Kebohongan Sejarah Di Dalam Injil Perjanjian Baru

Injil-injil kanonik dalam Perjanjian Baru ternyata mengandung banyak kesalahan periwayatan sejarah, yang tak dapat dijelaskan dan dijawab secara memuaskan, dan sekaligus membuktikan bahwa Injil-injil kanonik (Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas, Injil Yohanes) hanya bisa disejajarkan dengan dongeng mitologi zaman baheula.

Injil-injil berisi berbagai peristiwa yang sebenarnya tak pernah terjadi. Injil-injil hanyalah kelanjutan episode cerita mitos pagan seperti dewa matahari seperti Mithras, Horus, dan Bacchus, dll. Cerita mengenai penyaliban, kebangkitan orang-orang kudus versi Matius, gempa bumi, kebangkitan, dan penyaliban itu sendiri adalah peristiwa-peristiwa mitos, yang tidak direkam oleh sejarawan yang tinggal selama periode waktu tsb. Philo Judaes hidup sekitar tahun 50 M dan ia tidak pernah menyebutkan peristiwa-peristiwa seperti apa yang telah diceritakan oleh Injil kanonik.

Kesaksian Pilatus TIDAK menyebut Yesus. Ribuan orang kriminal disalib oleh Romawi, tetapi tidak ada cerita mengenai Yesus, karena memang Pilatus tidak pernah menyalib Yesus. Yesus telah diselamatkan oleh Allah berdasarkan Qur’an 4:157.

Matius adalah satu-satunya Injil Perjanjian Baru yang mencatat ‘pembantaian bayi-bayi yang tidak berdosa atas perintah Herodes’. Kami memiliki berbagai komentar cendekiawan yang menyatakan bahwa ‘peristiwa pembantaian bagi-bayi oleh Herodes’ hanyalah kilas balik dari mitologi pagan. Dewa matahari orang Yunani kuno, Roma, dan Mesir diancam ketika lahir, dan perintah pembunuhan kepada ‘semua bayi-bayi yang baru lahir’. Episode Injil Matius 2:16 adalah suatu bentuk replay yang dilakoni oleh Yesus yang menjiplak kepercayaan masyarakat pagan.

Istilah ‘Tuhan Anak’ yang diatributkan untuk Yesus mengimplikasikan kepercayaan Pagan Trinitas. Title ‘Domba Tuhan’ (Lamb of God) tidaklah unik, sebab telah terlebih dahulu dipakai agama Hindu untuk kristus atau mesias mereka yaitu Krishna.

Berikut ini adalah beberapa error historis dalam Injil. Kami harap Anda enjoy membacanya.

Herodes tidak pernah memerintahkan pembantaian balita. Ramalan yang dihubung-hubungkan untuk kelahiran seorang mesias bernama Yesus yang jiwanya terancam karena keputusan Herodes membunuh bayi-bayi yang tidak berdosa hanya ada dalam Injil Matius 2:16-18 yang mengklaim itu adalah nubuat dari Yeremia 31:15 yang menyatakan bahwa “Di Rama terdengar ratapan, tangisan yang pahit pedih: Rahel menangisi anak-anaknya, ia tidak mau dihibur karena anak-anaknya, sebab mereka tidak ada lagi”. Konteks Yeremia adalah bukan nubuat masa depan dimana anak-anak dibantai oleh Herodes. “Rahel menangisi anak-anaknya’ merefer kepada ibu dari Yusuf dan Benyamin (dan istri dari Yakub) yang menangisi anak-anaknya. Pada konteks ini adalah mengenai penawanan Babylonia. Ayat berikutnya mengatakan bahwa orang-orang yang mengalami pembuangan akan kembali. Pembantaian oleh Herodes (Matius 2:16) adalah bohong karena pengarang Injil Matius adalah satu-satunya orang yang mencatat peristiwa ini.

Sejarawan Yahudi Flavius Josephus tidak mencatat peristiwa ini.

“Karena kita telah melihat, cerita-cerita malaikat-malaikat dan gembala-gembala, dalam Lukas, dan dari orang bijak, dalam Matius, adalah catatan ulang dari tema mistis orang-orang Mesir pada tahun sekurang-kurangnya dua ribu tahun lebih awal. Mereka melukiskan dalam bentuk seni di Luxor. Tidak ada bukti historis “pembantaian orang-orang yang tak berdosa” oleh Herodes. Pikiran sehat mengatakan kepada kita bahwa sebuah perintah seperti ini tidak mungkin. Apakah Herodes bermaksud untuk membunuh anak-anak dari teman-temannya, tentara-tentaranya, pelayan-pelayan sipilnya, turis-turis yang lewat, dan lain-lain? (Tom Harper, The Pagan Christ, hal. 126)

Injil-injil Error dalam Geografi Markus 7:31 menyatakan bahwa Yesus meninggalkan kota Tyre pergi ke Danau Galilee (Laut Galilee) melalui kota Sidon. Ini benar-benar tidak masuk akal. Kita lihat peta dibawah ini? Selain itu, Markus menyatakan bahwa Yesus naik perahu menyeberangi Danau Galilee (Laut Galilee) menuju Dalmanutha. Lokasi Dalmanutha secara pasti tidak diketahui, atau tidak akurat, karena terletak di sebelah timur perairan Galilee sebagai negeri Gadarenes (Markus 8:10 KJV Bible). Gerasa terletak lebih dari 30 mil dari tenggara Danau Galilee, jadi jauh sekali jika kita melihat setting cerita Bible ini.

Pengarang Injil Matius tampaknya sadar betapa errornya Injil Markus, sehingga ia mengubah kata ‘Gadarenes’ menjadi ‘Gergesenes’ (Lihat Matius 8:28 KJV). Gadara hanya berjarak 8 mil dari Danau Galilee.

Banyak contoh-contoh yang tidak masuk akal dalam memahami alur cerita Injil-injil Perjanjian Baru ini. Markus 10:46 menyatakan bahwa lokasi dimana orang buta disembuhkan adalah setelah Yesus meninggalkan kota Jericho, sedangkan Lukas 18:35;19:1 menyatakan lokasi orang buta disembuhkan adalah sebelum Yesus memasuki kota Jericho.

Jika umat Kristen menganggap masalah ini bukan kontradiksi, maka konsekuensinya injil-injil Perjanjian Baru hendak memberitahu kita bahwa ada dua kota bernama Jericho di Palestina Dalam Markus 10:46 juga disebutkan bahwa rombongan Yesus berjalan dari Jericho ke Yerusalem via Bethpage dan kemudian Bethany. Ini sangat aneh, sebab Yerusalem lebih jauh daripada Bethpage. Matius yang sering menjiplak Injil Markus tampak hati-hati dalam masalah ini, Matius dengan pintar telah menghilangkan kata ‘Bethany’ seperti yang dapat kita saksikan dalam Matius 21:1.

Cerita Injil mengenai kegelapan, gempa bumi, dan mayat berjalan-jalan adalah bohong. Matius (27:50-54) menyatakan bahwa pasca kematian Yesus terdapat beberapa peristiwa ajaib, berawal dari terbelahnya kuil, disusul gempa bumi, terbelahnya bukiT-bukiT batu, dan tiba-tiba saja kuburan tempat bersemayam orang-orang kudus terbuka dan terjadi penampakkan mayat sedang berjalan berombongan dari kuburan menuju kota Yerusalem dan disaksikan orang-orang dan tentara Romawi. Dongeng Kristen tsb hanya dapat diciptakan oleh gereja dan diimani berdasarkan ketakhayulan umat Kristiani, karena pada faktanya tidak mendapat dukungan dari sumber-sumber sejarah sekuler (non-biblikal). Dapatkah kita bayangkan jika kuburan di TMP Kalibata Jakarta tiba-tiba saja terbuka, dan tengkorak-tengkorak keluar dari kuburan mereka masing-masing lalu berjalan berombongan dengan hanya mengenakan sehelai kain kafan menuju Stasiun Gambir, pastilah peristiwa ini akan menjadi bahan berita yang luar biasa hebohnya dan diliput / dicatat oleh berbagai media massa cetak dan elektronik, menjadi bahan perbincangan penduduk kota Jakarta, serta dicatat oleh sejarawan Indonesia maupun para turis yang hanya sekedar berwisata ke Jakarta.

Faktanya adalah bahwa kisah-kisah takhayul omong kosong dari agama Kristen ini tidak didukung oleh catatan sejarawan Romawi, Yahudi, maupun sejarawan yang tinggal di Palestina kala itu, dan hal ini memudahkan kita untuk dapat menarik kesimpulan bahwa cerita Injil Matius adalah tak lebih hanya dongeng yang dibuat-buat oleh bapak-bapak gereja…..

Mengenai kegoncangan dan “kegelapan menyelimuti seluruh bumi”…tidak ada sejarawan-sejarawan yang mencatat peristiwa tsb…” (Deceptions & Myths of the Bible, Lloyd Graham hal. 349)

“Cerita mengenai gempa bumi, kenaikan lapisan bebatuan, terbukanya kuburan-kuburan, dan penampakan orang mati, adalah hanya dinyatakan dalam Injil Matius, yang ditulis hampir delapan puluh tahun setelah peristiwa tsb, sehingga tidak dipastikan keautentikannya. Tentu saja tidak ada alasan mengapa satu gempa bumi seharusnya tidak terjadi pada hari itu, tetapi jika itu benar-benar telah terjadi ditempat tsb hampir tidak dapat dibayangkan bahwa tidak ada dari tiga Injil-injil yang lebih awal menyebutkan peristiwa tsb.” (The Paganism in Our Christianity, Arthur Weigall, 1928, hal. 62)

Tidak ada sensus Romawi kala Yesus lahir

Sub bab ini akan mudah dipahami jika Anda telah membaca artikel: Kelahiran Yesus dan Sensus Quirinius recommended -Kapan Yesus lahir? Menurut Lukas, itu terjadi selama pemerintahan Gubernur Romawi Quirinius, pada saat itu sebuah sensus diperintahkan oleh Augustus keseluruh dunia (9). Menurut Lukas dan Matius kelahiran Yesus terjadi ketika masa pemerintahan raja Herodes Yang Agung. (10) Masalahnya adalah Herodes mati pada tahun 4 SM, dan ini 10 tahun sebelum sensusnya Quirinius. Selain itu, pada saat masa pemerintahan Herodes, tidak ada sensus Romawi yang terjadi di wilayahnya, yang meliputi baik Yudaea dan Galilee, tempat Bethelem dan Nazareth(11). Herodes akan telah memungut pajaknya sendiri, dan memberikan upeti kepada Romawi. Terakhir, eksistensi dari sebuah sensus diseluruh [wilayah] kekaisaran adalah bertentangan dengan kebiasaan Romawi, yang mengumpulkan pajak provinsi demi provinsi.

(http://www.infidels.org/library/modern/larry_taylor/messiahgate.html).

Meskipun Lukas 1:5 menyatakan kelahiran Yesus di “masa Herodes, Raja Yudea,” yang mati pada tahun 4 SM, ia membutuhkan perjalanan jauh dari Galilee ke Bethlehem agar terjadi sebagai respon untuk satu sensus yang diperintahkan ketika “Quirinius adalah gubernur Syria.” Karena sejarawan mengetahui, “satu-satunya sensus yang diatur ketika Quirinius menjadi wali di Syria hanya mempengaruhi Yudaea, bukan Galilee, dan terjadi pada tahun 6-7 M, sepuluh tahun pasca kematian Herodes Yang Agung.” Dalam kekhawatirannya untuk menghubungkan asuhan orang Galilee yang dianggap kelahiran Bethlehem, Lukas telah keliru dalam fakta-faktanya. Sesungguhnya, kekhawatiran Lukas telah melingkupinya dalam beberapa hal yang sebenarnya tidak masuk akal, seperti tidak perlu berjalan sembilan puluh mil seorang wanita di hari-hari terakhir kehamilannya- sebagaimana itu adalah Yusuf keturunan Daud yang dianggap telah didaftarkan dalam kampung leluhur, bukan Maria orang Lewi.

Tapi jeleknya, Lukas telah dipaksa untuk membuat sebuah dislokasi universal untuk sebuah registrasi pajak yang sederhana: yang dapat membayangkan orang-orang Romawi mewajibkan jutaan [orang] dalam [wilayah] kekaisaran untuk perjalanan jauh dua puluh dari ratusan mil ke desa-desa millenium – leluhur hanya untuk menandatangi satu pajak. Tidak perlu dikatakan, tidak ada peristiwa seperti ini terjadi dalam sejarah kekaisaran Romawi, tetapi Mikha 5:2 harus digenapi. (Randel Helms, Gospel Fictions, pp. 59-60)

Error, sejauh ini, mungkin kelihatan agak marginal. Injil ketiga telah keliru mengenai sebuah sensus lokal di Yudaea dengan satu dekrit dari Augustus; Injil Lukas telah mencoba untuk mencatat tanggal cerita Quirinius, dimanapun, seperti yang dimiliki Matius, ceritanya terjadi ketika Herodes Yang Agung. Pada faktanya, akan menjadi sulit. Di sini ada satu kontradiksi pada cerita Lukas: Jika Quirinius adalah gubernur, sensus Romawi adalah kredibel tetapi Herodes adalah satu kesalahan. Ada juga satu kontradiksi dengan cerita Matius:

Jika Quirinius atau sensus Romawi adalah benar, Herodes adalah bukan raja dan cerita Matius dari Orang Bijak, pembantaian anak kecil yang tidak berdosa dan pelarian ke Mesir maka berdasarkan kronologis adalah tidak mungkin. Jika Herodes adalah raja, disana tak ada sensus menurut Caesar Augustus. Meskipun jika di sana telah ada sebuah sensus, pandangan Injil ketiga ini akan menghadapi masalah-masalah berikutnya. (Robin Lane Fox, The Unauthorized Version: Truth and Fiction In The Bible (Penguin Books Ltd, 1991), pp. 30-31)

Meskipun registrasi seluruh warga negara Romawi dibuktikan pada tahun 28 SM, 8 SM, dan 14 M dan pendaftaran di provinsi-provinsi individual dari registrasi sensus untuk yang adalah bukan warga negara Romawi adalah juga dibuktikan, nyatanya sebuah sensus di seluruh Romawi dibawah Caesar Augustus adalah tidak diketahui berdasarkan sumber-sumber non-Perjanjian Baru. Dan lagi, ada permasalahan historis terkenal terkait dengan penanggalan sensus versi Lukas ketika Quirinius adalah gubernur Syria, dan berbagai upaya untuk memecahkan kesulitan ini telah terbukti tidak berhasil.

P. Sulpicius Quirinius menjadi wali dari provinsi Syria pada tahun 6-7 M ketika Yudea dianeksasi kedalam provinsi Syria. Pada saat itu, sebuah sensus provinsi Yudea digelar. Jika Quirinius telah menjadi wali Syria sebelumnya, maka itu harus terjadi sebelum tahun 10 SM karena banyak wali Syria dari tahun 10 SM hingga 4 SM (kematian Herodes) yang telah diketahui, dan sebuah tanggal bagi sebuah sensus lebih awal dibawah Quirinius akan menciptakan masalah tambahan bagi penanggalan awal dari ministry Yesus (Luke 3:1, 23). Satu legateship sebelumnya yaitu setelah tahun 4 SM (dan sebelum tahun 6 SM) tidak akan cocok dengan penanggalan kelahiran Yesus di zaman Herodes (Lukas 1:5; Matius 2:1). Lukas mungkin secara sederhana mengkombinasikan kelahiran Yesus di Bethelehm dengan kesamaran dari sebuah sensus dibawah Quirinius (lihat juga Acts 5:37) untuk menekankan signifikansi dari kelahiran ini bagi dunia Romawi secara keseluruhan: melalui anak yang lahir di Bethlehem maka damai sejahtera dan penyelamatan datang ke kekaisaran. (http://www.nccbuscc.org/nab/bible/luke/luke2.htm)

Lukas memberitahu bagaimana sebuah dekrit keluar dari Augustus bahwa “seluruh dunia akan diregistrasi”.

Masalahnya adalah bahwa secara historis ini tidak bisa ditelusuri….Sederhananya Yusuf dan Maria ke Bethelem demi alasan teologis. Mesias akan berasal dari keturunan Daud, dan jadi dari Bethlehem. Lukas mengatakan kelahiran Yesus terjadi ketika Quirinius adalah gubernur Syria. Artinya adalah bahwa ini tidak terjadi sebelum tahun 6 SM, tahun yang mana kita tahu tatkala ia mengambil kantor [masuk kantor untuk pertama kalinya, ed]. Pada waktu yang sama, Matius mengatakan Yesus dipahami ketika Herodes Yang Agung adalah penguasa di Yudea. Tetapi Herodes mati ditahun 4 SM! Pengarang misteri Yesus ini menyatakan bahwa keajaiban rillnya Maria, jika kedua referensi diambil dengan sungguh-sungguh, adalah “10 tahun kehamilan”.

Bagi Matius, kampung halaman Yesus adalah Bethlehem. Bagi Lukas, kampung halaman Yesus adalah Nazareth. (Tom Harper, The Pagan Christ, pp. 125-126) “Meskipun narasi kelahiran Yesus dalam Matius dan Lukas memberikan kesepakatan diam-diam untuk yang tradisi Nazareth. Matius harus membangun satu alasan sehingga keluarga suci kembali ke Nazareth dari rumah Bethlehem dan tempat berkumpul orang Mesir, karena Matius tidak menyangkal asal usul Yesus Nazareth (Matt. 2:21ff). Lukas, yang mengasumsikan kebenaran dari sebuah rumah Nazareth bagi Yesus meskipun dalam kanak-kanaknya, harus mengembangkan sebuah narasi sehingga ibunya Yesus keluar dari Nazareth sekurang-kurangnya pada momentum kelahirannya yang benar.

Jadi di Injil kita membaca sebuah pajak atau pendaftaran terjadi ketika Quirinius adalah gubernur Syria. Sekarang tidak ada literal dari sensus itu yang hampir secara universal ditolak karena berbagai alasan, tidak sekurang-kurangnya karena Quirinius tidak menjadi gubernur Syria, menurut catatan sekuler, hingga tahun 6-7 M, yang mana Yesus akan berusia sekitar 10 tahun. Kedua, tidak ada catatan yang berasal dari sumber sekuler yang akan menunjukkan bahwa kembali ke tempat asal usul leluhur diwajibkan di setiap sensus atau untuk setiap bentuk perpajakan. (John Shelby Spong, Resurrection: Myth of Reality hal. 172)

Ujian terhadap Yesus di puncak gunung oleh Iblis adalah cerita bohong. Cerita bahwa Iblis menguji Yesus dengan membawanya ke puncak gunung tertinggi sehingga ia dapat melihat semua kerajaan dunia dari puncak gunung (lihat Matius 4:7-8), adalah sangat tidak logis. Omong kosong! Karena bagaimana mungkin kita dapat melihat seluruh dunia dari puncak gunung, meskipun itu adalah gunung tertinggi diseluruh dunia. Ingatlah bumi adalah bulat seperti telur, bukan datar. Jadi meskipun kita pergi ke puncak gunung tertinggi dunia di Himalaya, kita tidak dapat melihat seluruh bentuk permukaan bumi.

Tidak Ada Penyaliban Yesus

Orang-orang Yahudi berkata kepada Yesus (lihat Yoh 8:57, ed): “Umurmu belum sampai lima puluh tahun dan engkau telah melihat Abraham” Seandainya Yesus masih berusia tiga belas tahun, orang-orang Yahudi akan berkata: “Umurmu belum sampai empat belas tahun,” dan tidak akan berkata: “Umurmu belum sampai lima puluh tahun,”….; jadi, seandainya Yesus disalib ketika itu pastilah ia berusia sekitar lima puluh tahun, tetapi, sebagaimana kita kemukakan ditempat lain… tidak ada bukti apapun, dalam buku, inskripsi, atau monumen, bahwa Yesus dari Nazareth dicambuk atau disalib di zaman Pontius Pilatus.

Josephus, Tacitus, Pliny, Philo, tidak juga dari mereka, yang menyatakan fakta adanya penyaliban ini. (T.W. Doane, Bible Myths and their Parallels in other Religions, hal. 516)

Pada abad ke sembilan belas seorang sarjana terkenal, Rabbi Wise, meneliti catatan-catatan dari pengadilan Pilatus, masih terdapat, bagi bukti dari trial ini. Ia tak menemukan apapun. (Lloyd Graham, Deceptions and Myths of the Bible, p. 343) Tidak ada verifikasi dari tulisan-tulisan sejarawan menyangkut penyaliban Yesus seperti Philo, Tacitus, Pliny, Suetonius, Epictectus, Cluvius Rufus, Quintus, Curtis Rufus, Josephus.

“Penyembahan dewa-dewa yang menderita ditemukan di semua sisi, dan kepercayaan pada penyiksaan korban di ritus pengorbanan manusia untuk penebusan dosa adalah sangat umum. Dewa-dewa Osiris, Attis, Adonis, Dionysos, Herakles, Prometheus, dan yang lainnya, telah menderita demi umat manusia; dengan demikian Hamba Yahweh juga dipahami harus disakiti demi dosa-dosa manusia. Tetapi sebagaimana Saya katakan, konsepsi ini telah menerobos kedalam background di hari-hari Yesus” (The Paganism in Our Christianity, Arthur Weigall, 1928, hal. 106) Tidak mungkin Yesus mati di hari jumat atau malam Sabtu.

“Tidakkah aneh bahwa penyaliban seharusnya terjadi selama Paskah Diantara orang-orang Yahudi, ini adalah peristiwa paling sakral. Bagi mereka untuk menyalibkan siapapun orangnya pada waktu ini, mereka akan melanggar sekurang-kurangnya tujuh dari hukum agama mereka. Mengapa mereka kemudian melanggar kesucian dengan menjadi pembunuh” (Lloyd Graham, Deceptions and Myths of the Bible, hal. 345)

“Kesulitan terbesar dari sudut pandang dari prosedur Yahudi berkenaan dengan menghukum adalah hari dan waktu eksekusi tsb. Menurut Injil-injil tsb, Yesus mati pada hari jumat, malam Sabbath. Namun pada hari itu, dalam pandangan dari pendekatan Sabbath (atau hari libur), eksekusi-eksekusi terakhir hingga paling akhir pada sore adalah hampir tidak mungkin (Sifre, ii. 221; Sanh. 35b; Mekilta to Waya?hel). (Jewish Encyclopedia Online)

Apakah Yesus Benar-Benar Mati Disalib?

Penyaliban adalah sebuah proses pembunuhan yang lamban. Kematian biasanya memakan waktu beberapa hari. Kematian dimulai dari kehausan, ketidakmampuan untuk bernafas sebagai hasil dari posisi tegak atau diserang oleh binatang liar. Mengapa Yesus, yang sedang fit dan sehat berjalan ke desa yang berjarak jauh, kematian begitu cepat hanya menunggu beberapa jam saja Pada tahun 297 M, atas perintah Kaisar Maximian, tujuh orang Kristen di Samosata disiksa dan kemudian disalib. Menurut Alban Butler, (5) di Hipparchus [satu dari mereka], seorang tua yang dihormati, mati disalib dalam waktu pendek. James, Romanus, dan Lollianus, mati dihari berikutnya ditikam oleh tentara-tentara sambil digantung disalib-salib mereka. Philotheus, Habibus dan Paragrus diambil dari salib-salib mereka ketika mereka masih hidup. Kaisar diberi informasi bahwa mereka masih hidup, memerintahkan paku-paku besar untuk diarahkan ketangan… Ada sejumlah kasus yang mana orang disiksa secara kejam, kemudian disalib dengan posisi kepala dibawah, namun survive selama 24 jam atau lebih.

http://custance.org/old/incarnation/7ch2.html

Benarkah cuka membuat orang lekas mati

Cuka (vinegar) mempunyai sebuah efek stimulus, tetapi mengapa setelah Yesus makan cuka, justru membuat ia lekas mati, padahal sebelum ia makan cuka, kondisi tubuhnya masih fit (Lihat Yohanes 19:29).

Rekayasa sosok Pilatus

Injil-injil menggambarkan Pontius Pilatus sebagai orang yang baik hati dan segan untuk penyaliban Yesus. Tetapi sejarah menceritakan gambaran yang berbeda tentang dirinya. Ia adalah seorang dikuasakan atas wilayah Yudea dari tahun 26-36 M, dan ia adalah orang yang kejam dan korup. Mengapa tidak ada kritik baginya dalam Injil-injil. Sebaliknya, ditampilkan oleh Philo dan Josephus, Pilatus “adalah subyek dari tradisi negatif lebih daripada kepala daerah lainnya dan procurator-procurator (orang-orang yang dikuasakan),” jadi pencipta-pencipta dari narasi penderitaan [Yesus] orisinil tidak mempunyai alasan untuk tidak menyebut Pilatus melalui nama dan untuk mencelanya. Situasi ini diubah pada periode setelah revolusi orang-orang Yahudi pertama dalam tulisan-tulisan Matius dan Lukas, yang mana Pilatus dibebaskan dari tuduhan dan pendeta tertinggi dinamai tanpa keragu-raguan.

http://earlychristianwritings.com/passion.html

Jadi kita dapat ketahui bahwa Injil-injil kanonik telah memalsukan sejarah karena mereka menggambarkan Pilatus sebagai seorang baik hati padahal sejarah menggambarkannya sebagai orang jahat. Namun Gereja koptik di Ethiopia justru menyatakan Pilatus sebagai orang kudus.

Kebiasaan Romawi tidak mengenal pembebasan narapidana

Cerita mengenai Barabbas yang dibebaskan sebagai bentuk pertukaran bagi Yesus diduga fiksi. Injil-injil menggambarkan sebuah kebiasaan Romawi untuk membebaskan seorang narapidana selama perayaan Paskah, tetapi sejarah Romawi tidak mencatat adanya kebijakan seperti ini. Di semua riwayat Perjanjian Baru, Pilatus ragu-ragu untuk menghukum Yesus hingga kerumunan Yahudi menyatakan tegas. Beberapa kalangan telah menyarankan bahwa ini mungkin satu upaya oleh percekcokan orang-orang Kristen awal untuk menjilat pantat dengan Roma melalui penempatan menyalahkan bagi eksekusi Yesus pada Yahudi, dan bahwa itu adalah bagian dari proses oleh yang mana Kristen Paulinistik marginalis masih memperhatikan Yahudi Kristen dari orang yang mengelak (orang-orang Ebion)

 (http://www.answers.com/Pontius%20Pilate)

Cerita Barabbas mempunyai signifikansi sosial yang spesial, karena cerita ini telah sering digunakan untuk menimpakan kesalahan Penyaliban pada orang-orang Yahudi dan membenarkan paham anti-Semit. Sebanding, signifikansi sosial dari cerita ini untuk para pendengar awal adalah bahwa cerita ini membersihkan kesalahan yang melekat pada kekaisaran Romawi, menghapus satu hambatan sehingga agama Kristen secara resmi diterima.

(http://en.wikipedia.org/wiki/Barabbas)

Jadi, cerita mengenai Barabbas sengaja dibuat untuk membebaskan tuduhan yang melekat pada orang-orang Romawi dan menyerahkan beban kesalahan hanya kepada orang-orang Yahudi. **Problem yang dihadapi oleh Injil-injil kanonik tidak hanya mengenai masalah kepengarangan yang anonim, Injil-injil ini nyatanya bukanlah disusun oleh para pengikut Yesus. Bahasa asli Injil-injil kanonik ini adalah Yunani, bukan bahasa Ibrani dan Aramaik, dan diproduksi di kota-kota tempat kediaman bangsa non-Yahudi seperti Roma dan Smyrna. Tiga injil sinoptik menyatakan Yesus ditahan dan dijatuhi hukuman oleh Sanhedrin pada malam Paskah. Ini bukanlah sejarah riil karena Sanhedrin, berdasarkan hukum Yahudi, dilarang untuk bertemu over paskah, Injil-injil ini menyatakan bahwa penahanan dan trial terjadi pada malam, tetapi Sanhedrin “dilarang untuk bertemu pada malam, di rumah-rumah pribadi, atau dimanapun diluar batas kuil.” (Holy Blood, Holy Grail 349).

Ketidaklogisan historis lainnya dalam cerita penyaliban Yesus adalah memindahkan tubuh Yesus dari salib. Menurut hukum Romawi pada waktu itu, seorang pria / wanita yang disalib tidak boleh dikubur. Orang tsb ditinggalkan untuk burung-burung, dan binatang-binatang, sebagai bentuk penghinaan atas eksekusi ini. Hukuman bagi pencuri adalah bukan disalib. Riwayat Perjanjian Baru mengenai penyaliban menyatakan dua orang pencuri disalib dengan Yesus. Penyaliban tidak pernah dijatuhi kepada pencuri.

Sekarang mengapa Yesus harus dilahirkan di Bethlehem. Apakah ini juga untuk menggenapi sebuah ramalan sebelumnya, atau hanya karena untuk sebuah dekrit pajak -kedua-duanya tidak; Yesus sedang lahir di Bethelem untuk alasan sama [dimana] Yusuf dan Daud disana dilahirkan. Bethelehem adalah “rumah roti” mistik, sumber dari planetary substance. Jadi tempat terjadinya peristiwa ini adalah tidak historis melainkan dirancang. Dan sedemikian rupa adalah keseluruhan cerita. Ketika kita melihat dari sisi historis, ini menjadi jelas. Menurut riwayat, Herodes adalah raja pada the alleged time, 1 Masehi, tetapi menurut pengetahuan ilmiah sekarang, Herodes mati sekurang-kurangnya empat tahun sebelum [peristiwa] ini. Menurut Lukas, Cyrenius adalah gubernur Syria selanjutnya, tetapi menurut catatan orang-orang Syria bukan dia. Ada, tetapi, seorang Quirinius, yang memerintah dari tahun 13-11 SM. Jadi, kedua kalender atau Injil-injil adalah salah, beberapa kalangan mengatakan sebanyak dua puluh tahun. Kekacauan mengenai penanggalan mengimplikasikan ketidakpastian kepengarangan yang jauh sesudahnya, yang mengkonfirmasi pernyataan kita bahwa Injil-injil ini tidak ditulis sampai dengan abad kedua atau ketiga. (Lloyd Graham, Deceptions and Myths of the Bible, hal. 306) “Penginjil tidak punyai andil bagi penelitian historis karena kita tahu itu” (Tom Harper, The Pagan Christ, hal. 153) Daftar Pustaka: – Historical Errors in the Gospels – The Date of Jesus Crucifixion

45 Responses

  1. injil kitab dongeng patut disejajarkan dg buku harry potter

  2. inilah karena hawa nafsu yg bicara

    • yak! hawa nafsu setaniah lah yg membuat banyak manusia kala itu mengarang2 banyak hal keji dan kemudian mereka masukan ke dalam injil. setelah selesai, karena hawa nafsu juga lah mrk langsung berkata, “INI ADALAH KITAB DARI ALLAH!”

  3. harry potter kan cerita fiktif atau khayalan doank,

    ah mbuh malah kayak mahditukang bakso, memperbandingkan suatu kenyataan dgn khayalan :p

  4. 1500, kamu tahu nggak mana yg khayalan dan mana yg kenyataan?

    bukankah harry potter dan injil itu sama2 khayalan yg engga lucu??

    ha ha haha ha ha ….

  5. @islamthis,maklum,krezten jaman batu 1500 ini otak dan hatinya sudah beku dan mati.dikasih fakta2 se abregh pun tetap saja manusia purba ini buta tuli,persis kerbau saja layaknya.

  6. klo ya sejarah ttg yesus tu salah dan yesus tdk prnh disalib berarti islam jg bohong krn mengutip cerita sjrh tsb misal diislam diceritakan yesus disalib tp digantikan dg org lain nah berarti muhammad sndr bohong pdhl tdk ada penyaliban org yg bernama yesus aka isa. jd ya iduknya palsu so anaknya lbh palsu lg donk?mohon koreksi ya

    • aduh..knva harus dipermasalahkan sih..makanya sebelum membaca alkitab berdoa dulu dan setelah membaca alkitab itu hrus d’renungkan supaya kita mengerti apa maksud dan kehendak Allah,supaya gk nyerocos seperti ini.!klw anda-anda sudah pernah membaca alkitab jgn Menghakimi donk,bukankah Tuhan sdah melarang orang yg Menghakimi..!!

    • di al quran gak ada menyebutkan nabi isa itu di salib…

  7. UNIVERSAL TAUHID, on March 15, 2011 at 3:56 am said:
    klo ya sejarah ttg yesus tu salah dan yesus tdk prnh disalib berarti islam jg bohong krn mengutip cerita sjrh tsb misal diislam diceritakan yesus disalib tp digantikan dg org lain nah berarti muhammad sndr bohong pdhl tdk ada penyaliban org yg bernama yesus aka isa. jd ya iduknya palsu so anaknya lbh palsu lg donk? mohon koreksi ya

    tidaklah demikian keadannya, fren ..

    artikel di atas, terhadap pendirian / keyakinan islam, mempunyai dua kepentingan:

    1. tanpa perduli bagaimana versi islam, yang jelas artikel ini menunjukkan bhw iman

    karosetan itu SALAH TOTAL dan tidak dapat diperbaiki. oleh karena itu semua orang karosetan haruslah tobat, dan bergabung ke dalam islam.

    2. islam / alquran sama sekali tidak mengindikasikan bhw Isa disalib. ungkapan alquran bhw terjadi penyaliban atas seseorang yg menurut karosetan adl jesus, namun menurut islam org itu adl ORANG LAIN YG DISERUPAKAN JESUS, sangat kompatible dg artikel ini.

    ingat, ungkapan alquran bhw org lainlah yg diserupakan jesus yg disalib, SAMA SEKALI TIDAK MENGARAHKAN kita utk berfikir, bhw ayat itu HANYA MENGARAH KE PERISTIWA PENYALIBAN ITU sendiri. bisa jadi interpretasi ayat alquran yg berkenaan dg penyaliban jesus itu amatlah luasnya.

    persamaan antara kisah nabi isa dan jesus, hanya meliputi,
    1. dilahirkan oleh perawan maria.
    2. sejaman dg nabi zakaria (dg demikian, sejaman juga dg nabi yahya atau yohanes pembaptis).
    3. mempunyai sahabat, yg disebut hawariyin. tapi alquran tidak menjelaskan jumlah sahabat tsb.
    4. beberapa mukjizat.
    5. membawa injil.
    6. memberitakan keesaan allah.

    perbedaan yg mendasar antara alquran dg karosetan, meliputi,
    1. jesus disergap tentara romawi. alquran tidak mengisahkan demikian.
    2. jesus disalib. alquran menolak versi itu.
    3. setelah disalib, jesus mati, dikuburkan, bangkit, lalu naik ke langit. Alquran tidak menjelaskan hal demikian. alquran menjelaskan bhw isa diangkat ke sisi tuhan.

    NAMUN alquran tidak menjelaskan KAPAN terjadinya pengangkatan ke langit tsb.

    nah dg membandingkan antara persamaan dan perbedaan versi antara alquran dan karosetan, maka dapat diambil beberapa pandangan yg sesuai dg telaah ilmiah di artikel ini.

    memang benar alquran menjelaskan bhw isa diangkat ke surga. namun bukan berarti bhw isa itu SEMPAT DISERGAP, DAN DISALIB
    dulu. alquran tidak menjelaskan hal demikian.

    artinya, bisa jadi, yg sebenarnya adl, bhw TIDAK PERNAH ADA PENYERGAPAN DAN EXEKUSI SALIB ATAS ISA AS.

    shg, kita tidak tahu, kapan nabi isa itu diangkat ke sisi Allah-swt. yg jelas, bukan pada peristiwa yg dikisahkan dlm versi karosetan yaitu pada moment penyergapan, penyiksaan, penyaliban, penurunan dari tiang salib, penguburan, kebangkitan dan kemudian naik ke langit.

    nah pada bagian inilah, ada dugaan bhw kisah jesus versi karosetan yaitu pada moment penyergapan, penyiksaan, penyaliban, penurunan dari tiang salib, penguburan, kebangkitan dan kemudian naik ke langit – benar2 merupakan karangan konyol org2 karosetan awal.

    ingatlah, bhw Alquran sudah menegaskan, bhw kisah kelahiran, kehidupan dan kematian nabi isa itu amatlah misterius alias ghaib; hanya Allah lah Yang mengetahuinya. artinya, jangan sampai persepsi kita mengenai hal itu DG MUDAHNYA diperdaya atau dipengaruhi oleh versi sana-sini.

    3:43. Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’.

    3:44. Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita ghaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.

    Supaya lebih jelas, kamu dapat klik page ini,
    http://kajiantentangquran.blogspot.com/2009/04/kisah-isa-putra-maryam-yesus-dalam-al.html

    ….yg mana page ini berisi ayat2 alquran berkenaan dg Isa as ini. perhatikanlah, bahwa TIDAK ADA satu pun ayat alquran yg mengindikasikan bhw Isa itu SEMPAT DISALIB, dan lain halnya ….

  8. crucifixion or crucifiction?

  9. Terima kasih atas penjelasan anda ini. Saya memang lagi bingung, terus terang. Saya lagi cari agama yang bisa saya anut. Saya pernah belajar Islam 2 tahun di SMA. Tapi saya juga tertarik kepada Kristen. Keluarga saya Buddha. Setelah membaca tulisan anda ini, tahulah saya mana yang harus saya pegang. Anda menulis sangat bagus dan persuasif. Setelah membaca ini saya putuskan ikut Kristen aja. Kenapa? Nada tulisan anda… menakutkan sekali…… Saya tidak mau kalau Islam itu seperti anda…. mohon maaf sekali.

    • waduuuh sayang sekali om, kalo orang itu jadi kristen, kenapa komen balasanya spt itu???, harusnya anda jelaskan dong kalau di forum perdebatan lain orang kristenlah yang pertama memakai kata2 kasar, makanya anda membalasnya dengan kata2 anda yang dia maksud di atas.

  10. kepepetbanget21@yahoo.com, on July 16, 2011 at 6:11 am said:

    Terima kasih atas penjelasan anda ini. Saya memang lagi bingung, terus terang. Saya lagi cari agama yang bisa saya anut. Saya pernah belajar Islam 2 tahun di SMA. Tapi saya juga tertarik kepada Kristen. Keluarga saya Buddha. Setelah membaca tulisan anda ini, tahulah saya mana yang harus saya pegang. Anda menulis sangat bagus dan persuasif. Setelah membaca ini saya putuskan ikut Kristen aja. Kenapa? Nada tulisan anda… menakutkan sekali…… Saya tidak mau kalau Islam itu seperti anda…. mohon maaf sekali.

    aneh
    lucu …

    silahkan…..

    itu urusan kamu dng tuhan pencipta alam, bukan urusan kamu dg saya….

    saya siapa nya kamu??
    dan kamu pun siapa nya saya??

    bukan siapa2 kan???

  11. memng sush mjelaskn dgn orng kafir ………
    mgkin tkdirnya yg harus msuk neraka………
    dan firman allah juga telah mnjlaskn bhwa hati seseorang tidk bisa terketuk jika Dia tidk mnghendaki,
    sedngkn pendeta ja msuk islam krna allah mengetuk pintu hatinya……..
    ya…….. allah tunjukanlah kepada mereka kalau islam itu agama yang telah kau rido’i …
    karna aku tdak mw bnyk saudaraku menemani setan di neraka……….
    nantinya…………..

  12. oalah mas… sampeyan sampeyan kurang pekerjaan semua, mempertentangkan agama tidak ada habisnya, dan ujungnya persatuan bangsa akan terkoyakkan. Mari kita saling menghargai saja sesama umat beragama, itu lebih luhur dan mulia, tidak perlu menyudutkan salah satu agama wong namanya juga kepercayaan, klu ga percaya ya ga apa-apa to???
    Salam hangat untuk semuanya…

  13. anda tau beda yg asli dan yg palsu??????? yg asli itu pasti muncul duluan baru setelah itu muncul yg paslu. Injil dan ALQuran duluan mana??????Injil itu sudah terbukti kuasanya banyak org ingin memusnahkannya,tapi tetap ada sampe sekarang dan kami tdk perlu membuktikan Injil itu benar sebab telah terbukti kebenarannya.

    • duluan mana antara kitab kristen dg kitab tripitaka nya buddha???

    • hahaha lucu kalau anda berprinsip pada yang mucul duluan yang asli berarti kitab anda juga tidak asli dong toh yang muncul sebelum itu ada Zabur (bukan mazmur yang udah di rubah) serta Taurat sebelum itu lagi(yang orizinil y bukan yang udah di ubah oleh tangan manusia).Sedangkan orang yahudi tetap pada agama mereka dan kitab taurat mereka dan tidak menyembah yesus.berarti kitab anda juga palsu.ketahuilah al qur’an diwahyukan oleh Allah dengan perantara malaikat jibril kepada nabi Muhammad yaitu rasul terakhir dan membenarkan kitab2 sebelumnya yang telah dirubah oleh tangan2 manusia.jadi Al qur’an tidak sama dengan bibel sekarang ataupun taurat sekarang karena isi2 asli dari taurat,Zabur, dan injil telah habis pada masanya dan digantikan oleh Al-Qur’an untuk seluruh umat tanpa terkecuali bukan pada satu kaum saja.jika anda membaca Al Qur’an isinya sangat berbeda dan gak sama persis dengan bible anda karena Al-Qur’an membebaskan semua fitnahan yang dituduhkan pada para nabi dan rasul sebelumnya(NOT Rasul Paulus)………

  14. Orang-orang islam mempertentangkan trinitas dan keaslian injil,orang orang kristen mempertentangkan konsep surga dalam islam. Apalah arti semua itu?????al-quran sendiri ditulis oleh orang orang setelah kematian nabi muhammad,yang terpenting adalah hubungan pribadi dengan tuhan yang esa. Kalo Allah maha segalanya sampe-sampe memiliki 99 nama yang agung,,,Apakah salah Allah menyimbolkan kasihnya pada seluruh umat manusia dengan melambangkan dirinya melalui Yesus Kristus dan menebus dosa manusia???Tuhan adalah Yesus ataupun Yesus adalah Tuhan sebenarnya berbeda. YESUS bukan Tuhan,,,,Dia hanyalah simbol,lambang,dan itu berbeda dengan Nabi…Bahkan kalo Allahnya Muhammad dan Yesus itu pelacur,pembunuh,,,,.. itu takkan merubah apapun…Meskipun 6,5 milyar manusia mengatakan bahwa Allah itu tidak ada,Allah itu pendosa,pezinah,dsb..Allah tetaplah Allah,,Hatiku percaya pada Allah,,Karena Allah melihat Hati manusia,,bukan apa yang mereka ucapkan,,meskipun itu juga harus di pertimbangkan….
    GOD is ONE,,,,GOD is THREE
    tak penting,,Tuhan tetaplah Tuhan
    Percayalah pada Kekuasaan Tuhan,,Jalankan segala kebaikan di muka bumi demi kedamaian di dunia dan akhirat,,
    Maka Tuhan akan mempertimbangkan kita masuk Neraka atau Surga

  15. kalau Yesus dijelaskan Alquran bahwa Ia diangkat disisi Tuhan…hal ini berarti bahwa Yesus itu orang Benar menurut Allah… Yesus patut di ikuti karena Ia sampai ke Sorga….
    Kalau Muhamad kog gak pernah dengar di angkat oleh Allah ya… masuk surga? atau neraka? kog malah sampai sekarang masih didoakan umatnya supaya masuk surga? artinya belum masuk surga.. wah kasihan umatnya donk, pemimpinnya masih didoakan siapa yang doakan umatnya? jangan-jangan gak masuk surga?

    • setuju, bhw jesus aka nabi isa itu adl BENAR MENJURUT ALLAH ….

      tapi masala berikutnya adl, bhw ajaran nabi isa ini DISELEWENGKAN oleh org2 sesudah isa tidak ada lagi di bumi ….

      faham????

  16. isa tdk dimatikan melainkan di angkat ke surga agar nanti bisa diturunkan ke bumi kembali dan memberi penjelasan untuk para pengikutnya yang telah salah (kristen dan konco-koncone) saat akhir zaman. Sedangkan Muhammad SAW dimatikan karena tidak ada yang salah dengan pengikutnya (Muslim)

    • yup! benar sekali ….

      thanks dah sharing ……

    • kenapa tidak ada yang salah
      justru kalau islam itu aturan tidak tepat
      di islam mempercayai mengenai akhir zaman (kiamat) bahwa nabi isa / yesus akan turun

      gua tau itu karna dulu saya islam dan bapak saya ustad
      sekarang kami masuk kristen

  17. @ Wawan.

    Shalawat adalah doa yang bersifat pengagungan dan pemuliaan kepada Nabi. Faedah salawat lebih kepada umat Nabi Muhammad, karena bersalawat kepada Nabi Muhammad merupakan salah satu ibadah yang utama. Dalam Al Quran, umat Nabi Muhammad yang beriman dan beramal saleh sudah dijanjikan surga kok, apalagi Nabi mereka yang merupakan teladan bagi orang-orang beriman dan bertakwa.

    “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS Al Ahzab 21).

    “Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka. Ucapan penghormatan mereka dalam surga itu ialah “salaam” (QS Ibrahim :23).

    Yang aneh justru anda, kok masih percaya Bibel (yang sudah dirobah-robah manusia) padahal dalam Bibel disebutkan Tuhan menyesal, Tuhan kalah bergulat, Tuhan menangis, Tuhan tidak tahu musim buah, dan Tuhan mati. Coba dipakai tuh akal …

  18. SILAHKAN KOMENTAR SEBANYAK MUNGKIN……. YESUS KRISTUS TETAP AGUNG MULIA DAN KEKAL ….KEMULIAAN YESUS TIDAK AKAN BERKURANG KARENA HOJATAN ORANG2 BERDOSA.
    KOMENTAR2 ISLAM SAMA SEKALI TIDAK ADA GUNANYA SOK TAU ISI ALKITAB PADA HAL MELENCENG SEMUANYA
    KENAPA BEGITU KARENA:
    1,IRI HATI , KALUAU TIDAK IRI PASTI TIDAK MANGHOJAT,CUKUP URUSI SENDIRI AGAMAMU YANG BELUM TENTU SELAMAT
    2,AJARAN ISLAM TELAT 6 ABAD SETELAH PRJANJIAN BARU DIGENAP
    3,MUHAMAD HANYA DI JANJIKAN DOANG OLEH AULOH NYA TAPI GA ADA BUKTI SAMPAI SEKARANG KALAU DIA SELAMAT
    4,ISLAM DIAJARKAN UNTUK MEMBENCI KRISTEN DAN YAHUDI KARENA DI ANGGAP KAFIR(ITU ADA DALAM ALQURAN)
    5,BANYAK ULAMA ISLAM BRTOBAT DAN MENGAKU ISLAM ITU GIMANA
    6,ALQURAN BUKAN FIRMAN TUHAN ALLAH ELOHIM PENCIPTA LANGIT DAN BUMI KARENA ISINYA TIDAK SESUAI DAN TIAK MEMUAT TAURAT DAN KITAB PARA NABI
    7,DALAM ALKURAN ADA AYAT2 JIN YANG BISA MEMBANTU MEREKA UNTUK TUJUAN2 ISLAM (ILMU KEBAL GENDAM, KEBAL,PENGASIHAN,KARISMA DLL)
    8,BAPA KU DULU ISLAM PERNAH MEMPELAJARI ITU SMUA
    9,BUKAN RAHASIA LAGI KALAU KYAI DAN ORANG2 ISLAM PUNYA JIN DAN JIMAT MERAH DELIMA DAN KITAB STAMBUL
    10,SUDAH JADI KARAKTER ISLAM MENCAMPURI KEYAKINAN ORANG LAIN
    ======================

    Islamthis,
    kami muslim di sini TIDAK MENGHUJAT karosetan. kami hanya MENGUNGKAPKAN FAKTA DAN HISTORI mengenai jesus dan bible. apakah itu salah??

    tolong anda perhatikan fakta dan histori jesus dan bible itu … jangan maunya hanya dibohongi paulus binti setan neraka jahanam saja ….

    insaf lah …

    point2 anda semakin menunjukkan bhw anda TERLALU MENUTUP MATA terhadap kebenaran …. buka mata anda …. nanti kalo malah ketutup beneran, gimana???

    • Kekebanyakan makan babi sih….mkanya jadinya O..on gtu!!pDahal bukunya sja udah ngelarang mkan babi…masih aja di embat….dasar goblok!!!!

  19. Di sinilah pentingx akal. Org berilmu itu menggambarkan ketinggian akal. Allah meninggikan derajat org berilmu itu melebihi org yg hanya banyak ibadahnya. Akal harus difungsikan untuk memahami sesuatu, demikian juga dalam hal beragama atau berkeyakinan seyogyax juga harus memfungsikan akal untuk menilai apakah keyakinan yg kita anut itu benar apa ga, bukan takhayul, mitos apalgi dogma. Jangan sampai kita masuk gerbong kesesatan secara massal. Untuk menilai suatu keyakinan bener apa gak, kita merujuk pada pedoman dasar atau UUD agama atau keyakinan itu. Akal kita bisa mengelaborasi atau menggali sedalam2nya dalill2 yg ada dalam UUD atau kitab suci agama itu. Sejatinya, kitab suci itu harus otentik, sinkron, tidak boleh ada pertentangan apapun dalam ayat2nya satu sama lain, dan juga harus bisa melewati ujian sains dan teknologi. Jangan kita menelaah kitab suci dengan fanatisme semata, dan menolak kebenaranx atau kesalahan dalam kitab suci itu. Telitilah kitab suci masing2 dengan dasar tadi, otentik, sinkron, tidak saling bertentangan, dan benturkan dengan Sains dan IPTEK. Jika bisa melewati ujian itu, maka banggalah sdr2 dengan agama dan kitab suci anda. Sekedar referensi, bacalah buku “Bible, Qur’an dan Sains Modern”, karya Dr. Marchel Buchaille, seorang dokter ahli bedah dari Prancis. Semoga kebenaran bisa anda dapatkan, amiinn

  20. wahai orang2 yang menghina Tuhan Yesus, NEK NGOMONG CANGKEMU DI ATUR OJO ASAL NJEPLAK
    =================

    Islamthis,
    maksud anda, menghina TUHAN JESUS PEDOPILE???

    hahahaaa ….

  21. mengapa di buat perjanjian baru kslau banyak kebohongan.

  22. Kebohongan Sejarah Di Dalam Injil Perjanjian Baru, saya mau tanya ne mas..apakah kutipan referensi buku2 yg anda pakai sudah betul, dan sahih diakui semua kalangan, …dan apakah tidak sebaiknya mencari referensi2 yg lain sebagai perbandingan, karnakan banyak buku sejarah yg ditulis cendikiawan cendikiawan pada zamannya, semakin muda tahun bukunya semakin semakin banyak juga referensi yg dia pakai, lain hal kalo yg nulis hidup di jaman yang sama tentang yg dia tulis, coba anda lihat latar belakang penulis buku buku itu…karna dengan latar belakang yang tidak netral akan menghasilkan keberpihakan kepada yg lain…agama yahudi = agama islam, sama sama tidak mengakui ketuhanan isa, dan kutipan ayat alkitab yg anda ambil apa sdh pada kontek yg betul, coba anda baca betul2 dulu injil…baru anda bisa tulis lagi seperti ini…karna kalo ternyata anda yg salah kan kasihan teman teman yg baca…jdi salah jugakan…dan kalo nulis sebaiknya jangan mendiskreditkan kepercayaan org lain…..yang anda tulis pun belum tentu benar sacara keseluruhan…..lain hal kalo anda hidup dijaman nabi isa…trimakasih atasperhatiannya, salam

  23. assalamualaikum,
    kita tidak boleh menghina agama lain, biarkanlah mereka memilih jalannya masing 2. bukankah nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk menghargai orang lain ? . dan satu lagi, bagi yang murtad,( keluar dri islam ) . bukan kah allah menyanyangi kita lewat al quran ,?,bukan kah islam itu indah ,? maka dari itu peluklah agama islam karena keindahannya,

  24. jangan lh bersaksi dusta.. Jalani lh agama mu, jika memang agamamu benar harus nya kau menunjukkan cara bahasamu yang santun dan tidak menfitnah kepercayaan orang lain… Jangan membanggakan ego yang ada difikiran mu

  25. Katakanlah; Dia-lah allah[tuhan] yg mha Esa Allah[tuhan] tmpat mminta sgala sswatu Dia tidak beranak dn tidak pula diperanakan Dn tidak ada seorang[sswatu]pun yg setara[semisal]dngan Dia. “kecuali orang yg sesat yg mmperbodoh dirinya sndiri,yg mnganggp tuhan tu jenis dr mnusia” dn tidaklah wajar[msuk akal] bgi seorang mnusia yg allah brikan kpadanya al-kitab hikmah dn knabian lalu ia brkta kpd mnusia;hendaklah km mnjdi pnymbah-pnymbah ku, bukn pnymbah allah,.. tdk mukin seorang nbi brkhianat kpd tuhan ny… dn tidak lah msuk akal seorang mkhluk[ciptaan] mngatakan dirinya ank dri khalik[tuhan yg mnciptakan].bgtu pun sbalik ny.. karna sifat tuhan dn makhluk tu berbeda.

  26. islamit keras kepala macam kau aja yg paling tau… jangan2 kau tu yg berjenggot dan yg pakai surban di musolah2 itu .. udahlh segera berobat ke greja kau sekali biar kau tau.
    ===============

    Islamthis,
    kau yg keras kepala …..

    jesus pedopil kok disembah???

    hahahaha ….

  27. Adakah tokoh/orang terkenal/scientiest/prof/ulama yg masuk kristen yg sebelumnya agama islam ??? Ada sih tp org nya ga jelas

    Sebaliknya adakah tokoh/orang terkenal/pendeta yg masuk islam dari non muslim…??? Banyak …dan Jelas orgnya…

    Yvonne Ridley (Wartawan Sunday Express Inggris)
    Laureen Booth (Wartawan BBC, Adik Ipar Tony Blair)
    Laurence Brown (Dokter di Amerika Universitas George Washington)
    DR. Jeral F.Dirk ( Prof. Harvard)
    Michael H.Hart (Mantan Kristen Penulis 100 tokoh yg berpengaruh di dunia)
    Muhammad Ali (Petinju)
    Yusuf Islam (Musisi CAT STEVEN)
    Yusuf Este (Mantan Pendeta)
    Irene Handono (Mantan Biarawati)
    masih banyak lagi….terutama Pendeta dan Scientis

  28. gak usah ribut, debat agama gak ada habisnya, jalanin aja yg mnurut kalian yakini. jngn stengah2 ahirnya kyal gni. dulu saya agama hindu, skarng muslim. knapa? karna dlam dalil al-qur’an semuanya jelas sangat logika sekali. skrang gini klo yesus anak tuhan. yg mnciptakan yesus sapa? dalam al-qur’an dikatakan “jangan engkau memikirkan zat ku niscaya kamu gila”. kbukti kan yg nyari tuhan kbingungan. mkanya saya masuk islam dan kluar dri hindu,

  29. Ya ginilah hidup di indonesia, mau damai sama tentrem aja susah

  30. Tlg lah bagi umat Kristiani, jangam dikometarh perkataan Mereka, sebab ada tertulis akan banyak nabi palsu yg menghuja dan membenci aku. Kalau dijawab perkataan mereka tentang bukti Autentik Perjanjian Baru tdk akan ketemu, bayangkan 60 thn yg lalu di Ind. Sejarah Super Semar dan G30S PKI blm tentu jelas kebenarannya,agalagi 2000 thn yg lalu. Sudalah di Krst tdk jihad agama dgn membunuh org, tapi slalu Cinta Kasih.

  31. Sudahlah bro, sist… kebenaran sejati hanya Allah yang tahu… Kalau kalian benar-benar ingin menemukan kebenaran ilahi, bertanyalah kepada Allah. Allah yang mana? Kristen dan Islam keduanya menyembah Allahnya Nabi Ibrahim atau Bapa Abraham… bertanyalah kepada Nya. Allah itu maha pengasih, Dia akan memberi kalian bimbingan… bisa melalui banyak cara… asalkan kalian tidak mengeraskan hati dan tidak sombong… Kalau perlu mintalah tanda… mintalah dalam hati. sebuah tanda yang hanya kalian yang tahu, tanda yang hanya bisa dibuat oleh Allah dan bukan setan. Setan tidak maha tahu, dia tidak tahu isi hatimu. Dan setan tidak suka kalian menemukan kebenaran ilahi itu. Sebelum kalian menemukan kebenaran itu, janganlah menghina Nabi-nabi utusan Allah… Sebab saat kalian menghina utusan Nya, berarti kalian menghina Dia yang mengutus mereka…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 51 other followers

%d bloggers like this: