pengaruh kuat di banda ov seram. e-eh islam yg sama tdk beri pengaruh kuat di saparua. logika macam apa?? memangnya org saparua punya penyakit apa, kok kebal thd pengaruh islam?? kalo banda ov seram bisa, so mengapa saparua tidak???

      rela-kan aja, nak, bhw pattimura kamu itu, MUSLIM. relakan aja…. kamu harus lapang dada. kamu jangan jadi KORBAN pemelintiran org2 kristen …. lihat raja ampat di papua. org kristen ingin menghilangkan / mengganti nama raja ampat ini, soalnya raja ampat adl lambang eksistensi islam awal di papua. begitu juga kisah raja atahualpa. faktanya, rakyat atahualpa dibantai org kristen KRN RAJA ATAHUALPA membanting alkitab. itu faktanya. tp bgm sejarah itu diSAJIKAN??? DIpelintir oleh org kristen, jadi bunyinya begini, RAKYAT ATAHUALPA DIBANTAI KRN RAJA MRK MEMBANTING BUKUDOA (BREVIARY) … bukan alkitab.

      ada lagi, dracula, adl pejuang crussade yg membantai ribuan muslim. fakta itu dipelintir org kristen, jadi begini bunyinya, DRACULA ADL TOKOH FIKTIF penghisap darah ….

      dan satu lagi, biar kamu MAKIN KELIYENGAN …..

      saya copas dari dialog sebeumnya dg netter lain.

      saya hanya berpatokan kepada logika. Sekali lagi, logika.
      ADA tertulis, bahwa pattimura kata, “yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB MAZMUR ADALAH BELANDA”. Dan kemudian kamu lanjut dengan assert, bahwa dengan demikian pattimura adalah seorang non Muslim.
      .
      Coba kamu perhatikan gaya bahasa sang pattimura, >> yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB MAZMUR ADALAH BELANDA.
      .
      Apakah kamu tidak merasa, bahwa ucapan pattimura itu 100% bergaya bahasa kaum Muslim, alias bergaya bahasa kehadisan?
      .
      Saya bisa kata, bahwa BISA JADI pattimura berkata bahwa “yg dimaksud ORANG FASIK DALAM KITAB Alquran ADALAH BELANDA”. Namun oleh penulis sejarah Ambon yang Kristen, kata Alquran diubah menjadi mazmur.
      .
      Tidak mungkin ada orang Kristen yang mempunyai cara berfikir dan gaya berbahasa seperti itu, kecuali kaum Muslim. Sejak kapan syh orang Kristen mempunyai wacana tentang siapa-siapa yang fasik? Apakah Gereja mempunyai definisi untuk kata fasik ini?
      .
      Tidak ada bukti, tidak ada saksi yang mengkonfrmasi bahwa pattimura menyebutkan “mazmur” (atau juga Alquran), kan?
      Kalau ada bukti jelas, tolong share di sini. Itu akan sangat membantu.

      belum nyadar juga???

    • susah debat ama orang yg seenaknya bikin tulisan provokatif..

      Bung,jika memakai logika seperti anda,,,saya punya pertanyaan.

      Di indonesia agama yg lebih dulu masuk kan islam,,,berarti orang orang kristen yg ada sekarang itu adalah hasil pemurtadan moyang moyang mereka oleh Belanda dong…..?? atau gini deh,,di papua kan katanya agama yg lebih dulu masuk yaitu islam,,,knapa papua sekarang mayoritas kristen yah…..?? apa disana pernah terjadi pemurtadan..??

      saya tidak menyangkal kalau islam yg terlebih dahulu masuk maluku,,,tapi berulang kali saya katakan bahwa di saparua itu mayoritas Kristen,,trus lo jawab itu hasil pemurtadan. Nah waktu itu kan si Matullesy berhasil mengusir belanda,,, knapa pengikutnya yg menurut kamu adalah muslim yg dimurtadkan tidak kembali masuk islam…..?? kan menurut lo motivasinya matulessy yaitu membela agama islam kan….?? so sudah seharusnya mereka kembali masuk islam. Dan dalam sejarah perjuangan pattimura di pulau saparua,saya tdk pernah mendengar ada pengikutnya yg kembali masuk islam setelah berhasil mengusir Belanda dari pulau saparua.

      Sumber Referensi yg saya gunakan cukup jelas,,saya pernah Turun langsung ke pulau saparua dan berinteraksi langsung dengan penduduk disana serta mencari informasi tentang perjuangan Pattimura dipulau saparua.
      Trus saya juga punya buku Teriakan kakatua Putih (perjuangan Rakyat saparua) Lo mau tau siapa penulisnya……?? penulisnya adalah satu satunya Orang yang lolos saat Pattimura menyerbu benteng Duurstede,dia adalah anak Residen Van Berg yg datang 60 Tahun setelah peristiwa yg hampir menewaskan dirinya itu.di indonesia Buku itu ditejemahkan oleh H.B.Jassin.
      http://110.138.206.53/perpustakaan271/index.php?p=show_detail&id=728

      Lo cari dan baca,,biar lo paham.saya juga ingin mendengar Best sellernya suryanegara,bisa share disini….?? ayo dong,,,,lo tdk ingin disebut pembohong kan…??? buku jadul saja bisa didapat ,,,koq buku Best Sellernya suryanegara ga ada…??

      dasar muslim,,,semuanya diklaim milik mereka,,lo pikir kata fasik ga ada dalam kitab saya…?? semua orang tau bahwa muslim itu suka mengkafirkan agama lain,,dengan kata kafir.
      lagian dilihat darimana,,kata orang fasik itu milik islam…?? jika ada yg mengucapkan kata orang fasik,,berarti dia muslim..? gitu kan maksud lo.

      terakhir,anda yg tulis kan..?? klo orang manado dan batak yg kristen juga turut berperang melawan belanda. Nah apakah salah seorang Matulessy yg kristen juga turut berperang melawan belanda apapun alasannya….??

  56. Moslim or cristian it doesn’t matter just proud to by a moluccan.
    Religion is not a issue born and live in the land of kingdom the roots make him a history to be one of of our legend. You can distort the history but not his identity. Religion is not a terrorist nutrition but a education for freedom and expression.

    God or allah what ever one nation one people!!!!!!!!!!!!!!!

  57. son og saparua

    kayaknya anda yg harus lebih banyak belajar tentang sejara pulau saparua
    gak perlu repot2 kalau mau penjelasn tentng bagaimana islam ada di saparua anda tinggal pelajari tentang perang saudara ternate dan tidore itu suda sangat jelas bagai mana islam masuk di pulau saparua
    dan siapa patimura itu juga suda jelas

    yg ingin saya tanyakan ke Anda pada saat terjadi perang saudara ternate dan tidore belanda ada di pihak mana?

    dan pada saat itu kerajaan huamual/pulau seram berada di pihak mana?

    saparua pada saat itu di pimpin oleh kerajaan mana?

    apakh pada saat peralihan kekuasaan penjajah (belanda-potugis) terjadi perang di pulau ambn atau tidak coba anda jelaskan?

  58. david

    saya setuju dengan anda (im agree with U)
    tapi sejarah perlu kita pelajari kan? (history is important)

    thanks bro

  59. jangan merobek luka lama,muslim or kristen,orang2nya rata2 sama semua.capai aja jalan kedamaian dan kebahagian hidup akhirat masing2…

  60. Woi Saloi,emangnya lo uda baca blm,,??

  61. Keliatan banget Islam itu cuma partai Arab… Kalo emang kalian ngaku berTuhan, cobalah tunjukkan sikap hidup yang baik. Ngatain orang lain iblis, padahal dirinya sendiri lebih iblis! Udah ga usah sok bener sok suci. Malu euuy diketawain Tuhan! Urus diri masing2 aja, udah hidup baik dan benar belom… Kalo hidup cuma cari gara2 doank seperti anda ini, yaah sama aja kayak iblis! Lebih iblis malah!

  62. Yang nulis blog ini sih bego! Bego banget! Otak dan imannya tumpul! Hoiii lo berTuhan ga sih? Tuhan ga pernah ajarin yang jelek2. Kalo manusianya lakuin hal yg jelek2, itu emang karena manusianya yg geblek! Dia tidak paham ajaran Tuhannya. Banyak kok sodara2 sy yang memeluk agama Islam tapi mereka tidak sekedar beragama yah, lebih daripada itu mereka berTuhan! Sikap dan cara hidup mereka sangat terpuji. Ga kayak penulis blog ini, Islam KTP! Cuma meramaikan perang antar agama doank, ga berusaha menciptakan perdamaian. Anda hidup baik dan benar dulu deh, baru kata2in orang lain. Kalo belum bisa hidup baik dan benar, mending diem aja jangan banyak bacot. Malu oi malu! :)

  63. Coba dong basudara samua jang bakumalawang, apalagi sampe bawa-bawa SARA segala. Kamong samua yang diatas semua Intelek jadi coba berdebat jang bawa Agama deng segala macam sampe bakumaki. Ada baiknya kamong perhatikan, jang paskali ungkit kerusuhan 99, itu su lalu. Samua tu su ada yang ator deng dong itu samua su dapat tangkap, sekarang su damai jang ungkit akang lai lah.

    Sekarang masalah Sejarah, untuk dong samua tau banyak sejarah yang parlente sekarang (dipalsukan). Katong jang langsung percaya deng orang yang coba tulis sejarah tentang katong tapi bukan asli maluku. Katong pung sejarah ni banyak yang dibawa ke Belanda, itu asli disana banyak. Di Ambon sini palsu banyak. Basudara samua, bt bukan memihak salah satu dari dong e tapi bt cuma mau bilang kalo pernah bt dengar juga kalo Pattimura ni asalnya dari Seram tapi dari Negeri Latu. Laeng lai toh ?

    Tadi ada yang bilang diatas kalo Fam Lussy deng Pattimura tuh bukan asli Ambon, sapa yang bilang kamong. Fam Lussy tu ada banyak di akang Hualoy, SBB sana sedangkan fam Pattimura tuh ada di Latu sana, SBB juga. Dua fam itu asli Ambon, malah dari Pulau Ibu, Seram jadi jang bicara kaya bagitu. Sekarang yang kamong perdebatkan ni dia asli dari mana sekarang jang talalu jauh dari konteks dolo.

    Thomas Matulessy – Kapitan Pattimura.

    Matulessy nich asli dari Saparua, yang bt tau dari Haria. Bt memang bukan orang Saparua tapi setau bt gitu soalnya bt tamang Matulessy banyak di Kudamati atas. Lalu Pattimura, itu asli dari Latu, di SBB, Rumah Kai pung kasana-kasana. Yang dekat deng konteks cuma Matulessy dan Pattimura karena sampe sekarang yang katong kenal Thomas Matulessy alias Kapitan Pattimura. Kalo katong liat dari yang kamong bakumalawang ini Agamanya, sekarang bt coba terangkan. Matulessy dari Haria ini Agama Kristen, sedangkan Pattimura dari Latu ini Agama Islam. Nah, bt pernah dengar banyak orang cerita tentang asal-usul Thomas Matulessy – Kapitan Pattimura ini tapi yang menurut bt masuk akal ini cerita dari orang tatua di Kamariang, SBB sana.

    Antua carita par Bu Lex orang Seriholo tinggal di belakang Kantor Pertanian Poka rumah paling ujung di rumah dinas situ. Ceritanya, Thomas Matulessy ini awalnya agama Islam fam Pattimura dari Latu lalu waktu perang lawan Belanda di Saparua, zg tau bagimana cz bt zg dengar baik-baik lai, dia pi ke Saparua trus tinggal di keluarga Matulessy di Haria, nah karena dong liat dia fisik bagus trus berani dong minta dia par pimpin perang lawan Belanda. Karena dia ini kabal parang dsb, dong kasih dia julukan Kapitan tambah dia pung fam Pattimura tu jadi Kapitan Pattimura. Lalu karena dia tinggal di keluarga Matulessy ni lama dong panggil dia Thomas Matulessy atau Pattimura lalu zg lama dia masuk Kristen karena keluarga Matulessy ni ajak dia. Begitu cerita singkatnya. Tapi bt jua zg tau selengkapnya, yang tau cuma tete nene moyang dong boleh.

    Jadi jang bakumalawang lai, banyak sejarah yang parlente sekarang ini. Banyak orang putar sejarah suka-suka dia cuma par angkat dia pung nama kampong, fam, agama, dsb. Padahal sebetulnya zg boleh bagitu. Makanya itu, bt cuma mau bilang kalo sejarah dari Hualoy bt kurang tau jelas tapi secara logika zg masuk akal saja soalnya dari Mat jadi Matu trus Lussy kok jadi Lessy. Bt zg tau mana yang betul, ada banyak versi tapi yang masuk akal satu cerita yang bt cerita akang diatas tuch.

    Bagitu jua basudara dong. Jang katong fanatik agama deng suku, zg bagus. Jujurlah dan akui apa yang terjadi sebenarnya. Biar akang zg pas deng katong hati zpp, karena memang bagitu aslinya. Jadi jang dong samua bakumalawang sampe bakumaki trus bawa-bawa agama e? Zg bagus. Apalagi ada dari luar yang su komentar tambah padahal lebih zg tau apa-apa lai cuma tau baca di buku aja zg dengar dari orang tatua. Cuma katong orang maluku aja yang tau akang, sejarahnya jua ada di Belanda biar cari susah. Sejarah pulau Seram (Ceram) jua aslinya di belanda sana, ada yang bilang nama Seram dari Soekarno. Soekarno kapan, Pulau Seram kapan. Nah, ini salah satu bentuk pemutarbailakn sejarah. Ok?

    Bagitu jua, Gbu.

  64. cerita mugak mendasar

  65. B A S U D A R A G A N D O N G E S A M P E J U A K I O!!!

    INI SEBENARNYA SALAH SATU KARAKTER BURUK BANGSA KITA YANG DICONTOHKAN DALAM WEB INI SEBAGAI HAL YANG MAU MERUSAK.

    KATONG SAMUA ANA CUCU DER MALUKU, BAIK YANG BERAGAMA ISLAM (SALAM) ATAU KRISTEN (SARANE) JANGAN MUDAH TERPANCING DENG OBROLAN MACAM BAGINI. INI CARA-CARA DARI OKNUM TERTENTU YANG MAU MEMECAHBELAHKAN KATONG PUNG HUBUNGAN ORANG SUDARA KOMBALI.

    BAGI BETA BAIK SALAM MAUPUN SARANE DI MALUKU, ITU ADI DENG KAKA ATAU PELA DENG GANDONG ATAU ORANG SUDARA YANG SATU MUSTI LIA LAENG.

    BIARLAH DENGAN PERBEDAAN KEYAKINAN INI KATONG JADIKAN ITU UNTUK SALING MELENGKAPI.

    BAGI BETA, AGAMA MANAPUN SENG PERNAH MENGAJARKAN ORANG PAR HAL YANG BURUK.

    KALU KATONG MENGANGGAP AGAMA SEBAGAI BATU LONCATAN UNTUK MENJAMIN KATONG HIDOP DI DUNIA INI DENGAN BAIK SUPAYA SAMPE DI AKHIRAT DAPA TAMPA TINGGAL YANG BAIK, MAKA KATONG MUSTI PAKE ITU JADI PEGANGAN!!! JANG PAKE AGAMA ITU PAR KOREKSI KEYAKINAN ORANG LAENG.

    INI YANG BIKING KATONG SENG PERNAH AKAN MAJU2. COBA LIA DI CINA: ITU DONG NEGARA KOMUNIS. TAPI, KARAKTER DONG DI SANA TENTANG BAGAIMANA MENGHARGAI ORANG, SOPAN SANTUN, BUDAYA BERSIH, BERANI BERTANGGUNG JAWAB, SENG PANCURI (KORUPSI) TETAP DONG JAGA.

    LAENG DENG KATONG DI INDONESIA. COBA LIA SAJA, ORANG YANG TAAT MENJALANKAN NILAI2 AGAMA DI INDONESIA CONTOH: PENDETA, USTATZ, DLL ITU TETAP SAJA ADA BIKIN PELANGGARAN ALIAS SIKAP YANG KELUAR DARI NORMA KEMANUSIAAN ATAU KARAKTER YANG BAIK. APALAGI YANG MASYARAKAT BIASA!!!

    DENGAN DEMIKIAN BAGI BETA, BAKU MALAWANG TENTANG ASAL USUL KAPITAN PATTIMURA DI WEB INI MERUPAKAN SALAH SATU CIRI SEORANG ANAK BANGSA YANG SENG MAU MAJU. CUMA HIDOP PAR JADI PROVOKATOR SAJA.

    PEMBAHASAN INI BUKAN YANG PENTING. YANG PALING PENTING ADALAH, BAGAIMANA KATONG TIMBA SIFAT-SIFAT DARI KAPITAN PATTIMURA ITU UNTUK KATONG JADIKAN SEBAGAI SALAH SATU POLA DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA INI, TERUTAMA KATONG ANA CUCU DARI MOYANG DENG DATUK-DATUK DI MALUKU.

    JADI, MARI KATONG SAMA2 ATOR BAGAIMANA KATONG PUNG BUDAYA MALUKU YANG HIDOP SEBAGAI ORANG BASUDARA ITU, KATONG JADIKAN SEBAGAI DASAR PAR BENTUK KATONG PUNG KARAKTER SEPERTI SIFAT KAPITAN PATTIMURA.

    KALU BICARA SOAL KAPITAN PATTIMURA ITU ANTUA MAU SALAM ATAU SARANE, MENURUT SEJARAH TULIS ATAU TUTUR, JANG KATONG PERSOLAKAN LAI!!!

    JANGANKAN SEJARAH PATTIMURA, SAKARANG INI MASALAH PERDA DI MALUKU PAR PILIH RAJA SAJA, JADI PERDEBATAN ANTARA MASYARAKAT DI KAMPONG2; PADAHAL SETIAP KAMPONG ITU RATA2 SAMUA SATU AGAMA.

    APALAGI KATONG MAU BICARA SAKARANG TENTANG HAL DI ATAS YANG JELAS2 ANTARA AGAMA YANG BERBEDA!!! INI KARNA APA? KARNA SEJARAH KATONG DI MALUKU ITU SEBAGIAN BASAR DICARITAKAN (BUDAYA TUTUR) BUKAN DITULIS (BUDAYA TULIS) SEPERTI DI PULAU JAWA DLL.

    SAKARANG INI BUKAN JAMANNYA LAI PAR KATONG BAKU MALAWANG DENG HAL2 MACAM DITULIS DI WEB INI. JAMAN SAKARANG NI MANUNTUT KATONG SUPAYA HARUS HIDOP DENGAN KARJA KARAS, BAHU MEMBAHU, SALING MENGHARGAI, SOPAN SANTUN DLL; POKOKNYA HAL-HAL YANG DAPAT MEMBUAT KATONG PUNG HIDOP JADI MAMPU MENGATASI BERBAGAI MASALAH KEHIDUPAN INI.

    BETA BACA BASUDARA PUNG KOMENTAR2 AKIBAT TOPIK DI ATAS, SEAKAN AKAN INI DISKUSI PAR NANTI BIKIN PERPECAHAN.

    JADI, LEBE BAI KATONG BAKU DAPA LALU KATONG ATOR APA YANG KATONG MAU BIKING PAR BANGONG MALUKU INI KE DEPAN, BAIK DARI PIHAK SALAM MAUPUN SARANE. ITU SAJA BASUDARAE. MUDAH2AN BASUDARA MAU DENGAR BETA PUNG USUL SINGKAT NI JUA. LALU INI HAL JANG KATONG PERPANJANG LAI. AKHIR KATA BETA UCAPKAN.

    SALAMAT MERAYAKAN IDUL FITRI 1 SYAWAL 1433 H BAGI KATONG PUNG BASUDARA SALAM, SEMOGA MELALUI HARI YANG FITRAH INI DAPAT MENJADI BERKAT PAR BASUDARA UNTUK MEMBANGUN JIWA BANGSA YANG BERIMAN DAN BERKARAKTER BAIK. TERIMA KASIH.

  66. hei ambon kristen…. siapa yang biadab hah? kamu tahu ambon kristen di jakarta tukang cari masalah ke agamaan, mencela kami saat mau mengaji…. tapi sebetulnya kalau kami turuti hawa nafsu habislah kalian terbantai… hei gol minoritas…. tapi islam tidak biadab seperti kata kalian…. kalau saya berkata bohong, keluar saya dari agama islam yang saya anut ini. kami sudah cukup sabar kalian fitnah, nanti pasti ada waktunya.

  67. sekarang gini aja deh…. Yang Jajah kita orang apaan??? KRISTEN dan KATOLIK kan??? masa tuan Pattimura menentang penyebar agamanya sendiri yaitu belanda…???? mikir dong

  68. buat kalian semua yang udh mengomentari tuan Boy ;)
    saya juga asli Maluku . kalian itu warga pendatang di maluku jadi kalian jangan sok belaga tau tentang seisi Maluku :)
    Und kalau ada tolol, bodok, Idiot tingkat dewa jangan bawa – bawa agama kami karena kalau bukan kalian yang mulai duluan untuk menguasai maluku tanah kelahiran kami nggk mungkin kan kami mau melakukan perkelahian dengan kalian ! dan ini untuk kalian juga urusan Duniawi jangan bawa – bawa nama ALLAH kalian DAsar Manusia KAFIR , BEjAT :P
    Nilai Bahasa Indonesia kalian di bawah Rata – Rata Yah ?Kacian :P
    NO COMMEND :P

  69. bapak alan,
    kayknya bahsa indonesia mu yg harus di prbaiki hehehhee
    anda uda komen tapi di akhir tulisan anda ada tulisan NO COMMen
    hahahaha….

  70. hati2 ada provokator di pihak Kristen dan Islam di forum ini.
    Beta cuma mengingatkan dorang samua, jang terpancing dengan opini2 yg menyesatka.
    Orang Maluku tuh hidup rukun dan damai, beta tau Kristen dan Islam orang Maluku nomor 2, yg lebih penting tuh Pela Gandong, krna itu sdh dari dulu sebelum agama masuk di Maluku.
    Yang bikin Maluku ancor tuh orang dari luar Maluku terutama Bangsa Jawa dengan TNI/POLRI+ Jihad yg masuk di Maluku.
    Ada lagunya tuh, Tagal Tifa dar Jawa yg biking katorang ancor.
    Jadi katong jang bicara ttg agama dan menghina agama lain.
    Maluku tuh satu, bukan Islam dan Kristen.
    karna katong samua SATU DARAH.

    Viva Maluku ..

  71. sejarah islam sudah lama bertapak di negeri maluku..mustahil sama2 kristen menyerang belanda.sejarah dalam kitab melayu juga menyatkan hubungan kesultanan2 melayu di smenanjung-sumatera juga tercatat jauh sbelum orang eropa datang..jadi bahasa melayu menyebar di maluku bukan di zaman belanda toh?tapi jauh sbelum itu..sejauh pengaruh islam bertapak di bumi maluku karena di sebar oleh pedagang ahlil bait9arab) dan orang2 melayu

    • Maka dari itu, Bung. Sy orang melayu kalimantan yg tengah duduk di pesantren. Alhamdulillah, Bung. KIta jadi orang Melayu.

      Hendaknya, -bagi siapa disini yg merasa orang Melayu seperti kami dan Orang Jawa dan Sunda,- kalian harus bersyukur karena kalian punya peran penting dalam penyebarluasan Islam diabad2 awal.

      Tahukah kalian, bahwa Rakyan Sancang (orang abad ke-7 Masehi) dipercayai sebagai orang Sunda pertama yg masuk Islam. Dia masuk Islam karena tawaran Muawiyah bin Sufyan yang pernah sekali diutus ke Tanah Jawa untuk mengIslamkan orang2 di Pulau Jawa (keterangan ini tidak ditulis di sirah atau hadis manapun, melainkan di Kitab sejarah bergenre syair “Nur Lela Cahaya di Nageri Emas” di Kalimantan Barat, hal. 300-302)

      dikutip dari:Purnomo, Muhammad Alim. “Kedatangan Islam di Tanah Jawa dan Melayu” (2009) Makalah seorang mahasiswa IAIN Singkawang, Kalimantan Barat. hal. 12

    • Sedikit keterangan, kitab syair itu dibikin pada Abad ke-15 M.

  72. buat penulis yang terhormat..
    Saya cma mau bilang kalau anda penipu dan jga pendusta serta teman” anda yg mendukung anda…..
    marga Lusy??
    itu z pernah ada.
    jang c asal tulis….
    b Berti Filip Noya anak Hatturesy Rakanyawa Brani bersumpah kalau Thomas Mattulesy asli Kristen.
    deng banyak buktinya….
    Thomas Mattulessy bukan org seram ataupun Haria…
    Dia asli Hulaliu yang berada d pulau Haruku,…
    mau tahu carita aslinya??
    spaya mata tuh akang tabuka basar…
    pada awalnya Portugis menguasai Maluku dan mereka mengkristenkan banyak org maluku awalnya di pulau Haruku terdapat suatu kesatuan yg kuat namanya Hatturima Hatuhaha…
    persatuan lima negeri..
    yaitu Pelau ,Kailolo,Hulaliu,Rohmoni dan Kabau.
    semuany agama Islam.
    saat Portugis datang ke pulau tersebut mereka berperang melawan ke 5 negeri ini dan 5 negeri ini terdesak .
    pada saat itu portugis memberi ultimatum bhwa kalau tidak ada dari satu negeri itu yg turun ke pinggir pantai maka penduduk negeri itu akan d bantai semua.
    dengan demikian maka kami Hulaliu turun ke pantai…
    dan menyerah kpada portugis dgn tujuan untuk menolong saudara” kami yg lain..
    saat itu kami semua d paksa untuk memeluk Kristen dan d baptis.
    ini bisa d lihat sekarang bhwa di antara 5 negeri yg Kristen cma Hulaliu..
    di Hulaliu terdapat bnyak marga yaitu Laisina,Taihutu,Noya,Sihaya,Tuanakota,Mattulesy, Maruanaya dan ada beberapa lagi.
    dan masing” marga punya arti Noya:Tuan Tanah,Taihutu: sebagai Tuan negeri,Laisina:sebagai Raja dan Tuanakota,Mattulesy sebagai penjaga Muka Negeri.
    langsung saja saya lewat pada zaman Belanda pada zaman belanda Thomas Mattulesy pernh membunuh seorang Pembesar belanda di saparua dan membawa mayatnya di Hulaliu untuk d kuburkan sampai sekarang masih ada makamnya.
    adapun pengikut Thomas Mattulesy yg setia marganya Noya.
    saat Belanda tahu bhwa Thomas Mattulesy membunuh pembesar Belanda saat itu maka mereka mencari dia ke negeri”.
    saat raja kami tahu bhwa belanda mencari Thomas Mattulesy maka raja Hulaliu pada saat itu memerintahkan Warganya yg bermarga Mattulesy d ganti dgn Lesy Putih dgn tujuan agar warganya tdk d bantai….
    saat inilah kami menyangkal Thomas Mattulesy sebagai org Hulaliu.
    makanya pada saat indonesia merdeka Dan penentuan pahlawan nasional Asal Thomas Mattulesy itu dari Haria bkn dari Hulaliu.
    sebenarnya Di haria tdk ada Marga Mattulesy semua asalnya dari Hulaliu..
    adapun saudara perempuan Thomas yg kawin sama org Haria.
    dan d haria tdk ada bukti yg kuat bhwa Thomas asli haria.
    bisa d lihat pada tanah pusakanya.
    tanah pusaka mattulesy d haria baru d buat saat indonesia merdeka.
    berbeda dgn d Hulaliu sudah ada sejk negeri berdiri.

    b harap penulis z memperkosa sejarah asli Thomas Mattulesy.

    yg b tulis ini z lengkap karena bnyak hal sudah b lpa.
    kalau penulis mau lengkapnya datang d Hulaliu lah baca akang samu di sejarah negeri.

    memang kalian Islam pendusta brani”nya karang carita kalau Thomas Mattulesy dari Seram.
    baru bilang agamanya islam lagi.
    aduh memang penipu.
    deng asal kamong smua tahu memang benar Tentara berpihak bagi Islam saat kerusuhan thun 99.
    buktinya banyk.

    Beta mau bilang kalau Kamong memamg b sudara tapi kamong talalu pendusta.
    su talalu sabar menghadapi kamong kalakuang.

    • artur noya

      markus 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
      16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

      kalau patimura kristen dia telah kurang ajar karna melawan perintah kitab sucinya..

  73. bole aja tamang bilang Mat Lussy yang berjuang, mar knpa tmng zg berjuang par Mat Lussy dapa gelar pahlawan nasional, kalo zg ada pung bukti-bukti jang kewel takaruang, nanti orang su berjuang baru iri, taku berjuang ka? ana Alifuru apa takotang macang tamng ! kalo bagitu tamang pi bilang ayau, acara obor pattimura, biking akang di Mat Lussy pung kampong aja, samua bilang Thomas Mathulessy tu, asal dari sini, dari sana, tapi cuma kewel aja, tanya prof pattikaihattu tu, Thomas Mathulessy tu dari mana ?

    • adoooooh jang pake bahasa daerah ngapa??

      beta tiada ngarati ……

      so pake bahasa indonesia saja ……. biar samua orang ngarati …..

      hahahahaaaa ….

      maklmum, islamthis org gede di jakarta ….

  74. dear kawan2 yg dukung keyakinan hw pattimura itu kristen ….

    saya hanya menggunakan logika dan kepantasan …

    dalam byk sumber disebutkan bhw satu alasan pattimura memerangi penjajah adl KRN BYK MUSLIM YG DIPAKSA MURTAD ..

    bukankah itu tandanya pattimura adl muslim??

    apakah mungkin kalo pattimura kristen itu, MARAH BESAR kalo melihat byk manusia2 yg dikristenkan??? bukankah seharusnya pattimura mendukung dan puas????

    pun, ada sumber sejarah yg saya ambil dari portal kristen sendiri, di mana di situ disebutkan bhw pattimura pernah berkata, berkenaan dg org penjajah, begini kira2 YG DIMAKSUD DG ORG2 FASIK DALAM KITAB MAZMUR ADALAH PENJAJAH EROPA ….

    memang dalam ucapan pattimura itu disebutkan kata mazmur, yg mana itu menunjukka bhw pattimura kristen …..

    tapi ada hal lain yg mencurigakan …

    gaya bahasa yg hidup dalam ucapan / kalimat tsb adl gaya bahasa wacana muslim …..

    jadi, kita yakin sekali bhw sebenarnya pattimura berkata YG DIMAKSUD DG ORG2 FASIK DALAM ALQURAN ADALAH PENJAJAH EROPA …..

    nah kemudian oleh org2 tertentu yg ingin menfgkorupsi sejarah, kata ALQURAN ditukar dg kata MAZMUR …..

    tapi tetap saja, gaya bahasanya adl gaya bahasa muslim. itu menandakan bhw pattimura adl muslim …

    fakta beriktutnya adl, bhw ISLAM LAH YG LEBIH DULU MASUK KE MALUKU (dan daerah lain). kemudian terjadi pemurtadan paksa oleh penjajah eropa …. bukankah itu ada peluang besar utk yakin bhw pattimura adl muslim???

    kemudian kalo ada kawan2 yg bilang bhw kawan2 punya bukti ini itu bhw pattimura adl kristen, maka saya katakan, bukankah itu HANYA SEBATAS DARI MULUT KE MULUT????

    apakah kawan2 hidup pada masa pattimura???

    bisakah kawan2 ajukan bukti fisik apapun yg menyatakan bhw pattimura adl kristen???? ato kawan2 bisa ajukan data dari kantor belanda saat itu yg menyatakan bhw pattimura adl kristen? memang, muslim pun tdk punya bukti fisik bhw pattimura adl muslim, tapi bukankah muslim hanya berpegangan pada logika yg sudah saya sebutkan di atas???

    harap dimengerti ….

    sebenarnya saya sudah capek menangapi komen utk artikel ini, krn ujung2nya sudah jelas bhw pattimura adl muslim (berdasarkan logika dan kepantasan). saya berencana utk tutup thread ini dari semua komen, krn kalo pun ada kontra lagi (yg menyatakan bhw pattimura adl kristen), pasti bunyi nya ya itu-itu juga …. diulang2 …..

    dah gitu pun, byk kawan2 yg bicaranya pake bahasa daerah ….. yg saya tidak ngerti ….

    • tamang, kalo ale bukan ana ambon, yg zg bisa logat ambon, jang kewel sabarang soal Thomas, ale zg mangarti logat ambon ka? iyo bagus lai kalo ale mangarti logat jakarta, salamat nyong

  75. udahlah, patimura beragama islam atw kristen itu ga masalah n jgn di permasalahkan, yg penting sejauhmana kita semua bs menjadi pahlawan bagi Indonesia, dengan menyumbangkan tenaga, pikiran dan hati kita kpd Indonesia. jgn sampe para pahlawan kta yg sdh berjuang sampai wafat bersedih n menangis atas rakyat negeri ini yg masih mementingkan golongan, suku, n agama. kami Islam & Kalian Kristen kita jalankan aja ajaran yang ada dalam Kitab Suci masing2. Damai itu Indah, kita bisa tenang dlm beribadah. nabi Muhammad memberikan contoh dlm bermasyarakat dgn Akhlakul Karimah, Yesus juga membrikan contoh dengan Kasih Sayangnya. tdk ada yg mengajarkan kebencian dan pertikaian. Biar Yang Maha Memiliki waktu nanti yang menunjukkan Kebenarannya.

  76. Saya brmarga/fam Matulessy walau tdk lhir dan besar d Ambon tpi sya tau asal usul nenek moyang dan tnah leluhur…kkek nenek ato ayah sya tdk prnah brcrita bhwa moyang kmi brnama Ahmad Lussy atau Mat Lussy ttapi Thomas Matulessy dri Saparua dan bragama Kristen Protestan (Nasrani),,sya tdk mau coment soal Krusuhan Ambon yg sya jg tdk bgtu tau krna tdk brdomisili d Ambon,,walau kkek nenek sya sdh kluar dr Ambon ke Papua thn 1947 tp mreka tdk prnah lupa akn asal usul & adat istiadat Maluku yg slalu d critakn scra trun tmurun kpada anak,cucu bhkn pda cicitnya (anak2 saya)…apa anda tau arti nama kluarga (marga/fam) adlah suatu kebanggan,kehormatan,jti diri & hrga diri dri kmi yg memikul nama kluarga trsebut…sbgai slh stu dri yg brmarga/fam Matulessy sya sgt kebratan dgn prnyataan anda ini.

    • keberatan??

      kalo HANYA KEBERATAN syh, itu hanya masalah SUBJEKTIF, dan tidak membuktika apa2………

      kamu tulis bhw asal usul kamu sll diceritakan TURUN TEMURUN. begitu, kan kamu tulis???

      jadi, apa hebatnya CERITA TURUN TEMURUN itu??? apakah itu lebe hebat dari penelitian dan fakta sejarah???

      fakta sejarahnya, pattimura itu memerangi belanda krn KUAM MUSLIM DIPAKSA KRISTEN!!!!!

      bukankah itu pertanda bhw pattimura adl muslim???

      apakah kamu, tresya mattulesy, punya bukti fisik yg menunjukkan bhw pattimura adl kristen??

      kalo cuma CERITA TURUN TEMURUN, maaf, lewat aja …..

      saya sbg muslim, akan SERTA MERTA akui bahwa pattimura adl kristen, KALAU ADA BUKTI FISIK bhw pattimura adl kristen.

      saya tidak maksa kehendak kok. saya hanya berpatokan kepada kebenaran. dan kebenaran itu adl bukti fisik …..

      kalo ada yg bisa tunjukkan saya bukti fisik tsb yg menunjukkan bhw pattimura adl kristen, maka akan langsugn saya akui hal itu …

      terima kasih.

  77. kasihan ya,pattimura,hidupnya nggak tenang di alam sana,disini jadi bahan perdebatan.

  78. Basudara samua…..
    jgn ktg saling menyalahkan…
    Mau benar atau tidak, tetap pattimura adalah Pahlawan besar orang maluku…
    Dulu dia berjuang tdk mengatasnamakan agama, tetapi atas kesengsaran orang maluku jd dia bersama2 tmn2 lainnya melawan penjajah….

    berbicara, tentang fakta sejarah indonesia.. mmg sbtulx fakta sjrah indonesia tdk semuanya betul…!!
    Utk kesalahan nama atau apapun, seharusx ktg z blh kse slh 1 sama lain…
    Yg ktg harus pertanyakan, itu adalah para ahli sejarah terutama yg su tulis & tuangkan akan dlm buku pljran, maupun sjrah indonesia, sehinggga waktu ktg SD-SMA buku2 itu tulis kyk gthu…
    Shrusnya yg hrs ktg pertanyakan itu dong yg bkg buku itu, ktg minta pertanggungwaban dr dong bkn ktg bk slh 1 sama laen…
    Slh satux itu, Buku2 yg di cetak & diperbanyak ketika pemerintahan soeharto… begitupun yg menulis sejarahnya..

    Yg beta mau ingatkan, bhw pattimura itu dlo berjuang bkn ats nama agama!! tapi utk orang maluku…

    Kalo misalnya ada bru muncul opini kyk bgtu, seharusnya ktg ble pertanyakan argumentasi org tsb..!!! kanapa dia z pertanyakan langsung kpd pemerintah pusat & para ahli sejarah, bkn dia menulis komentar kyk bgtu, sm sja mau memperpecah ktg kesatuan org maluku…

    Jadi, yg haru ktg marah & mnta pertanggungjawaban itu, Dorang Pemerintah Pusat..

    Yg jelas, ktg jgn terpancing dgn isu dari luar..!!
    Ktg samua satu darah dr nunusaku..
    ale rasa beta rasa..

    • BATUL ITU KAKA…BETA TAMBAH SADIKI….”MALUKU SATU DARAH SAMPAI TANAH TUTUP MATA” dari UTARA SANA SAMPE UJUNG TENGGARA,,,,,,,jank parnah mw ditipu dari suku kaeng,,,mari INGA PELA GANDONG….

  79. Tidak kenal halal haram,n tdk takut dosa.katanya sich sdh aaaaaaada yg nebus..itu tuch jenglot gonndrong nempel dijemuran…ten..ten biadab nian mental spiritualmu

  80. eehh cah bagus,,batu vagina koq di sembah sih…??
    klo emang benar,berartu junjunganmu gila seks.
    kasian,gadis dibawah umur udah dipaksa kawin ama pengikut mamad.

    plus lo mati bunuh diri,72 bidadari siap menunggu di surga untuk pesta seks.

    Cah Bagus loe udah persis ama onta arab.
    ================

    Islamthis,
    pertama TIDAK ADA yg namanya muslim sembah batu vagina.
    kedua, muhammad junjungan muslim, TIDAK GILA SEX.
    ketiga, tidak ada pernikahan antara muhammad dg bocah ingusan. baca di sini,
    https://islamthis.wordpress.com/2012/10/12/kontradiksi-fatal-atas-pernikahan-aisyah/

    keempat, 72 bidadari utk muslim di dalam surga, adl dg CARA DINIKAHKAN secara agung, dan muslim yg mati bunuh diri malah akan masuk neraka. baca di sini,
    https://islamthis.wordpress.com/2012/08/14/menikmati-hubungan-seks-dengan-jesus/

    anyway, kok kamu son og saparua JADI NGOMOGIN muhammad??? kenapa ga ngomongin agama pattimura?? islam ato karosetab???

    coba dijawab dg baik, ya???

  81. yg jadi prtanyaan..adalah siapa yg membuat rusuh di iindonesia timur khususnya ambon dan poso?? suka2 tdk suka org2 diluar poso dan ambon lah pelakunya dgn cara menghasut..,lihatlah kesaksian2 para mujahidin yg mengaku latihan militer dsana, admin lu ambon bukan? gw sbg org keturunan jawa malu karna pr mujahidin itu keturunan jawa jg n ada jg yg blesteran arab,sory bukannya rasis tp ini faktaa…

  82. admin..terus martha tiahahu jg muslim gitu,WR supratman jg muslim gitui? admin lu ahli apalagi min selain sejarah? rakit bom jg ahli lu?

    • HAHAHAHAHAHAHA mungkin thu mass broo….maunya muslim melulu….hahahahahahahaha…awasss kita di BOMM….

  83. susah2 admin..telusurin agamanya pattimura..mending lu tanya aja lsg sm keturunannya? bloon
    ================

    Islamthis,
    dear yoga ….

    tolong anda buktikan saja, bhw pattimura adl karosetan.

    bisa nggak?

    ga usah ngomong sampe muncrat2 deh! bukitkan saja dg dalil yg objektif, bhw pattimura adl seorang karosetan. itu saja.

    terima kasih.

    • HAHAHAHAHAHAHA,,,untuk aku PUTRA MALUKU…DARI KAI…nggak perlu PATIMURA thu beragama apa..DAN TIDAK RUGI JGA JIKA IYA MASUK ISLAM or MW NAIK HAJI or USTAD TINKAT TINGGI..or something about your religion mybe PATIMURA JELMAAN MUHAMAD kek…itu nggak rugi…nggak ada dy jga nggak penting thu jadi ambil aja bawa ke masjid,,,bangun kamarnya didalam….dan tinggal bersamanya…..

    • KARNA LU NGOTOT PATIMURA KRISTEN…sebagai kristen yang baik HATI gw KASIH AJAH dy SAMA lu…..
      ESOKK,,,NAIKIN thu HAJI YOSUDARSO..or KAREL.SAUSITUBUN untuk AGAMA lu PUASS,,,,,,,,PATIMURA c pahlawan tapi c pu sejahara skarang nhe buat talama PATIMURA” MUDA baku BUNUH,,kalu tw bgni jank c ada jw….co resapi thu PATIMURA” MUDA….

  84. hahahahaa ..
    islam dari hongkong kapa..
    makanya kalo cuman tau dari internet tuh jang balaga..
    datang di saparua sana lah lia akang pung sejarah..
    bicara sabarang.sabarang..
    kalo dy agama islam kanpa dy pake pakatang saparua par pi prangg..

    • BUAT ORANG HUALOY
      Kamorang musti tau diri, kamorang tuh Cuma pendatang yg tinggal di petuanan negeri LATU, jadi jang bicara klo ale orang ambon asli, sekali lagi kamorang tuh Cuma pendatang, inga itu bae” sudara, Masa pendatang mau ngasih belajar sejarah pattimura dengan orang pribumi, se angkat dari mana artikelnya, dari orang JAWA ????????? Sejarahwan buta huruf yang tulis itu buku, su

  85. YANG BIKIN ARTIKEL INI SIAP – SIAP
    Jeruji besi telah nenunggu ANDA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Karena anda telah melakukan tindakan provokasi, yang akan memperkeruh suasana Masyarakat MALUKU yang sudah kondusif, SUDAH dilaporkan ke kantor polisi, Kita serahkan kepada pihak yang berwajib agar terciptanya suasana MALUKU yang aman, dan nyaman.

    PEMBERITAHUAN

    Untuk masyarakat ASLI MALUKU, KETURUNAN ALIFURU Dimana saja berada, Mari katong baku gandeng tangan untuk Maju bersama, inga bae – bae katong pung daerah yang tertinggal di indonesia sejak kerusuhan Maluku, jang dengar orang D.A.G.A.N.G / PENDATANG dari luar maluku meskipun sudah tinggal lama di MALUKU karena orang” itu yang seng mau katong maju, ini Fakta dulu katong maju, waktu dong datang samua Hancur, inga akang basudara jantong hati tuang, Katorang samua BANGSA ALIFURU, Wemale deng Alune itu katong pung suku masing”
    Jadi jang baku malawang basudara, mau PATTIMURA Kristen / islam
    Tapi yang jelas dia BANGSA ALIFURU, dia ASLI MALUKU, jadi bukan Button, bugis, Makassar…….
    Peringatan untuk yang biking ini blogger, kalau ale anak asli maluku, seng mungkin ale biking bagini, karena ini akang bisa biking ancor suasana di MALUKU, katong pung generasi ke depan mentalnya bisa bobrok,
    Coba tolong admin biking artikel tuh yang bisa bawa katong pung anak” muda bisa kerja, dan keluar dari pengangguran, yang membuka wawasan serta pola pikir yang baik. Kalau ada beta pung kata” yang kurang enak didengar /dibaca mohon maaf ya ????? Trima kasih. ALIFURU

  86. tidak ada penting mau meributkan apa agama Kapitang Patimmura.,Dalam sejarah perang pattimura yang merupakan kekalahan besar Belanda dan sekaligus pengakuan atas putera maluku oleh belanda yang sebelumnya menganggap pribumi hanya memiliki tenaga tetapi tidak punya isi kepala. saya anak negeri muslim sekutu jauh dalam perang pattimura, utusan kapitang kami yang tidak pernah disebutkan dalam cerita perang pattimura. kapitang Urail utusan untuk sekutu INA-AMA baik negeri Nasrani atau muslim, selain Ulupaha dari negeri Seith yang berperang di ambon. dalam versi kami tidak pernah disinggung apa agama kapitang pattimura, karena dalam perang itu adalah perang gabungan baik itu muslim,Nasrani, atau pribumi MALUKU yang masih memegang kepercayaan Kakehan, kekuatan besar yang menahan kuatnya imperialisme eropa di maluku setelah dan sebelum memudarnya kerajaan Ternate itu adalah semangat orang maluku atas nilai-nilai lama yang menganggap kami semua berasal dari satu sumber, sumber yang mengarisi hubungan PELA-GANDONG.orang maluku.

    saya seorang Muslim, ketika kakek saya menyalahkan saudaranya yang Murtad (karena menikahi wanita nasrani dan keduanya mempertahnkan agama masing-masing) dan tidak menyapa anak saudaranya, nenek saya berkata kepada ibu saya : dalam Islam hubungan itu putus dengan orang tuanya tetapi tidak dengan anak yang tidak menanggung dosa orang tua.. darah tetap darah…panggil dia sebagai adik(Gandong).

    negeri saya adalah salah satu negeri yang bertanggung jawab atas penyerang awal terhadap pihak nasrani pada tahun 99 di pulau AMBON, tetapi harus digaris bawahi penyerangan itu tanpa rencana. pagi hari itu negeri kami menerima kabar mesjid Al-Fattah ambon telah dibakar pihak nasrani. kebetulan negeri yang kami serang berada di puncak bukit, dan untuk melihat setuasi kota Ambon negeri ini harus dilewati. alhasil negeri ini pun dibantai karena saat kami datang negeri kecil ini sedang melakukan perlawanan (mempertahankan diri) dengan pihak negeri muslim yang telah lebih awal tiba. ini bukan Jihad, Jihad apa membantai wanita, orang tua lemah dan anak yang tak berdosa? ini kekejian dan kekerdilan –setelah peristiwa ini orang muslim di kota meminta bantuan pemuda-pemuda negeri membangun pos guna mempertahankan wilayah muslim yang diserang pihak nasrani.

    ada pihak-pihak yang menggunakan sentimen agama untuk kepentingan mereka. seperti sejarah Pattimura versi Ahmad Lussy ini beredar bersama dengan kerusuhan Salam-Sarani, saya secara pribadi banyak tidak sejalan dengan beberapa tokoh sejarawan negari ini, yang banyak dari mereka seenaknya berbicara kami putera maluku banyak tinggkah karena dianak emaskan Belanda, mereka selalu membesarkan masalah gaji seorang putera Maluku disetarakan dengan tentara bayaran eropa lainnya jauh dari gaji tentara dari Sumatera, Jawa, atau Madura, tanpa berbicara alasan rasional kenapa kami di anak emaskan belanda. kami tidak punya asal usul penjilat seperti dituduhkan sejarawan negeri ini.Sejarah kapitang Pattimura dan pendahulunya Kapitang Jongker itu alasan kenapa kami diistimewakan belanda. Jongker yang sebelumnya adala pejuang memilih menjadi serdadu belanda bukan karena emas dan kejayaan tetapi karena nasib rajanya, tidak jauh dengan Pattimura yang menolak bekerja sama dengan belanda dam memilih digantung semua karena pemimpinnya.. perang itu dikobarkan pemimpinnya beliau hanya kapitang (Hulubalang) yang bagi orang maluku untuk kehormatan dan titah raja kepala manusia satu pulau pun akan dipenggal itu tugas kapitang. perang Pattimura bukan karena agama, atau kejayaan, tetapi karena pemimpin-pemimpin Ina-Ama(seram-saparua) baik salam-sarani yang muak dengan apa yang dilakukan belanda. perang di maluku tidak pernah ditonjolkan cerita pemimpinya yang adalah otak semua tetapi cerita Kapitangnya (Hulubalang).

    seperti alasan malessi-malessi sekutu kami Ina-AMA yang banyak dari mereka waktu itu belum memiliki agama berperang bersama Kapitang Telukabessy dan Kapitang Tubanbessy II di Ambon dalam perang Kapahaha salah satu benteng wilayah Islam di tana hitu pada abad 16. walau malessi-malessi itu sendiri punya sejarah kelam dengan kesultanan islam ternate yang menggunakan saudara mereka di hunimual untuk memerangi mereka. tetapi mereka rela mati bersama saudaranya yang telah memeluk agama Islam di Ambon.

    cukup sudah sejarah ini. kami orang asli NUNUSAKU yang turun lebih awal sebelum perang siwa-lima tidak peduli Pattimura seorang muslim atau sarani, penistaan dan pelecehan terhadap lembaga bersama orang Maluku ini semua berawal kesalahan RMS yang dari dahulu bertindak semaunya sehingga tidak jauh seperti penjajah Belanda, dan Pihak Indonesia yang dengan kelicikan manis intelejennya masuk menyusup ketubuh salam-sarani untuk menghasut kedua pihak salam/sarani untuk membantai memerangi saudarnya untuk melemahkan kekuatan RMS yang ceroboh.

    (buat apa kita harus repot-repot seperti di timor-leste, toh besok juga kita bisa-bisa kena sangsi dan tuduhan HAM, kenapa tidak mengorbankan mereka yang buta huruf disana saja)
    semua adalah permainan intelejen Indonesia dan kecerobohan pihak RMS, begitulah kata mereka…gajah berperang dengan gajah, pelanduk mati ditengah-tengah . suda cukup…jang iko2, cukup katong biking sala kamaring…jang dong kas bodo katong lae…bukan pluralitas yang mereka generasi dahulu impikan tetapi humanisme, manusia maluku yang bahu membahu tanpa pandang kepercayaan bersama saudara sedarahnya.
    =================

    Islamthis,
    dear @Upu Latu Polonunu, dan yg lainnya …..

    saya sangat setuju dg pandangan anda, bhw kita TIDAK PERDULI APA AGAMA pattimura. yg penting adalah bw pattimura adl org maluku asli (org indonesia asli) dan pejuang sejati.

    tapi kalo memang begitu keadaannya, maka mengapa ADA PIHAK2 TERTENTU yg menyatakan bhw pattimura adl kristen? dan itu pun dipegang secara fanatis oleh org2 kristen???

    kalo ada pihak2 kristen yg menyatakan bhw pattimura adl kristen, maka muslim pun juga punya hak dan PELUANG utk menyatakan dan membuktikan bhw pattimura adl muslim.

    kalo sejak awal pihak2 kristen tidak membuat pernyataan dan klaim bhw pattimura adl kristen (sambil menyatakan bhw tidak perduli pattimura beragama apa, yg penting adl pattimura pejuang sejati), maka kami pun pihak muslim juga tidak akan angkat suara keras2 utk menyatakan (meributkan) bhw pattimura adl muslim.

    apa yg kami muslim lakukan adl KICKBACK. kalo pihak2 kristen masih berkeras bhw pattimura ad kristen, maka kami muslim pun juga akan berkeras utk membuktikan bhw pattimura adl muslim.

    kami pihak muslim hanya MENUNTUT KEADILAN.

    terima kasih.

    • keadilan semacam apa yang saudara inginkan? keadilan semacam yang dituntut pihak sunni terhadap si’ah atau sebaliknya si’ah terhadap sunni? saya tidak mempermasalahkan agamanya, bahkan bangsanya, dan pemimpin Ina-Ama kala itu bukan negeri muslim, saya tidak punya pengetahuan untuk memastikan kesana, negeri Kaibobu pemimpin INA-AMA yang datang waktu itu meminta negeri-negeri di ambon dalam perang pattimura masih memeluk kepercayaan lama (Kakehang) atau sudah memeluk kristen. tidak juga sejarawan yang menulis versi Ahmad Lussi, yang pasti negeri Kaibobu yang meminta saudara sedarahnya yang sudah muslim ditanah ambon ikut berperang dari dahulu tidak pernah memeluk Islam.

      mas keadilan itu tuntutan badan-jasad-jasmani, bila terpisah rohani (ruh, akal dan kalbu) hanya berbicara kebenaran hakiki, carut marut lembaga hukum dinegeri ini karena kita selalu berbicara dan menuntut keadilan dan semua bersumber dari perut dan perut, jangan berbicara atas nama Muslim, lalu dikemanakan kami yang memilih diam atau pendahulu kami yang merahasiakan semua ketika sejarawan negeri ini yang notabene Muslim juga berbicara seenaknya, apakah anda dan Lembaga tertinggi seperti MUI anda akan mengkafirkan dan mengharamkan kami?
      ===================

      Islamthis,
      Pembicaraan ini tidak saya lanjutkan.

      Terima kasih.

Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers

%d bloggers like this: