Kisah Aneh Seorang Pendeta Yang Masuk Islam

Mungkin kisah ini terasa sangat aneh bagi mereka yang belum pernah bertemu dengan orangnya atau langsung melihat dan mendengar penuturannya. Kisah yang mungkin hanya terjadi dalam cerita fiktif, namun menjadi kenyataan. Hal itu tergambar dengan kata-kata yang diucapkan oleh si pemilik kisah yang sedang duduk di hadapanku mengisahkan tentang dirinya. Untuk mengetahui kisahnya lebih lanjut dan mengetahui kejadian-kejadian yang menarik secara komplit, biarkan aku menemanimu untuk bersama-sama menatap ke arah Johannesburg, kota bintang emas nan kaya di negara Afrika Selatan di mana aku pernah bertugas sebagai pimpinan cabang kantor Rabithah al-’Alam al-Islami di sana.

Pada tahun 1996, di sebuah negara yang sedang mengalami musim dingin, di siang hari yang mendung, diiringi hembusan angin dingin yang menusuk tulang, aku menunggu seseorang yang berjanji akan menemuiku. Istriku sudah mempersiapkan santapan siang untuk menjamu sang tamu yang terhormat. Orang yang aku tunggu dulunya adalah seorang yang mempunyai hubungan erat dengan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela. Ia seorang misionaris penyebar dan pendakwah agama Nasrani. Ia seorang pendeta, namanya Sily. Aku dapat bertemu dengannya melalui perantaraan sekretaris kantor Rabithah yang bernama Abdul Khaliq Matir, di mana ia mengabarkan kepada-ku bahwa seorang pendeta ingin datang ke kantor Rabithah hendak membicarakan perkara penting.

Tepat pada waktu yang telah dijanjikan, pendeta tersebut datang bersama temannya yang bernama Sulaiman. Sulaiman adalah salah seorang anggota sebuah sasana tinju setelah ia memeluk Islam, selepas bertanding dengan seorang petinju muslim terkenal, Muhammad Ali. Aku menyambut kedatangan mereka di kantorku dengan perasaan yang sangat gembira. Sily seorang yang berpostur tubuh pendek, berkulit sangat hitam dan mudah tersenyum. Ia duduk di depanku dan berbicara denganku dengan lemah lembut. Aku katakan, “Saudara Sily bolehkah kami mendengar kisah keislamanmu?” ia tersenyum dan berkata, “Ya, tentu saja boleh.”

Pembaca yang mulia, dengar dan perhatikan apa yang telah ia ceritakan kepadaku, kemudian setelah itu, silahkan beri penilaian.!

Sily berkata, “Dulu aku seorang pendeta yang sangat militan. Aku berkhidmat untuk gereja dengan segala kesungguhan. Tidak hanya sampai di situ, aku juga salah seorang aktifis kristenisasi senior di Afrika Selatan. Karena aktifitasku yang besar maka Vatikan memilihku untuk menjalankan program kristenisasi yang mereka subsidi. Aku mengambil dana Vatikan yang sampai kepadaku untuk menjalankan program tersebut. Aku mempergunakan segala cara untuk mencapai targetku. Aku melakukan berbagai kunjungan rutin ke madrasah-madrasah, sekolah-sekolah yang terletak di kampung dan di daerah pedalaman. Aku memberikan dana tersebut dalam bentuk sumbangan, pemberian, sedekah dan hadiah agar dapat mencapai targetku yaitu memasukkan masyarakat ke dalam agama Kristen. Gereja melimpahkan dana tersebut kepadaku sehingga aku menjadi seorang hartawan, mempunyai rumah mewah, mobil dan gaji yang tinggi. Posisiku melejit di antara pendeta-pendeta lainnya.

Pada suatu hari, aku pergi ke pusat pasar di kotaku untuk membeli beberapa hadiah. Di tempat itulah bermula sebuah perubahan!

Di pasar itu aku bertemu dengan seseorang yang memakai kopiah. Ia pedagang berbagai hadiah. Waktu itu aku mengenakan pakaian jubah pendeta berwarna putih yang merupakan ciri khas kami. Aku mulai menawar harga yang disebutkan si penjual. Dari sini aku mengetahui bahwa ia seorang muslim. Kami menyebutkan agama Islam yang ada di Afrika selatan dengan sebutan “agama orang Arab”. Kami tidak menyebutnya dengan sebutan Islam. Aku pun membeli berbagai hadiah yang aku inginkan. Sulit bagi kami menjerat orang-orang yang lurus dan mereka yang konsisten dengan agamanya, sebagaimana yang telah berhasil kami tipu dan kami kristenkan dari kalangan orang-orang Islam yang miskin di Afrika Selatan.

Si penjual muslim itu bertanya kepadaku, “Bukankah anda seorang pendeta?” Aku jawab, “Benar.” Lantas ia bertanya kepadaku, “Siapa Tuhanmu?” Aku katakan, “Al-Masih.” Ia kembali berkata, “Aku menantangmu, coba datangkan satu ayat di dalam Injil yang menyebutkan bahwa al-Masih AS berkata, ‘Aku adalah Allah atau aku anak Allah. Maka sembahlah aku’.”

Ucapan muslim tersebut bagaikan petir yang menyambar kepalaku. Aku tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut. Aku berusaha membuka-buka kembali catatanku dan mencarinya di dalam kitab-kitab Injil dan kitab Kristen lainnya untuk menemukan jawaban yang jelas terhadap pertanyaan lelaki tersebut. Namun aku tidak menemukannya. Tidak ada satu ayat pun yang menceritakan bahwa al-Masih berkata bahwa ia adalah Allah atau anak Allah. Lelaki itu telah menjatuhkan mentalku dan menyulitkanku. Aku ditimpa sebuah bencana yang membuat dadaku sempit. Bagaimana mungkin pertanyaan seperti ini tidak pernah terlintas olehku? Lalu aku tinggalkan lelaki itu sambil menundukkan wajah. Ketika itu aku sadar bahwa aku telah berjalan jauh tanpa arah. Aku terus berusaha mencari ayat-ayat seperti ini, walau bagaimanapun rumitnya. Namun aku tetap tidak mampu, aku telah kalah.

9 Responses

  1. kok bisa-bisa nya pak pendeta itu masuk islam,
    kemungkinan pak pendeta itu tidak kurang mengasihi Tuhan Yesus,
    atau mungkin saja ia telah dicobai iblis dan kini dalam jerat si iblis sehingga pak pendeta tersebut meninggalkan Tuhan Yesus,

    aku berpikir kasian banget sama pendeta tersebut, sehingga dia lebih menyukai batu arab sebagai penebus dosanya,


    Sent on a phone using T9space.com

    • yg jelas, anda belum menjawab pertanyaan yg mana pertanyaan itu membuat si kristen di kisah ini menjadi mualaf.

      pertanyaan itu adl,
      tunjukkan kepada saya satu ayat dlm perjanjian baru (atau perjanjian lama, juga bisa), yg menyatakan, bhw Jesus berkata dg lisannya sendiri bhw AKU ADL ANAK TUHAN MAKA SEMBAHLAH AKU….

      apakah anda bisa menunjukkan ayat tsb kpd saya?? mengapa si kristen dalam kasus di atas SAMA SEKALI TIDAK SADAR bahwa di alkitab tidak ada ayat satu pun yg mengajarkan bhw jesus telah mengklaim dg lisannya sendiri bhw DIA ADL ANAK TUHAN DAN SEMBAHLAH DIA??

      si kristen dlm kisah di atas SEDANG TIDAK DICOBAI IBLIS, tapi telah mendapatkan HIDAYAH DARI ALLAH SWT….

      anda tulis, KASIAN BANGET KRISTEN ITU, LEBIH MEMILIH BATU ARAB SBG PENEBUS DOSA..

      saya jawab,
      batu arab??
      batu arab apa?? bisakah anda lebih spesifik??

      pun islam tidak pernah mengajari konsep PENEBUS DOSA…. islam hanya mengajari PERTAUBATAN dg cara byk beramal saleh, dan meninggalkan semua kesesatan. faham??

      saya tunggu jawaban anda..

      terima kasih.

    • u merasa islam udah baik?
      dari blog u, yang sedikit menyambung ke ” mengejek” umat kriste ” sudah mencerminkan agama mu tidak baik..
      dari perkataan dan perbuatan..
      saya hanya bisa ketawa meliat kamu susah” membikin blog..
      harus’a kamu malu, kamu sudah menjelek”in agama mu sendiri..
      ty

    • Apa??????????????/ Nabi Muhammad itu iblis, agama ente iblis. Batu Arab????????????? Ka’bah bukan Batu Arab yg jelek. Ia adalah perwakilah 4 mata penjuru bumi yg penting (berupa barat, timur, selatan, utara) Dasar bodoh si gunung Sewu

  2. webndajelas, on March 15, 2011 at 7:01 pm said:
    u merasa islam udah baik?
    dari blog u, yang sedikit menyambung ke ” mengejek” umat kriste ” sudah mencerminkan agama mu tidak baik..
    dari perkataan dan perbuatan..
    saya hanya bisa ketawa meliat kamu susah” membikin blog..
    harus’a kamu malu, kamu sudah menjelek”in agama mu sendiri..
    ty

    nek ….., islam itu SUDAH BAEK NEK …. hanya saja kamu MENOLAK untuk memahami itow. mata kamu sudah terlanjur dibutakan oleh hawa nafsu keduniawian, krn dg menjadi orang karosetan, maka BEBASLAH kamu utk berjina,. makan bangke, makan riba, bebas telanjang ke sana kemari, bebas judi, bebas mabok2an, bebas pornografi, bebas menikmati hidup sekuler, bebas menikmati novel porno yg disediakan bible perjanjian lama …… ah masih banyak lagi deh konsesi kenikmatan duniawi yg ditawarkan kalo kamu jadi org karosetan. iya kan??

    saya engga susah2 kok bikin blog inih! kamu ga ngerti kemudahan bin keajaiban teknologi ya?? kemana aja kamu selama ini??

    blog ini gampang banget kok bikinnya. semua fasilitas dan settingnya dah tersedia, dan kita tinggal klik aja. bahkan blog wordpress ini pun juga bisa dibahasa-indonesiakan shg semua org endonesa yg ga ngerti bhs inggris tetap bisa ngeblog dg nyaman nya ..

    so di mana susahnya???

    kasiyan deh kamooooo!!!

    agama saya (islam) engga jelek nek!
    agama kamooo lah yg jelek!
    wyek!!!

    jawab dolo deh pertanyaan yg dikandong artikel eneh!
    tunjukkan ayat bible yg menjelaskan bhw jesus telah berkata dg lisannya sendiri AKU ADALAH ANAK TUHAN MAKA SEMBAHLAH AKU…

    bisa nggakkk??

    kalo kamu ga bisa jawab, ya udah diem aja. silent is golden, yuno?????

  3. islam terbukti BENAR..

  4. janganlah kalian bertengkar.
    karna bertengkar itu tidak baik.

  5. kalo kita berdosa,,, ya harus tobatlah sama yang mahakuasa,, masalahnya secara logika, pa bila kita berdosa itu karena hasil dari buah pekerjaan kita sendiri,,,dan gakmungkin orang lain yang menanggungnya. lihat lebih dekat lagi,,,zaman sekarang ini, kalo kita melakukan tindak kejahatan, maka so pasti kitalah yang akan di hukum, gak mungkinlah orang laen yang di hukum…
    tul gak ?

  6. bagimu agama mu bagiku agama ku kok repot amat sih jadi orang,yaah nanti diakhirat baru di buktikan siapa yang paling benar agamanya, klo kita orang islam jelas kita bilang kita yang paling benar,karena kitab yang kita pedomani blang begitu,begitu juga ngana yaah udah ndak usah bertengkar sayang hiduplah dengan damai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 51 other followers

%d bloggers like this: